Bimbingan Belajar Zenius Optima untuk SMP Kelas 9

By Keke Naima - July 26, 2020

Bimbingan Belajar Zenius Optima untuk SMP Kelas 9 - “Yah! Jadi nanti enaknya gimana buat Nai? Tetap ikutan bimbel atau enggak?”

Gara-gara membaca berita tentang PPDB DKI Jakarta yang menempatkan usia di urutan pertama untuk sistem seleksi jalur zonasi membuat hati Chi galau banget.


bimbingan belajar zenius untuk smp kelas 9

Rencana awalnya kan begitu Nai naik ke kelas 9 dia akan didaftarkan ke bimbel. Sama lah kayak kakaknya. Dulu, Keke juga baru mengenal bimbel saat dia di kelas 9.

Bedanya, Keke baru ikut bimbel di kelas 9 semester 2. Sedangkan kami ingin Nai mulai ikut sejak naik ke kelas 9.


Seberapa Butuh Ikut Bimbel?


bimbingan belajar online di zenius
Nai sedang pembelajaran jarak jauh dengan sekolahnya


Ketika SD, Keke dan Nai memang gak ikut bimbel sama sekali. Karena dulu mereka sekolah di swasta yang rasio murid dan guru tidak banyak. Guru-gurunya juga child friendly. Bisa mengajarkan para siswa dengan cara yang menarik. Sehingga mereka dengan mudah menangkap pelajaran apapun di sekolah.

Kalaupun masih belum mengerti, Chi masih sanggup lah mengajarkan semua pelajaran SD ke Keke dan Nai. Jadi bisa dikatakan saat SD, minim drama pusing dengan berbagai mata pelajaran meskipun katanya pelajaran anak-anak zaman sekarang lebih susah.

Begitu masuk SMP, mulai deh agak ribet. Nilai anak-anak mulai naik-turun. Sebetulnya bisa dipahami penyebabnya karena mereka bersekolah di negeri yang jumlah murid per kelas jauh lebih banyak. Jadi agak kesulitan untuk fokus.

Tetapi, selama mereka berusaha belajar dan nilai-nilainya gak mentok KKM banget, Chi belum kepikiran untuk mengikutkan mereka ke bimbel manapun. Chi pikir di kelas 7 dan 8 biarin dulu deh mereka menyibukkan diri dengan aktivitas seperti ekskul dan lain sebagainya.

Begitu naik kelas 9, baru deh mulai cari bimbel. Tujuannya untuk mengejar nilai dengan harapan NEM mereka akan bagus. Karena untuk bisa masuk sekolah negeri di DKI pada saat itu kan persaingannya NEM.


bimbingan belajar dengan cara pjj
Keke juga lagi PJJ


Keke waktu itu baru ikut di semester kedua karena sekolahnya jauh dari rumah. Saat dia naik ke kelas 9, kami pindah rumah. Makanya dia baru ikutan bimbel di semester 2 karena jadwal sekolahnya sudah lebih longgar.

Jadi ya karena ada target NEM yang akan dikejar, kami merasa butuh banget bimbel. Alhamdulillah NEM Keke pun bagus dan bisa masuk salah satu SMA Negeri terbaik di Jakarta.

Keke kembali bimbel di kelas X. Dia sendiri yang minta karena ingin nilai raportnya bagus dan berharap bisa lolos di SNMPTN. Kalaupun gagal, setidaknya bisa mengejar nilai baik untuk UTBK.

Chi seneng aja kalau anaknya yang malah semangat. Alhamdulillah ada peningkatan di nilai raport setelah dia mulai ikut bimbel.

Nah, sekarang balik ke Nai. Dia butuh bimbel atau enggak?

Sejujurnya Chi agak kurang termotivasi setelah tau UN ditiadakan. Apalagi begitu tau sistem seleksi PPDB tahun ini di DKI untuk jalur zonasi menggunakan seleksi umur. Gak hanya sedih, tetapi juga bikin Chi agak emosi.

Sempet kepikiran gak usah ikut bimbel aja. Mendingan uangnya ditabung buat nambahin biaya masuk sekolah swasta. Chi memang agak hopeless dengan seleksinya kalau seperti itu mengingat usia Nai masih muda. Jadi semacam merasa kalah sebelum berperang.

