Tips Mudah Bangun Pagi dengan BARDI Smart Wake Up Light

By Keke Naima - April 02, 2021

Tips Mudah Bangun Pagi dengan BARDI Smart Wake Up Light - Tidur berkualitas dan bangun pagi dengan tubuh segar merupakan kenikmatan hqq. Sayangnya terkadang kita tidak mendapatkan kenikmatan itu.

tips mudah bangun pagi dengan bardi smart wake up alarm

Chi termasuk yang harus ada persiapan kalau kamu tidur. Gak seperti K'Aie yang tidur di manapun juga bisa. Buat Chi harus ada bantal, guling, hingga selimut. Tentunya kasurnya juga nyaman, Pokoknya perlengkapannya komplit. Bahkan di saat cuaca sedang gerah dan kamar saya tidak menggunakan AC pun, selimut tetap harus ada. Berasa ada yang kurang aja kalau gak komplit hehehe.

Persiapan berikutnya adalah meredupkan pencahayaan. Kebiasaan ini sebetulnya baru ada sejak menikah. Dulu, Chi terbiasa tidur dengan lampu yang terang benderang. Sedangkan K'Aie sebaliknya. Jadi ketika kami menikah, diambil deh jalan tengah. Kebiasaan itu berlanjut sampai sekarang.


Susah Tidur Lagi Gara-Gara Notif di Ponsel

 
penyebab sulit tidur

"Bun, mending matiin deh hpnya. Biar tidur Bunda gak terganggu."

Perbedaan yang paling terlihat antara Chi dan K'Aie memang di persiapan tidur. K'Aie tipe yang bisa tidur dalam kondisi apa pun. Kalaupun sampai terbangun, masih bisa lanjutin tidur lagi dalam waktu yang gak lama.

Beda banget nih sama istrinya. Selain beberapa persiapan yang ditulis di awal, Chi juga paling gak bisa berisik. Malah lumayan sensitif ma suara. Kedengeran suara pelan aja masih bisa terbangun. Keselnya jadi susah buat tidur lagi.

Beberapa kali lagi enak tidur, mendadak terbangun karena mendengar notif WA. Ngeselin banget ketika dibuka, gak taunya dari nomor gak dikenal. Nawarin produk ini itu. Ada aja orang gak kenal waktu kalau jualan. Malah pernah juga ditelpon oknum penipu.

Memang kejadiannya gak sering, tetapi tetap aja ngeselin karena bikin susah untuk kembali tidur. Makanya K'Aie menyarankan untuk matiin ponsel. Biar gak terganggu sama notif WA atau telpon gak jelas.


5 Cara Mengatasi Sulit Bangun Pagi


tips agar tidak kesiangan bangun

Pandemi COVID-19 membuat kami sekeluarga lebih banyak beraktivitas di rumah. Tetapi, bukan berarti libur panjang. K'Aie tetap harus bekerja. Sedangkan Keke dan Nai juga bersekolah. Meskipun bekerja dan belajarnya dilakukan di rumah. 
 

Makanya tetap butuh bangun pagi. Dan Chi yang selalu bangun paling pagi untuk bangunin orang serumah. Chi pernah beberapa kali kesiangan bangun. Alhasil kesiangan juga sekeluarga hehehe. 
 
Sebelum pandemi kalau kesiangan begini suka bikin panik. Grabak-grubuk menyiapkan bekal sekolah Keke dan Nai. Tetapi, kalau udah kesiangan banget, cara paling jitu dengan memberi mereka uang jajan alias gak bawa bekal. Oleh karenanya perlu ada cara mengatasi sulit bangun pagi. Biar gak keseringan kesiangan bangun.

 

Niat Bangun Pagi

Semua berawal dari niat. Setuju?

Biasanya kalau ada sesuatu yang bikin senang, bangun paginya juga semangat. Misalnya nih waktu Chi masih ngantor. Suasananya bikin betah. Makanya setiap pagi tuh selalu semangat buat berangkat ke kantor.


Mengatur Jadwal Tidur

Mulainya membiasakan diri dengan tidur lebih awal. Tidak terlalu larut malam. Supaya durasi tidurnya yang cukup. Pagi-paginya gak ngantuk berat.


Ritual Menjelang Tidur

Jangan beraktivitas yang menguras keringat menjelang tidur. Biasanya Chi scroll medsos atau menonton tv sebentar. Konsumsi makan dan minum pun sebaiknya jangan mepet dengan waktu tidur. Kalau udara lagi gerah banget, biasanya Chi mandi sebentar. Sekadar ngademin badan, biar gak kegerahan.


Padamkan/Redupkan Lampu

Sebelum menikah, Chi selalu tidur dengan lampu yang terang benderang. Sedangkan K'Aie sebaliknya. Nah, biar tidak terjadi keributan dalam rumah tangga, diambil deh jalan tengah. Cahaya di kamar dibuat redup.


