Manfaat Google Question Hub untuk Blogger - Keke Naima

Senin, 09 September 2019

Manfaat Google Question Hub untuk Blogger

Akhir Agustus lalu (29/8), Chi diundang oleh Blogger Perempuan untuk mengulik satu fitur terbaru di kantor Google Indonesia. Tentu aja seneng banget dapat undangan ini. Penasaran apa sih manfaat Google Question Hub untuk para blogger?

manfaat google question hub untuk blogger

Manfaat Google Question Hub untuk Blogger


Sore itu, ada 5 blogger perempuan mewakili niche masing-masing. Chi (parenting), Lia Harahap (lifestyle), Marga Apsari  (food), Iva Asih (beauty), dan Lenny Lim (travel). Tentunya ditemani dengan salah seorang perwakilan dari Blogger Perempuan yaitu Aprie.

Sesuai rencana, pukul 3 sore, kami masuk ke ruang rapat. Mbak Fiana Dwiyanti dari Google Indonesia bertanya siapa aja yang sudah coba mengulik Question Hub. Chi pun tunjuk tangan meskipun baru sedikit yang diulik. Tetapi, berasa kayak punya mainan baru.

Daftarkan Blog di Google Search Console


Bila sekadar ingin tau, tema-teman bisa lihat di https://questionhub.withgoogle.com. Tetapi, bila ingin ikut memanfaat fitur ini, maka blognya wajib didaftarkan dulu ke Google Search Console.

Chi tidak akan membahas lebih jauh tentang cara mendaftarnya. Nanti artikelnya malah jadi gak fokus ke mana-mana. Silakan saja teman-teman googling bagaimana cara mendaftarkan blog ke webmaster.

Gak Semua Pertanyaan Bisa Dijawab Google


Gimana sih caranya supaya anak gak melakukan gerakan tutup mulut? Makannya susah banget, nih! Udah cari jawabannya di Google, tetapi belum ketemu.

Teman-teman pernah gak melihat status seperti itu di media sosial? Mencari jawaban supaya anak gak melakukan gerakan tutup mulut (baca: mogok makan), kayaknya gak mungkin gak ada di Google, ya. Udah banyak banget media besar maupun blogger yang membuat konten dengan kata kunci seperti itu. Tetapi, fokus ke kalimat berwarna hitam yang dibold. Yup! Gak semua pertanyaan netizen bisa dijawab oleh Google, lho.


 
Ini salah satu bukti ketika bertanya ke Google dan gak ketemu jawabannya. Chi udah lupa waktu itu nanya apa 😂

Mbak Fiana membuka bahasan dengan membuat contoh tentang konten Borobudur. Sejarah, transportasi menuju, ada apa aja di sana, harga tiket masuk, dan banyak info lainnya tentang Borobudur sudah banyak kontennya di Google. Bisa jadi kita pun termasuk yang pernah membuat artikel dengan kata kunci tersebut.

Kemudian ada netizen yang bertanya tentang harga jual candi Borobudur. Yakali aja dia termasuk crazy rich sampai gak tau lagi punya duit buat beli apa. Makanya kepikiran mau beli Borobudur. Atau ya sekadar kepo pengen tau harga itu candi dan kemudian mengkhayal. "Andai A .... A .... A .... A .... ku jadi orang kaya." *auto nyanyi.

google webmaster
Mau nanya dengan kalimat pendek atau model curhat kayak begini ya terserah aja. Netizen bebas bertanya apapun ke Google

Sah-sah aja netizen mau nanya apapun juga ke Google. Tapi, ya bukan berarti akan selalu dapat jawaban. Nah pertanyaan yang masih sangat sedikit atau bahkan gak ada jawabannya ini akan masuk ke Google Question Hub.

Bila memiliki jawaban dari pertanyaan yang ada di Google Question Hub, tinggal masukin aja URL artikel dari blog teman-teman.

