Michiyo Ramen - Enak, Sehat, Halal, dan Kekinian

By Keke Naima - August 09, 2018

Michiyo Ramen Enak, Sehat, Halal, dan Kekinian

Michiyo Ramen - Enak, Sehat, Halal, dan Kekinian  - Benarkah orang Indonesia selalu merasa belum makan kalau belum ketemu nasi? Anggapan itu sudah sejak lama tidak lagi berlaku untuk Chi. Kalau sudah makan mie, spaghetti, kentang, ramen, atau karbohidrat lainnya, ngapain juga harus makan nasi? Apalagi beberapa bulan ini, Chi sangat mengurangi asupan karbohodrat. Udah gak mungkin lagi deh makan nasi setelah makan mie.

Ngomong-ngomong tentang produk kemasan, salah satu kelemahan Chi adalah masih suka tergoda ketika melihat produk makanan atau minuman yang packagingnya bagus. Begitu tau tentang Michiyo Ramen yang langsung menarik perhatian adalah kemasannya yang terkesan clean dengan foto ramennya yang menggugah selera.

Berikutnya Chi tertarik dengan tulisan 'dry ramen' pada kemasannya. Lho, bukannya ramen biasanya berkuah, ya? Atau Chi aja yang kudet? Ya, maklum aja memang agak jarang makan ramen. Suka malas karena harus ke luar rumah dulu. Pengennya kan yang praktis. Kemudian Chi mulai mencari tau tentang dry ramen.

Dari beberapa artikel yang Chi baca, ternyata dry ramen ini termasuk ramen kekinian. Jadi ramen yang memang merupakan salah satu warisan kuliner Jepang itu aslinya berkuah. Tetapi, untuk membuat kuah ramen kalau mau yang bener-bener enak bikinnya lama banget. Bisa sampai 2x24 jam.

Kemudian beberapa tahun belakangan ramen dimodifikasi. Kuahnya diganti dengan saus karena dianggap lebih praktis. Tidak membutuhkan waktu lama saat membuatnya saus dibandingkan kuah ramen. Ya jadinya seperti Michiyo Ramen ini, mi dengan topping/saus yang banyak. Disebutnya Abura Soba atau Masezoba tergantung kedainya. Wah, berarti Michiyo termasuk ramen kekinian, nih!


Kelebihan Michiyo Ramen


Michiyo Ramen Enak, Sehat, Halal, dan Kekinian
Michiyo Ramen Enak, Sehat, Halal, dan Kekinian

Bila diperhatikan dengan saksama, di bagian kanan setiap kemasan Michiyo Ramen ada tulisan Natural Ramen, No Oil Frying Processing, dan New Technology. Penasaran?


Natural Ramen

Tidak seperti pada umumnya di mana ramen terbuat dari tepung terigu. Pembuatan Michiyo ramen juga terdiri dari sari pati kentang. Chi merasakan tekstur mi yang lebih kenyal dan lembut saat menyantapnya.


No Oil Frying Processing

Biasanya proses pembuatan mi instan adalah dengan cara digoreng, tetapi Michiyo Ramen berbeda. Teksturnya saat mi sebelum direbus juga terlihat berbeda. Biasanya mi instan kan keras, ya. Nah, kalau ini agak mirip kayak tekstur mi ayam yang belum direbus gitu. Dan karena tidak digoreng pastinya bebas dari lemak jahat (free trans fat). Langsung kelihatan pada hasil air rebusannya. Air bekas merebus mi tetap bening dan gak berminyak.


New Technology

Teknologi baru membuat mie ini bebas bahan pengawet. Kalau hanya makan mi-nya aja udah berasa kesegarannya.

Nah 3 hal itu yang bikin ramennya jadi terasa enak dan sehat. Satu hal lagi, Michiyo Ramen ini sudah Halal MUI. Buat teman-teman yang muslim dan ragu untuk menyantap ramen, pastinya ini kabar yang menggembirakan.


