5 Resep Oatmeal Praktis untuk Sarapan

Bagi kami, sarapan itu wajib dan gak boleh telat. Terutama untuk Keke. Jangan coba-coba deh gak sarapan. Bisa-bisa dia lemes seharian malah kadang-kadang badannya jadi agak demam karena melewatkan sarapan.

resep oatmeal praktis untuk sarapan

Resep Oatmeal Praktis untuk Sarapan



Tetapi, dalam situasi normal, masa sebelum pandemi COVID-19, seringkali tidak memiliki banyak waktu untuk sarapan. Makanya kami memilih menu yang praktis saja seperti roti atau segelas susu. Kadang-kadang ditambah dengan cereal.

Kalau akhir pekan, baru deh agak lebih berat nih menunya. Bisa bubur ayam, nasi uduk komplit, atau lontong sayur. Paling sering sih makan bubur ayam.

Tetapi, sejak kami semua di rumah aja karena pandemi, gak pernah lagi tuh sarapan pakai nasi atau sejenisnya. Kami mengganti nasi dengan kentang, oatmeal, atau lainnya. Pokoknya yang penting bukan nasi.

Ngomongin tentang oatmeal, Chi dulu termasuk yang gak suka. Ya mungkin karena gak mengerti cara mengolahnya, ya. Karena kalau cuma dimakan gitu aja memang gak enak dan terasa hambar. Harus dikasih tambahan lainnya supaya bikin oatmel menjadi enak disantap.

Meskipun Chi awalnya kurang suka, tetapi termasuk yang rutin membeli oat. Awalnya untuk konsumsi harian almarhum mamah mertua yang terkena diabetes. Nai juga suka sarapan dengan oat. Sekarang semua jadi ikutan, deh.

Oatmeal memiliki banyak kandungan nutrisi. Kandungan seratnya membuat kenyang lebih lama sehingga ikut membantu menjaga berat badan. Selain itu masih banyak lagi manfaat mengkonsumi oat seperti menurunkan kolesterol, mengurangi risiko penyakit jantung, menstabilkan kadar gula darah, hingga masalah pencernaan.


Back to Content ↑



Berikut beberapa resep menu sarapan menggunakan bahan oatmeal. Biasa kami konsumsi sehari-hari. Semuanya dibikin praktis karena pagi-pagi memang malas ribet kan, ya.

Dalam 1 kemasan oatmeal bisa dibuat jadi berbagai hidangan manis hingga gurih. Jadi minuman pun bisa. Oiya, oatmealnya bisa pakai merk apapun, ya.

Back to Content ↑


Pancake Oatmeal

resep pancake oatmeal

Bahan:

  • 8 sdm oatmeal
  • 2 butir telur
  • Susu UHT plain +/- 50 ml
  • 1/2 sdt Baking Powder
  • Garam secukupnya
  • 2 buah pisang dihaluskan
  • Kismis
  • Margarin
  • Yogurt, mapple syrup, SMK, atau lainnya *opsional 

Cara Membuat:

  1. Satukan semua bahan, kecuali susu. Aduk hingga rata.
  2. Tuang susu sedikit demi sedikit hingga dapat kekentalan yang pas
  3. Panaskan wajan datar dan beri sedikit margarin
  4. Masukkan 1 sendok adonan pancake
  5. Biarkan hingga berwarna coklat keemasan, lalu balik
  6. Biarkan lagi sisi berikutnya hingga berwarna coklat keemasan, kemudian angkat
  7. Beri topping

Tips:

  1. Adonan pancake harus kental. Makanya susu UHT jangan dituang sekaligus ke adonan. Harus sedikit demi sedikit. Jadi bisa saja penggunaannya kurang dari 100 ml
  2. Bila terlanjur menuangkan susu UHT kebanyakan bisa ditambahkan oat lagi. Kalau stok oat sudah habis, bisa tambahkan terigu
  3. Adonan pancake ini rasanya plain. Hanya sedikit manis dari kismis. Bisa dikasih topping supaya ada rasa manis.

