Cara Mengobati Asam Urat Gunakan Bahan-Bahan Alami Ini - Keke Naima

Kamis, 23 Mei 2019

Cara Mengobati Asam Urat Gunakan Bahan-Bahan Alami Ini

Cara mengobati asam urat kini bisa menggunakan alternatif lain atau tidak harus selalu mengkonsumsi obat-obatan kimia. Karena dengan menggunakan bahan alami dari buah-buahan dan tumbuh-tumbuhan yang biasa kita konsumsi, rupanya tidak kalah manjurnya. Di samping itu, bahan-bahan alami ini tidak memiliki efek samping yang bisa menimbulkan gejala penyakit lain.

Sekedar informasi, angka penderita asam urat di Indonesia saat ini terbilang cukup tinggi. Hal itu disebabkan dari terjadinya pergeseran gaya hidup, seperti pola hidup yang salah atau pola makan yang tidak sehat. Selain itu, asam urat pun bisa dipicu dari kurangnya olahraga.

Namun, perlu Anda ketahui, bahwa penyebab asam urat cenderung lebih ditimbulkan dari makanan. Makanan itu tentu yang memiliki kandungan purinnya tinggi. Makanan itu seperti daging merah dan jeroan. Ternyata, tidak hanya makanan berlemak tinggi saja, tetapi beberapa sayuran dan kancang-kacang juga ada yang kandungan purinnya tinggi. Seperti kembang kol, bayam, kancang panjang, terong dan jamur.

Selain makanan, minuman yang mengandung alkohol juga bisa menyebabkan si peminumnya mudah terserang asam urat. Apalagi apabila mengkonsumsinya secara berlebihan.

Ciri-ciri gejala asam urat biasanya ditandai dari keluhan sakit pada bagian sendi. Terkadang, penderita asam urat yang sudah kronis, sampai-sampai tidak bisa beraktivitas. Ia harus terbaring lemas di tempat tidur karena bagian sendi yang bengkak terasa sakit apabila digerakkan.

Image by Free-Photos from Pixabay

Menurut medis, gejala asam urat disebabkan dari ginjal yang mengalami disfungsi. Jika kondisi ginjal sudah demikian, akhirnya membuat kadar asam urat tersimpan pada sendi. Setelah itu, kadar asam berubah bentuk menjadi kristal dan kemudian menimbulkan rasa sakit pada bagian sendi.

Tetapi, apabila ginjal kita sehat atau tidak mengalami disfungsi, kadar asam urat tidak akan mengkristal. Asam urat yang berada di dalam tubuh akan hilang dengan sendirinya melalui urin yang keluar saat buang air kecil.

Dengan begitu, masalah utama dari gejala asam urat sebenarnya bukan dari makanan, tetapi lebih disebabkan dari kesehatan ginjal kita yang tidak bisa menerima makanan yang mengandung purin tinggi. Makanan hanya sebagai pemicu dari ginjal yang mengalami disfungsi.

Saat ini, penderita asam urat lebih banyak memilih obat-obatan kimia saat berupaya meredakan keluhannya. Tapi, sebelum mengkonsumsi obat-obatan kimia, disarankan agar mencoba mengobatinya dengan cara alami. Karena keseringan mengkonsumsi obat-obatan kimia tidak bagus efeknya dan malah bisa menimbulkan penyakit lain.

Mengambil raferensi dari harapanrakyat.com, berikut ini cara mengobati asam urat dengan bahan-bahan alami yang mengambil dari buah-buahan dan tumbuh-tumbuhan yang sebenarnya tersedia di rumah kita:

Buah Pisang

Siapa sangka, buah pisang yang biasa kita konsumsi sesudah makan atau sebagai pelengkap cuci mulut, bisa digunakan sebagai obat asam urat. Buah pisang ternyata memiliki kandungan potasium yang berguna mengubah kristal asam urat menjadi encer.

Apabila Anda memiliki keluhan asam urat, tidak ada salahnya untuk mencoba buah pisang sebagai obatnya. Karena ketika asam urat di dalam tubuh mengkristal dan menyebabkan nyeri pada sendi, buah pisang bisa menjadi penetralnya. Pisang mampu bekerja mengencerkan kristal asam urat. Setelah encer, kemudian kadar asam urat akan keluar dari tubuh kita melalui urine saat buang air kecil.

Untuk pengobatan asam urat, disarankan mengkonsumsi buah pisang sebanyak dua kali dalam sehari. Apabila sakit sendinya sudah reda, baiknya jangan berhenti mengkonsumsi pisang, terutama setelah makan. Langkah pencegahan itu akan membantu Anda agar tidak kembali terserang asam urat.

Buah Ceri

Biasanya buah ceri digunakan sebagai bahan kue. Namun, siapa sangka, buah ini juga bisa digunakan sebagai cara mengobati asam urat secara alami. Buah ceri ternyata memiliki kandungan sifat anti inflamasi. Berdasarkan penelitian medis, anti inflamasi bisa membantu mengurangi kadar asam urat.

