Resep Es Kopi Susu Pisang

Coffee shop di mana-mana! Di mall hingga di pinggir jalan dengan kedai kecil pun mudah ditemukan. Harganya bervariasi dari mulai Rp10 ribu (atau mungkin ada yang lebih murah dari ini?) hingga lebih dari itu.

resep es kopi susu pisang

Resep Es Kopi Susu Pisang



Jauh sebelum trend ngopi, di rumah kami memang udah akrab dengan aroma kopi. K'Aie yang setiap hari harus minum kopi.

Buat K'Aie, ngopi gak sekadar minum. Dia jarang minum kopi sachet. Dan menyeduhnya aja ada caranya sendiri. Makanya sekian belas tahun menikah, Chi nyaris gak pernah bikinin kopi buat K'Aie. Justru dia yang sering bikinin kopi untuk istrinya hehehe. 

Meracik kopi sendiri memang lebih asik. Paling gak jadi lebih irit kalau mau ngopi. Termasuk menikmati kopi dengan citarasa kekinian.

Meskipun Chi suka ngopi, tetapi gak berani sesering K'Aie. Lambungnya suka gak kuat. Setelah minum kopi kadang-kadang berasa deg-degan dan gemetar. Iya, memang hanya kadang-kadang karena bisa disiasati dengan 3 cara ini

  1. Ngopi maksimal 1 gelas sehari
  2. Harus pakai susu, jangan black coffee
  3. Jangan ngopi kalau belum makan

Kalau tertib dengan 3 hal itu, biasanya gak ada masalah. Kalaupun lambungnya lagi sensi, mendingan berhenti ngopi dulu selama beberapa hari. Jangan maksain diri daripada nanti tepar.

Chi memang gak sesering K'Aie ngopinya. Tetapi, kalau berhenti total juga susah. Aroma dan rasa kopi terlalu menggoda hehehe. Salah satu kesukaan Chi adalah Es Kopi Susu Pisang.

Cara Membuat Es Kopi Susu Pisang


kopi susu, resep kopi kekinian, cara membuat es kopi susu pisang

Bahan-Bahan:

  • 2-3 sdt kopi bubuk
  • 1 kotak (190 ml) UHT Indomilk Banana
  • Palm sugar secukupnya.

Cara Membuat :

  1. Tuang kopi bubuk ke dalam gelas dan beri air mendidih
  2. Setelah dingin, saring kopinya kemudian tuang ke dalam cetakan es batu. Masukkan freezer dan tunggu hingga mengeras.
  3. Masukkan 5-7 balok es batu ke dalam gelas kemudian tuang 1/2 kotak susu UHT rasa pisang
  4. Taburkan palm sugar secukupnya
  5. Biarkan es mencair kemudian aduk supaya kopi, susu, dan gula menyatu.

Back to Content ↑

Tips Membuat Coffee Banana Milk


tips membuat coffee banana milk

1 kotak UHT ukuran 190 ml bisa untuk 2x ngopi. Tetapi, kopi yang sudah dibikin es batu bisa sampai 2-3x gelas kopi. Sebetulnya tergantung selera juga. Kalau suka kopi yang lebih pekat, takarannya bisa ditambahkan.

Susu UHT pisang sudah ada rasa manisnya. Tetapi, menambahkan gula palm secukupnya gak akan bikin kopi jadi kemanisan. Malah jadi makin enak. Palm sugar yang masih ada sedikit rasa pahit, bikin rasa kopi jadi semakin enak.

Rasa gula palm tentunya beda dengan gula pasir. Meskipun Chi gak kuat minum kopi hitam, tetapi juga gak suka minum kopi yang dikasih gula pasir. Atau kalau gak ada palm sugar, pilih brown sugar aja. Sama-sama gula pasir, tetapi masih lebih enak dan wangi.

Kalau baca beberapa resep coffee banana milk, banyak yang pakai buah pisang. Tetapi, Chi belum pernah cobain kalau pakai buah. Dengan susu rasa pisang aja udah enak, kok. Kapan-kapan deh Chi cobain, biar tau bedanya di mana.

Selain suka ngopi, kami sekeluarga juga suka susu UHT. Makanya di kulkas selalu ada susu ini dengan segala rasa. Paling gak sehari minum segelas susu setiap sarapan. Kalau teman-teman mau tau susu UHT apa aja yang saat ini jadi favorit keluarga kami, silakan cek di https://my-best.id/lists/131951
Back to Content ↑

31 comments

  1. Wah, boleh juga nih resepnya pake susu uht pisang. Catet ah, pingin bikin

    BalasHapus
  2. Aku sbnrnya gak begitu suka susu, tapi kayanya boleh banget nih di coba. Thanks utk resepnya ya kak 🤗

    BalasHapus
  3. Wah thanks kak resepnya! Sebagai org yang tidak suka kopi, tapi org yang ku sayang sangat suka kopi! Bisa nih jadi kejutan buatin kopi susu pisang

    BalasHapus
  4. Adududu, enaaakk banget nih kayaknya
    Enak lagi kalo dibikinin ama suamik yaa :D
    Aahhh, ntar mampir indomaret buat nyari bahan2nya dah

    BalasHapus
  5. Oh gitu ya ngakalin rasa manis yang aneh dr gula pasir.

    Pake palm sugar rupanya.

    Saya ga bisa minum kopi sekarang. Enggak terlalu suka sih, kadang aja nyobain.

    Beraninya juga kopi instan. Itupun udah deg-degan jantungnya.

    Pernah ga bisa tidur sampe jam 1 pagi gara-gara deg-degan pol.

