Tips Mudah Bangun Pagi dengan BARDI Smart Wake Up Light - Tidur berkualitas dan bangun pagi dengan tubuh segar merupakan kenikmatan hqq. Sayangnya terkadang kita tidak mendapatkan kenikmatan itu.

tips mudah bangun pagi dengan bardi smart wake up alarm

Chi termasuk yang harus ada persiapan kalau kamu tidur. Gak seperti K'Aie yang tidur di manapun juga bisa. Buat Chi harus ada bantal, guling, hingga selimut. Tentunya kasurnya juga nyaman, Pokoknya perlengkapannya komplit. Bahkan di saat cuaca sedang gerah dan kamar saya tidak menggunakan AC pun, selimut tetap harus ada. Berasa ada yang kurang aja kalau gak komplit hehehe.

Persiapan berikutnya adalah meredupkan pencahayaan. Kebiasaan ini sebetulnya baru ada sejak menikah. Dulu, Chi terbiasa tidur dengan lampu yang terang benderang. Sedangkan K'Aie sebaliknya. Jadi ketika kami menikah, diambil deh jalan tengah. Kebiasaan itu berlanjut sampai sekarang.


Susah Tidur Lagi Gara-Gara Notif di Ponsel

 
penyebab sulit tidur

"Bun, mending matiin deh hpnya. Biar tidur Bunda gak terganggu."

Perbedaan yang paling terlihat antara Chi dan K'Aie memang di persiapan tidur. K'Aie tipe yang bisa tidur dalam kondisi apa pun. Kalaupun sampai terbangun, masih bisa lanjutin tidur lagi dalam waktu yang gak lama.

Beda banget nih sama istrinya. Selain beberapa persiapan yang ditulis di awal, Chi juga paling gak bisa berisik. Malah lumayan sensitif ma suara. Kedengeran suara pelan aja masih bisa terbangun. Keselnya jadi susah buat tidur lagi.

Beberapa kali lagi enak tidur, mendadak terbangun karena mendengar notif WA. Ngeselin banget ketika dibuka, gak taunya dari nomor gak dikenal. Nawarin produk ini itu. Ada aja orang gak kenal waktu kalau jualan. Malah pernah juga ditelpon oknum penipu.

Memang kejadiannya gak sering, tetapi tetap aja ngeselin karena bikin susah untuk kembali tidur. Makanya K'Aie menyarankan untuk matiin ponsel. Biar gak terganggu sama notif WA atau telpon gak jelas.


5 Cara Mengatasi Sulit Bangun Pagi


tips agar tidak kesiangan bangun

Pandemi COVID-19 membuat kami sekeluarga lebih banyak beraktivitas di rumah. Tetapi, bukan berarti libur panjang. K'Aie tetap harus bekerja. Sedangkan Keke dan Nai juga bersekolah. Meskipun bekerja dan belajarnya dilakukan di rumah. 
 

Makanya tetap butuh bangun pagi. Dan Chi yang selalu bangun paling pagi untuk bangunin orang serumah. Chi pernah beberapa kali kesiangan bangun. Alhasil kesiangan juga sekeluarga hehehe. 
 
Sebelum pandemi kalau kesiangan begini suka bikin panik. Grabak-grubuk menyiapkan bekal sekolah Keke dan Nai. Tetapi, kalau udah kesiangan banget, cara paling jitu dengan memberi mereka uang jajan alias gak bawa bekal. Oleh karenanya perlu ada cara mengatasi sulit bangun pagi. Biar gak keseringan kesiangan bangun.

 

Niat Bangun Pagi

Semua berawal dari niat. Setuju?

Biasanya kalau ada sesuatu yang bikin senang, bangun paginya juga semangat. Misalnya nih waktu Chi masih ngantor. Suasananya bikin betah. Makanya setiap pagi tuh selalu semangat buat berangkat ke kantor.