Seperti dipublikasikan oleh Journal of Nutrition yang menyebutkan bahwa hasil penelitian para ahli menunjukan buah ceri berkhasiat menurunkan kadar asam dalam tubuh. Hasil penelitian itupun kemudian dipertegas oleh Pathology and Nutrition dari penulit Liliana Stadler Mitrea yang menghasilkan kesimpulan serupa.

Cara mengobati asam urat dengan buah ceri tentu tidak ribet. Anda bisa langsung memakan buah itu tanpa harus diolah terlebih dahulu. Disarankan dalam pengobatan asam urat harus mengkonsumsi buah ceri hingga 15 sampai 20 kali dalam sehari.

Apabila bosan mengkonsumsi buah ceri secara langsung, Anda bisa mengolahnya dengan dibuat minuman jus. Buah ceri dipercaya sangat manjur dalam meredakan sakit sendi ketika asam urat tengah mendera.

Jahe

Mungkin Anda sudah sering mengkonsumsi jahe untuk meningkatkan vitalitas dan daya tahan tubuh. Namun, tahukah Anda, ternyata jage juga bisa digunakan untuk mengobati asam urat. Tapi, tidak semua jenis jahe cocok untuk mengobati asam urat. Anda harus memilih jahe merah. Sebab, jahe merah banyak mengandung nutrisi.

Jahe merah merupakan jahe terpedas dari semua jenis jahe. Jahe jenis ini memiliki kandungan anti inflamasi yang berkhasiat untuk mengobati asam urat. Kandungan anti inflamasi ini mampu meredakan rasa nyeri dan peradangan pada sendi yang disebabkan oleh asam urat.

Selain itu, cara pengobatan dengan menggunakan jahe, tidak hanya berkhasiat mengobati asam urat saja. Tapi juga berkhasiat untuk meningkatkan imunitas pada tubuh serta melancarkan pencernaan. Jahe dikenal sebagai obat-obatan alami yang menimbulkan efek samping.

Lantas, bagaimana cara mengolah jahe untuk pengobatan asam urat? Cara mengolahnya sama saja seperti biasanya. Pertama, sediakan dua potong jahe dan lalu bersihkan dengan air bersih. Setelah dipastikan sudah bersih, kemudian potong tipis-tipis. Setelah selesai, lalu rebus pada air mendidih. Supaya tidak terasa pahit saat diminum, tambahkan gula merah ke dalam rebusan air tersebut.
Setelah terlihat airnya mendidih dan dipastikan rebusan sudah matang, lalu matikan kompornya. Air rebusan jahe jangan langsung diangkat, tapi biarkan hingga terasa hangat. Setelah dipastikan hangat, baru tuangkan dalam gelas dan bisa langsung diminum.

Lemon

Buah lemon yang mengandung vitamin C tampaknya bisa dijadikan zat antioksidan yang kuat. Zat tersebut berkhasiat dapat menetralkan kadar asam urat yang berlebih. Setelah kadar asam uratnya berhasil diturunkan, maka sakit sendi atau peradangan akibat asam urat langsung hilang dengan sendirinya.

Cara mengolah lemon untuk pengobatan asam urat, cukup buahnya diperas dan ambil airnya. Kemudian tambah sedikit air hangat agar tidak terasa terlalu asam.

Buah lemon biasanya digunakan untuk program diet atau mengecilkan perut. Memang kurang familier di telinga buah lemon bisa dijadikan cara mengobati asam urat secara alami. Namun faktanya, kandungan vitamin C yang terdapat dalam lemon, bisa dijadikan zat antioksidan untuk menurunkan kadar asam urat.

Sering Konsumsi Air Putih

Dalam proses trapy pengobatan asam urat dengan menggunakan obat alami, baiknya si penderita juga perbanyak minum air putih. Karena dengan air putih dapat mencegah dehidrasi dan menjaga urin tetap encer. Dengan kondisi demikian, maka akan mempercepat penyembuhan dan dapat mencegah pengkristalan asam urat di dalam tubuh.

Selama proses pengobatan, disarankan mengkonsumsi air putih sampai delapan hingga sepuluh gelas per hari. Setelah sakit sendi sudah mereda pun baiknya terus banyak konsumsi air putih. Hal itu agar ketika kita mengkonsumsi makanan yang mengandung purin, bisa cepat dinetralisir dan tidak mengkristal dalam tubuh.

Itulah ulasan mengenai cara mengobati asam urat secara alami dengan mengunakan buah-buahan dan tumbuh-tumbuhan. Sebaiknya Anda yang menderita asam urat agar segera mencoba dengan pengobatan alami ini

2 komentar:

  1. Wah, lumayan banyak pilihan juga ya obat alami untuk asam urat. Tetehku tuh, kalo kambuh asam uratnya, suka minum obat kimia. Nanti mah aku kasih tahu obat-obat alami ini.

    BalasHapus
  2. Kebetulan saya punya asam urat. BIsa saya coba resepnya. Salam

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^