#JalaninBareng PRUCritical Benefit 88 dari Prudential untuk Hidup Sehat - Keke Naima

Kamis, 17 Januari 2019

#JalaninBareng PRUCritical Benefit 88 dari Prudential untuk Hidup Sehat

jalanin bareng, prucritical benefit 88, penyakit kritis

#JalaninBareng PRUCritical Benefit 88 dari Prudential untuk Hidup Sehat

Keterangan (ki-ka):  dr.Vito Damay SpJP (K) - M.Kes FIHA FICA, bapak Himawan Purnama - Product Development Prudential Indonesia, dan bapak Jens Reisch -Presiden Direktur Prudential Indonesia

"Jangan mau bila pasangan mengatakan terimalah aku apa adanya."

Mendengar ucapan dari dr. Vito tersebut, mendadak terngiang-ngiang lirik lagu Tulus.

Jangan cintai aku apa adanya
Jangan ....
Tuntutlah sesuatu biar kita jalan ke depan

Penyakit Kritis Bukan Sebuah Gengsi


Di era digital ini, banyak kemudahan yang bisa didapatkan. Misalnya, untuk membeli makanan, kita tinggal delivery order melalui salah satu aplikasi. Memang praktis, tetapi juga bisa berimbas kurang baik. Sisi negatifnya adalah semakin banyak masyarakat yang jadi kurang bergerak. Akibatnya memicu timbulnya berbagai penyakit tidak menular.

Orang Asia, termasuk Indonesia, memiliki badan yang kecil tetapi perutnya besar sebanyak 34%. Ini yang disebut obesitas sentral akibat kurang bergerak dan konsumsi makanan yang tidak terkontrol. Jumlah ini termasuk besar, bahkan di beberapa kota di Indonesia angkanya mencapai 40%.

Maka dari itu dr. Vito mengatakan tidak bila ada pasangan yang bilang, "terimalah aku apa adanya." Seharusnya, saling support untuk hidup sehat. Jangan biarkan pasangan malas bergerak. Obesitas bukan tanda hidup bahagia. Obesitas juga tidak mengundang penyakit karena memang sudah termasuk penyakit.

Cukup mengagetkan ketika dr.Vito Damay SpJP (K), M.Kes FIHA FICA mengatakan kalau saat ini semacam ada perubahan paradigma di masyarakat. Ada semacam kebanggan bila sudah dipasang ring karena sakit jantung dibandingkan terkena typus.

Padahal sakit kritis tidak hanya perkara biaya pengobatan. Produktivitas kerja bisa terganggu. Beberapa kali juga kejadian keuangan rumah tangga sampai bangkrut dan harus menjual banyak harta untuk biaya pengobatan. Padahal selai itu juga harus memikirkan biaya lainnya seperti biaya hidup sehari-hari dan pendidikan.

Listening, Understanding, Delivering


listening understanding delivering, proteksi terjamin, uang pasti kembali

Senin (14/1) bertempat di Greenhouse Coworking, Jakarta, Chi dan beberapa blogger juga media hadir di acara Prudential. Acara ini mempunyai 2 agenda utama yaitu,
  1. Pengumuman komitmen brand dan fokus baru perusahaan
  2. Peluncuran PRUCritical Benefit 88

Prudential sudah beroperasi di seluruh dunia sejak 171 tahun yang lalu. Dengan jumlah nasabah sekitar 26 juta yang tersebar di seluruh dunia, Prudential sangat mendukung proteksi keluarga, perencanaan keuangan, dan lain sebagainya. Di Indonesia, perusahaan asuransi yang berpusat di Inggris ini sudah ada selama 24 tahun.

Slogan Prudential yang sudah dikenal sejak tahun 1995 adalah "Always Listening, Always Understanding." Slogan ini sudah dikenal di 14 negara Asia Pasifik. Tetapi, dengan perubahan yang lumayan cepat terutama di dunia digital, membuat Prudentian memutuskan untuk membuat slogan baru yang lebih kuat yaitu Listening, Understanding, Delivering.

Indonesia termasuk negara yang masyarakatnya banyak menggunakan internet, terutama smartphone. Dengan meningkatnya penggunaan internet, semua jadi ingin serba instan. Mencari informasi hingga mencari solusi inginnya delivering dengan cepat dan instan.