Gunakan Alarm

fitur bardi smart wake up light
Tampilan BARDI Samrt Wake Up Alarm melalui layar handphone. Chi tinggal klik ikon yang ingin di-setting.

 

Setiap hari, Chi masih menggunakan alarm. Biasanya 15 menit menjelang Subuh, suka terdengar suara toa dari masjid. Meminta warga untuk bangun dan bersiap-siap sholat Subuh.

Tetapi, kalau tidur malamnya terlalu larut, suka jadi kebablasan tidurnya. Suara dari masjid gak kedengeran sama sekali. Makanya setiap hari tetap pasang alarm.


BARDI Smart Wake Up Light, Tidak Sekadar Alarm Pintar


bardi smart wake up light
Bentuknya yang bulat membuat BARDI Smart Wake Up Alarm terlihat manis


Sejak pandemi dan anak-anak belajar di rumah, Chi gak grabak-grubuk urusan bekal. Makanya, usai sholat Subuh dilanjut dengan tidur lagi. K'Aie dan anak-anak juga begitu. Bangun lagi mendekati jam sekolah. 
 
Memang sudah tidak ada grabak-grubuk di dapur sata pagi hari. Tetapi, bukan berati tidak lagi membutuhkan alarm. Saat ini, kami menggunakan BARDI Smart Wake Up Light. Perangkat pintar yang tidak hanya berfungsi sebagai alarm. 

Produk sudah dikenal di keluarga kami. Kami sudah menggunakan BARDI Smart Light Bulb dan BARDI IR Remote 10M - BLK. Sejak pertama kali mengenal dan mencoba produk-produk dari brand ini, Chi udah langsung suka. Kualitasnya recommended, deh. Makanya jadi semakin pengen menambah koleksi. 
 
 
 keunggulan bardi smart wake up light
 
Itulah kenapa pilihan kami jatuh ke BARDI Smart Wake Up Light. Sejak pakai produk ini, handphone bisa ikutan istirahat. Gak terus menyala 24 jam. Gak terganggu langi dengan notif-notif bikin susah tidur.

Seperti produk-produk lainnya, BARDI Smart Wake Up Light bisa dioperasikan melalui smartphone. Karena sebelumnya sudah instal aplikasi BARDI Smarthome, kami tinggal koneksikan aja.Selain berfungsi sebagai alarm, ada beberapa fitur lain yang Chi suka.
 
Sempat berebutan nih ma Keke. Dia ingin alarm pintar ini ditaro di kamarnya. Tetapi, Chi keberatan karena dia pernah bilang kalau pasang alarm memang supaya orang lain bangun. Trus nanti baru bangunin dia. Ya trus ngapain juga ditaro di kamarnya kalau akhirnya bundanya juga yang banguni dia terus untuk sholat Subuh hehehe.


Dibangunkan oleh Alarm dengan Lagu Indonesia Raya

alarm untuk bangun pagi
 
Indonesia Raya merdeka! Merdeka!
Tanahku negeriku yang ku cinta
Indonesia Raya merdeka! Merdeka!
Hiduplah Indonesia Raya

Chi lagi enak tidur. Tau-tau kedengeran lagu Indonesia Raya. Chi dan K'Aie sempat lihat-lihatan dengan tatapan yang masih mengantuk. Tetapi, setelah itu kami berdua ngikik. Baru kali ini kami dibangunin sama alarm dengan Lagu Indonesia Raya. Berasa kayak langsung diajak upacara hahahaha!

Gak lama kemudian kami baru sadar kalau itu suara alarm. Selama ini kan mengandalkan alarm di hp. Sekarang kami pakai BARDI Smart Wake Up Light. 

 

Alarm yang Berfungsi Sekaligus Sebagai Lampu Kamar

lampu tidur bardi smart wake up light
 
BARDI Smart Wake Up Light tidak hanya berfungsi sebagai alarm. Tetapi, juga bisa menjadi lampu tidur. Bahkan ada berbagai pilihan warna. Intensitas cahayanya bisa diatur sendiri. Bisa disetting loop sehingga warna lampunya otomatis gonta-ganti. 
 
Lagu Indonesia Raya yang waktu itu membangunkan kami juga dari salah satu stasiun radio. Alarmnya memang kami setting untuk otomatis menyalakan radio denga volume yang cukup kencang. Selain radio, lampunya juga otomastis menyala secara perlahan dari redup hingga terang. Jadi kami gak kaget karena tau-tau kamar menjadi terang.


Kembali Mendengarkan Radio

Teman-teman masih suka mendengarkan radio?

Chi sampai sekarang masih suka. Tetapi, karena sekarang mendengarkannya melalui streaming. Nah dengan memiliki BARDI Smart Wake Up Light, Chi jadi berasa punya radio lagi. Karena alat ini juga bisa berfungsi sebagai radio.

