Prudential Indonesia Luncurkan Program Wakaf PRUSyariah

By Keke Naima - February 07, 2019

Prudential Indonesia Luncurkan Program Wakaf PRUSyariah

Prudential Indonesia Luncurkan Program Wakaf PRUSyariah - Setelah mendapatkan penjelasan tentang apa itu wakaf dan seperti apa pandangan islam terhadap asuransi di pertemuan sebelumnya. Kali ini, para blogger dan media diundang ke acara Peluncuran Program Wakaf PRUSyariah pada hari Jum'at (1/2) bertempat di Rumah Maroko, Jakarta.

Unit usaha bisnis syariah Prudential Indonesia sudah ada sejak tahun 2017. Hingga kini, dipercaya sebagai pemimpin pasar asuransi jiwa syariah Indonesia.

Berbagai solusi yang inovatif terus dilakukan oleh Prudential Indonesia. Salah satunya adalah dengan meluncurkan program wakaf PRUSyariah. Potensi wakaf mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan memperkecil ketimpangan yang terjadi di masyarakat. Prudential wakaf memberikan solusi kepada nasabah akan kebutuhan tentang wakaf serta melakukan kebajikan secara berkelanjutan.

Bapak Jens Reisch, Presiden Direktur Prudential Indonesia, mengatakan bahwa unit syariah Prudential sudah berkontribusi lebih dari 20% total unit bisnis perusahaan. Konsep syariah diyakini akan terus berkembang, termasuk tentang wakaf.


“Kami sangat senang menghadirkan Program Wakaf dari PRUsyariah sebagai wujud dari komitmen Prudential yang baru yaitu, ‘WE DO GOOD’ atau ‘Kami Mewujudkan Kebajikan’. Program ini memberikan solusi terhadap kebutuhan nasabah dalam melaksanakan wakaf dan membantu mereka mewujudkan kebajikan secara berkelanjutan. Program ini melengkapi serangkaian produk dan layanan asuransi berbasis syariah yang komprehensif dari Prudential,” ujar Jens Reisch, President Director Prudential Indonesia.

[Silakan baca: Mengenai Wakaf Asuransi Syariah]


Potensi Wakaf di Indonesia


Pada sesi diskusi panel,  Dr. Irfan Syauqi Beik, SP, MSc., EC, Pengamat Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor, mengatakan bahwa sejarah wakaf itu luar biasa. Di zaman Turki Usmani, 1/3 dunia yang dikuasai oleh Turki Usmani, mesin pertumbuhannya berasal dari wakaf.

Shodaqah, infaq, dan wakaf adalah 3 hal yang berbeda. Persamaan dari ketiganya adalah semangat untuk berbagi. Bila hal ini dioptimalkan, bisa membantu perekonomian suatu negara.

"Sambil beribadah, pahala didapat, ekonomi maju, struktur sosial masyarakat semakin kuat, dan spiritual kita semakin meningkat," ujar Dr. Irfan Beik.


Bapak Afdhal Aliasar, S.T., M.M., Direktur Bidang Promosi dan Hubungan Eksternal Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS), mengatakan bahwa saat ini ada inisiatif dari pemerintah agar perekonomian syariah jauh lebih kuat daripada sistem perekonomian yang sudah ada selama ini. Oleh karena itu, pemerintah mendirikan KNKS yaitu komite yang diketuai oleh Presiden RI dan tugasnya untuk mendorong bagaimana keuangan dan perekonomian syariah tumbuh lebih cepat.

KNKS berharap dalam 5 tahun ke depan, Indonesia bisa menjadi pusat keuangan syariah dunia. KNKS sudah memiliki 6 masterplan Arsitektur Syariah Keuangan Indonesia (AKSI). 2 di antaranya adalah tentang asuransi dan dana sosial.

Program terbaru Prudential yang wakaf PRUSyariah sudah menggabungkan 2 hal ini. Prudential tidak hanya ingin meningkatkan market share dari produk asuransi, tetapi juga mengajak nasabah untuk mengeluarkan dana sosial (wakaf). Dana wakaf tersebut akan dipakai menunjang perekonomian. Tentunya bila semakin banyak nasabah yang melakukan hal ini, diharapkan akan diikuti oleh banyak perusahaan lainnya sehingga pembangunan dari wakaf akan berkesinambungan.