Boleh gak kita jawab pakai URL milik orang lain? Ya, boleh aja. Tetapi, jadinya teman-teman gak akan dapat keuntungan apapun.

google search console, webmaster,
Ini reportnya masih bisa di-scroll ke bawah lagi. Tetapi, Chi screenshot segini aja, ya

Setiap URL artikel yang diinput untuk menjawab pertanyaan netizen akan direkomendasikan oleh Google. Ketika URL artikel yang diinput kemudian di-track oleh Google, akan terlihat performa statistiknya di fitur Question Hub. Kalau memasukkan URL artikel milik orang lain, tentu teman-teman tidak akan mendapatkan keuntungan apapun. Itulah kenapa wajib mendaftarkan blog di webmaster.

Intinya sih saling menguntungkan timbal balik. Netizen mendapatkan jawaban yang tepat. Publisher bisa mendapatkan tambahan pageview.

Teman-teman bisa mendaftarkan beberapa blog yang dimiliki dalam 1 webmaster. Tetapi, kalau kasusnya kayak Chi di mana punya 2 blog aktif (Keke Naima dan Jalan-Jalan KeNai) dengan email berbeda, maka kalau ingin memasukkan URL artikel di Question Hub harus sesuai dengan email yang didaftarkan. Contohnya kalau mau masukin URL artikel di blog ini, jangan sign in pakai email blog Jalan-Jalan KeNai. Nanti gak bakal dapat report statistiknya.

Jangan coba-coba juga untuk ngakalin. Misalnya ada yang bertanya tentang harga jual candi. Kemudian teman-teman, memberikan URL artikel tentang candi. Tetapi, di dalamnya tidak ada penjelasan tentang harga jual tersebut. Seperti ini juga gak akan di-track oleh Google. Mesin pencarian Google udah canggih.

URL artikel yang kita berikan akan direkomendasikan. Tetapi, Google tidak akan langsung memberitahu kepada netizen kalau pertanyaannya sudah dijawab oleh publisher. Itu karena Google sangat memperhatikan privacy. Gak semua netizen suka kalau ketahuan sedang bertanya. Bisa jadi malah merasa risih ketika dapat notif dan jadinya malah gak mau bertanya lagi.

Dapat Ide untuk Membuat Konten


Teman-teman pernah mendapat kesulitan mencari ide untuk membuat konten? Gak pengen blognya penuh debu karena jarang update. Tetapi, bingung mau nulis apa. Coba deh cari ide di https://questionhub.google.com/add-questions

tips mencari konten

Ada banyak topik yang bisa teman-teman cari yang sudah dikelompokkan berdasarkan beberapa kategori. Klik salah satu kategori yang diinginkan, kemudian akan ada banyak sub-kategori lagi.

ide konten, google question hub
question hub indonesia

Chi coba klik kategori travel, kemudian memilih Jakarta MRT. Setelah itu klik add dan keluar 10 pertanyaan tentang sub kategori ini. Gak semua kata kunci yang kita cari akan keluar 10 pertanyaan. Bisa aja kurang dari itu atau malah lebih. Bila teman-teman ingin lebih dari 10, bisa klik add more. Setelah itu klik done.

Teman-teman bisa membuat konten dari berbagai pertanyaan tersebut. Bisa juga di-reject bila gak ada yang menarik. Bisa juga kita tandai (starred) dulu. Ya kali aja kontennya belum dibikin. Daripada nanti cari pertanyaan lagi, mendingan ditandai dulu. Setelah kontennya ada, tinggal jawab.

Di screenshot atas, Chi contohkan 2 pertanyaan yang di-check list. Bila Chi sudah memiliki artikel dari pertanyaan tersebut, langsung aja masukin URL. Teman-teman bisa 1 URL untuk beberapa pertanyaan sekaligus.

Kalau teman-teman pernah membuat postingan tentang MRT, tetapi belum di dalamnya belum ada bahasan dari pertanyaan tersebut, tinggal edit postingan aja. Gak harus bikin artikel baru. Setelah selesai di-edit, baru deh input URLnya ke Question Hub.


Mencari ide di sini juga suka bikin Chi ngakak karena pertanyaan netizen banyak yang lucu-lucu. Contohnya ketika mencari ide menulis tentang rambut berantakan. Ternyata yang Chi temukan seperti itu.