Terkadang masih ingin lanjut tidur sejenak setelah alarm menyala. Chi tinggal on/off alarmnya melalui smartphone. Begitu juga kalau lagi ingin mendengarkan radio di siang hari. Buat menemani saat sedang mengerjakan deadline. Chi tinggal menyalakan/mematikan dan lain sebagainya hanya lewat aplikasi BARDI di smarphone.

 

Suara Pengantar Tidur

 suara ombak pengantar tidur

K'Aie: "Bunda ngapain dengerin suara ombak?"
Chi: "Anggap aja kita lagi tidur di pinggir pantai, Yah hehehe."

Beberapa suara memang bisa membantu sebagai pengantar tidur. Contohnya ketika mendengarkan suara hujan, rasanya tenang dan kemudian mengantuk.

Di BARDI Smart Wake Up Light ada 3 pilihan yaitu Forest (suara tonggeret), Sea Tide (deburan ombak), dan Lullaby (instrumental). Kalau lagi kangen jalan-jalan, pilih deh suara Forrest atau Sea Tide. Chi pasang dengan durasi 30 menit dan volume yang pelan aja. 

 

WiFi Bermasalah, Alarm Tetap Berfungsi

koneksi internet smart wake up light

Seperti produk BARDI lainnya, alarm pintar ini juga terkoneksi dengan WiFi. Tetapi,, udah 2 mingguan provider di rumah gangguan melulu. Bisa berhari-hari gangguannya. Errgghh!

Senangnya alarm BARDI Smart Wake Up Light tetap bekerja meskipun tanpa WiFi. Perbedaannya adalah tidak bisa dioperasikan lewat smartphone ketika WiFi sedang mati. Bila ingin mematikan alarm karena masih mengantuk atau mendengarkan radio harus secara manual. Ada beberapa tombol yang mengelilingi produk ini. Setiap tombol tentu ada fungsi masing-masing.
 
Sekarang bangun pagi jadi semakin mudah. Tidur malam pun semakin berkualitas karena tidak lagi terganggu notif. Menyenangkannya lagi, sejak pagi sudah langsung mendengarkan siaran dari radio favorit.

  • Share:

You Might Also Like

46 comments

  1. ouch ini bardi smart wake up light kok canggih beutt.. Lucu ya kalau alarm buat bangunin adalah lagu Indonesia Raya, ditambah bisa nyambung ke radio pula >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itu lagu Indonesia Raya dari salah satu radio hehehe

      Delete
  2. Wakakakka, atulah kenapa tidur kita sama, mesti lengkap dan pada tempatnya, kalo aku plus sweater dan kaos kaki hahahaa. Meski terllelap tidur kalo ada BARDI smart wake up ini ga perlu takut keisngan, ga ada wifi pun tetep nyala alarmya, keren euy.
    Terutama buat ramadhan ini butuh bangt buat jam sahhur, bisi keseiangan sekeluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga jangan pada kesiangan sahur ya, Teh hehehe

      Delete
  3. sejak Ramadan jam tidur aku jadi berkurang, pengennya meski jam tidur kurang tapi saat tidur bisa deep sleep gitu lho mba, jadi pas bangun tetap segar, seperti aku butuh bardi smart wake up light

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu saya yang terkadang belum bisa deep sleep

      Delete
  4. Asiknya punya Bardi Smart Wake Up Light kayak gini, ga bakalan bangun kesiangan deh saat sahur hihihihi :D Istimewanya, meskipun misalnya wifi mati, alamrnnya tetap berfungsi. Kudu dimiliki nih, secara aku dan anak2 kebluk juga demen bobo lama susah dibangunin hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau udah kecapean banget, suara alarm hp suka bablas gak kedengeran ma saya :D

      Delete
  5. Kayaknya aku butuh ini deh mba buat anakku. Biar dia juga makin semangat buat bangun pagi. Apalagi ini multi fungsi dan bisa berubah warna juga lampunya :)

    ReplyDelete
  6. lucu banget yg pas denger lagu indonesia raya ternyata alarm heheuuu
    alarmnya pinter banget mba chiii ini, wifi connected ya
    aku jg masi suka denger radio mbaa....
    alarm buat bangun sahur okeeee banget bardi ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! Tetapi, kalau pun WiFi lagi mati tetap bekerja kok alarmnya

      Delete
  7. Keren bener nih alarmnya Bardi. ngakak banget waktu baca suara alarm lagu kebangsaan. hahaha bangun tidur pake topi graak!

    btw asik ya ada white noisenya juga, aku suka dengerin gitu juga soalnya buat kalau mau tidur

    ReplyDelete
  8. Kok mupeng ya sama lampunya ini multifungsi banget mulai dari lampu hingga alarm, ada juga fitur biar bisa tidur nyenyak.. Sukanya lagi biar nggak ada wifi bisa tetap dipakai ya..

