Tuesday, January 26, 2021

Resep Puding Roti Apel dengan Susu Murni Hometown Dairy


Menjelang makan siang dan sore hari, biasanya di rumah udah pada mulai cari camilan. Jadi memang harus disediakan di rumah. Gak selalu harus Chi yang menyiapkan. K'Aie dan anak-anak juga suka bikin Kadang-kadang kami bikinnya barengan. Sama halnya seperti makanan utama, menunya bisa berganti setiap hari. Paling enggak 2 hari sekali. Biar gak bosan dengan menu yang sama terus.
 
resep puding apel dengan susu murni hometown dairy
Puding Roti Apel dikasih topping es krim vanilla. Puding dan es krim semuanya bikin sendiri dengan bahan utamanya susu segar


Kami sekeluarga suka minum susu murni minimal 1 gelas sehari. Sisanya bisa kami olah menjadi berbagai minuman atau makanan. Bahkan beberapa makanan utama juga enak lho diolah menggunakan susu. Makanya, susu cair termasuk minuman yang harus terus tersedia di rumah.

Kebetulan lagi ada stok Hometown Dairy di kulkas. Ini susu murni favorit kami sekeluarga. Chi udah pernah mengulas alasannya sekitar 2 tahun lalu.
 

Banyak yang bilang kalau Hometown Dairy rasanya mirip kayak susu di Australia/US/UK. Tetapi, yang pasti buat Chi ini seperti mengembalikan ke memori masa kecil. Udah dibiasain minum susu murni sejak kecil hingga hamil anak kedua. 
 
Kalau sekarang udah agak jarang mencari penjual susu murni. Makanya pas nyobain Hometown Dairy tuh langsung suka banget. Rasanya segar dan alami banget. 'Creamy on the top' pada susu ini membuat rasanya semakin enak.
 
Untuk menjaga kesegarannya, susu sapi langsung diperah dari ambing kemudian dipasteurisasi. Tidak ada tambahan zat pengawet serta pemanis apapun, juga tidak ada bagian yang dibuang. Sehingga rasanya benar-benar asli. Gumpalan krimnya itu juga menunjukkan prosesnya alami dan aman dikonsumsi selama tidak ada perubahan rasa. 
 
Jadi jangan buru-buru dibuang bila terlihat ada gumpalan krim di susu murni Hometown Dairy. Cek dulu bau dan rasanya. Kalau Chi suka disendokin dan dimakan krimnya. Bisa juga dikocok dulu sebelum botol dibuka agar tercampur.

daya tahan hometown dairy susu pasteurisasi
 
Pasteurisasi adalah proses pemanasan yang dilakukan untuk membunuh bakteri pada susu segar. Nah, Kamu harus segera mengonsumsinya setelah proses pasteurisasi selesai. Ketika sudah dipasteurisasi dan disimpan di dalam kulkas, Susu tahan sekitar 7-11 Hari. Dan ketika kemasan sudah dibuka, daya tahannya bertahan 3 jam saja di suhu ruangan dan 3-4 hari di kulkas (setelah kemasan dibuka). Ciri- cirinya kalau susu sudah tidak layak minum, rasa dan baunya akan berubah. 

Sumber: Hometown Dairy


Karena Hometown adalah pasteurisasi, jangan biarkan terlalu lama di suhu ruang (15-25 derajat celcius), ya. Kalau susu sudah dalam keadaan terbuka lebih baik segera dihabiskan karena hanya bertahan 2  jam. Sedangkan bila masih tersegel bertahan 3 jam di suhu ruang.

Di dalam kulkas (0-4 derajat celcius) juga fresh milk gak bisa bertahan lama seperti susu lainnya. Dari brosur Hometown yang Chi dapat, bila masih tersegel bisa bertahan sesuai expiry date. Tetapi, bila sudah dibuka bertahan 2-3 hari saja.