Tetapi, K’Aie yang bilang supaya sebaiknya Nai tetap ikut bimbel. Siapa tau nilai raportnya semakin membaik dan bisa membantu dia untuk lolos lewat Jalur Prestasi. Kalaupun nanti Nai tetap gagal masuk sekolah negeri, menurut K’Aie gak ada salahnya bimbel. Menuntut ilmu akan menjadi bekal terbaik untuk Nai.


Bimbel Online di Zenius Optima


alasan memilih bimbel zenius otima
Alasan memilih bimbingan belajar Zenius


“Ima gak usah bimbel ya, Bun. Belajar sama Bunda aja.”

Awalnya, Nai males-malesan ketika ditawarin ikut bimbel. Dia malah bilang pengennya diajarin sama bundanya.

Udah gitu memang beberapa kali terbukti, sesudah diajarin sama bundanya dia bisa langsung mengerti. Malah nilai ulangannya jadi lebih bagus.

Chi cuma ketawa kecil saat Nai minta seperti itu. Sesekali mau lah ajarin anak-anak pelajaran eksak, seperti matematika dan fisika. Tetapi, kalau keterusan bisa pusiiiingg hahaha!

Pelajaran SMP dan SMA udah susah. Setiap kali anak-anak minta diajarain, Chi belum tentu langsung bisa. Tetapi, harus pelajari dulu agak lamaaan baru deh ngajarin ke mereka dengan cara yang kira-kira mereka bisa cepat pahami.

Nah kebayang kan kalau Chi yang harus terjun langsung untuk ngajarin Keke dan Nai? Kibar-kibar bendera putih, deh hehehe. Beneran butuh guru untuk mengajarkan anak-anak.

Ketika sedang belajar beramai-ramai, Nai lebih banyak diam. Tetapi, dia bisa lebih aktif berbicara bila berhadapan dengan sedikit orang atau secara online. Nai juga gaya belajarnya visual. Dia lebih mudah menangkap pelajaran bila visualnya terlihat menarik.

Melihat gaya belajarnya yang seperti itu, Chi merasa belajar online memang tepat untuk Nai. Kegiatan belajar di sekolah yang berubah menjadi daring aja bikin Nai seneng sampai pernah bilang kalau bisa gak usah balik ke sekolah lagi hehehe.

Chi lihat Zenius bimbel yang bagus. 10 tahun lebih mengajar online, tentu bukan pengalaman yang sedikit. Gak heran kalau banyak yang merekomendasikan.

Chi install aplikasi Zenius untuk mengenal lebih dekat bimbingan belajar ini. Pakai versi gratisannya dulu. Menonton beberapa video pembelajarannya yang dikemas secara animasi. Waaah! Ini sih bisa bikin Nai suka karena visual videonya bagus dan menarik.

Jumlah konten edukasi di Zenius terbesar dan terlengkap. Ada lebih dari 80 ribu video pembelajaran. Nah, enaknya kalau video begini kan kita bisa menonton berulang kali kalau belum mengerti. Apalagi anak-anak zaman sekarang kayaknya lebih suka menonton video daripada membaca buku, ya.


LIVE Class di Zenius


Ada beragam fitur menarik di aplikasi Zenius. Selain video pembelajaran yang menurut Chi bagus, fitur lain yang paling menarik adalah LIVE class.

Meskipun online, di Zenius tetap ada LIVE class. Tentunya ini membantu banget untuk kegiatan belajar. Kadang-kadang menonton video aja belum tentu cukup. Perlu juga menyimak penjelasan atau sesekali bertanya ke tutor.

#IniBeneranLive Class. Jadi bukan rekaman yang dibuat seolah-olah sedang tayang LIVE. Dan, seperti yang Chi ceritakan di atas, Nai suka lebih aktif berbicara di media online. Harapannya dia jadi bisa lebih aktif bertanya saat ikut LIVE class.

Sama kayak belajar di sekolah, untuk LIVE class juga ada jadwal belajarnya. Kalau untuk kelas 9 baru mulai tanggal 24 Agustus 2020. 3x dalam seminggu.

