Resep Es Kopi Susu Pisang - Coffee shop di mana-mana! Di mall hingga di pinggir jalan dengan kedai kecil pun mudah ditemukan. Harganya bervariasi dari mulai Rp10 ribu (atau mungkin ada yang lebih murah dari ini?) hingga lebih dari itu.

resep es kopi susu pisang


Jauh sebelum trend ngopi, di rumah kami memang udah akrab dengan aroma kopi. K'Aie yang setiap hari harus minum kopi.

Buat K'Aie, ngopi gak sekadar minum. Dia jarang minum kopi sachet. Dan menyeduhnya aja ada caranya sendiri. Makanya sekian belas tahun menikah, Chi nyaris gak pernah bikinin kopi buat K'Aie. Justru dia yang sering bikinin kopi untuk istrinya hehehe. 

Meracik kopi sendiri memang lebih asik. Paling gak jadi lebih irit kalau mau ngopi. Termasuk menikmati kopi dengan citarasa kekinian.

Meskipun Chi suka ngopi, tetapi gak berani sesering K'Aie. Lambungnya suka gak kuat. Setelah minum kopi kadang-kadang berasa deg-degan dan gemetar. Iya, memang hanya kadang-kadang karena bisa disiasati dengan 3 cara ini


  1. Ngopi maksimal 1 gelas sehari
  2. Harus pakai susu, jangan black coffee
  3. Jangan ngopi kalau belum makan

Kalau tertib dengan 3 hal itu, biasanya gak ada masalah. Kalaupun lambungnya lagi sensi, mendingan berhenti ngopi dulu selama beberapa hari. Jangan maksain diri daripada nanti tepar.

Chi memang gak sesering K'Aie ngopinya. Tetapi, kalau berhenti total juga susah. Aroma dan rasa kopi terlalu menggoda hehehe. Salah satu kesukaan Chi adalah Es Kopi Susu Pisang.


Cara Membuat Es Kopi Susu Pisang


kopi susu, resep kopi kekinian, cara membuat es kopi susu pisang

Bahan-Bahan:

  • 2-3 sdt kopi bubuk
  • 1 kotak (190 ml) UHT Indomilk Banana
  • Palm sugar secukupnya.

Cara Membuat :

  1. Tuang kopi bubuk ke dalam gelas dan beri air mendidih
  2. Setelah dingin, saring kopinya kemudian tuang ke dalam cetakan es batu. Masukkan freezer dan tunggu hingga mengeras.
  3. Masukkan 5-7 balok es batu ke dalam gelas kemudian tuang 1/2 kotak susu UHT rasa pisang
  4. Taburkan palm sugar secukupnya
  5. Biarkan es mencair kemudian aduk supaya kopi, susu, dan gula menyatu.

Back to Content ↑


Tips Membuat Coffee Banana Milk


tips membuat coffee banana milk

1 kotak UHT ukuran 190 ml bisa untuk 2x ngopi. Tetapi, kopi yang sudah dibikin es batu bisa sampai 2-3x gelas kopi. Sebetulnya tergantung selera juga. Kalau suka kopi yang lebih pekat, takarannya bisa ditambahkan.

Susu UHT pisang sudah ada rasa manisnya. Tetapi, menambahkan gula palm secukupnya gak akan bikin kopi jadi kemanisan. Malah jadi makin enak. Palm sugar yang masih ada sedikit rasa pahit, bikin rasa kopi jadi semakin enak.

Rasa gula palm tentunya beda dengan gula pasir. Meskipun Chi gak kuat minum kopi hitam, tetapi juga gak suka minum kopi yang dikasih gula pasir. Atau kalau gak ada palm sugar, pilih brown sugar aja. Sama-sama gula pasir, tetapi masih lebih enak dan wangi.

Kalau baca beberapa resep coffee banana milk, banyak yang pakai buah pisang. Tetapi, Chi belum pernah cobain kalau pakai buah. Dengan susu rasa pisang aja udah enak, kok. Kapan-kapan deh Chi cobain, biar tau bedanya di mana.

Selain suka ngopi, kami sekeluarga juga suka susu UHT. Makanya di kulkas selalu ada susu ini dengan segala rasa. Paling gak sehari minum segelas susu setiap sarapan. Kalau teman-teman mau tau susu UHT apa aja yang saat ini jadi favorit keluarga kami, silakan cek di https://my-best.id/lists/131951
Back to Content ↑