”Menurut Badan Wakaf Indonesia (BWI), tanah seluas 2.700 kilometer persegi di lebih dari 366 ribu lokasi telah masyarakat wakafkan. Sedangkan potensi wakaf tunai diperkirakan mencapai Rp180 triliun per tahun1. KNKS menyambut baik Program Wakaf dari PRUsyariah ini karena program ini akan turut menggali potensi wakaf di Indonesia yang sedemikian besar. Manfaat dan keutamaan wakaf juga harus terus disosialisasikan sehingga masyarakat bisa menyalurkan dermanya dengan lebih tepat guna,” ujar bapak Afdhal Aliasar


Tantangan Wakaf di Indonesia


Menurut, Dr. Irfan Beik, ada 3 hal tantangan tentang wakaf di Indonesia, yaitu


Literasi Wakaf

Diakui Dr. Irfan Beik, memang belum ada riset tentang tingkat literasi wakaf di Indonesia. Tetapi, diduga tingkat literasi masyarakat Indonesia terkait wakaf masih terbatas. Masih banyak yang berpendapat kalau wakaf adalah sumbangan berupa bangunan seperti sekolah, rumah sakit, dan lain-lain. Sisi wakaf dari dimensi ekonomi yang dapat membantu pembangunan banyak yang belum tau.

Dari sisi sejarah Indonesia, wakaf uang juga nyaris tidak ada. Padahal dari sejarah ekonomi islam sejak dulu, termasuk di zaman Turki Usmani, justru wakaf uang ini terbanyak jumlahnya dan efeknya luar biasa.


Kelembagaan

Diharapkan ada sinergi antara berbagai lembaga yang mengelola dan mengatur wakaf. Dalam hal regulasi juga harus diatur agar tidak saling 'bertabrakan'. Karena tentang wakaf ini bisa banyak hal, termasuk politik.


Melibatkan Masyarakat

Tentu saja yang namanya pembangunan harus ada uang. Dr. Irfan Beik berharap ada sesuatu yang out of the box, misalnya gencar mengajak masyarakat untuk berwakaf dengan cara yang menarik


Program Wakaf PRUSyariah


Sebelum KNKS terbentuk, Prudential Indonesia sudah sering terlibat dalam diskusi ekonomi syariah, khususnya dalam bidang asuransi, dengan berbagai lembaga yang berkompeten. Menurut ibu Nini Sumohandoyo, Sharia, Government Relations and Community Investment Director Prudential Indonesia, faktanya literasi keuangan di masyarakat Indonesia totalnya adalah 29%, literasi asuransi sebesar 15%, dan literasi asuransi syariah hanya 2,5%.

Banyak masyarakat yang tertarik dengan ekonomi syariah, tetapi sebetulnya belum paham. Apalagi tentang program wakaf asuransi syariah. Padahal berdasarkan salah satu survey yang dilakukan di 146 negara, Indonesia menempati peringkat pertama sebagai negara yang paling banyak berderma terutama uang.

Bagi nasabah yang baru memiliki polis asuransi unit link Prudential, bisa mewakafkan setinggi-tingginya 45% dari manfaat asuransi. Tetapi, bila memiliki lebih dari 1 polis maka bisa diwakafkan hingga 95%.


“Program ini mendukung nasabah yang sedang mencari solusi modern dan cerdas untuk menunaikan wakaf, sekaligus memastikan dirinya dan keluarganya memperoleh proteksi dan perencanaan investasi yang tepat. Program wakaf kami fokus kepada kemudahan nasabah dalam menyalurkan wakaf asuransinya. Sejalan dengan slogan “Selalu Berbagi, Selamanya Berarti,” yang mengajak kita untuk terus berderma demi manfaat yang abadi, program ini menjadi bagian dari komitmen kami untuk turut mengatasi tantangan sosial ekonomi Indonesia saat ini,” ujar ibu Nini Sumohandoyo

Lembaga wakaf (Nazhir) yang bekerjasa dengan Prudential sudah melalui berbagai proses seleksi. Selain sudah berbadan huku, alasan lainnya adalah memiliki visi dan misi yang sama dengan Prudential Indonesia. 3 lembaga wakaf terpercaya yang bekerjasama dengan Prudential adalah Dompet Dhuafa, iWakaf, dan Lembaga Wakaf Majelis Ulama Indonesia. Para nasabah bisa memilih mana dari 3 lembaga tersebut yang akan dipercaya untuk mengelola dana yang diwakafkan.

Yuk, kita mulai jalanin bareng berasuransi wakaf syariah!

[Silakan baca: #JalaninBareng PRUCritical Benefit 88 dari Prudential untuk Hidup Sehat]


 tantangan wakaf di indonesia

  • Share:

You Might Also Like

73 comments

  1. Salut sama Prudential selain untuk market share asuransi juga mengedepankan misi soisal dengan Program Wakaf ini. Dana wakaf akan menunjang perekonomian di mana pembangunan dari wakaf akan berkesinambungan. Kebayang kalau banyak pihak menggalakkan program wakaf yang serupa. Akan terbantu perekonomian Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! Ternyata potensi wakaf memang luar biasa. Semoga semakin membuat kita semangat untuk berbagi, ya

      Delete
  2. Jadi bisa berasuransi sekaligus berwakaf ya. Dengan Prudential wakaf ini tentunya makin membuat semangat berbagi ya mba, apalagi bisa pilih sendiri 3 lembaga terpercaya untuk mengelola dana yang diwakafkan.