Mengatur Jadwal Tidur

Mulainya membiasakan diri dengan tidur lebih awal. Tidak terlalu larut malam. Supaya durasi tidurnya yang cukup. Pagi-paginya gak ngantuk berat.


Ritual Menjelang Tidur

Jangan beraktivitas yang menguras keringat menjelang tidur. Biasanya Chi scroll medsos atau menonton tv sebentar. Konsumsi makan dan minum pun sebaiknya jangan mepet dengan waktu tidur. Kalau udara lagi gerah banget, biasanya Chi mandi sebentar. Sekadar ngademin badan, biar gak kegerahan.


Padamkan/Redupkan Lampu

Sebelum menikah, Chi selalu tidur dengan lampu yang terang benderang. Sedangkan K'Aie sebaliknya. Nah, biar tidak terjadi keributan dalam rumah tangga, diambil deh jalan tengah. Cahaya di kamar dibuat redup.


Gunakan Alarm

fitur bardi smart wake up light
Tampilan BARDI Samrt Wake Up Alarm melalui layar handphone. Chi tinggal klik ikon yang ingin di-setting.

 

Setiap hari, Chi masih menggunakan alarm. Biasanya 15 menit menjelang Subuh, suka terdengar suara toa dari masjid. Meminta warga untuk bangun dan bersiap-siap sholat Subuh.

Tetapi, kalau tidur malamnya terlalu larut, suka jadi kebablasan tidurnya. Suara dari masjid gak kedengeran sama sekali. Makanya setiap hari tetap pasang alarm.


BARDI Smart Wake Up Light, Tidak Sekadar Alarm Pintar


bardi smart wake up light
Bentuknya yang bulat membuat BARDI Smart Wake Up Alarm terlihat manis


Sejak pandemi dan anak-anak belajar di rumah, Chi gak grabak-grubuk urusan bekal. Makanya, usai sholat Subuh dilanjut dengan tidur lagi. K'Aie dan anak-anak juga begitu. Bangun lagi mendekati jam sekolah. 
 
Memang sudah tidak ada grabak-grubuk di dapur sata pagi hari. Tetapi, bukan berati tidak lagi membutuhkan alarm. Saat ini, kami menggunakan BARDI Smart Wake Up Light. Perangkat pintar yang tidak hanya berfungsi sebagai alarm. 

Produk sudah dikenal di keluarga kami. Kami sudah menggunakan BARDI Smart Light Bulb dan BARDI IR Remote 10M - BLK. Sejak pertama kali mengenal dan mencoba produk-produk dari brand ini, Chi udah langsung suka. Kualitasnya recommended, deh. Makanya jadi semakin pengen menambah koleksi. 
 
 
 keunggulan bardi smart wake up light
 
Itulah kenapa pilihan kami jatuh ke BARDI Smart Wake Up Light. Sejak pakai produk ini, handphone bisa ikutan istirahat. Gak terus menyala 24 jam. Gak terganggu langi dengan notif-notif bikin susah tidur.

Seperti produk-produk lainnya, BARDI Smart Wake Up Light bisa dioperasikan melalui smartphone. Karena sebelumnya sudah instal aplikasi BARDI Smarthome, kami tinggal koneksikan aja.Selain berfungsi sebagai alarm, ada beberapa fitur lain yang Chi suka.
 
Sempat berebutan nih ma Keke. Dia ingin alarm pintar ini ditaro di kamarnya. Tetapi, Chi keberatan karena dia pernah bilang kalau pasang alarm memang supaya orang lain bangun. Trus nanti baru bangunin dia. Ya trus ngapain juga ditaro di kamarnya kalau akhirnya bundanya juga yang banguni dia terus untuk sholat Subuh hehehe.