    ReplyDelete
  9. Sama dong kalau mau tidur garus ada selimut, lengkap juga bantal &guling. Walaupun panas aku tetap pakai selimut juga. Tidur biar nyaman cahayanya jangan terang ya, pakai bardi multi fungsi ya bisa ada wake up lightnya juga. Jadi naksir aku sama Vardi smart wake up light

    ReplyDelete
    Replies
    1. KAlau gak lengkap berasa ada yang kurang, ya hihihi

      Delete
  10. Agak mirip ama aku dan suami deh ini. Suamiku duduk di kursi aja bisa tidur dia. Aku susaah banget. Ibarat cuma ada bayangan lewat aja kebangun, dan susah tidur lagi. Alhasil kepala sering puyeng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, sama banget, Mbak. Makanya tidur buat saya tuh harus bener-bener nyaman

      Delete
  11. Aku banget ini perlu memperhatikan ritual tidur. Kadang pengen makan aja sebelum tidur hahah... Nah, kalau ada bantuan kayak gini, auto makin nyaman tidurnya ya.

    ReplyDelete
  12. Wkwkw suamiku jg bisa tidur dalam kondisi apapun sementara aku susah bobo dan bener kepoh hape tu mempengaruhi proses bobo banget :D
    Lampunya canggih bener buat nemenin bobo, bisa buat bangunin tidur pula jd gak kesiangan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya rata-rata suami pada gampang tidur, ya. Sedangkan istri kebalikannya hahaha

      Delete
  13. Mba Chie, aku tuh sampai sekarang kalau tidur lampu harus nyala. Padahal katanya nggak bagus untuk kesehatan. Jadi naksir pengen beli Bardi Smart Wake Up Light ini deh, bisa jadi night light sekaligus alarm. Mana desainnya juga keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya katanya begitu, Mbak. Sejak menikah saya biasanya tidur dengan lampu temaram

      Delete
  14. Bardi smart ini banyak banget ya jenis dan macamnya dan semua produk-produk yang fungsional banget sehingga sangat worthed untuk dimiliki.

    ReplyDelete
  15. Aku juga baru bisa tidur dengan kasur yang empuk, kudu ada selimut, tapi gak suka guling. Baru deh bisa tidur dengan nyaman. Enak juga ada pilihan pengantar tidur gini, mesti siapin Bardi Smart Wake Up Light juga nih di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti gak berasa ada yang hilang ya kalau tidur di hotel. Karena biasanya di hotel gak ada guling heheh

      Delete
  16. sebelum tidur jadi tenang setelah bangun tidur juga ga masalah mau bangun pagi yaaa. pas banget buat tepat waktu bangun sahur ini biasanya suka malas2an

    ReplyDelete
  17. Huhu keren banget ya nih alarm sekaligus lampu kamar... Secara alarm HP kadang gak mempan..haha Coba cek ah di marketplace..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk sama banget! Kalau udah kecapean, saya gak denger suara alarm hp

      Delete
  18. wahh lampunya kece ya mbak
    beneran smart lamp, nggak cuma lampu tapi ada alarmnya.
    bikin bangun pagi lebih mudah
    ada suara lautnya pula

    ReplyDelete
  19. Naksir berat sama BARDI Smart Wake Up Light.
    Bangunnya jadi lebih smooth yaa...gak kaget karena suara yang mendadak hadir di tengah lelapnya tidur. Uwh...pengen~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! Suaranya gak langsung menggelegar hehehe

      Delete
  20. Wkkkkk dibangunin Bardi Smart lamp pake lagu Indonesia Raya? Epic!
    aku keingetan sama mini movie animasi yang alarm itu jadinya Chi, nonton (lagi0 deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena saya settingnya ke radio. Dan waktu itu memutar lagu Indonesia Raya hehehe

      Delete
  21. Nah yang begini yang asyik. Bisa bangun tidur tepat waktu ya. Butuh banget yang begini di bulan puasa begini. Biar gak kesiangan. Udah gitu lampunya canggih. Bisa dioperasikan pake smartphone. Ceki-ceki aaaah..

    ReplyDelete
  22. Aku pakai ini buat bangun sahur juga Mbak
    Ternyata ampuh deh bikin semua melek jam 2 dini hari haha
    Bentuknya juga gemesin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Volumenya bisa digedein sesuai kebutuhan, ya :D

      Delete
  23. Skrg makin canggih yaa... bangun tidur aja lampu yang bangunin.. hahaha.. tapi keren deh ini bardi. Pengen punya 1 di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Andalan saya sekarang nih alarmnya, Mbak heheh

      Delete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^