Ada 4 komitmen dengan satu brand campaign yang disebut We Do. Prudential ingin lebih action oriented memberi komitmen baru di Indonesia dan negara Asia Pasifik lainnya.4 komitment tersebut adalah We Do Health, Wealth, Tech, and Good.

We Do Health

Prudential ingin agar masyarakat Indonesia bisa hidup lebih lama (living longer) dan ketenangan dalam berpikir (peace of mind) dengan cara memiliki akses kesehatan yang lebih baik

We Do Wealth

Bila nasabah terkena sakit, maka harus ada perencanaan keuangan yang baik, termasuk untuk biaya hidup, pendidikan, dan lain sebagainya

We Do Tech

Di zaman digital ini, masyarakat menginginkan informasi dan akses yang lebih cepat dengan agen.

We Do Good

Berbagai program CSR juga diberikan kepada masyarakat. Salah satunya adalah memberikan pelatihan edukasi keuangan.

Bapak Jens Reisch, Presiden Direktur Prudential Indonesia, dalam sambutannya juga mengatakan, "Berjuang melawan penyakit kritis sangat meguras emosi serta fisik pasien dan juga keluarganya. Penyakit kritis juga dapat mengganggu perencanaan keuangan. Melalui PRUCritical Benefit 88, diharapkan dapat menjadi solusi dan memberikan ketenangan pikiran bagi nasabah dan keluarga."

Peluncuran PRUCritical Benefit 88


Klaim yang terjamin untuk jangka panjang, mudah dipahami, dan praktis menjadi keinginan nasabah saat ini saat memilih asuransi. Menurut data WHO, 9 dari 10 orang meninggal dunia karena kondisi kritis. Data lainnya adalah 70% penyakit kanker ditemukan pada tahap akhir karena pasien menunda-nunda untuk memeriksakan kesehatan.

Bapak Himawan Purnama, Product Development Prudential Indonesia, mengatakan seringkali bila ada anggota keluarga terkena penyakit kritis yang langsung diingat adalah biaya pengobatan. Padahal bila si pasien tidak lagi mendapatkan penghasilan karena sakit, darimana biaya hidup serta biaya pendidikan untuk keluarga?

Secara resmi, pada tanggal 15 Januari 2019, Prudential meluncurkan PRUCritical Benefit 88. Bukan kali ini Prudential berkomitmen terhadap kesehatan. Tetapi, istimewanya asuransi yang baru diluncurkan ini adalah Proteksi Terjamin, Uang Pasti Kembali.

Proteksi Terjamin

  1. Perlindungan komperhensif untuk meninggal atau 60 kondisi kritis tahap akhir, tanpa periode masa bertahan hidup
  2. 10% uang pertanggungan (UP) untuk angioplasty tanpa mengurangi UP PRUCritical Benefit 88 dengan maksimal Rp200 juta.
  3. 200% pertambahan UP akan dibayarkan jika tertanggung meninggal karena kecelakaan sebelum usia 70 tahun
  4. Perlindungan smapai usia 88 tahun dengan jangka waktu pembayaran premi 5 tahun, 10 tahun, 15 tahun, atau premi tunggal

Uang Pasti Kembali

  1. 100% UP akan dibayarkan bila tertanggung utama masih hidup dan polis masih aktif sampai usia 88 tahun; atau
  2. Jaminan manfaat 100% pengembalian premi pada tahun polis ke-20. Jika nasabah memilih pengembalian premi, maka polis berakhir.

Asuransi itu ibarat pepatah 'Sedia Payung Sebelum Hujan.' Tetapi, yang menarik dari asuransi ini adalah adanya jaminan uang kembali bila tidak ada klaim. Nah, daripada uang premi dipakai untuk biaya pengobatan, mendingan jaga kesehatan biar di usia 88 tahun uang kita bisa kembali.

Asuransi  PRUCritical Benefit 88 tidak hanya untuk orang dewasa. Anak-anak pun sudah bisa dibuatkan polis asuransi ini. Bila nasabah Prudential sudah punya asuransi unit link juga tetap bisa membuat asuransi ini.

Berapa harga premi termurah? Pak Himawan menyarankan kepada calon nasabah untuk lebih dulu menghitung segala kebutuhan hidup. Setelah itu, silakan berkonsultasi dengan para agen untuk biaya premi yang tepat.

