Dari Jakarta ke Bandung, Enaknya Naik Apa? - Keke Naima

Jumat, 22 Februari 2019

Dari Jakarta ke Bandung, Enaknya Naik Apa?

perjalanan bandung jakarta, moda transportasi umum

Dari Jakarta ke Bandung, Enaknya Naik Apa?


"Mah, yang dari Bandung kapan berangkat? Pada naik apa?"

Itu obrolan di WA antara Chi dengan mamah. 2 minggu yang lalu, keluarga kami ada acara lamaran adik Chi yang paling kecil. Acaranya sendiri berlangsung di hotel Santika Premiere ICE BSD. Tetapi, karena keluarga kami yang punya hajat, tentunya harus tau keluarga yang sebagian besar tinggal di Bandung ini pada naik apa dan kapan datangnya.

Mamah pun menjelaskan kalau rombongan nanti dibagi 3. Ada yang berangkat pakai kendaraan pribadi, travel, dan juga kereta api. Sebagian ada yang ke menginap di rumah orang tua saya dulu. Sedangkan sebagian lagi langsung ke lokasi acara.

Nah, ngomong-ngomong tentang kendaraan, sebetulnya paling enak naik apa sih kalau mau ke Jakarta dari Bandung atau sebaliknya?

Transportasi Pilihan Jakarta-Bandung


Mobil Pribadi

Chi sekeluarga paling sering pakai kendaraan pribadi kalau mau ke Bandung atau sebaliknya. Tetapi, udah sekitaran 1-2 tahun ini kami jarang sekali ke Bandung. Apalagi sekarang ada papah mertua yang memang gak bisa sering-sering ditinggal lama karena sakit.

Selain itu, kondisi jalanan yang selalu macet akibat berbagai pembangunan jalan, terutama di jalan tol, bikin kami jadi malas ke Bandung. Dulu, kayaknya ke Bandung dekat aja, apalagi kalau lewat tol Cipularang. Sekarang minimal bisa 5-6 jam. Jadinya agak malas mau ke Bandung, Tunggu pembangunan jalan selesai dulu kali, ya.

[Silakan baca: Maceeeett oh Maceeeett]

Motor

Pernah coba ke Bandung naik motor? Kalau Chi belum pernah. Tapi, K'Aie pernah tuh naik motor. Belum apa-apa, Chi udha ngebayangin pegel punggung hahaha! Etapi, kayaknya sesekali touring pakai motor seru juga, ya!

Kereta

Nah, kalau untuk transportasi umum, naik kereta buat Chi tuh paling nyaman. Bebas macet dan waktunya lebih on time. Ya kan gak ada cerita kereta brenti dulu karena penumpang mau makan, ke toilet, istirahat, dan alasan lainnya. Dulu pernah kereta berhenti lama karena ada kendala seperti anjlok. Tetapi, kayaknya kasus seperti itu jarang banget.

Naik kereta juga bikin Chi nostalgia. Dulu kan sekolahnya di Bandung. Setiap akhir pekan, kalau lagi gak ada kegiatan sekolah, pasti Chi pulang ke rumah. Makanya sampai sekarang juga kangen dengan nasi goreng kereta. Padahal rasanya tuh biasa banget, tetapi tetap aja bikin kangen hehehe.

[Silakan baca: Museum Geologi]

Travel

Chi belum pernah naik travel. Lain halnya dengan keluarga Chi yang tinggal di Bandung. Naik travel menjadi pilih paling favorit kalau mau ke Jakarta atau Tangerang. Mereka mah bisa gonta-ganti pilih travel. Tetapi, mengingat jalanan dari Bandung ke Jakarta atau sebaliknya seringkali macet seperti yang Chi ceritain di awal, memang baiknya pilih travel yang memiliki kendaraan yang nyaman. Boleh tuh Areon Trans Travel jadi pilihan. Armadanya dalam kondisi yang bagus-bagus.

Jadi inget sama sepupu yang akhir-akhir ini juga lagi sering menginap di rumah karena ada satu urusan. Nanti biasanya dia akan nge-WA, "Teteeeeh, Ginta nginep ya di rumah." Pergi dan pulangnya juga biasanya pilih naik travel.

Bus

Bus termasuk jarang yang kami pilih, kecuali memang sengaja menyewa 1 armada untuk dipakai jalan-jalan sekeluarga. Nai bus sebetulnya nyaman. Tetapi, terminalnya jauh kalau dari rumah, makanya transportasi ini paling jarang jadi pilihan keluarga kami.

Pesawat

Ada yang pernah ke Bandung naik pesawat dari Jakarta? Kalau kami belum pernah. Alasan pertama, sama seperti naik bus. Bandara di Jakarta/Tangerang lumayan jauh dari rumah. Begitupun dengan bandara yang di Bandung. Menuju bandara aja udah perjuangan sendiri. Jadi kayaknya gak hemat waktu juga ya kalau naik pesawat hanya untuk ke Bandung.

Nah, banyak jalan menuju Bandung dan sebaliknya, kan? Memang saat ini banyak moda transportasi yang bisa menjadi pilihan. Tinggal pilih aja mana yang paling nyaman bagi teman-teman. Apapun pilihannya, selamat menikmati perjalanan!

[Silakan baca: Jalan-Jalan di Bandung]

3 komentar:

  1. Banyak ya pilihannya sekarang mau ke Bandung, paling nyaman sih pake travel emang ga usah nyetir heheh

    BalasHapus
  2. Lalu aku hanya bisa menyimpulkan, semua tergantung budget perjalanan.. :D

    BalasHapus
  3. sekarang kalo dari Jakarta, mau ke tempat yang bisa dijangkau dengan kereta, kami sekeluarga selalu memilih kereta mbaaa, bebas macettt, tinggal mikir ntar di tempat sampenya nyari ojol, hehe

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^