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah kalau potensi wakaf di Indonesia cukup besar, jadi banyak sekali ruang untuk berbagi, selain dari sedekah dan infaq. Dan bersama Prudential, wakaf ini bisa pula menunjang perekonomian dan pembangunan.

    ReplyDelete
  4. Saya selama ini menganggap wakaf terbatas pada bangunan fisik dan tanah. Ternyata wakaf bisa juga berupa uang ya. Noted Mbak Myr. Saya lebih tercerahkan mengenai wakaf setelah membaca post ini

    ReplyDelete
  5. Program yang bagus dari prudential dan semoga saja semakin banyak program semacam ini

    ReplyDelete
  6. literasi keuangan dan asuransi syariah masih rendah banget ya di Indonesia padahal potensinya gede lho. Dengan Prudential wakaf ini makin memudahkan nasabah untuk proteksi diri sekaligus beribadah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga semakin banyak yang sadar tentang pentingnya literasi, ya

      Delete
  7. Wakaf di era digital pun ikutan canggih ya. Menyesuaikan perkembangan zaman

    ReplyDelete
  8. Makin luas kesempatan untuk mendermakan hartanya ya. Karena wakaf ternyata bisa dalam bentuk dana .
    Makin mudah berwakaf

    ReplyDelete
  9. Lucu spot fotonya. Barutau prudential punya asuransi syariah. Semoga makin bermanfaat untuk nasabah & umat.

    ReplyDelete
  10. Aku dukung apa yang dilakukan oleh Prudential mba. Jadi pengen banget belajar lagi nih mba soal wakaf dan terbantu ama tulisan ini :)

    ReplyDelete
  11. Widihhh keren banget yang foto pertama, seolah naik di altar aladin gituu 😍😍😍

    Pengen dong pruSyariah diadakan d mksr juga jadi penasaran 😊

    ReplyDelete
  12. Senang banget ya ada Program Wakaf asuransi jadi kita bisa dapat proteksi sekaligus bisa beramal juga.

    ReplyDelete
  13. Potensi wakaf di Indonesia mwmang besar ya.. semoga makin banyak bawa manfaat

    ReplyDelete
  14. Selama ini pemahamanku rupanya masih salah soal wakaf. Aku kira wakaf hanya dlm bentuk hibah tanah dan bangunan mana punya aku. Tercerahkan deh baca ini hehe

    ReplyDelete
  15. spot fotonya keren deh, jadi kepengen hihi. Btw Prudential emng keren yah, selalu ada inovasi baru yang menjawab kebutuhan pengguna asuransu, mantap deh!

    ReplyDelete
  16. Banyak banget Bank menngangkat produk islam ya, semoga yang menjalankanya tau hukum-hukum islamnyanya mba

    ReplyDelete
  17. Asuransi plus wakaf ini kreatif inovatif ya. Mudah2an impian indonesia mjd pusat ekonomi syariah terwujud ya dg munculnya aneka program ekonomi syaraih semacam ini.

    ReplyDelete
  18. Oh ini yaa blogpost yang kemaren postingannya di IG itu.
    Prudential luncurkan produk inovasi baru wakaf.

    ReplyDelete
  19. Alhamdulillah udah resmi dilaunching produknya. Jd pengen jg berwakaf tapi jg sekaligus punya perlindungan asuransi jiwa. Moga2 berkah dunia akhirat ya mbak aamin

    ReplyDelete
  20. Senangnya...
    Banyak manfaat dan ilmu yang dibagikan melalui sharing mengenai wakaf.
    Semoga sebagian rejeki ini bisa bermanfaat untuk masyarakat.

    ReplyDelete
  21. lembaga wakaf perlu membuat wakaf semakin membumi dengan gerakan yang menarik, nih. Salah satunya kerja sama dengan perusahaan asuransi seperti Prudential juga keren supaya masyakarat makin aware dengan potensi wakaf.

    ReplyDelete
  22. Nah, literasi ke masyarakat lebih luas itu jadi PR Pru juga saat ini. Biar masyarakat yg tidak melek teknologi pun bisa tahu tentang hal ini. Ini aja klo bukan karena BW gak tahu lho Mbak klo wakaf itu bisa berupa uang dan sekarang bisa dalam bentuk asuransi syariah pula.