Resep Pudding Roti Apel


resep apple bread pudding
 
Kali ini Chi mau berbagi resep Puding Roti Apel (Apple Bread Pudding). Sebetulnya Chi lebih sering bikin Puding Roti Pisang (Banana Bread Pudding).
 
Selain dari rasa, perbedaan menggunakan apel dan pisang adalah dari segi kepraktisannya. Kalau menggunakan pisang, kita tinggal potong-potong buahnya kemudian campurkan ke semua bahan. Sedangkan bila menggunakan apel, harus ada proses bikin isiannya dulu.

Kalau bikin isian apel, Chi suka sekaligus banyak. Paling enggak 1 kg apel, lah. Karena isian ini bisa distok dan disimpan di kulkas. Lumayan awet kalau disimpan di wadah yang bersih dna tertutup rapat. Tentunya juga menghemat waktu kalau isiannya bikin sekaligus banyak. Kebetulan lagi ada stoknya, kali ini Chi pilih bikin puding roti dengan isian buah ini.


Bahan-bahan:
Isian Apel:
  • 1 kg apel malang. Kupas kulitnya, cuci bersih, kemudian potong dadu. Ukuran sesuai selera, tetapi sebaiknya jangan terlalu kecil atau besar
  • Kayu manis sesuai selera
  • Gula pasir sesuai selera
  • Garam secukupnya
  • Air

Bahan bread pudding:
  • 7 lembar roti tawar, potong kotak-kotak
  • 350 ml susu cair
  • Gula pasir sesuai selera (optional)
  • 3 sdm margarin, cairkan
  • 3 butir telur
  • Garam secukupnya
  • Kayu manis 

 

Cara Membuat:
Isian Apel:
  1. Apel, kayu manis, dan gula pasir dimasukkan ke dalam wajan
  2. Beri air sedikit saja. Kayak diciprat-cipratkan sekadar gula pasirnya agak basah
  3. Masak dalam api kecil hingga gula mencair dan apel mulai empuk
  4. Bila khawatir gula menjadi gosong, sedangkan apel belum lunak, bisa ditambahkan air secukupnya
  5. Tambahkan sedikit garam
  6. Masak terus sambil sesekali diaduk sampai apel agak lunak

Bread Pudding:
  1. Kocok telur dan gula pasir hingga menyatu
  2. Tambahkan susu cair ke dalam telur 
  3. Beri sedikit garam
  4. Masukkan juga mentega cair yang sudah dingin. Aduk rata
  5. Olesi wadah dengan margarin agar puding tidak lengket. Tipis-tipis aja olesannya, ya
  6. Tata 1/2 porsi roti tawar didasar wadah
  7. Masukkan isian apel
  8. Tutup dengan sisa potongan roti tawar
  9. Siram dengan susu cair yang sudah dicampur dengan telur dan bahan lainnya
  10. Masukkan ke microwave (power level 50, dipanggang selama 45 menit)

 

Catatan:
  1. Chi paling suka pakai apel malang karena masih ada rasa asamnya. Gak hanya manis.
  2. Takaran kayu manis sesuai selera, ya. Kalau Chi suka yang agak kuat aromanya. Jadi lumayan banyak pakai kayu manisnya
  3. Begitu pun dengan gula pasir. Sesuai selera aja manisnya
  4. Untuk bread pudding ini Chi gak kasih gula lagi rasa manisnya diambil dari isian apel dan topping (es krim vanilla atau mapple syrup)
  5. Bread pudding bisa dipanggang atau kukus. Resepnya sama aja. Dipanggang pun bisa dengan cara dioven atau microwave. 
 
susu segar hometown dairy halal
 
Balik lagi bahas tentang susu Murni Hometown Dairy. Keterangan di label susu sangat jelas. Ada nomor BPOM, logo halal MUI, serta petunjuk penyimpanan dan daya tahannya.