Apa Chi akan membuat konten tentang rambut berantakan berdasarkan pertanyaan-pertanyaan tersebut? Enggak, lah. Ya, ini kembali ke keputusan masing-masing sebetulnya. Buat Chi pribadi, meskipun menyenangkan bila blog mendapatkan pageview yang banyak, tetap aja gak mau bikin konten yang gak sreg ma hati.

Tetapi, gak semua pertanyaan di Google Question Hub aneh-aneh, kok. Kayak yang MRT Jakarta itu 'kan juga ada yang serius. Bisa dijadikan ide untuk membuat tulisan dari pertanyaan tersebut.

Gak semua pertanyaan netizen yang belum ada jawabannya bisa ditemukan di sini. Google tetap melakukan filter. Pertanyaan yang terlalu seram atau gak patut, gak akan ditampilkan di sini.

Google Question Hub memang masih versi beta. Tetapi, tetap asik buat diulik. Siapapun bisa menggunakan fitur ini. Tetapi, memang paling cocok untuk blogger daripada media besar.  Alasannya karena media besar biasanya sudah memiliki team SEO sendiri. Mungkin gak perlu cara ini untuk mendapatkan pageview dan posisi page one.

Selain itu, biasanya artikel media besar lebih ke berita terkini, viral, kurang detil, atau click bait. Artikel yang everlasting dan bersifat personal cocoknya dibuat oleh blogger. Perhatiin deh pertanyaan-pertanyaan di Question Hub, kebanyakan personal. Nah, bisa tuh dimanfaatkan oleh blogger.

Saat ini Google Question Hub baru ada di 3 negara yaitu India, Indonesia, dan Nigeria. Disarankan banget menulis artikel menggunakan bahasa masing-masing negara. Banyakin aja konten berbahasa Indonesia biar Google makin senang. Mengapa demikian? Karena jumlah konten dengan Bahasa Indonesia yang spesifik dan detil masih belum sebanyak Bahasa Inggris.

Di India, fitur ini terbilang sukses. Semoga di Indonesia pun demikian. Menariknya adalah di India kebanyakan pria yang berkutat di bidang ini. Sedangkan di Indonesia, perempuan juga banyak. Makanya, selain konten Bahasa Indonesia, topik seputar perempuan juga menarik.

Siapa yang dulu suka memanfaatkan G+ untuk menanam link? Nah, ini katanya bisa juga menggantikan G+. Malah bisa langsung menjawab pertanyaan netizen. Tentu aja harus dengan URL yang relevan. Lumayan 'kan kalau bisa menambah pengunjung organik ke artikel yang teman-teman buat?

Mudah-mudahan cukup jelas ya penjelasan tentang Google Question Hub ini. Semoga para blogger bisa merasakan manfaat fitur ini. Selamat mengulik!

89 komentar:

  1. Mungkin google question hub ini lebih cocok buat promosi blog ya bun. Terimakasih informasinya, salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Promosi dalam artian apa, nih? Kalau untuk meningkatkan pageview secara general ya bisa jadi. Tetapi, kalau dikaitkan dengan artikel review kerjasama dengan brand atau liputan, gak hanya itu aja.

      Seperti yang saya tulis di bagian bawah, cocok untuk artikel yang everlasting dan personal. Biasanya artikel yang seperti ini cocok untuk blogger.

      Hapus
  2. Daftar di google console Alhamdulillah sudah mendaftar dari 3 tahun yang lalu dan dari tahapan yang dijelaskan diatas makin mengerti deh saya. Tapi sempat bingung juga kalau lama nggak ngutak ngatik...hehehe

    BalasHapus
  3. Owalaahh ya ya yaaa
    Daku paham sekarang.
    Makasiii insightnya ya Makkkk

    BalasHapus
  4. Wah dapat pencerahan tentang google question hub nih, penting banget nih. Thanks Mbak sharingnya.