Cara Membuat Michiyo Ramen


Michiyo Ramen Enak, Sehat, Halal, dan Kekinian
Michiyo Ramen Enak, Sehat, Halal, dan Kekinian

Membuat Michiyo Ramen sebetulnya gak jauh berbeda dengan mi instan pada umumnya. Paling yang teman-teman harus perhatikan adalah pelengkapnya. Mana yang harus direbus dan tidak misalnya daun bawang kering sebaiknya direbus berbarengan mi agar teksturnya lembut.

Merebus ramennya cukup 2 menit terhitung sejak air mendidih. Supaya tekstur ramennya tetap berasa kenyal. Toppingnya cukup direndam di air panas saja. Gak usah rebus air lagi. Pakai saja air bekas rebusan mi. Setelah mi diangkat, rendam toppingnya selama beberapa menit.


4 Varian Michiyo Ramen Mana yang Paling Favorit?


Bunda: "Dek, nanti makan bareng-bareng, ya."
Nai: "Memang kenapa?"
Bunda: "Kayaknya gede banget.  Bunda gak tau sanggup abisin atau enggak."

Kemasan Michiyo Ramen memang terlihat besar. Tetapi, setelah dibuka ternyata karena kemasan toppingnya yang besar. Itu karena toppingnya memang gak ala kadarnya. Isinya banyak dan potongan dagingnya cukup besar.

Michiyo Ramen saat ini memiliki 4 varian dan semuanya ramen kering. Chi berharap suatu saat ada yang kuah. Semua rasanya enak. Tetapi, tetap lah ada yang jadi favorit. Jadi Chi akan bahas tentang cita rasa 4 varian ini berdasarkan urutan terfavorit, ya


Michiyo Ramen Beef Teriyaki


"Save The Best For Last" sepertinya menjadi ungkapan yang tepat. Michiyo dengan rasa beef teriyaki ini jadi yang paling akhir kami cicipi dan ternyata paling enak! Sebelum dikasih topping yang daging teriyaki, Chi cicipin dulu mi-nya. Teksturnya kenyal seperti varian yang lain. Bumbu pelengkapnya yang dicampur ke mi bikin rasanya jadi enak. Apalagi setelah disiram dengan topping. Makin juara deh rasanya.

Chi tinggal menambahkan brokoli rebus aja. Brokoli yang hanya direbus sebentar kemudian ditaburi sedikit garam setelah ditiriskan. Keke dan Nai memang lebih suka brokoli yang diolah seperti ini.


Michiyo Ramen Spaghetti Bolognese


Nai sempat menyangka kalau bundanya beli spaghetti instan. Dia agak gak percaya kalau ini adalah ramen. Rasanya toppingnya mirip seperti spaghetti bolognese. Tetapi, bila teman-teman gak terlalu suka atau membatasi makanan yang asin mendingan taburin sedikit dulu bubuk kejunya. Chi pun memilih mengurangi bubuk kejunya dan menambahkan dengan keju cheddar parut. Selain keju cheddar parut, Chi juga menambahkan beberapa potong tomat cherry.


Michiyo Ramen Chicken Mushroom

 
Nah, sepintas Chi langsung ingat dengan mie ayam. Mungkin karena toppingnya ayam dan jamur, ya. Rasanya udah enak, tetapi Chi tingkatkan lagi dengan menambahkan sambal matah. Sayangnya ketika dikasih sambal matah udah gak menarik untuk difoto. 2/3 porsinya udah dihabisin sama Keke dan Nai hehehe.

Walaupun dalam kemasannya sudah ada daun bawang kering, Chi tambahkan lagi dengan daun bawang cung, tomat cherry, dan poached egg. Ketika dibelah, kuning telurnya akan lumer ke mi.  Jadi semakin enak deh rasa ramen ini.