71 komentar:

  1. Keren banget ya Prudential, berani mengcover biaya penyakit kritis, salut deh.
    Dan setuju tuh mba, banyak yang terjadi, saat sakit bukannya fokus pada kesembuhan, malah fokus mikirin biaya berobat.
    Alhasil penyakit malah semakin parah huhuhu

    Proteksi diri dan keluarga memang jadi pilihan yang sangat bijak :)

    BalasHapus
  2. iya ya ... yang namanya penyakit itu seringkali datang tanpa diundang. Jadi memang butuh untuk di cover

    BalasHapus
  3. Perlindungan diri dan keluarga itu penting banget. Kita gak pernah tau apa yang akan kita hadapi ke depan

    BalasHapus
  4. Wah penting banget nih ada proteksi untuk penyakit kritis.
    bagusnya lagi nggak hanya untuk dewasa ya mbak, tapi anak2 juga.

    Selagi bisa menjaga kesehatan dan mampu membeli proteksi untuk keluarga, rasanya penting banget biar gak deg2an di kemudian hari

    BalasHapus
  5. Aku juga nih penderita penyakit Indonesia tipikal, badan kecil perut besar. Emang sih sudah insap gaya hidup kebanyakan duduk dan malas bergerak ini harus disingkirkan. Sekarang mulai rajin jalan pagi. Tapi menyingkirkan lemak di perut kayaknya susah banget :)

    BalasHapus
  6. PruCritical benefit emang keren banget sesuai dengan harga premi yg hrs dibayar.

    BalasHapus
  7. Prudential brand yang cukup dikenal, dan terus mengembangkan inovasinya. Prudential benefit 88 menunjukkan komitmen Prudential dalam membantu masyarakat

    BalasHapus
  8. Makin berkembang saja ya asuransi prudential ini. Sudah banyak dikenal pula. Imovasinya bikin benefit 88 ini makin menunjukkan komitmen dalam membantu masyarakat untuk "sedia payung sebelum hujan" ya.

    BalasHapus
  9. Suka deh sama Prudential ini. Banyak inivosinya. Dan nyari pasangan emang harus yg saling dukung dalam kebaikan. Jangan mau terima apa adanya

    BalasHapus
  10. aku, kayaknya udah ada di tahap, tidak mikirin lagi berat badan. lelah euy, diet dan berusaha untuk langsing kok nggak ada hasilnya terus. ya sudahlah. yang penting sehat dan bahagia saja akhirnya.

    BalasHapus
  11. kayak lagu Tulus ya yang judulnya jangan terima aku apa adanya. isinya ya gitu deh, menurut Tulus ucapan menerima apa adanya itu bikin orang nggak mau berusaha untuk lebih baik dan bikin malas tidak produktif. hehehe

    BalasHapus
  12. dari dulu penasarn banget sama prudential ini, makin kesini makin banyak inovasinya hihi. ternyata penting yah beransuransikan diri itu

    BalasHapus
  13. Wah makasih sharingnya mba, proteksi diri Dan keluarga memang penting ya

    BalasHapus
  14. Beneran ya ada yg bangga punya sakit jantung dibanding sakit typhus? Duuh :(
    Untung sekarang prudential berani cover penyakit kritis gini, tapi sebaiknya sih kita tetap jaga kesehatan yaa mbaa :)

    BalasHapus
  15. Aku tuh waktu suami sakit kena serangan jantung, jadi belajar kuat. Semua keputusan harus aku yang menentukan. Untungnya udah ada asuransi yang menanggung biaya, meski awalnya sempat nombok dulu untuk biaya perawatan di ruang ICU

    BalasHapus
  16. Saling mendukung apa adanya akan membawa dampak pada hal hal yang positif buat masa depan.

    Pruclinical benefit mendengarkan keluhan nasabah dan mengerti solusi pemecahan permasalahan tersebut

    BalasHapus
  17. Wah asyik ya..saya jg ikut acara ini yg di Bandung, ini produknya bagus ya..uang bs kembali gp kita terproteksi ...