Dibangunkan oleh Alarm dengan Lagu Indonesia Raya

alarm untuk bangun pagi
 
Indonesia Raya merdeka! Merdeka!
Tanahku negeriku yang ku cinta
Indonesia Raya merdeka! Merdeka!
Hiduplah Indonesia Raya

Chi lagi enak tidur. Tau-tau kedengeran lagu Indonesia Raya. Chi dan K'Aie sempat lihat-lihatan dengan tatapan yang masih mengantuk. Tetapi, setelah itu kami berdua ngikik. Baru kali ini kami dibangunin sama alarm dengan Lagu Indonesia Raya. Berasa kayak langsung diajak upacara hahahaha!

Gak lama kemudian kami baru sadar kalau itu suara alarm. Selama ini kan mengandalkan alarm di hp. Sekarang kami pakai BARDI Smart Wake Up Light. 

 

Alarm yang Berfungsi Sekaligus Sebagai Lampu Kamar

lampu tidur bardi smart wake up light
 
BARDI Smart Wake Up Light tidak hanya berfungsi sebagai alarm. Tetapi, juga bisa menjadi lampu tidur. Bahkan ada berbagai pilihan warna. Intensitas cahayanya bisa diatur sendiri. Bisa disetting loop sehingga warna lampunya otomatis gonta-ganti. 
 
Lagu Indonesia Raya yang waktu itu membangunkan kami juga dari salah satu stasiun radio. Alarmnya memang kami setting untuk otomatis menyalakan radio denga volume yang cukup kencang. Selain radio, lampunya juga otomastis menyala secara perlahan dari redup hingga terang. Jadi kami gak kaget karena tau-tau kamar menjadi terang.


Kembali Mendengarkan Radio

Teman-teman masih suka mendengarkan radio?

Chi sampai sekarang masih suka. Tetapi, karena sekarang mendengarkannya melalui streaming. Nah dengan memiliki BARDI Smart Wake Up Light, Chi jadi berasa punya radio lagi. Karena alat ini juga bisa berfungsi sebagai radio.

Terkadang masih ingin lanjut tidur sejenak setelah alarm menyala. Chi tinggal on/off alarmnya melalui smartphone. Begitu juga kalau lagi ingin mendengarkan radio di siang hari. Buat menemani saat sedang mengerjakan deadline. Chi tinggal menyalakan/mematikan dan lain sebagainya hanya lewat aplikasi BARDI di smarphone.

 

Suara Pengantar Tidur

 suara ombak pengantar tidur

K'Aie: "Bunda ngapain dengerin suara ombak?"
Chi: "Anggap aja kita lagi tidur di pinggir pantai, Yah hehehe."

Beberapa suara memang bisa membantu sebagai pengantar tidur. Contohnya ketika mendengarkan suara hujan, rasanya tenang dan kemudian mengantuk.

Di BARDI Smart Wake Up Light ada 3 pilihan yaitu Forest (suara tonggeret), Sea Tide (deburan ombak), dan Lullaby (instrumental). Kalau lagi kangen jalan-jalan, pilih deh suara Forrest atau Sea Tide. Chi pasang dengan durasi 30 menit dan volume yang pelan aja. 

 

WiFi Bermasalah, Alarm Tetap Berfungsi

koneksi internet smart wake up light

Seperti produk BARDI lainnya, alarm pintar ini juga terkoneksi dengan WiFi. Tetapi,, udah 2 mingguan provider di rumah gangguan melulu. Bisa berhari-hari gangguannya. Errgghh!

Senangnya alarm BARDI Smart Wake Up Light tetap bekerja meskipun tanpa WiFi. Perbedaannya adalah tidak bisa dioperasikan lewat smartphone ketika WiFi sedang mati. Bila ingin mematikan alarm karena masih mengantuk atau mendengarkan radio harus secara manual. Ada beberapa tombol yang mengelilingi produk ini. Setiap tombol tentu ada fungsi masing-masing.
 
Sekarang bangun pagi jadi semakin mudah. Tidur malam pun semakin berkualitas karena tidak lagi terganggu notif. Menyenangkannya lagi, sejak pagi sudah langsung mendengarkan siaran dari radio favorit.