    BalasHapus
  5. Wuah aku baru tau, menarik juga ya. Barusan aku langsung coba, habis penasaran. Baru coba klik katgori travel dan food untuk satu topik, sejauh ini belum liat pertanyaan yg aneh2 hahaha :D

    BalasHapus
  6. Makin lengkap ya fasilitas Google. Ada pengganti Google + pula, bisa dimanfaatkan buat nambah traffic blog dong ya. Aku pelajari dulu deh tulisannya mba, makasih ya

    BalasHapus
  7. Pageview artikel kita bisa jadi lebih meningkat ya dengan mendaftarkan website di google console

    BalasHapus
  8. Wah mesti coba nih, makasih mba infonya. Langsung cus Google Question Hub ☺️

    BalasHapus
  9. Wah aku baru tahu nih..jadi pengen ngulik lebih jauh nih.. TRIms ya..

    BalasHapus
  10. Terimakasih informasinya. Mulai bertambah ilmu dan pengetahuan saya meski ga ikut datang di acara.
    Besok tak coba utak atik mau baca-baca juga

    BalasHapus
  11. Penasaran.. dan langsung pengen nyobain. Haha terimakasih mba chi. Saya termasuk yang baru tau dan ini langsung ketagihan ngulik

    BalasHapus
  12. Wah, aku belum coba nih. Bisa buat tambah trafik blog juga kah? Harus kupelajari dulu si karena baru kenalan hehehe

    BalasHapus
  13. Aku baru tau fitur ini di Google. Besok mau cobain ngulik ginian ahhh. Mumpung lg gak ada deadline :))

    BalasHapus
  14. Kalau otak-atik Google Question gini bisa jadi makin banyak ide artikel tulisan ya mbak. Wah saya langsung ngulik buat bahan tulisan organik mbak.

    BalasHapus
  15. Makin banyak deh ide nulis klo pake google question hub ini. Kadang emang stuck mau nulis apa di blog. Klo gini jd terbantu insya Allah

    BalasHapus
  16. Aku belum baca-baca dan memanfaatkan nih mba Google Questionya wkkwkw
    terlalu sok sibuk. Sekarang jadi mikir, penting banget padahal hal ginian ya Mba

    BalasHapus
  17. Wah keren ternyata fitur baru google ini. Makin mantap deh informasi digital kita ya
    Aku mau coba ah ngulik-ngulik
    Kayaknya asyik euy

    BalasHapus
  18. Wow...
    Hehhe...mesti mendalami lagi manfaat google dan mesin pencariannya.
    Amazing yaa, kak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahhaa~
      Selain membantu orang lain dengan mudah...bisa bantu PV Blog juga niih...
      Asiik...

      Hapus
  19. Bisa jadi bahan ide postingan dari pertanyaan-pertanyaan itu ya Myra. Aku udah beberapa pertanyaan dijawab pake link postingan aku hihihi

    BalasHapus
  20. Wah asyiknya bisa main ke Google. Btw makasih kak Myra atas informasinya,enak ya kalau gini jadi bisa saling menguntungkan juga, terutama kita si empunya punya blog.

    BalasHapus
  21. Uwow Google Question Hub ini pengganti G+ yaa.. lumayan banget ini kalau bisa menambah pengunjung organik ke artikel kita.. noted aku mau coba coba juga ah

    BalasHapus
  22. Masih sedikit memahami tentang Google Question Hub ini. Kayaknya seru juga untuk diulik. Lumayan ya kalau bisa bantu2 nanem link blog kita hehee... asalkan artikelnya jangan yang bodong atau asal saja.

    BalasHapus
  23. Wah keren nih dengan hadirnya Google Question Hub, kalau nggak punya ide bisa meluncur ke sana saja. Apalagi blog saya juga sudah terdaftar di webmaster.

    BalasHapus
  24. Aku kayaknya bakalan ngulik-ngulik lagi deh mba. Asik banget ini bisa jadi sumber tulisan dan nambah konten blog kita ya

    BalasHapus
  25. Oke cuuss aku kepoin si Google Questions Hub ini aaah

    BalasHapus
  26. aku baru tau nih ada google question hub, btw beruntung ya mba bisa main ke kantor google hehe

    BalasHapus
  27. Wah.. Keren banget nih fitur Google question.
    Bakalan kepoin lebih lanjut ah

    BalasHapus
  28. Setelah G+ hilang, baru tahu ada Google Question Hub aku Mba.
    Langsung penasaran mau cek sendiri nih Mba. Terimakasih

    BalasHapus
  29. aku baru tau ada fitur question hub ini, kapan kapan mau aku cobain ah. btw seru ya bisa main ke kantor google

    BalasHapus
  30. Aku juga baru nyadar Google Question Hub ini mbak, soalnya jarang ngulik Google. Jadi pengen searching lagi sekarang.

