Friday, November 17, 2017

Tape Bakar Coklat Keju

Tape Bakar Coklat Keju - Musim hujan mulai datang. Kalau begini antara pengen makan atau tidur melulu. Abis cuacanya enak. Adem dan kadang malah dingin.
 
resep tape bakar coklat keju, cara membuat tapai bakar

Ketika anak-anak masih kecil, mereka seneng banget kalau udah musim hujan karena bakal dibolehin mandi hujan. Sekarang semangat mandi hujannya udah pudar. Lebih suka ngamar sambil nonton tv atau main hp. Biasanya kalau abis mandi hujan, langsung bergantian mandi air hangat. Setelah itu kruntelan bareng sambil minum teh atau susu coklat hangat dan sedikit camilan.

[Silakan baca: Mandi Hujan]

Ngomongin tentang camilan, salah satu yang jaid favorit adalah Tape Bakar Coklat Keju. Ini sih gak perlu nunggu musim hujan. Asalkan ada tape di penjual langganan di pasar, biasanya Chi langsung beli.


Tape atau tapai adalah makanan yang berasal dari singkong atau beras ketan, kemudian difermentasi dengan ragi.

Bahan-Bahan:
  • Tape singkong, potong-potong. 
  • Mentega
  • Meises
  • Susu kental manis putih
  • Keju cheddar 

Cara Membuat:
  1. Tekan tape yang sudah dipotong dengan punggung pisau supaya agak gepeng 
  2. Oleskan mentega tipis-tipis di kedua sisi tape
  3. Panaskan wajan yang datar
  4. Bakar salah satu sisi tape hingga berwarna kecoklatan dan agak gosong sedikit, kemudian balik
  5. Lakukan hal yang sama untuk sisi baliknya
  6. Setelah kedua sisi berwarna kecoklatan, taruh tape di piring
  7. Beri keju cheddar di atasnya
  8. Kemudian taburkan meises dan beri susu kental manis

Catatan:
  1. Chi lebih suka tape yang gak terlalu lembek, biar rasa alkoholnya gak terlalu kuat. Tapi juga jangan yang masih keras
  2. Potong-potong tape dengan uuran sedang. Jangan terlalu pendek atau panjang
  3. Untuk toping, bisa diganti sesuai selera. 
  4. Kadang, Chi gak bakar tape di wajan tapi langsung masukkan ke dalam oven sekitar 4-5 menit 

[Silakan baca:  Resep Muesli SKIPPY® Peanut Butter Energy Bars]
Keke Naima
Keke Naima

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

36 comments:

  1. Cocok banget dimakan pas dingin2 gini sambil ngeteh,duh..pengen

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, betul. Kalau hujan pengennya makan melulu :D

      Delete
  2. Suamiku senangnya tape di goreng tepung, mba. Heheh. Tapi enak juga mbaaa mmh pakai tape dibaakar dan keju yang banyak. Mmh yummy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tape digoreng tepung dikasih saus kinca. enak banget :)

      Delete
  3. Enaaak... Tape tuh diapain aja enak, apalagi makan panas2 abis digoreng/dibakar pake keju pula

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul, Mbak. Gak diolah lagi aja, rasa tape udah enak :)

      Delete
  4. Enaaakk banget!
    Jadi pingin bikin jugaaaak
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  5. Waa ngileerr.. tapi Susah cari tape yg enak di Jogja. Harus ke superindo atau carrefour. Kalo yg dipasar2 itu lembek & rasanya anyep.

    ReplyDelete
  6. Mbaaa Myyyrrrrr.... Kalau mau beli tape biasanya dimana si yang manis dan enak? aku belum pernah ni, ragu nggak pengalaman beli beli. Apa ada rekomendasi gitu?

    ReplyDelete
  7. Aku kurang begitu suka tape mbak karena bikin perutku begah, tapi resep ini menarik kalau tapenya aku ganti dengan bahan lain ya.

    ReplyDelete
  8. Wah, perlu dicoba nih. Kebetulan saya belum pernah nyoba tape bakar Mbak. Biasanya paling saya goreng pakai tepung.

