Rabu, 11 April 2018

Resep Ayam Ungkep Bumbu SKIPPY® Peanut Butter

resep-ayam-ungkep-bumbu-skippy-peanut-butter

Resep Ayam Ungkep Bumbu SKIPPY® Peanut Butter


Apa yang pertama kali terlintas di benak teman-teman bila mendengar kata SKIPPY® Peanut Butter? Kalau saya, roti gandum dioles dengan SKIPPY® peanut butter buat sarapan. Hmmm ... Yummy! Malah kadang-kadang saya camilin aja selai kacangnya. Rasa selai SKIPPY® memang udah enak.

Tapi, bagaimana kalau sesekali selai ini dijadikan olahan lain. Misalnya dicampur dengan ayam untuk menu makan siang? Pernah terpikirkan?

Sebelumnya, saya gak pernah terpikirkan dijadikan olahan lain. Cukup untuk teman roti tawar aja. Atau setahu saya, tante kalau bikin kue kacang saat menjelang lebaran, salah satu bahannya adalah peanut butter. Biar rasa cookiesnya makin enak, pakai SKIPPY®.

Nah kali ini saya ingin mencoba SKIPPY® dengan cara lain. Saya baru aja coba mencoba mengolah ayam menggunakan SKIPPY® Peanut Butter. Menu untuk makan siang dan malam. Bagaimana rasanya? Terus baca postingan ini, ya.

Ide ini bermula saat Nai sedang sakit. Nafsu makannya menurun banget. Maunya cuma minum susu. Itu juga cuma sedikit. Dan karena Nai lagi sakit, saya pun gak ke pasar. Masak yang ada di kulkas aja.

resep-ayam-ungkep-bumbu-skippy-peanut-butter
Hasil ngoprek isi kulkas

Kebetulan di kulkas masih ada 1 ekor ayam, kelapa parut, SKIPPY® Peanut Butter, dan beberapa bahan masakan lainnya. Saya mulai berpikir bikin resep ayam apa, ya? Kira-kira cocok gak, ya, kalau beberapa bahan disatukan jadi hidangan?

[Silakan baca: Ayam Masak Daun Melinjo]

Mulai terpikir bikin ayam ungkep pakai SKIPPY®. Ide yang terlintas begitu saja karena saya pikir mungkin Nai butuh variasi makanan baru buat menaikkan nafsu makannya. Saya pun mulai coba-coba bereksperiment di dapur.

Bahan:

resep-ayam-ungkep-bumbu-skippy-peanut-butter
Setelah semua bahan disiapkan, selanjutnya diolah
    • 1 ekor ayam, dipotong 10
    • 3 sdm SKIPPY® Peanut Butter
    • 1/2 butir kelapa. Jadikan santan kental.
    • 1 siung bawang bombay, dicincang kasar
    • 2 lembar daun salam
    • 2 ruas lengkuas, digeprek
    • 1 batang sereh, digeprek
    • 3 lembar daun jeruk, buang batang daunnya
    • 1 buah tomat, diiris
    • Garam secukupnya
    • Gula pasir secukupnya
    • Minyak goreng untuk menumis

    Bumbu halus:

    • 3 siung bawang putih
    • 2 ruas kunyit
    • 10 buah cabe merah keriting 
    • Ketumbar secukupnya (optional)

    Cara Membuat:

    resep-ayam-ungkep-bumbu-skippy-peanut-butter
    Cara mengolah Ayam Ungkep Bumbu SKIPPY® Peanut Butter
    1. Panaskan minyak goreng
    2. Tumis bumbu halus dan bawang bombay hingga harum
    3. Masukkan ayam. Aduk hingga berubah warna agak kecoklatan
    4. Tambahkan santan. Kecilkan api dan terus diaduk
    5. Masukkan daun salam, sereh, daun jeruk, dan lengkuas
    6. Tambahkan selai SKIPPY®. Aduk rata hingga larut
    7. Masak hingga kuah mendidih dan mengental
    8. Terakhir, gula, dan garam. Koreksi rasa
    9. Hidangkan

    Catatan:

    1. Bila tidak ingin kuah yang terlalu kental, bisa ditambahkan santan
    2. Ketika santan sudah dimasukkan, masak dengan api kecil agar bumbu menyerap ke dalam daging ayam

    Ada 2 bahan yang saya hilangkan ketika membuat ayam ungkep bumbu SKIPPY® Peanut Butter, yaitu kemiri dan ketumbar. Kemiri membuat rasa masakan menjadi lebih gurih dan berminyak. Karena sudah menggunakan peanut butter, saya merasa tidak perlu menambahkan kemiri lagi. Kuahnya pasti akan berminyak dengan rasa yang gurih.