Ada 2 paket yang memiliki LIVE class di Zenius yaitu Ultima dan Optima. Kalau Ultima untuk persiapan kebutuhan UTBK. Sedangkan Optima untuk pendalaman materi sekolah.

Untuk Nai yang sekarang di kelas 9, bahkan Keke yang sudah di kelas 11, tentu saat ini cocoknya memilih paket Zenius Optima. Paket Optima memang ada untuk kelas 9 hingga 12. Saat ini, Keke dan Nai memang butuh pendalaman materi supaya nila-nilai di raportnya semakin bagus.

Pandemi memang mengubah banyak hal. Termasuk, dalam kegiatan belajar. Dulu, Chi gak kepikiran bimbingan belajar online. Sekarang tentunya menyesuaikan dengan keadaan.

Dan, Chi kembali teringat dengan ucapan K’Aie kalau yang namanya belajar itu gak ada ruginya. Makanya mau itu alasan pandemi, UN dihilang, sistem seleksi PPDB yang berubah, atau alasan apapun jangan sampai membuat semangat untuk belajar menjadi patah.

Insya Allah, akan tetap ada hasil terbaik. Semangat!

  • Share:

You Might Also Like

100 comments

  1. Sepertinya pas SMP aku jg bakalan makai aplikasi kyk gini buat anak2 mbak. Aku dulu juga mulai les2 saat SMP, lanjut SMA hehe. APalagi skrng katanya pelajaran sekolah makin njlimert. Eh tapi sebenarnya Zenius ini ada juga yang buat anak SD kan ya? Ada yg khusus bisa milih matpel tertentu aja gtu gak sih? Atau kudu semua dipelajari sesuai tingkat kelasnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada paketannya dari SD, Pril. Coba install aplikasinya dulu aja

      Delete
  2. Nah bener banget Chi ga ada UN tuh rasanya jadi mengurangi semangat ya. Pdahal anak2 dan orang tua menyiapkan untuk UN itu udah jauh2 hari karena memang ada tujuan. Ya bagemanpun, tetep harus mengikuti kebijakan kurikulum yang gonta ganti semudah membalikan telapak tangan, hahaaaa.

    Yeah, untung banget ada solusi bimbel online meski, membuat anak2 lebih memahami cara belajar onlen dan mamaknya bisa ngintipin live kelasnya, pideo, 2 biar tambah pinter. Hadudu ga berasaya Nai udah mau SMA aja, Kk Olive mo Kuliah . Emaknya mumet ..

    ReplyDelete
  3. Ternyata udah 10 tahun pengalaman Zenius Optima dalam bidang pendidikan bimbingan online ya. Terpercaya dong. Ini bentuknya CD per satuan ya mbak? Bisa menjadi salah satu solusi buat anak2 kita nih, biar ga pusing pala berbi. Kan suka bingung yg dijelaskan guru dipahami atau ga. TFS.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di aplikasi, Mbak. Di sana banyak video pembelajaran. Tetapi, kalau ambil paket seperti yang saya tulis ini bakal lebih banyak lagi fiturnya

      Delete
  4. iya ya kalau sudah kelas 9dan seterusnya, bikin kewalahan. Kalau bisa ikut bimbingan online apalagi yang #IniBeneranLive Class kenapa tidak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi sekarang lagi PJJ. Bimbel jadi lebih membantu anak untuk belajar

      Delete
  5. Bimbingan belajar tuh menurutku perlu sih karena dulu jaman aku sekolah SMP dan SMU ikut bimbel. Enaknya sekarang ini ada bimbingan belajar online jadi memudahkan juga untuk anak dan orangtua. Untuk saat sekarang ini bimbel online gini jadi pilihan tepat ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup! Pas banget karena mau keluar juga ngeri

      Delete
  6. Ya ampun dirimu keren banget, masih bisa pelajarin materi anak2!
    Aku tuh tiap Kayla ngasih lihat soal dan ngajak diskusi bawaannya langsung tertegun dan nge-blank sih bhahahahaha

    Mending pake Zenius aja biar tenang dan mamanya terhindar dari pening berkepanjangan nge-google soal hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadnag-kadang saya suka penasaran sama pelajaran zaman now. Makanya suka ikut belajar :D