Hometown Dairy bisa dibeli di Lulu Hypemart, AEON, Ranch Market, Farmers Market, Lotte Mart, Kemchicks, Foodhall, Superindo, Jakarta Fruit Market, Duta Buah, HERO Hypermart, dan Rumah Buah.

Beli online juga bisa. Apalagi di saat pandemi begini kan lebih nyaman kalau online. Produk akan dikemas dengan baik dan dikirim dalam keadaan dingin. Teman-teman bisa beli di GGF Official Shop (https://shopee.co.id/ggfofficial) atau GGF Mart (https://www.tokopedia.com/ggfmart)
 
susu murni hometown dairy
 
Hometown Dairy dijual dalam kemasan 1 liter, 2 liter, dan 3 liter. Bagi kami sekeluarga yang memang penggemar susu, beli yang 3 liter juga gak masalah. Bakalan cepat habis juga dikonsumsi.
 
Kalau pun teman-teman tidak begitu menyukai susu cair, bisa diolah lagi atau ditambahkan rasa lain. Misalkan campur dengan buah-buahan, ice cream, pudding, bahkan sop betawi pun bagi kami lebih enak menggunakan susu daripada santan, lho.

Ada ide berbagi olahan susu lainnya? Yuk kita sama-sama berbagi cerita.
Resep Puding Roti Apel dengan Susu Murni Hometown Dairy
4/ 5
By

52 comments

  1. Aku ga ngerti kenapa lidahku dan hidung itu samasekali ga bisa mencium bau susu -_- . Dari TK, tiap mama maksa minum susu, itu aku muntah mba. Bau susu putih itu bener2 ga bisa aku tolerir. Kemarin, aku iseng cobain susu B*earbrand, hanya mau tau aja rasanya Krn ga secreamy susu biasa. Tapi pas masuk mulut, astagaaah, lgs aku muntahin tanpa bisa ditahan :( .

    Pas mama tahu aku ga bisa cium susu, akhirnya diganti sih jd yg rasa coklat. Tp sempet beli susu segar, cm dicampur Milo. Tp bagian atasnya ada gumpalan cream, dan itu lagi2 bikin aku muntah hahahahhaa. Makanya dulu tiap minum susu, diem2 aku buang isinya ke wastafel ato pot bunga mama :D.

    Cm aku ga ada masalah kalo susunya dijadikan bahan campuran jus, ato saus carbonara, utk campuran kuah soto, it's ok kalo itu. Yg ptg jgn ada lagi bau susu :p.

    Jd rasanya puding roti ini bakal bisa bangetttt sih aku coba :). Cuma pas nuangin susunya mending asistenku, biar aromanya ga kecium wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi ingat waktu Mbak Fanny re-cook resep sayur bayam creamy yang saya buat. Padahal itu pakai kuah susu. Tetapi, Mbak Fanny bilang suka karena rasanya enak.

      Dan Mbak Fanny juga lebih suka soto Betawi kuah susu daripada pakai santai. Berarti memang kalau untuk Mbak Fanny, mengkonsumsi susu harus diolah dulu. Jangan diminum langsung :)

      Delete
  2. Resep pudingnya sangat mantul bund, jadi pen nyoba buat tapi bakalan jadi atau malah gagal ya haha soalnya belum pernah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo coba dulu baru tau bakal jadi atau gagal :)

      Delete
  3. Ya ampun, enak banget Bread puding ya. Makasih mak Chi resepnya, aku simpan ah pingin bikin. Aku belum pernah nyoba Hometown Dairy. Ini ada di minimarket nggak ya?

    ReplyDelete
  4. yummy banget nih mba resep puding roti apel dengan susu murni hometown dairy buat dessert keluarga di rumah

    ReplyDelete
  5. Jarang minum susu murni. Jadi penasaran sama kesegaran Hometown Dairy ini. Kalaupun kurang suka minum, bisa dibikin resep lain kaya puding roti Mbak Myra

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya diolah aja kalau gak biasa minum susu murni

      Delete
  6. Resepnya kayaknya gampang nih. Saya bukan penggemar susu kalo untuk diminum. Tapi kalo bikin kue suka yang pake susu. Baru dengar ini sih brand Hometown Dairy ini. Nanti cobain deh...