    BalasHapus
  18. yes banget sama lagu tulus hahaha asuransi memang sedia payung sebelum hujan ya mba banyak benefit yang bisa didapat. Mantap nih prudent semakin inovatif dan berkembang

    BalasHapus
  19. PRUCritical Benefit 88 itu ternyata keuntungan dana kembali ya mbak kalau usia kita mencapai 88 tahun..mantap juga programnya apalagi dana kembali 100%

    BalasHapus
  20. hahaha iya nih, zaman now banyak mager. Makanan 'new comer' bermunculan, semua pengen dicoba. Harusnya sih bisa seimbang, biar tetap sehat.
    Prudential ini banyak banget ya produknya, macam 'kamu butuh apa, saya ada.'

    BalasHapus
  21. Alhamdulillah ya ada prudential yang bisa mengkover berbagai asuransi utk kehidupan manusia

    BalasHapus
  22. Baru lagi ya dari Prudential. Kalo masalah penyakit serius emang kritikal ya Teh Chi. Perlu proteksi dari sakit kritis memang. Sekarang usia udah ga bisa ditebak, tua muda bisa ada potensi sakit kritis.

    4 komitmen Pru juga patut diacungi jempol.

    BalasHapus
  23. Jadi ada benernya juga ya gak bisa hidup dengan cinta aja ya hehehe. kalimat2 dari dokter Vito kemarin banyak yg makjleb

    BalasHapus
  24. Kalimat pembukanya unik yaa...
    Aku bingung juga menterjemahkannya niih...

    Investasi yang terbaik memang dari yang terpercaya.

    BalasHapus
  25. Moga2 kita semua dijauhkan ya mbak dr penyakit kritis aamiin.
    Produk asuransi Prudential yg satu ini emang oke banget, smapai berani menjamin pengembalian premi sampai 100 % gtu ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul sedia payung sebelum hujan ya dengan memiliki asuransi ini. Kasian jg soalnya keluarga kalau gaar2 kita skait bingung segalanya, gak ada pendapatan dll. Hiks jangan sampai ya...

      Hapus
    2. Ya ampun baru nyada banyak typonya komen2ku huhuhu. Sorry ya mbak, kalau bewe pakai hape suka ngaco hiks

      Hapus
  26. semoga kita terhindar dari berbagai penyakit kritis ini yaaa Mba..but it's good to know that Prudential covers it..aku kliennya sejak 10 tahun yang laluuu :)

    BalasHapus
  27. Wah bener banget Mbak di kampung saya saja banyak loh orang yang gendut perutnya padahal postur tubuhnya kecil-kecil. Dan mereka hampir semua sudah divonis punya penyakit kolesterol, gula diabetes dan gejala struk juga jantung. Ngeri ya...

    BalasHapus
  28. Sekarang asuransi itu penting banget ya, bakan pakar keuangan bilang termasuk investasi asurasi itu

    BalasHapus
  29. betul mbak anak2 harus sejak dini dibuatkan asuransi ya terutama asuransi kesehatan dan pendidikannya
    prudential asuransi yang cukup besar niih udah lama tau pridential dan sekarang sepertinya makin inovatif

    BalasHapus
  30. Dulu aku pernah jd agent prudential, dan memang, layanan cover utk penyakit kritis itu jd unggulan

    BalasHapus
  31. ya ampun. namanya sakit ya tetep aja nggak enak. kalau memang bisa, mending biaya ring dialihkan untuk hal yang lebih produktif ya. Syaratnya ya emang harus sehat dulu sih.

    BalasHapus
  32. suka banget nihd engan program barunya prudent, soalnya uang bisa kembali 100 persen

    BalasHapus
  33. Prudential ini udah terkenal banget bagusnya untuk urusan asuransi kesehatan ya. Jadi nyesel dulu pernah daftar di perusahaan asuransi lain dan bermasalah. Hiks...tahu gitu di Prudential aja.

    BalasHapus
  34. Kujuga pakepake prudential...

    BalasHapus
  35. Inovasi yang lain lagi nih dari Prudential melalui PRUCritical, semoga manfaat dari asuransi tersebut bisa berguna untuk masyarakat

    BalasHapus
  36. aku sih agen PRU hehe jadi senang banyak blogger yang bantuin nulis beginian

    BalasHapus
  37. Yaps...enak aja terima apa adanya. Kalau ada yg kurang, ya diperbaiki bersama, gak pasrah gitu aja. Terutama di kesehatan kan ya...