      Delete
  7. Wah, kalau anak-anakku minta belajar sama aku, duh nyeraaah. Pelajaran anak sekarang, apalagi yg SMA udah bikin pusing kepala.
    Cocoknya belajar online seperti Zenius ini, ada tutornya, bisa diskusi ya karena Live beneran. Untuk pendalaman materi pelajaran berguna sekali, karena kalo mengandalkan materi dari Guru sekolahnya sepertinya masih kurang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makin njlimet, ya. Bimbel bisa membantu, deh :D

      Delete
  8. Oohh ini yg selalu sliweran di tiktok. Tapi cuma lihat sepintas.
    Ternyata bimbel toohh... Keren Zenius!

    ReplyDelete
  9. Bener juga, akupun anakku kelas 5 belum kepikiran bimbel sih, nanti aja pikirku kalo kelas 6. Tapi kalo kaya zenius ini kayanya asik juga ya ikut dari sekarang

    ReplyDelete
  10. Keren ya ada Live Class jadi anak-anak bisa interaktif nanya langsung jika ada hal yang tidak dimengerti.

    ReplyDelete
  11. Aku juga kibar bendera putih kalau harus ngajarin materi SMP/SMA. Kalau maira yang masih kelas 2 SD sih gak masalah. Tapi bahkan Maira aja aku daftarin bimbel di Zenius buat tambahan belajar. Soalnya terasa banget kan interaksi dengan guru berkurang banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju. Pandemi ini bikin kegiatan belajar berubah banget, ya

      Delete
  12. Aku malah ruwet di pelajaran SD, Chi:)
    Mungkin karena pas pandemi ya, Tio masih SD. Sebelum pandemi kan ada les bidang studi di sekolah, Tio ikut itu, otomatis pandemi ya nggak ada les.
    Untungnya ada Zenius bimbel online ini, terbantu untuk pelajaran matematikanya.
    Dan untuk kakaknya, yang kelas XI, ikut Zenius Ultima buat persiapan UTBK, khususnya pelajaran matematika.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ada hasil yang bagus, ya. Zenius memang bagus bimbelnya

      Delete
  13. Iya Mbak, aku juga tertarik nih dengan bimbel online sepertinya lebih fokus ya dan mengajarnya menyenangkan daripada harus keluar rumah..

    ReplyDelete
  14. Setuju ama kalimat terakhir, apapun masalahnya, semangat belajar jangan sampai patah. Zenius nih kayaknya oke juga ya. Pengen coba download ah

    ReplyDelete
  15. aku dah pakai zenius mba pakai yang free tapinya
    lumayan loh kalau kubilang ngerti banget
    jadi kepikiran upgrade ini tapi kok lumayan ya xIXIXI

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang free aja lumayan membantu ya, Cha. Ayo upgrade hehehe

      Delete
  16. Waah sama nih si sulungku juga kelas 9 Mbak Myra. Butuh bimbel juga nih. Zenius bisa dicoba. Thanks ..

    ReplyDelete
  17. Kebayang deh rumah jadi rame terus ya mba ada anak2 di rumah.. keke dan naima pasti kebantu banget ya buat pendalaman materi sekolah pake zenius ini.. ah andai buat sekolah formal pun pemerintah nyiapin program begini jadi lebih bagus pastinya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah. Gak bingung banget sama pelajaran jadinya

      Delete
  18. belajar di zenius kayaknnya asyik juga ya mba, pengajarnya baik baik dan materinya lengkap, diajarkan dengan cara yang menyenangkan

    ReplyDelete
  19. Asyik banget ya ada bimbel online kaya zenius... Ada live classnya jadi interaktif...

    ReplyDelete
  20. Menarik dan membantu banget nih Mba, dengan adanya PJJ seperti sekarang, kalau ada tambahan bimbel kayak di Zenius ini bakalan membantu banget mamak-mamak yang kudu ngajarin anaknya, hihihi.

    Apalagi live class nya malah lebih baik lagi, bikin anak-anak bisa lebih mengerti pelajaran :D

    ReplyDelete
  21. Nah ini. SMP besok maunya si mas besar dia masuk negeri. Sudah terbayang jg sih kl negeri cenderung harus mau mandiri cari bahan belajar. Ortu juga harus banyak terlibat.