    BalasHapus
  31. Ternyata sekece itu Google Question Hub. Malah bisa memancing munculnya ide baru. Uw, kujadi ingin nyobain nih Teh.

    BalasHapus
  32. Yuhuuu, ini nih yg aku suka dari Google.
    Adaaaa aja ide2 dan terobosan brilian ala mereka
    Nunggu undangannya buat dtg ke Google Jkt niiihh
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  33. Wah seru ya bisa main ke kantor google

    Aku baru tahu soal Google Question Hub

    BalasHapus
  34. Wah menarik nih Google Question Hub. coba ah mau kulik-kulik. Siapa tau bisa nambah performance blog.

    BalasHapus
  35. Aku antusias banget waktu diajak meeting ama viana. tentu via video call aja. Hiks...padahal kan eyke pen juga dateng ke sono. Sayang jauhhhh. Menurutku ini cara kreatif buat mengcreate content yg makin bermanfaat ya, mba chi. Ga sabar segera nyoba.

    BalasHapus
  36. Aku udah coba fitur dari Google QuestionHub ini saat mentok banget ga ada post organik yg d tulis, ini bisa jadi strategi menulis yg tepat sasaran ya mba

    BalasHapus
  37. Jelas banget Mbak. Saya semangat nih nggak sabar ingin segera mencoba. Bakalan manfaat banget buat aku yang malas ngeshare link ke medsos. Jadi bisa ke sini aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas mau nyoba baru-baru ini saya jadi lupa apa namanya. Haha. Ternyata Google Question. Harus diingat-ingat gak boleh lupa lagi.

      Hapus
  38. Wiwin | pratiwanggini.net12 September 2019 15.39

    Sungguuhhhh,... datang ke kantornya Google adalah impianku dan anakku. Semoga terwujud, aamiin!
    Berarti setiap pertanyaan netizen akan tersimpan di Google Question Hub ini ya,mba?
    Oiya, btw btw.. daku sudah rajin setor tulisan ke google console :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak semua, Mbak. Hanya pertanyaan yang sedikit atau belum ada jawabannya yang akan masuk question hub

      Hapus
  39. wah aku udah sering dapat email nih ttg question hub..belum aku klik kelanjutannya...tar kalo sempet aku eksplor ah...

    BalasHapus
  40. Mirip Yahoo! Answers ya? Cuma jawabannya pake link blog. :D

    BalasHapus
  41. Wah seru nih pakai Google Question Hub. Jadi pengen ikutan naruh link blog dan cari tahu lebih banyak soal ini.

    BalasHapus
  42. Aku baru tau ini nih, mbak. Terima kasih ya, aku jadi tau lebih banyak tentang Google Question ini :)

    BalasHapus
  43. Udah nyoba. Tapi perrrrtanyaanya aneh-aneh buanget. Sampai saya mikir, ini pertanyaan sengaja dibikin untuk ngeramein launchingnya aja apa ya?

    Hahaha...

    Betul, bisa dipakai untuk cari ide keyword. Cuma sayangnya volume pencarian belum tercantum ya mbak.

    BalasHapus
  44. Wah menarik ini, bisa dicoba-coba kalau sedang senggang. Kayaknya butuh waktu juga untuk eksplorasi fitur-fiturnya

    BalasHapus
  45. Makasih penjelasannya, mbak. Jadi lebih tahu nih tentang google question hub ini. Ntar coba diulik ah

    BalasHapus
  46. Google hub ini membantu banget para blogger menurutku dalam memaksimalkan manfaat dari konten blogger. Tapi Di satu sisi amanah memberikan konten berkualitas dan faktual pun jadi Kian bertambah. Semangaatt buat Kita :D

    BalasHapus
  47. Akhirnya paham juga maksud dari Google questions hub ini. Selama ini baca nggak paham2, baru ini aku paham.