    ReplyDelete
  9. Duuh lihat postingan ini dan lihat fotonya jadi laper dan pengen bikin camilan, hahaha...bener banget musim hujan datang dan jadi bawaannya pengen ngemil terus

    ReplyDelete
  10. Tape di Semarang dengan tape di Jakarta atau Bogor beda banget. Aku suka tape yg beli di Bogor, lebih padat. Cocok nih mba buat cemilan waktu hujan

    ReplyDelete
  11. Belum pernaah bikin tape bakar, biasanya goreeng. Looks nyum nyum pingin coba ah

    ReplyDelete
  12. Kalau ditempatku, tape itu yang dari beras ketan. Kalau dari singkong namanya poteng.

    Duh salah buka nih postingan ini malam malam. Ngences...

    ReplyDelete
  13. Gleg ini bikin mulut ngeces banget gambarnya.
    Daaan aku bahagia! Pas banget punya bahannya semua, karena tadi baru dikasih tape singkong sama tetangga (makasih tetangga!), Hehehe..

    Besok siang eksekusi ahh

    ReplyDelete
  14. Uwaaa sekarang musim ujan, kayaknya cocok banget nih ngemil makan tape bakar keju, jadi ngiler... Thanks sharing resepnya kak

    ReplyDelete
  15. biasanya saya makan tape cuma dengan digoreng atau dicampur ke es teler heheh kayaknya kalau di bakar mantep juga

    ReplyDelete
  16. Bisa dicobain nih untuk mengurangi konsumsi goreng-gorengan :)) Biasanya tape kukasih tepung sedikit terus dibulet-buletin dan diisi coklat tengahnya, lalu digoreng. Uughh.. enak banget. Tapi ya itu, banyak minyaknya.

    ReplyDelete
  17. duuh Mbak, jadi lapar niih.
    pengen coba ahh nanti, simple gini yaah dan pasti enaak, nyaamiiii :)

    ReplyDelete
  18. Aku suka banget sama tape, tapi kok nggak kepikiran diolah kaya gini yaaa. Sebatas pisang doang yang digoreng hehehe. Tfs ya mba

    ReplyDelete
  19. Kesukaankuu...
    Duh..langsung kemeceer nih lihat fotonya..
    Besok cari tape aah...

    ReplyDelete
  20. Tape itu salah satu penganan favorit aku, mau diapain aja pun aku suka apalagi dibakar gitu tambah keju huhu bikin ngiler nih.

    ReplyDelete
  21. hmmmm pas buat sarapan hari ini, aku kesiangan bangun nuh myr, boleh tinggal comot ya. Aku kadang buatnya gak pakai susu kenta manis, soalnya suka lupa belinya

    ReplyDelete
  22. Jadi pengen kan.. Tapi sygnya aq g suka masak 😂

    ReplyDelete
  23. Duh laper, pengen ngemil tape. Kalau di rumah biasanya kutepungin dulu baru parutin keju dan tabur meses :D

    ReplyDelete
  24. Keliatannya enak dan bikinnya gampang banget. Cari tukang tapenya dulu deh, susah ketemu penjualnya nih di tempatku.

    ReplyDelete
  25. Kalau coklat dan kejunya banyak kayak begitu enak bangeeet yaaa rasanya mba

    ReplyDelete
  26. Aromanya aja uda menggoda bangeettt~
    MEmang lagi hujan-hujan enaknya ngemilin yang anget-anget begini...

    ReplyDelete
  27. Aku sama suamiku suka banget tape Mba, tapi belum pernah dibikin ginian.
    Pengen coba deh, ah gimana rasanya dibakar campur cokelat dan keju juga

    ReplyDelete
  28. Makasih banget Mbak Myr resep tapetnya. Love love banget. Akutu bukan penggemar tape, tapi suami seneng makan tape. Nah belilah ditukang2 tape yang suka keliling. Beli cuma setengah kilo aja kok nggak habis2 ya. Biar bervariasi maksudnya, tape aku goreng gitu. Ealah ternyata suamiku ga doyan tape goreng. Akhirnya kumakan sendiri lah wkwkwkwkwk. Mungkin kapan2 kalau beli lagi aku bakar gini aja deh, barang kali dia doyan. :)

    ReplyDelete
  29. Aku suka tape kak apalagi kalau keju sama susunya yang banyak beuhh mantap banget deh dimakan bareng teh anget .

    ReplyDelete
  30. Tape bakar dikasih gula jawa, eh itu colenak ya hahahaha. Hujan2 gini jadi inget semua nama makananan

    ReplyDelete
  31. Jadi pengen mencoba tape bakarnya Mbk, pengen bisa bikin juga, makasih ya resepnya

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^