    ReplyDelete
  7. Memang harga tuh ga bohong ya. Aku sekeluarga doyan banget minum susu Hometown Dairy ini, meskipun ya itu butuh effort tinggi haha..tapi puas bangeeeedd. Selain langsung dimimi kelar gowes, anak2ku juga demen kalau makanan dan minuman diberi campuran susu ini. Creamy, segerrrrr pokoknya diusahain ada di kulkas deh :)

    ReplyDelete
  8. Mbaa kepingin. Ini tuh nendang banget cocok puding roti dan susunya. Kan susunya fresh ya, creamy nggak eneg. Enaaak. Suka susu dari hometown diary ini

    ReplyDelete
  9. Memang ya apel malang itu malah enak kalau dibuat bahan masakan..karena masih ada rasa asamnya. Sepertinya pas banget ini mengimbangi creamy-nya susu Hometown dairy. Jadi makin yummy deh puding roti apel dengan susu murni begini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mbak. Makanya untuk olahan, lebih suka pakai apel malang

      Delete
  10. Bikin cemilan dari fresh milk menguntungkan dari banyak hal, Mbak Myr. Cemilannya sehat dan penuh nutrisi, manfaat semua susu segar. Nah untuk keluarga dengan anak-anak yang sedang tumbuh, emang tepat banget nih berkreasi bikin cemilan, teman iseng antara jam makan utama. Dapat enaknya, efek sampingnya adalah nutrisi untuk tumbuh kembang :)

    ReplyDelete
  11. Puding roti apelnya meuni kabita-able pisan sih,
    Apalagi pake susu murni Hometown Dairy pastinya jadi makin manteb yaaah

    Di rumah terus bawaannya jadi pengen ngemil yaah, ini resepnya kayaknya lumayan mudah siiih, ntar suruh Kayla bikin deh (mamanya tinggal nyicip hehe)

    ReplyDelete
  12. Selama ini saya belum pernah minum susu murni karena memang kurang pas di lidah saya. Mungkin karena aroma yang masih kuat banget jadi kurang sreg.

    Mendengar dan membaca beberapa review kalau sekarang ada susu Hometown Diary ini, saya jadi penasaran ingin mencicipinya. Terlebih bisa dibuat kreasi makanan yang enak... pastinya aroma khas dari susu akan tersamarkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya, Hometown Dairy aromanya juga gak bikin eneg. Tatpi, silakan dicoba dan dirasakan dulu, deh

      Delete
  13. Siaaaappp buat recook!
    Ini enjoy banget sih mbaa kalo pakai susu murni HomeTown Dairy.
    Bernutrisi dan kualitasnya paripurna ya

    ReplyDelete
  14. Cara buatnya ternyata tidak sulit ya Mbak bahannya pun mudah didapat..aku jadi penasaran dengan susu hometown ini mbak... sudah lama nggak minum susu segar.. kangen..

    ReplyDelete
  15. belakangan ini saya malah lebih suka susu plain daripada susu yg dikasih rasa lain. Entah krnapa semakin ke sini semakin sensitif dg rasa yg terlalu manis. Jadi kayaknya oke juga ya nyoba susu hometown (cuma belum nyampe makassar ya?)

    botolnya kayaknya solid ya mbak..bisa reuse gitu hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama. Saya sekeluarga juga lebih suka yang plain. Botolnya memang kokoh. Bisa tuh dijadiin pot :D

      Delete
  16. Pas banget lagi bingung nyari ide cemilan yang serumah doyan. Aku simpan ya resepnya, di rumah juga selalu sedia susu cair siap minum.