    BalasHapus
  38. Haha bener banget, klo orang obesitas identik dibilang sudah hidup makmur. Padahal mah ya kudu lebih jaga2 kesehatan. Aku daftar Prudential pas hamil anakku, alhamdulillah bisa dipakai pas anakku rawat inap di rumah sakit. Prosesnya pun mudah. Tertarik juga nih daftar prucitical.

    BalasHapus
  39. Aku sempat jadi nasabah Prudential, tapi gak tak lanjut karena waktu itu mikirnya jangka pendek aja. Padahal kalau mikirin apa aja yang bisa di-cover ya lumayan juga ya. JAdi kepikiran apa daftar lagi aja

    BalasHapus
  40. Baca di awal kok jadi ikutan nyanyi ya aku hahaha..tapi setuju sekali jangan mau terima pasangan apa adanya, tapi tuntut saja agar maju ke depan dan jalani bareng termasuk memproteksi diri dari segala kemungkinan.

    BalasHapus
  41. Cakep nih uang pasti kembali. Prudential selalu berinovasi memberikan kebutuhan buat para nasabahnya ya.

    BalasHapus
  42. Saya juga merasa kalau saya kurang gerak dan kebanyakan duduk. Apalagi semenjak ada internet semua jadi mager. Apa apa pesen online. Kebanyakan mager ini bisa menimbulkan penyakit. Kalau sakit aja baru ngeluh. Pengeluaran jadi bertambah.

    BalasHapus
  43. Mengerikan kalo baca2 soal penyakit kritis, jadi semacam reminder diri, hiks. Semoga kita sehat sehat aja ya mom. To ga ada salahnya juga ya jaga jaga dengan asuransi

    BalasHapus
  44. sekarang semua orang harus melek asuransi yah, banyak banget manfaatnya.

    BalasHapus
  45. Mbaaa, yuk jalanin bareng kita loncat loncat lagi yuuuuuk. Biar sehaaaat *ditabok wkwkwwk *kaboooor

    BalasHapus
  46. Generasi mager ya.. du du du, aku juga kadang termasuk yang suka mager. Harus banyak bergerak biar nggak kena obesitas T_T

    BalasHapus
  47. Seru banget ya acaranya. Jaman sekarang memang lebih suka beli makanan secara online dan bikin jadi malas gerak. Dan asuransi itu memang penting banget menurutku karena bisa dijadikan penolong saat ada kejadian tak terduga.

    BalasHapus
  48. Hi mb Myra, acaranya terlihat menarik dan sangat bermanfaat prudencial banyak program nya yah hehe jadi menambah informasi terimaksih mb

    BalasHapus
  49. Wah..makin mantab nih Prudential..makin banyak fasilitas bagi penggunanya.. TFS ya..

    BalasHapus
  50. 100% UP akan dibayarkan bila tertanggung utama masih hidup dan polis masih aktif sampai usia 88 tahun, point ini membuat nasabah tidak merasa sia-sia bayar premi jika alhamdullilah sehat ya.

    BalasHapus
  51. Aku lihat berita yang ibu2 kena obesitas itu to Mbak, bagaikan tertampar. Soalnya BBku nggak turun2 dari angka 65kg. Rasanya lihat muka sendiri kok tembem banget. Apalagi keluargaku emang ada keturunan orang2 genduuutt dari bapak. Ah, kudu niat banget ngurangin ngemil nih. Takut kalau obesitas ntar malah jadi penyakit2 kritis pada nemplok.

    BalasHapus
  52. Duh miris ya mba orang jaman now, sama penyakit aja gengsi. Aku sih mending kena panu daripada sakit jantung eh tapi kan udah ada prucritical benefit88 yang mengcover penyakit kritis, aman donk ya

    BalasHapus
  53. Prudential memang ngerti masyarakat banget ya Mbak, bisa banget gitu berinovasi seperti ini. Orang biasanya takut berasuransi karena takut preminya gak bisa diclaim, lah ini udah ada jaminan 100% uang kembali, jangka waktunya bisa dipilih pula yaaa bahkan hingga usia kita 88tahun. Semoga kita semua diberi kesehatan, dihindarkan dari penyakit kritis. Ayoo, mari jaga pola hidup sehat :)

    BalasHapus
  54. Penting banget menyiapkan keluarga menghadapi.kondisi terburuk yg bs saja terjadi..hiks semoga dijauhkan dr penyakit kritis ini ya..