Michiyo Ramen Chicken Teriyaki


Pilihan ke-3 dan 4 sebetulnya jadi perdebatan antara Keke dan Nai. Keke lebih suka chicken mushroom sedangkan Nai lebih suka chicken teriyaki. Ya udahlah berarti lain kali gak bakal rebutan kalau untuk 2 varian ini. Chi tambahkan tumis cuciwis dan telur rebus yang direbus tanpa cangkang. Biar makin komplit pelengkap ramennya.

Sudah beberapa bulan ini Chi menjalani cut carbo. Lumayan lah udah turun sekitar 5 kg. Sempat ragu ketika mau menyantap mi ini. Ternyata, setelah dibuat porsinya pas dan kalorinya juga gak besar. Masih aman lah menikmati mi ini tanpa merasa bersalah.


3 Saat yang Tepat Menyantap Michiyo Ramen


Saat di Rumah

Teman-teman pernah gak kepengen makan enak, tetapi malas keluar dan lagi malas masak juga? Beberapa kali Chi pernah kayak gitu. Pengennya makanan langsung ada di meja. Kalau udah begitu delivery order jadi solusinya. Tetapi, sekarang Michiyo Ramen juga jadi solusi. Apalagi kalau pengen makan ramen yang enak, tapi mager banget buat keluar rumah.


Saat di Sekolah

"Bawain buat bekal sekolah, Bun!" Begitu pertama kali nyobain Michiyo Ramen, Keke dan Nai kompakan punya permintaan yang sama. Minta mi ini dijadiin buat bekal sekolah. Memang solusi praktis juga, sih. Kadang-kadang suka bingung dengan bekal sekolah mereka. Pengennya enak, tetapi gak mau ribet masak di pagi hari. Kalau Michiyo ini udah praktis banget, deh.


Saat Camping

Mi instan selalu jadi salah satu perbekalan kami saat camping. Tetapi, biasanya kami juga bawa pelengkap lainnya seperti sosis dan kornet. Kalau ada Michiyo Ramen ini kan jadi lebih praktis. Dalam 1 kemasan isinya sudah cukup lengkap.

Harga 1 kemasan Michiyo Ramen Rp25.000,00. Kemahalan? Kalau kata Chi sih enggak juga. Dalam 1 kemasan kan isinya gak hanya mi, tetapi juga ada topping yang banyak. Kita gak ribet lagi buat nambahin ini itu. Tapi, kalau mau nambahin juga gak apa-apa.

Untuk saat ini bisa dibeli secara online di beberapa e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, atau Shoppe. Atau bisa juga lihat informasinya di Instagram @Michiyoramen. Mudah-mudahan segera ada di minimarket atau supermarket, deh, Biar lebih banyak lagi temoat untuk membeli Michiyo ramen.

  • Share:

You Might Also Like

62 comments

  1. mba ini cuma ada di online kah? atau ada di store kayak supermarket gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk sementara di online. Saya berharap juga segera ada di supermarket

      Delete
  2. seru ya makan bareng anak-anak hhe, pasti mereka seneng deh diajak makan mie

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mbak. Asik makan rame-rame walaupun jadinya cuma dapat sedikit hehehe

      Delete
  3. Gara2 demam drama Korea, sekarang di Indonesia jd betebaran mie ramen nih wkwkwk... Suka jg sih nyoba2 aneka ramen di Indonesia. Next pgn incip2 yg ini deh

    ReplyDelete
  4. saya yang ada cheese-nya yang disimpen buat sendiri dan terakhir hehe

    ReplyDelete
  5. itu gambar paling atas jadi ide, ngebekelin bocah pake michiyoo, praktis bikinnya sehat pulak

    ReplyDelete
  6. beef teriyaki dan beef bolognese paling enak menurut aku

    ReplyDelete
  7. Biarpun diolah dengan teknologi modern tapi Michiyo tetap fresh ya ingredients nya

    ReplyDelete
  8. Biasanya saya makan ramen yang berkuah, ternyata dry ramen dari Michiyo Ramen juga enak

    ReplyDelete
  9. Wahhhh malem-malem baca postingan ini. Jadi tiba-tiba serasa ngidam ramen hahaha. Saya itu penggemar sesuatu yang berbau mie Bun. Termasuk ramen ini. Sayang ga ada di depan mata 😂

    ReplyDelete
  10. Kalau gak dijelasin ini ramen kemasan pasti pada ngira kalau bikin sendiri. Topingnya gak main-main dan berlimpah begitu.