    Jadi kita busa cari dan kasih jawaban di situ dan kalau ada link boleh di masukin yaa. Menarik banget ini

    BalasHapus
  48. Hihi ini lucu dan seru sih Mbak! Sayangnya ternyata beberapa pertanyaan di sana, aku juga nggak bisa jawab! Hahahahha

    BalasHapus
  49. Sbg newbie blogger aku harus byk belajar nih, makasih ya sharingnya

    BalasHapus
  50. Baru tahu saya ada google question hub, jadi pengen tahu kayak apa sih haha beneran deh penasaran

    BalasHapus
  51. Ah mba Chie beruntung banget bisa main ke Google dan aku juga baru tahu google Hub iyayah lumayan banget buat nambah pengunjung organik jadi pengen coba buka..

    semoga sukses juga di Indonesia seperti di India

    BalasHapus
  52. Aak beneran baru tau fitur google yg ini. Penting banget ini infonya. Sik asik jadi makin pinter deh akyu,thanks ya mak

    BalasHapus
  53. Google inovasinya tiada henti ya mba. Aku aja sampe keteteran belajarnya. Belom ngerti yg satu dah ada yg lain. Ntr deh coba diulik ulik.

    BalasHapus
  54. Jadi ingat nih buat nulis soal pengalan naik MRT di Jakarta. Masih baru dan tentunya banyak yang mencari informasi itu ya mba

    BalasHapus
  55. Aku langsung daftar dan pilih beberap kategori. Ternyata pertanyaannya memang lucu-lucu juga, ya. Mayan sih bisa dapat ide untuk blog. Aku barusan nemu satu ide, smmoga bisa segera kueksekusi.

    BalasHapus
  56. Boleh dicoba nih, aku mau nanya apa ya kira2 hehehe. Sarana yang bagus untuk para penggiat blog nih

    BalasHapus
  57. aku sudah coba dong dan memang kak mira setelah input link, postinganku mendadak naik, betul banget Qhub ini membantu meningkatkan kunjungan organik kita

    BalasHapus
  58. Aku selalu nitip url artikel terbaru di Google search console, di fetch as google itu mba. Cuma kalo pakai fitur Google Question Hub baru sebatas nyari bahan artikel. Jadi belum pernah nitip link artikel, pengen nyoba ntar kalo ketemu pertanyaan yang cocok.

    BalasHapus
  59. Lumayan juga ya Chi kalau bisa menjawab pertanyaan netizen dengan URL tulisan yang kita punya. Cara halus untuk mendatangkan trafik nih. Selain itu juga bisa jadi sumber ide untuk menulis saat mati gaya mau nulis apa.

    BalasHapus
  60. Kalau google search console sih udah pakai mba. Kalau Google question hub belum pernah nyoba. Pengin ah pakai, kalau bermanfaat buat kegiatan ngeblog.

    BalasHapus
  61. Mau bnget nih aku blogny biar terdaftar gitu dan bisa cept d Cari jd lsg buka ini pakai laptop sambil baca thanks mba

    BalasHapus
  62. Pengalaman berharga main ke Google dan menjadi pengetahuan baru mengenai fitur Google yg lainnya

    BalasHapus
  63. Aku udah daftar mak Chi. Masih memilih-milih beberapa kategori yang kusuka. Kayaknya ini bakalan jadi favoritku deh. Membantu banget soalnya

    BalasHapus
  64. Google Question Hub baru ada di 3 negara yaitu India, Indonesia, dan Nigeria. Wow..
    Jadi bisa dibilang untuk percontohan ya
    Aku baca pelan-pelan dan berusaha mencernanya
    Sepertinya memang menguntungkan kedua belah pihak, baiklah akan kucoba

    BalasHapus
  65. Waduh keren ya dan harus kubaca pelan-pelan nih karena aku rada kudet. Bisa menaikkan pv tuh sangat menarik untuk dipelajari