    BalasHapus
  55. Pasang ring satu aja harganya udah mahal, mba. Dan bagi kami yang memutuskan suami akhirnya harus pasang ring, konsultasi dengan 3 dokter dulu. Sedih sih karena ternyata sumbatan di arteri jantung suami karena pola makan saat dia berusia 30 tahunan. Efek lembur dan makan siap saji dari kantor. Sekarang aku jadi sering ngasih tahu orang terdekat agar mengontrol pola makannya. Meski kita nggak bisa menghindari takdir, paling enggak aware dulu dengan menyiapkan jaminan kesehatan untuk keluarga

    BalasHapus
  56. Prudencial sudah tidak diragukan lagi, semua programnya kece-kece dan dapat dipercaya

    BalasHapus
  57. Kok bisa bangga sih kalau dibilang sakit jantung, saya malahan ngeri. Tapi itulah masyarakat kita banyak yang kebalik. Kalau dibilang sakit panu malah dibilang eh itu penyakit recehan.

    BalasHapus
  58. Pru ini rekomendasi banget sih. Saya belum pakai, cuma udah beberapa kali dapat materi atau dikenalkan tentang layanannya sama temen kantor. Cuma dia pru syariah. Nggak jauh beda. Sama-sama bagus, memuliakan manusia. Nasabah jadi merasa nyaman.

    BalasHapus
  59. dari kata pembuka aku sampe kepikiran nyambung kemana yah dengan judul ini apalagi tentang asuransi, hehehe ehh ternyata betul juga yah mba, bahwa saling support ke dalam hal baik itu harus dituntut bukan malah dibiarkan.. :D

    BalasHapus
  60. Keren ini inovasinya Prudential memudahkan Dan gk menzolimi klo tdk dipakai bisa balik 100% uangnya

    BalasHapus
  61. Saya dan suami jadi nasabah pruden sejak 2009 mb
    Enggak mengecewakan sih sejauh ini
    Ni ada produk baru juga y
    Makin keren euy

    BalasHapus
  62. Secara gak langsung memang kita butuh sesuatu makanya jangan modal cinta aja ya hehehe.
    Perut buncit sekarnag banyak juga ya ditemui, duh aku juga mulai membuncit nih karena sekarang jarang olahraga. Mulai olahraga lagi deh takut juga kalau sampai punya penyakit kritis.
    Enaknya PRUCritical Benefit 88 ini ada jaminan uang kembali ya jadi kaya ga sia2 uang kita.

    BalasHapus
  63. Keren banget Prudential bisa memberikan pelayanan yang berani. Selain itu prudential suka membuat inovasi-inovasi yang baru

    BalasHapus
  64. Lah masa sih Chi ada orang yang udah bangga dipasangin ring di jantungnya? Bukannya malah ngeri ya karena kinerja badan udah turun banget. Biasanya malah sedih lho bagi yang mengalaminya.
    Memang saat ini perlu banget ya bagi kita semua untuk memproteksi diri dengan perlindungan macam yang ditawarkan oleh Prucritical Benefit 88 ini.

    BalasHapus
  65. Alhamdulillah banget ada produk baru dari prudential yNg sangat pro tentang masa depan umat ya mba. Hehe. Aku pengen daftarin buat bapakku jadinya.

    BalasHapus
  66. Ikut acara ini bikin aku tersadar banyak. Aku yang gaya hidupnya kacau dan gak peduli dengan hari esok. Padahal fakta tentang penyakit kritis bikin serem. Aku jadi salah satu yang kena risiko itu. Jadi kudu mulai menata hidup dan keuangan nih. Biar bisa terbebas dari penyakit kritis dan efek kalo kena.

    BalasHapus
  67. penyakit kritis yang meinmpa kita memang bisa membawa dampak luar brasa dan life changing ya Mba. So better have extra protection then

    BalasHapus
  68. Haduu aku tersindir. Termasuk yang badannya kecil tapi klo BB nambah, larinya ke perut dulu mpe dikira hamil ha ha. Harus nambah olahraga juga u salah 1 proteksi kesehatan diri selain asuransi.

    BalasHapus
  69. Prudential ini terus mendorong masyarakat tetep aktif dan sadar diri ya Mba.
    Akan penyakit, akan hal-hal yang tidak terduga lainnya.

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^