    ReplyDelete
  23. Era sekarang memang keren banget ya. semakin banyak yg berinovasi seperti beli asuransi sekaligus berwakaf.
    Semoga bermanfaat untuk umat2 :)

    ReplyDelete
  24. Potensi menuju syariah, terlihat bagaimana kecerdasan seorang penggagas di berbagai bidang akadiyah.

    ReplyDelete
  25. Prudential terus berinovasi ya..mengcover.berbagai aspek termasuk yang syariah kaya wakaf ini

    ReplyDelete
  26. Keren banget ini ada asuransi Syariah yang juga punya misi sosial mensejahterakan ummat. Semoga semakin banyak orang yang tersadar akan pentingnya asuransi berbasis syariah dan juga wakaf yang bisa menjadi investasi akhirat

    ReplyDelete
  27. Semakin banyak produk syariah yang bisa dimanfaatkan umat, syukur alhamdulillah kita pun jadi lebih tenang dan nyaman dalam melakukan transaksi keuangan. Program wakaf dari Prudential ini bisa dibilang sebuah terobosan, karena selama ini, wakaf memang terasa terlalu berat dan hanya untuk kalangan tertentu saja. Alhamdulillah, dengan program ini semoga wakaf menyentuh berbagai lapisan.

    ReplyDelete
  28. Wah ini keren banget. Prudential salah satu perusahaan yang concern dengan kegiatan sosial juga, selain tentu saja memberikan banyak edukasi demi peningkatan literasi keuangan masyarakat Indonesia. Dengan adanya produk Prusyariah ini, bisa banget ya investasi sekalian mewakafkan harta. Sukses selalu untuk Prudential deh

    ReplyDelete
  29. senangnya bisa hadir di acara yg bermanfaat ini. jadi tahu lebih jelas apa itu waqaf ya. dan keren banget sih pridential, selalu berinovasi buat memberikan apa yg kita butuhkan, terutama di waqaf. jarang loh yg terpikirkan urusan ini

    ReplyDelete
  30. Ini keren banget yaa ada program wakaf gitu...sebagai muslim saya turut bangga juga ada program wakaf seperti ini

    ReplyDelete
  31. Hebat ya prudential, produknya makin banyak. Aku minim infon mba klo perasuransian gini...tauku Prudential sebatas asuransi kesehatan saja. Ternyata ada wakaf juga...

    ReplyDelete
  32. prudential selalu terdepan yah, smoga program wakaf prusyariah ini bisa berkesinambungan dan makin banyak peminatnya, menggunakan asuransi sekaligus memakai prusyariah juga

    ReplyDelete
  33. Aduhai, kemana aja akutuuu baru tahu wakaf bisa pakai uang...*kurang jauh maennya nih ahahah... Sepertinya indah banget bisa investasi sambil menyiapkan buat akhirat.

    ReplyDelete
  34. Programnya ini bagus banget ya mbak, inovasi yang dilakukan oleh prudential ini mempermudah kita untuk mewakafkan sebagian harta kita. Makasih mbak infonya

    ReplyDelete
  35. Jalur cerita yg asyik dibaca , jadi tau deh sekarang tentang wakaf, terima kasih prudential sudah berbagi

    ReplyDelete
  36. Semakin luas pengetahuan kita kalau wakaf tidak hanya berupa tanah ya, bagus ini prudential memudahkan insan yang mau wakaf

    ReplyDelete
  37. Wah bener banget tuh mba, selama ini literasi tentang wakaf syariah masih kurang di indonesia, aapalg di daerah desa-desa. Mudah2an saja smkin bxk masayrakt yang terbantu dgn adanya program baru Prudential

    ReplyDelete
  38. Keren nih Prudential, dulu asuransi pertamaku ya Prudential. Sekarang ternyata semakin banyak produknya ya, apalagi ada program wakafnya.

    ReplyDelete
  39. Keren ya inovasi prudential untuk bisa lebih memajukan ekonomi syariah

    ReplyDelete
  40. Beruntung ya kenal PRUdential yang kini sudah merambah wakaf syariah juga.
    Jadi pengen tahu lebih luas.

    ReplyDelete
  41. inovasi baru nih dalam berasuransi dan bisa berwaqaf juga dr asuransi, kereen.

    ReplyDelete
  42. Prudential Wakaf menyediakan cara wakaf gaya baru dengan metode asuransi.. dengan ini, manfaat dan berkahnya bisa dirasakan oleh banyak orang :) niat berwakaf pun bisa terlaksana dgn mudah..

    ReplyDelete
  43. Setuju bgt dengan optimalisasi ZIS mom, ketiganya berbeda peruntukann tp sama sama utk berbagi yah.

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^