Tips Menjaga Keluarga dari Virus Corona

By Keke Naima - April 27, 2020

Tips Menjaga Keluarga Dari Virus Corona - Ketika virus corona masih sebatas berita di media, belum masuk Indonesia, Chi masih agak tenang. Ya memang ada sedikit kecemasan karena wabah ini sudah ada di banyak negara. Tetapi, boleh juga kan berharap kalau di Indonesia pandemi ini tidak terjadi?

tips menjaga keluarga dari virus corona

Tenaaang ... tenaaaang ...

Begitu yang Chi katakan kepada diri sendiri ketika wabah akhirnya masuk ke Indonesia. Masih berusaha sepositif mungkin berpikir kalau virus ini akan segera enyah. Saat itu, Chi berpikir sudah banyak negara yang kena, jadi masyarakat Indonesia pasti bisa belajar dari kejadian tersebut. Apalagi mau Ramadhan. Tentunya pengen dong bisa tetap merasakan suasana berpuasa seperti tahun-tahun sebelumnya.

[Silakan baca: Tips Menyambut Ramadhan di Saat Pandemi COVID-19]

Tetapi, ketenangan Chi mulai goyah ketika semakin banyak saja jumlah pasien positif COVID-19 di Jakarta. Duh, bagaimana ini?

Yang bikin Chi sedih adalah saat memikirkan nasib anak-anak. Ada rasa gak tega banget karena mereka harus merasakan seperti ini. Padahal Keke dan Nai sebetulnya santai aja. Malah mereka kesenengan tuh bisa belajar di rumah. Sampai belum pada pengen balik ke sekolah lagi hehehe.

Meskipun Keke dan Nai santai, hati seorang ibu tetap saja menjerit. Pengennya kan mereka bisa tetap beraktivitas normal. Berkegiatan di sekolah. Apalagi Nai baru aja ditunjuk jadi ketua panitia acara lomba Pakibra di sekolah. Di mana acaranya akan diadakan secara nasional. Tentu aja ini merupakan kesempatan emas baginya. Dan karena pandemi ini terancam gagal. Kalaupun diundur tahun depan, ya kemungkinan Nai udah lulus SMP.

Selain gak rela melihat Keke dan Nai yang harus merasakan masa pandemi, Chi juga marah dengan orang-orang yang ignorant. Himbauan physical distancing seperti benar-benar diabaikan oleh mereka yang tidka memiliki empati. Tetap saja berkumpul untuk kesenangan pribadi. Duh, kapan bisa putusnya rantai penularan kalau begini?

[Silakan baca: Tips Menjelaskan Pandemi Virus Corona Kepada Remaja]


Cari Informasi Melalui Halodoc


aplikasi kesehatan halodoc


Lama-lama marah hanya bikin Chi cape hati. Harus mulai cari tau tentang virus corona. Apa bedanya dengan flu? Penularannya bagaimana? Risikonya apa saja? Banyak banget yang ingin Chi ketahui tentang COVID-19.

Tetapi, konten kesehatan tuh termasuk yang banyak hoax. Baru diumumin kalau virus corona masuk Indonesia aja udah banyak yang beropini begini dan begitu. Kadang-kadang beritanya bikin panik. Makanya udah paling bener deh cari dari sumber terpercaya.

Halodoc adalah aplikasi kesehatan yang memberikan solusi terlengkap dan terpercaya bagi kebutuhan masyarakat Indonesia.

 
Setiap kali Chi googling informasi tentang kesehatan, situs Halodoc menempati urutan teratas. Lama-lama bikin penasaran aja. Ternyata, banyak artikel tentang kesehatan di sana yang sumbernya terpercaya dan mudah dipahami oleh masyarakat awam.

Chi pun mulai download aplikasinya. Beneran lengkap layanan yang ada di aplikasi Halodoc. Bahkan juga update dengan permasalahan saat ini yaitu tentang pandemi COVID-19.

chat dengan dokter di aplikasi kesehatan
Masih ada beberapa spesialis kedokteran lain yang bisa chat di Halodoc


Di masa pandemi ini, mau keluar rumah rasanya udah kayak ke medan perang. Segala perlengkapan untuk proteksi diri harus komplit. Paling was-was kalau pengen konsultasi ke dokter. Di Halodoc, teman-teman bisa konsultasi secara online, lho. Di sini pun bisa beli obat tanpa harus ke apotek.

Penasaran tentang virus corona?


informasi covid 19 halodoc

Di Halodoc tidak hanya banyak artikel yang akan menjelaskan tentang virus corona. Teman-teman juga bisa periksa COVID-19 untuk diri sendiri dan keluarga. Nanti akan diberikan sejumlah pertanyaan. Bisa juga melakukan rapid test dengan perjanjian.

Beneran lega deh kalau ada aplikasi dan situs seperti ini. Ya ini salah satu tips menjaga keluarga dari virus corona. Mencari informasi tentang kesehatan memang gak boleh asal-asalan, ya. Kesehatan bukan hal main-main. Semoga pandemi segera berlalu dan kita semua tetap sehat. Aamiin Allahumma aamiin

  • Share:

You Might Also Like

42 comments

  1. Aku sering pakai Halodoc ini terutama untuk kirim2 obat dr rumah sakit. Plus aku juga sesekali suka pakai fitur chat the expert sama dokternya itu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti udha berasa banget manfaatnya kalau sering pakai, ya

      Delete
  2. mulai dari kita sebagai orangtua terutama seorang ibu ya mba buat jaga keluarga dalam masa pandemi covid19

    ReplyDelete
  3. Iya selama pandemi, flu dan batuk serta demam itu bikin pikiran ikutan ruwet, deg deg ser dan lain sebagainya

    mau ke apotek beli obat sederhana juga ga bisa, warung pada tutup juga, hiks hiks, untung ada halodoc ya Chi, obatnya tepat, konsultasi dokter juga tepat, obatnya bsia dianterin

    ReplyDelete
  4. Ke Indomaret apa perlengkapan tempurnya lengkap, dan kek diuber2 kunti.
    Apalagi kalo ke dokter di RS yaa, makin kek diuber2 ribuan kunti.

