Tips Ngeblog Bagi Pemula Ala Blog Keke Naima
Tips Ngeblog Bagi Pemula Ala Blog Keke Naima
Sumber foto: Pixabay


Alhamdulillah blog Keke Naima ini udah hampir 11 tahun. Gak menyangka juga bisa bertahan sampai sekarang. Biasanya Chi gak pernah bisa bertahan lama kalau menulis diary. Karena udah berjalan lebih dari 10 tahun, boleh lah ya Chi berbagi tips tentang ngeblog. Terutama bagi pemula yang ingin belajar ngeblog. Kalau yang udah master sih mending salaman aja kita hahaha.


Niat


Pertama kali Chi ingin ngeblog niatannya adalah ingin membuat catatan harian tentang Keke dan Naima. Awalnya Chi menulis di buku harian. Tetapi, seperti yang sudah-sudah ketika menulis di buku harian gak pernah bisa konsisten. Atau cuma semangat di awal aja. Setelah beberapa lama mulai malas mengisi buku harian. Udah sering terjadi kayak begitu. Padahal ya Chi pengen banget punya kenangan secara tertulis tentang anak-anak. Kalau cuma mengandalkan ingatan bisa mudah lupa.

Saat lagi internetan *dengan kecepatan internet zaman dulu yang lemotnya minta ampun dan mahal pula*, Chi pun mulai berkenalan dengan dunia blog. Awalnya iseng, tetapi lama-kelamaan malah keterusan. Bahkan Chi menikmatinya sampai sekarang. Kalau semangat ngeblog lagi agak ngedrop, Chi langsung inget niatan ngeblog kan tujuan utamanya untuk mencatat kenangan. Biasanya kalau udah begitu semangat lagi, deh.


Menulis Dulu Atau Mempercantik Blog Dulu?


Chi pernah beberapa kali diminta ngajarin blog secara pribadi. Chi sih senang aja bisa berbagi ilmu meskipun masih secuil. Tetapi, seringkali Chi dihadapkan dengan pertanyaan bagaimana mempercantik blog bukan bagaimana konsisten membuat konten.

Ya memang kalau untuk 2 hal ini kembali kepada pilihan masing-masing. Tetapi, Chi selalu mengibaratkan blog adalah rumah pribadi di rumah maya. Pastinya blog yang cantik bikin pemilik rumah betah. Bahkan tamu pun akan betah berkunjung ke rumah maya kita.

Tetapi, bagi Chi blog itu utamanya konten. Berdasarkan pengalaman pribadi aja, kalau Chi lagi asik nguprek tampilan blog, bisa-bisa gak keingetan sama konten. Sejenak melupakan dulu update blogpost apalagi blogwalking. Jadi Chi lebih memilih mempercantik blog secara santai aja. Jangan sampai konten malah terbengkalai.

Sebelum menulis konten di dunia maya baik itu di blog atau media sosial, harus dipahami dulu kalau jangan suka menulis sembarangan. Zaman sekarang screenshot bisa lebih cepat dari kecepatan cahaya hahaha. Pokoknya usahakan jangan suka mancing keributan atau posting yang aneh-aneh, deh. Jangan sekadar demi viral. Jejak digital bisa kejam, lho.


Menulis di Wordpress atau Blogspot?


Sejujurnya nih ketika pertama kali mulai ngeblog, Chi gak pernah mempertimbangkan apakah sebaiknya pakai blogspot atau wordpress. Seingat Chi waktu itu hanya googling dan langsung ketemunya ya blogspot. Setelah berjalan sekian lama, Chi baru tau kalau blog pun ada beberpa platfom. Tapi, udah terlanjur di blogspot dan udah malas pindah ke lain hati juga. Udah beneran keenakan di zona nyaman hehehe.

Tapi, sekarang kan internetan lebih mudah. Apalagi makin banyak generasi yang melek internet, terutama generasi millenial. Mendingan cari tau deh platform mana yang paling cocok. Setiap platform punya kelebihan masing-masing. Sebaiknya jangan ikut-ikutan, ya.

Mungkin gak apa-apa juga kalau di awal ngeblog mencoba beberapa platform sampai menemukan yang paling nyaman. Tetapi, ketika udah TLD (Top Level Domain) mendingan dipastikan aja pilih platform yang mana, termasuk biayanya. Iyeeess! Kalau blog udah TLD tentu aja ada biaya yang dikeluarkan. Gak hanya biaya internet aja.

Kalau untuk blogspot biayanya beli domain aja yang diperpanjang minimal setahun sekali. Tetapi, untuk wordpress setahu Chi ada juga biaya untuk hosting. Dan sebaiknya juga jangan memilih hosting asal-asalan. Boleh aja cari yang murah, tetapi tetap dapat yang terbaik. Coba teman-teman cek tentang web hosting terbaik di web Hostinger. Di web tersebut pun juga ada tutorial cara membuat blog di Wordpress. Tutorialnya bisa di baca di sini

Intinya sih kalau buat Chi jalanin ngeblog dengan santai. Blog yang bagus biasanya melewati berbagai proses alias gak instan. Tetapi, yang penting kita terus konsisten. Ya gak perlu setiap hari update juga. Seminggu sekali pun gak apa-apa. Asal jangan sampai debuan aja alias jarang banget diisi. Pengalaman Chi sih kalau udah agak lama gak ngeblog, agak susah naikin moodnya. Ya untung aja sampai saat ini masih punya niatan yang kuat untuk ngeblog.

Btw, ngeblog bisa menghasilkan uang? Bisa banget! Blog cerita sehari-hari seperti blog ini pun bisa. Tapi ya itu kitanya juga harus konsisten sambil pelan-pelan memperbaiki tampilan rumah. Biar tamu alias pembaca pada nyaman.