    Saat itu, saya juga masih ragu menambahkan ketumbar. Khawatir rasa ketumbar gak klop dengan peanut butter. Tetapi, setelah saya menikmati rasa masakannya, dikasih ketumbar halus juga tetap enak.

    Saya juga tidak menggunakan bawang merah. Lebih memilih menggunakan bawang bombay untuk ayam ungkep kali ini. Kalau ini alasannya karena feeling aja. Saya pikir bawang bombay akan klop dengan peanut butter. Dan, feeling saya tepat!

    Kenapa saya suka bikin ayam ungkep? Karena dengan 1 kali memasak, bisa mendapatkan 3 variasi makanan, yaitu ayam ungkep, ayam goreng, dan ayam panggang. Ayam yang sudah diungkep memang bisa langsung dimakan karena sudah matang. Kalau lagi ingin menu lain, saya tinggal menggoreng atau memanggangnya.

    [Silakan baca: Resep Ayam Goreng Bawang Putih]

    Nah, kalau digoreng atau dipanggang, tentu akan menyisakan banyak bumbu. Sayang, dong, kalau dibuang begitu aja. Bumbu yang tersisa bisa dipakai lagi untuk mengungkep. Bebas aja lauknya. Ayam, ikan, tahu, atau tempe biasanya enak kalau diungkep. Tuh, jadi hemat waktu dan irit, kan. Udah pasti rasanya pun enak.

    resep-ayam-ungkep-bumbu-skippy-peanut-butter
    Beginilah penampakan Ayam Ungkep Bumbu SKIPPY® Peanut butter untuk makan siang

    Saat memasak, aroma peanut butter menguar. Bikin pengen cepat matang dan langsung menikmatinya. Aromanya mengundang rasa lapar. Senangnya, semua pada langsung suka dengan menu Ayam Ungkep Bumbu SKIPPY® Peanut butter. YIPPEE!™

    resep-ayam-ungkep-bumbu-skippy-peanut-butter
    Dipanggang menggunakan wajan datar. Sesekali diolesi dengan bumbu ungkep biar rayam panggang semakin berasa bumbunya.

    Saya tawarin digoreng atau dipanggang dulu, pada gak mau. Mereka ingin langsung menyantap. Bumbu kacangnya cukup kental dan meresap hingga ke dalam daging ayam yang lembut. Benar-benar rasa ayam ungkep yang beda. Kuahnya disiram ke nasi. Bikin rasa nasi juga ikutan gurih serta ada sedikit pedas.

    resep-ayam-ungkep-bumbu-skippy-peanut-butter
    Ayam panggang untuk makan malam

    Ayam ungkep yang saya buat untuk makan siang. Malamnya, saya panggang ayamnya. Sebagai pelengkap, saya membuat sambal mangga. Rasanya jadi makin komplit. Ayam panggangnya gurih ditambah rasa pedas dan asam dan sambal mangga. Masih harus ingat diet gak, sih, kalau begini? Hehehehe.

    Waktu pertama kali membuat Ayam Ungkep Bumbu SKIPPY® Peanut Butter, saya juga belum terlalu bisa membayangkan bagaimana rasanya. Tetapi, setelah menyantapnya yang langsung teringat oleh saya adalah sate ayam. Pastinya banyak teman-teman yang sudah mengenal rasa sate ayam.

    Nah, yang membedakan menu ini dengan sate ayam adalah bumbu kacangnya yang meresap ke daging ayam karena proses mengungkep. Kalau sate ayam biasa, kan, rasa dagingnya kebanyakan polos aja. Bumbu kacangnya dibuat terpisah dari sate dan baru dicapur setelah sate dibakar. Nah, kalau ayam ungkep ini bumbu kacangnya langsung meresap. Jadi, kalau lagi gak mau pakai kuah kacangnya, ayamnya tetap berasa enak.

    Kalau diingat lagi bumbu kacang untuk makanan sebetulnya bukan hal aneh, kan? Tentunya kita mengenal bahkan suka menyantap sate ayam, somay, batagor, dan berbagai hidangan lain yang menggunakan bumbu kacang. Jadi, gak ragu lagi membuat berbagai macam makanan utama menggunakan selai SKIPPY®.

    resep-ayam-ungkep-bumbu-skippy-peanut-butter
    SKIPPY® Peanut Butter yang saya pakai ini teksturnya halus banget. Rasanya sudah pasti lezat dan creamy

    Malahan rasanya jadi semakin enak. Selainya, kan, udah berasa gurih dan creamy. Selain itu lebih praktis karena tidak harus mengolah kacang dari awal. Paling kalau gak mau terlalu halus, teman-teman bisa coba Skippy Peanut Butter Chunky. Masih ada tekstur crunchy kalau yang chunky.

    Yuk, berkreasi dengan SKIPPY® Peanut Butter!
    Keke Naima
    Keke Naima

    This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

    Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^