    BalasHapus
  66. aku juga baru memahami hal ini, emang kalo mau nyari info benaran banyak hal yang bisa kita manfaatkan untuk kepentingan orang laib

    BalasHapus
  67. Wah, Googgle makin keren dengan adanya Googgle Question Hub

    BalasHapus
  68. Wah makin banyak fitur baru google yah, skg lebih rajin deh gunakan google kalo dulu kan itu2 aja

    BalasHapus
  69. Aku udah lama daftar sebenarnya, tapi belum paham betul cara memaksimalkannya. Thanks mbak infonya bisa banget neh aku ikutin stepnya

    BalasHapus
  70. Baru tahu kalo google ada fitur ini, thank you Mbak infonya

    BalasHapus
  71. Sungguh aku baru tahu tentang google question hub ini.
    Kudu mampir lagi nih, dicerna pelan-pelan.
    Biar lebih afdol!

    BalasHapus
  72. Hehehe... lucu juga kalau ada yang nanya, berapa harga emas Monas ya, Mbak Myra hehehe.
    Tapi ini keren, Mbak. Dan saya suka karena di Google Question Hub bisa mencari ide tulisan ya, Mbak. jadi kira-kira artikel apa yang dibutuhkan oleh pembaca.
    kerennya lagi, Mbak Myra sudah main ke kantor google.

    Terima kasih sharingnya, Mbak Myra.

    BalasHapus
  73. Fitur baru yang cukup menarik, secara apa2 sekarang kan "tanya google aja"
    Sebagai blogger kita bisa berkontribusi mengindeks artikel yg sekiranya tepat sasaran sebagaimana pertanyaan yang diajukan di question hub

    BalasHapus
  74. Wah bener kak aku pernah coba gunain Google Question Hub. Ngebantu banget buat ngontrol kata-kata di blog dan membantu membuat konten :)

    BalasHapus
  75. Habis baca tulisan ini langsung melipir ke Google Question Hub, ternyata banyak ya pertanyaan yang belum terjawab dan kadang pertanyaannya unik2 juga. Kok ya kepikiran gitu nanya harga jual candi borobudur. Hahaha. Aku malah ketagihan nih nongkrong di Question Hub karena dapat banyak ide tulisan.

    BalasHapus
  76. fiturnya kok menarik buat dikulik ya tapi musti punya waktu khusus biar benar-benar paham dan mencerna fungsinya.

    BalasHapus
  77. Jujur aku baru tau mbaa soal Question Hub.. Hikhik kemana aja akuuu.. :D Ini sama2 memguntungkan ya buat yg nyari info bisa cepet dapet infonya, buat blogger juga bisa tambah view.. Aku mesti Coba nih, mesti lebih khusyuk nguliknya.. Apalagi bisa tambah referensi buat ide tulisan blog ya mba.. Makin keren fitur2 Google nih..

    BalasHapus
  78. Waaa makasih sharingnya. Jadi sekarang kalo bingung mau buat ylasan apa. Bisa cek diquestion hub ya. Bisa jadi referensi buat dapet konten.

    BalasHapus
  79. Google sdh menjadi bagian keseharian, dan hebatnya mrk inovatif sehingga kebutuhan user terakomodasi

    BalasHapus
  80. Jelas kak, makasih info detailnya. aku jadi tau soal question hub sekarang. jadi pengen ikutan daftar

    BalasHapus
  81. Pas banget lagi bingung mau nulis apa dan cari inspo dimana. Jadi bisa terbantu banyak nih dengan adanya google question hub ini

    BalasHapus
  82. Aku udah pernah nyoba tapi udahannya lupa caranya, untung baca si sini

    BalasHapus
  83. jadi dapat insight baru biar bias dapat ide nulis blog yg bias dibaca banyak orang nih

    BalasHapus
  84. Wah ilmu baru lagi. Terima kasih sharingnya, Mbak Chi. Dydie saved ya, mau baca pelan-pelan lagi dan langsung praktik :)

    BalasHapus
  85. Perlu ini question hub untuk kita yang berkecimpung sama literasi dan internet

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^