Menjelang makan siang dan sore hari, biasanya di rumah udah pada mulai cari camilan. Jadi memang harus disediakan di rumah. Gak selalu harus Chi yang menyiapkan. K'Aie dan anak-anak juga suka bikin Kadang-kadang kami bikinnya barengan. Sama halnya seperti makanan utama, menunya bisa berganti setiap hari. Paling enggak 2 hari sekali. Biar gak bosan dengan menu yang sama terus.
 
resep puding apel dengan susu murni hometown dairy
Puding Roti Apel dikasih topping es krim vanilla. Puding dan es krim semuanya bikin sendiri dengan bahan utamanya susu segar


Kami sekeluarga suka minum susu murni minimal 1 gelas sehari. Sisanya bisa kami olah menjadi berbagai minuman atau makanan. Bahkan beberapa makanan utama juga enak lho diolah menggunakan susu. Makanya, susu cair termasuk minuman yang harus terus tersedia di rumah.

Kebetulan lagi ada stok Hometown Dairy di kulkas. Ini susu murni favorit kami sekeluarga. Chi udah pernah mengulas alasannya sekitar 2 tahun lalu.
 

Banyak yang bilang kalau Hometown Dairy rasanya mirip kayak susu di Australia/US/UK. Tetapi, yang pasti buat Chi ini seperti mengembalikan ke memori masa kecil. Udah dibiasain minum susu murni sejak kecil hingga hamil anak kedua. 
 
Kalau sekarang udah agak jarang mencari penjual susu murni. Makanya pas nyobain Hometown Dairy tuh langsung suka banget. Rasanya segar dan alami banget. 'Creamy on the top' pada susu ini membuat rasanya semakin enak.
 
Untuk menjaga kesegarannya, susu sapi langsung diperah dari ambing kemudian dipasteurisasi. Tidak ada tambahan zat pengawet serta pemanis apapun, juga tidak ada bagian yang dibuang. Sehingga rasanya benar-benar asli. Gumpalan krimnya itu juga menunjukkan prosesnya alami dan aman dikonsumsi selama tidak ada perubahan rasa. 
 
Jadi jangan buru-buru dibuang bila terlihat ada gumpalan krim di susu murni Hometown Dairy. Cek dulu bau dan rasanya. Kalau Chi suka disendokin dan dimakan krimnya. Bisa juga dikocok dulu sebelum botol dibuka agar tercampur.

daya tahan hometown dairy susu pasteurisasi
 
Pasteurisasi adalah proses pemanasan yang dilakukan untuk membunuh bakteri pada susu segar. Nah, Kamu harus segera mengonsumsinya setelah proses pasteurisasi selesai. Ketika sudah dipasteurisasi dan disimpan di dalam kulkas, Susu tahan sekitar 7-11 Hari. Dan ketika kemasan sudah dibuka, daya tahannya bertahan 3 jam saja di suhu ruangan dan 3-4 hari di kulkas (setelah kemasan dibuka). Ciri- cirinya kalau susu sudah tidak layak minum, rasa dan baunya akan berubah. 

Sumber: Hometown Dairy


Karena Hometown adalah pasteurisasi, jangan biarkan terlalu lama di suhu ruang (15-25 derajat celcius), ya. Kalau susu sudah dalam keadaan terbuka lebih baik segera dihabiskan karena hanya bertahan 2  jam. Sedangkan bila masih tersegel bertahan 3 jam di suhu ruang.

Di dalam kulkas (0-4 derajat celcius) juga fresh milk gak bisa bertahan lama seperti susu lainnya. Dari brosur Hometown yang Chi dapat, bila masih tersegel bisa bertahan sesuai expiry date. Tetapi, bila sudah dibuka bertahan 2-3 hari saja.


Resep Pudding Roti Apel


resep apple bread pudding
 
Kali ini Chi mau berbagi resep Puding Roti Apel (Apple Bread Pudding). Sebetulnya Chi lebih sering bikin Puding Roti Pisang (Banana Bread Pudding).
 
Selain dari rasa, perbedaan menggunakan apel dan pisang adalah dari segi kepraktisannya. Kalau menggunakan pisang, kita tinggal potong-potong buahnya kemudian campurkan ke semua bahan. Sedangkan bila menggunakan apel, harus ada proses bikin isiannya dulu.