    Mba Chi, sejak kecil aku juga dibiasakan minum susu segar sampai hamil anak kedua juga. Sekarang takut gemuk, tapi tetep sedia untuk anak-anak yang udah kerja dan kuliah. Dan juga buat bahan cemilan, kayak hari ini bikin pastel, ragout nya aku kasih susu segar. Hometown Dairy ini udah ada di supermarket, kemarin udah nyoba beli 2 dos, anakku yang milih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minum susu secukupnya aja. Sepertinya gak bikin gemuk

      Delete
  17. duh ngiler deh bayangin apel dan kayu manis beradu, jadi ngebayangin pie apelnya McD, tapi sama Mba Myra dijadikan puding ya. Pengen coba. Btw, sama kita dari kecil dibiasakan minum susu murni ya. makanya bahagia banget ketika ada susu murni hometown. Nggak pakai susah nyarinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebetulnya isian apelnya bisa dipadupadankan dengan olahan lain. Makanya saya suka bikin sekaligus banyak

      Delete
  18. Aku suka semua jenis susu, terutama yang plain kek gini, susu segar. Mau diminum ato diolah doyan banget.
    Ah, blm pernah bikin Puding Roti Apel , soalnya si kka ga suka buah2an hahaaha.
    Paling banter puding susu aja. Ku penasaran sama susu segarnya. Harus nyari di rumah Buah dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss dulu ma kakak Olip hehehe. Saya juga gak begitu suka buah-buahan. Caranya harus diolah supaya masih mau makan

      Delete
  19. Buuuun, aku suka banget susu, mau susu apapunm hayo, yang penting ada. Aku juga kemarin mengolah susu untuk camilannya anak-anak sama makanan utama, biar semuanya kenyang.

    Kemarin aku bikin pudding roti tawar juga, itu dikasih taburan kayu manis bubuk yaa, makin sedaaap.

    ReplyDelete
  20. Memang ya yang namanya roti - kue - cake - pai dan entah apa lagi,
    paling enak ya harus dengan susu, karena gurih dan sedap, adonan juga jadi kuat, bisa mengembang dan tahan dipanggang, sementara lemak pada susu membantu membuat kue terasa lebih lembut dan lembab (moist).

    ah enaknyaaa puding roti apel ini! pasti asem manis gimanaaaa gitu, taro kulkas sedep

    ReplyDelete
  21. Jadi kangen minum susu murni, udah lamaaa banget nggak minum susu murni. Tanpa pengawet dan tanpa pemanis.
    Resep puding roti apelnya bisa nih dipraktekin, lumayan menghemat daripada beli.

    ReplyDelete
  22. Wah jd kepengen bikin pudingnya juga tapi kyknya mau bikin yang sama pisang, hehe.
    Susu ini tu emang seger banget ya mbak, terbukti soalnya aku pernah beli, kalau agak lama dikit rasanya udah berubah, jd beneran gk ada pegawetnya dan sehat utk dikonsumsi.

    ReplyDelete
  23. Makanan olahan susu dan keju itu kesukaan anakku banget.
    Jadi aku selalu stok susu karena aku juga suka kalau dibikin kopi susu.
    Hehhee...segeerr~

    ReplyDelete
  24. Duh jadi mupeng sama puding rotinya mbak, kerasa banget manis segernya. Kalau gak pake microwave tapi oven tangkring bisa ga yaa mbak? Aku pengen nyoba bikin buat anak anak

    ReplyDelete
  25. Wah fresh milk gini bisa diminum langsung bisa juga buat olahan ya mba.. terimakasih resepnya mba

    ReplyDelete
  26. Susu pasteurisasi berarti gak bisa dijual ke luar kota ya Mak karena masa kadaluarsanya pendek banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Tetapi, kalau di liar kota ada supermarket yang saya tulis di atas bisa dicari, Mbak.

      Delete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^
EmoticonEmoticon