    ReplyDelete
  22. waaa keponakanku ada yang baru lulus SD dan sebentar lagi mau masuk SMP kelas 7, mau mulai infoin ini ke dia ah dari sekarang siapa tau dibutuhkan nantinya hihihi, terima kasih infonyaa

    ReplyDelete
  23. Setuju banget dengan kalimat terakhir. Mempelajari sesuatu bukan demi nilai agar bisa masuk jenjang selanjutnya dengan mudah, tapi esensinya belajar sesuatu agar kita paham. Dan itu pasti bermanfaat. Wah, jadi penasaran dengan zenius. Mau coba lihat-lihat videonya ah...

    ReplyDelete
  24. nah ternyata ada juga anak yang betah belajar online ya
    bimbel emang perlu sih buat support belajar dari sekolah yang terbatas di masa pandemi ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat Nai, metode online dengan visual menarik bisa membantu

      Delete
  25. Wah ada video pembelajaran sama live class nya juga. Cocok ni buat anakku yg tipe belajarnya visual. Ah jadi penasaran, aku mau intip ah. Makasih infonya, ya mbak chi.

    ReplyDelete
  26. Whoaaa, ada SOLUSI JITU nih buat anak2
    Asyiikk!
    Karena makin ke sini, materi pelajaran sekolah syusyaaahh amirr

    ReplyDelete
  27. Enak banget anak-anak zaman sekarang yaaa, jaman dulu kalo mau les mesti offline dan bayar cukup menguras. Pantesan sekarang berasa banget begonya. Tapi jiwa selalu mau belajar ga akan pernah padam. Sukses selalu buat anak2 mba yaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah semangat belajarnya itu yang jangan sampai mati

      Delete
  28. Senangnya kalau anak mau belajar sama bundanya saja. Lebih senang lagi kalau mau ikut bimbel. Maksimal jadinya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mbak. Tetapi, saya juga pusing karena pelajaran makin susah hahaha

      Delete
  29. SMP dan SMA skrng katanya emang susah2 ya dibandingkan zaman kita dulu hehe.
    Eh tapi dulu saat menginjak SMP aku juga dilesin sih sama ibuku mbak :D
    Mungkin anak2 jg ntr bimbel jg, pakai apps kyk Zenius ini lbh gampang ya soalnya gk perlu jg keluar rumah dan dr sisi biaya lbh miring :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. miring banget hahaha. Saya suka dengan harga yang ditawarkan :D

      Delete
  30. Setuju sama ayahnya Nai untuk tetap ikut bimbel, kkta gak tau kan nanti sistem penerimaan sekolahnya gomana semoga masih bisa pakai nilai gak pakai umur. Aku niatnya juga masukin bimbel pascal di kelas 9 tapi karen akondisi kaya gini jadi bimbel online aja deh ya. Semangat buat Nai

    ReplyDelete
  31. Setujuuu...
    Tetap semangat dalam menuntut ilmu.
    Semoga kaka Nai lulus dengan hasil yang memuaskan dan ilmunya bermanfaat.

    ReplyDelete
  32. Zenius keren bgt, mana udah 10 tahun pengalaman Zenius Optima dalam bidang pendidikan bimbingan online y 😍

    ReplyDelete
  33. Wow 80 ribu video pembelajaran. Banyak buangeeet. Keren ya Zenius bisa memproduksi video-video bertema pendidikan sebanyak itu dengan profesional.

    ReplyDelete
  34. Semoga nggak patah semangat untuk belajar ya Nai. Ayo gapapa ikutan Zenius ini aja. Tetap pertahankan wawasan dalam pelajaran ya. Benar kata si bapak tuh, belajar nggak ada ruginya kok.