    Untung jaman now ada Halodoc yang ga perlu pake perlengkapan tempur, cukup gerakan jarimu dan kuota mencukupi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkw iya bener, Mendingan online aja deh sekarang

      Delete
  5. salfok sama maskernya... kiyut pisan :D
    ada aplikasi halodoc membantu banget ya di masa isolasi ini. ga usah deg2an berobat ke rumah sakit, bisa via aplikasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. setidaknya untuk penanganan pertama sudah ada solusinya

      Delete
  6. Halodoc ini kecintaaan bangeeett
    karena memang banyak fiturnya yg berfaedah
    apalagi bisa konsul dokter online

    ReplyDelete
  7. Ada banyak cara ya, memang kalo bisa menjamin ngak kemana2 better lakukan rapid test tapi kalo kek aku nih masih mikir sih mau tes gituan, soalnya masih ngantor eui

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukannya justru kalau masih beraktivitas sebaiknya coba rapid test, ya? Kalau ternyata tanpa disadari sudha terpapar virus bagaimana?

      Delete
  8. Aplikasi halodoc ini so far menurut saya paling lengkap ya, Mak. Saya juga pakai, suka baca artikel kesehatan di sana. Ada juga konsultasi dokter gratis, belanja vitamin pun bisa.

    ReplyDelete
  9. wah bisa daftar rapid tes lewat Halodoc. Udah lama saya nggak membuka aplikasi Halodoc di handphone, ternyata fiturnya sudah bertambah, menyesuaikan dengan perkembangan kondisi yang ada. Keren nih pengembangnya, cepat tanggap dengan kebutuhan masyarakat

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mbak. Semakin komplit menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat

      Delete
  10. Betul mbak sempat stres dengan berita hoax Corona yang simpang-siur jadi mending unduh aplikasi HaloDoc untuk dapat informasi kesehatan terpercaya, bisa konsultasi online pula ya..

    ReplyDelete
  11. Aku baru aja instal nih halodoc. Soalnya bingung nih,lagi pandemi gini malah anak ama suami ngeluh sakit. Mau ke dokter malah bikin was2. Btw biaya konsultasinya mahal nggak sih?

    ReplyDelete
  12. Sepakat banget untuk nggak asal-asalan nyari informasi kesehaatan. BUkannya bikin tenang malah bikin panik. Halodoc ini terbaik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan bisa berdampak gak baik juga untuk kesehatan

      Delete
  13. Halodoc sangat responsif terhadap perubahan ya hingga ketika pandemi corona terjadi langsung membuat update tentang berbagai hal yang berhubungan dengan Covid 19.

    ReplyDelete
  14. Makin inovatif ya HaloDoc ini, sekarang bisa juga tes rapid yah, makin memudahkan yah.

    ReplyDelete
  15. Menjaga kesehatan itu sangat perlu sekali ya apalagi buat keluarga semoga kita sehat selalu

    ReplyDelete
  16. Deg2an ya mba takut napa2 masalah covid ini. Cuma takut mis positif trus jadi ga bis ketemu keluarga :"(((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya berusaha gak mikir ke sana karena pasti sedih banget

      Delete
  17. Bener loh info seputar Kesehatan itu selalu menempatkan Halodoc di halaman pertama. SElama ini udah suka baca artikel kesehatan di sana. Apalagi aku sebelum pandemi udah sering nyari info seputar kesehatan. Terutama sejak suamiku kena serangan jantung, ngecek kandungan obat dari dokter aja langsung buka daftar obat di Halodoc.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kan. Paling mudah cari info kesehatan lewat Halodoc

      Delete
  18. Iya nih, di awal-awal corona masuk Indonesia, luar biasa gelombang informasi seputar virus ini. Ada yang hoax juga tentunya, malah makin bikin panik. Kudu pintar-pintar ya pilih web terpercaya untuk urusan kesehatan. Penting juga instal aplikasi halodoc gini untuk tahu informasi update seputar kesehatan yang tak akan menyesatkan kita.

    ReplyDelete
  19. Saya juga jengkel sama org2 yang ignoran gtu :(
    Padahal bahaya mengancam nyawa tapi herannya nyawa mereka tu kdng emang kyk kucing banyak :(
    ya akhirnya hanya bis amelindungi diri dan keluarga, gak ikut2an santuy dengan cari info di web atau apps terpercaya kyk halodoc ini ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan nyawa yang terancam belum tentu mereka yang ignorant. Tapi, karena ulah mereka, nyawa orang lain bisa terancam

      Delete
  20. Alhamdulillah jadi memudahkan ya, HaloDoc ini jadi andalan yah dimasa pandemi gini, test rapid aja bisa online .

    ReplyDelete
  21. pokoknya jangan sampai termakan hoaks. kudu dapat info valid yg jelas bs dipertanggungjawabkan datanya. nah halodoc nih salah satunya, komplit ada di sini. mau tanya ke dokter juga bisa langsung kan ya, gak perlu keluar rumah. aman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahaya untuk kesehatan kalau percaya dengan hoax

      Delete
  22. Halodoc membantu di situasi kayak gini ya mbak, kalau ada masalah dengan kesehatan kalau masih takut ke rumah sakit bisa konsul terlebih dahulu buat memastikan penyakit dan tindakan selanjutnya.

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^