    BalasHapus
  6. Peraduan yang kurang aku suka. Gak terlalu suka kopi juga susu apalagi dicampur. Kalau susu coklat masih bisa, hahaha. Mungkin kalau punya suami yang doyan ngopi, baiknya dia buat sendiri

    BalasHapus
  7. waiya praktis nih, kok aku ga kepikiran wkwkwkw, panas-panas emang enaknya ngopi ya biar seger, apalagi unik banana milk pakenya

    BalasHapus
  8. Selama ini paling sukanya bikin kopi sachet yang cemen-cemen aja, gak pernah kopi yang beneran banget. Malah terlalu pahit untuk aku.

    Tapi kayaknya asyik juga tuh kombinasi kopi susu pisang, kayaknya aku belum pernah nyicipin deh hehe

    BalasHapus
  9. anak saya pasti suka nih, mau coba ah nanti pas weekend. Thanks buat resepnya mbak

    BalasHapus
  10. Campuran yang menarik ini, kopi susu dengan aroma pisang.
    Pecinta kopi harus nyobain resepnya nih. Aku jg pengen nyontek ahh.

    BalasHapus
  11. Baru aja lihat cara membuat banana milk di YouTube. Kayaknya enak, tapi mager motong-motong dan ngehancurin pisangnya. Yang ini kayaknya mudah dan unik rasanya. Kalau aku, kopinya nggak perlu dibikin es batu karena bukan penggemar minuman dingin.

    BalasHapus
  12. ku kira pisang nya dari pisang buah. ternyata pakai susu uht indomilk yang rasa pisang. boleh juga nih dicontek resepnya..

    BalasHapus
  13. Ouw, kopinya dijadiin es ya ternyata. awal baca judul, aku bingung ... kok minumannya warna putih kekuningan macam susu pisang. Unik deh ini. Karena aku lebih suka cokelat, mungkin enak kali ya kalau kopinya aku ganti dengan cokelat.

    BalasHapus
  14. That looks nice ya mba.. mungkin aku bisa coba yang lain karena pisang is not really my cup of tea

    BalasHapus
  15. Loh ini Indomilk rasa baru ya? Belum pernah lihat. Suami & anak2 tu suka banget Indomilk. Kalau aku ajak belanja pasti ambil & naruh sendiri di keranjang.

    BalasHapus
  16. Aku bukan peminum kopi, tapi lihat resep ini kok pengen nyoba bikin ya..hehe.. Mgkn nanti pakai es kopi nya dikit saja..haha..

    BalasHapus
  17. Es kopi susu pisang sangat cocok diminum pas cuaca lagi terik, siang hari. Enak juga menemani pas lagi nulis

    BalasHapus
  18. Ya ampun kreatif banget sih mbak, aku dari baca judulnya aja udah penasaran banget, secara aku suka banget kopi susu.. dan ini pakai pisang, gimana caranya menikmati es kopi susu pisang.. noted mbak siap mencoba resepnya dirumah juga

    BalasHapus
  19. Indomilk pisang ini kusukaaaaa,wah jadi pengin cobain kopi yang disajikan dalam bentuk es batu kopi, penasaran jadinya..

    BalasHapus
  20. Aku suka nyobain beberapa kopi Indonesia. Kopi nya Indonesia memang juara. Apalagi nih kalo divariasikan sama susu Indomilk pisang

    BalasHapus
  21. Resepnya mantap banget buat dieksekusi siang ini mbak makin seger apalagi suka pisang. Btw aku baru ngeh ada UHT Pisang ini ya mbak ntar coba aku cari di Minimarket.

    BalasHapus
  22. Wah ini kyknya kooi dijadikan balok es batu trus dituang susu tu lagi ngehits di beberapa kafe kekinian, seru juga nih bikinnyal Eh aku baru tau ada indomilk rasa banana ini mbak :D

    BalasHapus
  23. Baru tahu ada varian baru rasa kopi dan piang ini. Saya belum lihat di Alfa atau indomart dekat sini Mbak. Jadi penasaran pengen nyoba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh ternyata buat sendiri ya kopi susu UHT dan pisangnya. Noted, kapan-kapan aku coba buat ah.

      Hapus
  24. wah menarik bgt mbak indomilk banana bisa dibikin es kopi susu,, kreatif nih mbak yaaa,, bisa kucoba ahha

    BalasHapus
  25. Ahhhh mupenggg. Kapan hari sempet lohat UHT banana ini, udh aku saved resepnya, thanks mbak

    BalasHapus
  26. Saya juga suka kopi susu, tapi sejak hamil belum di izinkan minum kopi. Dan ini kopi susu sangat menggoda sekali untuk dicoba. Mungkin minum uht nya saja dulu tanpa kopi kali ya. Haha

    BalasHapus
  27. ES KOPI SUSU PISANG,...kalau es kopi sudah sering, kopi susu juga sudah mahfum, tapi susunya paling yang biasa, kalau bukan yang cream yang coklat, tapi kalau pake susu kotak rasa pisang, rasanya gimana ya..kayaknya tantangan nih...heheh, tapi...thanks ya bu,..saya dapat inspirasi juga nih..hehe

    BalasHapus
  28. Boleh nih dicoba resepnya. Pas banget kalua dinikmati pas cuaca lagi panas banget ya. Seger

    BalasHapus
  29. Minuman kopi rasa baru nih, boleh juga dicoba. Bisa buat suguhin ke tamu juga kan.

    BalasHapus
  30. Wah lumayan nih mba resepnya pengen coba kayaknya simpel :) Thanks For Sharing mba

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^