Back to Content ↑


Banana Oat Smoothie

resep banana oatmeal smoothie

Bahan:

  1. 2 buah pisang
  2. 4 sdm oat
  3. 300 ml susu UHT coklat
  4. Es batu

Cara Membuat:

  1. Semua bahan diblender
  2. Tuang ke dalam gelas. Sajikan

Tips:

  1.  Susu UHT coklat bisa diganti dengan yogurt

Back to Content ↑


Savory Oatmeal with Poached Egg and Smoked Beef

Resep savory oatmeal with poached egg and smoked beef

Bahan:

  • 5 sdm oatmeal
  • Air panas
  • 1 butir telur
  • Cuka apel
  • Garam
  • 8 lembar smoked beef
  • Bubuk cabe *opsional
  • Margarin

Cara Membuat:

  1. Rebus air hingga mendidih  dan tuang sedikit cuka apel
  2. Setelah mendidih, putar air menggukan sendok hingga membentuk pusaran
  3. Langsung tuangkan telur ke dalam pusaran air dan biarkan sekitar 1,5 - 2 menit. Kemudian angkat
  4. Lelehkan sedikit margarin di wajan datar
  5. Masukkan smoked beef dan goreng hingga matang
  6. Oatmeal beri sedikit air panas hingga dapat kekentalan yang diinginkan. Beri sedikit garam
  7. Sajikan oatmel bersama poached egg dan smoked beef. Tabur cabe bubuk

Tips:

  1. Merebus telur jangan lebih dari 2 menit bila ingin bagian tengahnya masih mencair
  2. Bila ingin ada rasa pedas, bisa dikasih bubuk cabe. Atau bisa tambahkan topping lain seperti daun bawang, lada hitam, dll.
  3. Smoked beef bisa dipotong kecil-kecil dulu sebelum dimasak

Back to Content ↑


Yogurt Oatmeal

Bahan:

  • Yogurt
  • Oatmeal
  • Strawberry *optional

Cara Membuat:

  1. Tuang yogurt ke dalam mangkok
  2. Beri oatmeal secukupnya dan aduk rata
  3. Kasih topping strawberry

Tips:

  1. Kami paling sering pakai topping strawberry. Tetapi, kalau mau pakai topping lainnya pun gak apa-apa.

Back to Content ↑


Oatmeal Energy Bars

resep oatmeal energy bars

Untuk resep ini, Chi pernah posting sekitar 2 tahun yang lalu. Resepnya memang pakai muesli. Tetapi, kalau hanya ada oatmeal juga bisa. Bisa lihat postingannya di  Resep Muesli SKIPPY® Peanut Butter Energy Bars

Menikmati Oatmeal di Bulan Ramadhan

Kapan waktu yang tepat menikmati oatmeal di saat Ramadhan?

Menyantap oatmeal memang sudah terbukti bisa menahan lapar lebih lama. Tetapi, Chi pribadi belum berani mengkonsumsi oatmeal untuk sahur. Biasanya Chi ganti waktunya ke menu ta'jil atau utama saat berbuka puasa.

Menyantap semangkok kecil Savory Oatmeal with Poached Egg and Smoked Beef aja udah terbukti kenyang banget buat Chi. Beneran bisa bertahan kenyangnya sampai waktunya sahur. Jadi gak kebablasan makannya.

Silakan mencoba, ya 😊
Back to Content ↑

4 comments

  1. Naah resep Per-Outmeal-an aku belom pernah masak di rumah. Soale pada ga doyan geura hahahaa. Lebih seneng yang tradisional2 ceunah.

    Tapi memang bener kalo sarapan outmeal lumayan mengenyangkan lebih lama yaaa. Aku mah mau icip2 aja ahh, biar makannya nikmat.

    Berasa ga sih, kalo udah masak suka enek sendiri, jadi ngeliat makanan udah kenyang duluan.
    Emang paling nikmat tuh dimasakin hahha.
    Menanti kiriman outmeal yang Energy Bars, Huhuuy..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga awalnya gak suka. Lama-lama jadi suka hehehe

      Hapus
  2. Wah kreatif banget mbak, jadi ngiler lihat gambar-gambarnya. Resep dan cara masaknya juga terlihat praktis, jadi pengen coba bikin juga. Thanks untuk resepnya mbak

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^