    ReplyDelete
  35. aku ngga tau deh mba akan masukkan Bo ke bimbel lagi atau tidak. Kayaknya tahun depan kita akan pindah lagiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaa mau ke negara mana lagi, Mbaaak? Seru nih pasti :)

      Delete
  36. Semangat adek-adekku belajar menggunakan Zenius, aku belum pernah buka malah mba soalnya udah dewasa semua pengghuni rumah. Tapi mau rekomin zenius ah buat keponakan yang masih pada sekolah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus, Mbak. Sahabat saya anaknya bimbel di Zenius sejak SMA kelas X. Sekarang di UI lewat SNMPTN

      Delete
  37. Taun ini emang campur aduk perasaan siswa, guru dan orangtua ya Mba.
    Syukurnya si anak masih semangat belajar.
    Dan memang untuk saat ini, zenius menjadi pilihan teraman untuk tetap belajar online.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, apapun yang terjadi, semangat belajar jangan sampai patah

      Delete
  38. Mantap..
    Tetap semangat belajar ya keke dan nai...
    Meski harus belajar secara daring

    ReplyDelete
  39. Aku pernah ngobrol sama founder Zenius. Aku rekomendasiin banget sih bimbel ini karena visinya bagus, bukan sekadar bisnis

    ReplyDelete
  40. Saya jadi teringat anak di sekitar kampung saya, saat pandemi, mereka bebas berkeliaran, hanya dengan alasan ga ada hp, ga ada kuota
    Gimana kalau belajar online sekian lama ya...

    ReplyDelete
  41. Ini bisa membantu para orangtua juga nih, apalagi untuk pemantapan anak-anaknya yang memang harus membutuhkan belajar tambahan.

    ReplyDelete
  42. Kepikiran begini yaa, kka Chi...pendidikan di Indonesia belum punya blue print yang jelas. Sehingga sering terombang-ambing seiring dengan pergantian pemimpin dan politik.
    Harusnya pendidikan adalah pihak netral.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seringkali saya mulai lelah dengan pendidikan Indonesia

      Delete
  43. Jaman sekarang penting banget memang aplikasi belajar tambahan untuk anak. Apalagi udh hampir mau 1 tahun anak di paksa belajar jarak jauh dengan guru nya. Zenius optima memang cocok untuk membatu belajar anak selama anak belajar Dirumah

    ReplyDelete
  44. Wah untung banged bisa bimbel di Zenius ya, pendalaman materinya lebih banyak jd Nai dan Keke lebih mudah belajarnya. Semangat belajar terusm raih nilai dan kampus negeri impian ya, aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! Insya Allah, bimbel membantu mereka untuk belajar

      Delete
  45. Kalimat kalimat terakhirnya bener bener jadi pamungkas. "Belajar itu nggak ada ruginya" dan benar banget. Semangat terus belajarnya adek Nai dan adek Keke. Semangat mendampingi anak anak ya Teh.

    ReplyDelete
  46. Zaman sekarang mau belajar dari mana aja semakin mudah yaa mba, kadang sampai terbersit apa anak sekolah di rumah aja ya, hehee. Live class nya Zenius kayaknya oke banget buat mendukung anak-anak belajar dari rumah, meski anakku masih kecil tapi nice to know tau soal Zenius ini, makasih infonya mbaa :)

    ReplyDelete
  47. Senang ya Mba jaman sekarang dimudahkan segala sesuatunya. Dengan aplikasi Zenius, orangtua merasa terbantu dalam membimbing anak2 belajar.

    ReplyDelete
  48. Aku sering banget denger keluhan ibu ibu yg stres dampingi putra putrinya belajar di masa pandemi kayak gini, soalnya memang gak mudah ka ya, semoga zenius segera bula cabang di kota ku ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini bimbel online, Mbak. Bisa deh kayaknya kalau online

      Delete
  49. menurut aku sih bimbel itu penting, biar anak bisa mengulang kembali pelajaran yang dia dapat disekolah. sekarang ada bimbel online, jadi gampang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul. Membantu anak untuk belajar dengan ikut bimbel

      Delete
  50. Sebelumnya aku cuma pernah dengar aja nama bimbel online Zenius. Ternyata recommended ya, video pembelajarannya banyak banget... Ada live class juga. Sepertinya anak seperti Nai cocok sekali ya belajar cara ini.
    Memang belajar itu gak ada ruginya. Senang banget tentu kalau semangat belajar sudah tertanam dalam diri anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya recommended. Memgurangi ketegangan saat PJJ juga :D

      Delete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^