    ReplyDelete
  11. Aku suka banget makan ramen, udah lama ngga makan ramen lagi. Kayaknya wajib coba nih ramen yang ini nih, gampang lagi ya buatnya.

    ReplyDelete
  12. orang dulu banget yang kaya gitu ya. Anak-anak kalo udah makan ramen sama neneknay disuruh makan nasi lagi :-D ya begah lah makan lagi. Ya itu karena dibilang belum makan nasi

    ReplyDelete
  13. Topingnya oww banget, udah kayak ramen di restoran Jepang. Jadi ngiler pingin nyoba nih, kayaknya bakalan jadi favorit keluargaku ini..

    ReplyDelete
  14. Cocok nih buat buat makan siang. Disaat tidak sempat keluar ruangan. Perut kenyang, rasa nendang

    ReplyDelete
  15. Gak makan nasi aku bisa. Tapi kalo ga makan mie, ku tak bisa. Untung ada ramen ini yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan-jangan bukan orang Indonesia, nih! Hehehe

      Delete
  16. sukses laper saya.. terima kasih ya buk post nya hahaha.. tapi bener loh buat bekel pas banget ya. mau ah besok besok buat bekel anak anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. asiiikk! Saya jadi kangen anak-anak sekolah :D

      Delete
  17. Baca sambil liatin fotonya koq dari tadi nelen ludah mulu yaa.. Bikin Michiyo juga ahhh..

    ReplyDelete
  18. Samaaaa, awalnya akunya ngerasa aneh ya, ramen tapi kok ga berkuaaah. Tapi ternyata enaaakkk

    ReplyDelete
  19. Wah iya yaaa.. bisa buat bekel anak sekolah jg. Kapan2 ah bawain anak bekal Michiyo jg :D

    ReplyDelete
  20. duuhh aku pengin lg nih mbak. Rasanya ingin gayem-gayem lagi 😭

    ReplyDelete
  21. sekarang mau makan ramen ala resto enak tinggal bikin sendiri di rumah ya, sehat pula karena ngga ada lemak trans

    ReplyDelete
  22. Itu liat foto2nya.. cara penyajiannya bikin ngiler banget deehh.. tapi emang enaknya Michiyo Ramen itu selezat penampakan di fotonya sik emang..

    ReplyDelete
  23. Ini pas banget dimakan di rumah bagi ibu-ibu yang ga ada waktu keluar buat makan ramen aja hihihi

    ReplyDelete
  24. mienya bikin kenyang seharian banget hihih puas makannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak sampai seharian, sih. Soalnya pengen makan terus :D

      Delete
  25. Ramen identik sama kuah. Tapi ternyata ramen kering juga enak ya. Jadi mau beli lagi..

    ReplyDelete
  26. Yuuup, emang kekinian banget nih mie-nya, sungguh inovasi yang sempurna, enak, bergizi, dan halal :D

    ReplyDelete
  27. wuihh.. menggiurkan banget ramennya.. serasa makan di restoran Jepang ya Mbak..

    ReplyDelete
  28. wah bener banget nih, michiyo ramen itu ramen halal dan kekinian yg enak banget. aku juga nyetok dirumah, maklum busui laper mulu :p

    ReplyDelete
  29. Kami suka juga sama michiyo ramen, rasanya pas untuk semua anggota keluarga, apalagi dengan zero trans fat nya yakin deh sehatnya

    ReplyDelete
  30. Waktu smape di Jakarta kemarin, aku langsung nyobain michiyo ini. Dan surprise sama rasanya yang beneran enak !

    ReplyDelete
  31. 😭😭 punyaku dah abiiiis tegaaa... Aku ketagihann soalnya huhuhu

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^