Kalau bikin isian apel, Chi suka sekaligus banyak. Paling enggak 1 kg apel, lah. Karena isian ini bisa distok dan disimpan di kulkas. Lumayan awet kalau disimpan di wadah yang bersih dna tertutup rapat. Tentunya juga menghemat waktu kalau isiannya bikin sekaligus banyak. Kebetulan lagi ada stoknya, kali ini Chi pilih bikin puding roti dengan isian buah ini.


Bahan-bahan:
Isian Apel:
  • 1 kg apel malang. Kupas kulitnya, cuci bersih, kemudian potong dadu. Ukuran sesuai selera, tetapi sebaiknya jangan terlalu kecil atau besar
  • Kayu manis sesuai selera
  • Gula pasir sesuai selera
  • Garam secukupnya
  • Air

Bahan bread pudding:
  • 7 lembar roti tawar, potong kotak-kotak
  • 350 ml susu cair
  • Gula pasir sesuai selera (optional)
  • 3 sdm margarin, cairkan
  • 3 butir telur
  • Garam secukupnya
  • Kayu manis 

 

Cara Membuat:
Isian Apel:
  1. Apel, kayu manis, dan gula pasir dimasukkan ke dalam wajan
  2. Beri air sedikit saja. Kayak diciprat-cipratkan sekadar gula pasirnya agak basah
  3. Masak dalam api kecil hingga gula mencair dan apel mulai empuk
  4. Bila khawatir gula menjadi gosong, sedangkan apel belum lunak, bisa ditambahkan air secukupnya
  5. Tambahkan sedikit garam
  6. Masak terus sambil sesekali diaduk sampai apel agak lunak

Bread Pudding:
  1. Kocok telur dan gula pasir hingga menyatu
  2. Tambahkan susu cair ke dalam telur 
  3. Beri sedikit garam
  4. Masukkan juga mentega cair yang sudah dingin. Aduk rata
  5. Olesi wadah dengan margarin agar puding tidak lengket. Tipis-tipis aja olesannya, ya
  6. Tata 1/2 porsi roti tawar didasar wadah
  7. Masukkan isian apel
  8. Tutup dengan sisa potongan roti tawar
  9. Siram dengan susu cair yang sudah dicampur dengan telur dan bahan lainnya
  10. Masukkan ke microwave (power level 50, dipanggang selama 45 menit)

 

Catatan:
  1. Chi paling suka pakai apel malang karena masih ada rasa asamnya. Gak hanya manis.
  2. Takaran kayu manis sesuai selera, ya. Kalau Chi suka yang agak kuat aromanya. Jadi lumayan banyak pakai kayu manisnya
  3. Begitu pun dengan gula pasir. Sesuai selera aja manisnya
  4. Untuk bread pudding ini Chi gak kasih gula lagi rasa manisnya diambil dari isian apel dan topping (es krim vanilla atau mapple syrup)
  5. Bread pudding bisa dipanggang atau kukus. Resepnya sama aja. Dipanggang pun bisa dengan cara dioven atau microwave. 
 
susu segar hometown dairy halal
 
Balik lagi bahas tentang susu Murni Hometown Dairy. Keterangan di label susu sangat jelas. Ada nomor BPOM, logo halal MUI, serta petunjuk penyimpanan dan daya tahannya.

Hometown Dairy bisa dibeli di Lulu Hypemart, AEON, Ranch Market, Farmers Market, Lotte Mart, Kemchicks, Foodhall, Superindo, Jakarta Fruit Market, Duta Buah, HERO Hypermart, dan Rumah Buah.

Beli online juga bisa. Apalagi di saat pandemi begini kan lebih nyaman kalau online. Produk akan dikemas dengan baik dan dikirim dalam keadaan dingin. Teman-teman bisa beli di GGF Official Shop (https://shopee.co.id/ggfofficial) atau GGF Mart (https://www.tokopedia.com/ggfmart)
 
susu murni hometown dairy
 
Hometown Dairy dijual dalam kemasan 1 liter, 2 liter, dan 3 liter. Bagi kami sekeluarga yang memang penggemar susu, beli yang 3 liter juga gak masalah. Bakalan cepat habis juga dikonsumsi.
 
Kalau pun teman-teman tidak begitu menyukai susu cair, bisa diolah lagi atau ditambahkan rasa lain. Misalkan campur dengan buah-buahan, ice cream, pudding, bahkan sop betawi pun bagi kami lebih enak menggunakan susu daripada santan, lho.

Ada ide berbagi olahan susu lainnya? Yuk kita sama-sama berbagi cerita.