Hati-hati Mengkonsumsi Rumput Fatimah - Keke Naima

Entri yang Diunggulkan

5 Aksesoris Handphone yang Bisa Membantu Meningkatkan Produktivitas

5 Aksesoris Handphone yang Bisa Membantu Meningkatkan Produktivitas Jika teman-teman membeli smartphone, sebaiknya jangan sekadar untuk...

Senin, 02 November 2015

Hati-hati Mengkonsumsi Rumput Fatimah

Hati-hati Mengkonsumsi Rumput Fatimah


Banyak yang menganggap kalau meminum air rendaman rumput fatimah akan memperlancar persalinan. Ternyata ...

Suster: "Ibu pernah mengkonsumsi rumput fatimah?"
Saya: "Enggak. Memangnya kenapa, Sus?"
Suster: "Sebaiknya jangan, Bu. Biasanya yang minum rumput fatimah, suka over mulesnya. Pembukaan baru 1, tapi mulesnya udah kayak bukaan 10. Malah bisa lebih besar lagi resikonya. Bisa ke nyawa, Bu. Bahaya."

Obrolan di atas adalah tanya-jawab saat Chi sedang diperiksa kandungan waktu hamil anak pertama. Saat itu sudah bukaan satu, dokter kandungan meminta Chi ke ruangan persalinan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Chi langsung keringet dingin mendengar jawaban suster tersebut sampe gak berani bertanya lebih lanjut.

Chi memang berbohong ketika mengatakan gak pernah meminum rumput fatimah. Feeling aja, sih. Chi merasa mengkonsumsi rumput fatimah memang sesuatu yang salah. Kayaknya bakal ditegur suster kalau ngaku minum hahaha.

[Silakan baca: Tips Mempersiapkan Persalinan]

Selama ini, Chi gak pernah mengkonsumsi apapun selain yang dianjurkan dokter kandungan. Tetapi, sehari sebelum ke rumah sakit, Chi mengkonsumsi rumput fatima. Gak banyak, sih, cuma beberapa teguk aja. Gak sampe segelas.

Alasan Chi meminum rumput fatimah sebetulnya hanya karena gak enak hati menolak tawaran mamah. Selama hamil, Chi mersa udah terlalu sering menolak. Ya, mamah kan kadang-kadang masih suka percaya mitos tentang kehamilan. Sementara Chi bertolak belakang.

Mamah makin sering bertanya kapan melahirkan. Mungkin karena pengen cepat-cepat menimang cucu pertama. Ketika waktu perkiraan melahirkan dari dokter kandungan udah lewat, mamah semakin cemas aja,. Padahal Chi santai aja. Selama dokter bilang kandungan Chi sehat. Lagipula dokter juga udah kasih batas waktu kalau sampai beberapa hari dari HPL gak juga melahirkan, maka akan segera diambil tindakan.

Mamah pun memberi minuman air rendaman rumput fatima. Ini juga karena saran dari salah seorang teman mamah. Rumput fatimanya juga dari teman tersebut. Chi sebetulnya males-malesan minumnya. Tapi, karena gak enak keseringan menolak saran mamah, akhirnya diminum. Tapi, cuma sedikit *sisanya dibuang secara diam-diam 😁*

Menjelang subuh, Chi merasa ada yang aneh di badan. Kayak mules gitu. Pas, ke WC gak taunya udah ada sedikit bercak. Itupun Chi dan K'Aie masih santai banget. Kebetulan di pagi itu memang udah ada jadwal konsultasi ke dokter. Pamit sama orang tua mau konsultasi, bukan melahirkan.

Setelah melahirkan, Chi baru mulai cari tau tentang rumput fatimah. Ternyata bener, mengkonsumsi air rendaman ini berbahaya bagi ibu dan bayi dalam kandungan. Bahkan taruhannya bisa nyawa.

Rumput fatimah memang bisa merangsang kontraksi. Tapi, kontraksi yang berlebihan bisa mengakibatkan bayi dalam kandungan tidak kuat dan meninggal. Bahkan rahim ibu pun bisa robek. Akibatnya ibu dan bayi bisa meninggal. Untuk dosis kecil memang katanya aman dan bisa memperlancar persalinan. Masalahnya kita kan gak bisa mengukur seberapa besar dosis yang tepat. Hanya ahli medislah yang tau dosis yang tepat.

Jadi, memang sebaiknya jangan meminum air rendaman rumput fatima ini, ya. Setelah mengetahui bahayanya, langsung bersyukur gak terjadi apa-apa dengan Chi dan Keke meskipun udah terlanjur diminum. Kami berdua selamat dan sehat. Alhamdulillah.

[Silakan baca: Hamil dan Melahirkan]

Untuk teman-teman yang saat ini sedang mengandung, sebaiknya sangat berhati-hati ketika mengkonsumsi sesuatu, ya. Banyak tanya dulu deh sama dokter kandungan atau bidan. Apalagi sekarang zaman internet, coba cari-cari infonya dulu. Kemudian diskusiin lagi ke ahli medis yang tepat. Jangan sampai menyesal kemudian. Jangan pula ikutin kelakuan Chi yang berbohong kepada suster. Untung aja, kami gak kenapa-napa. Please, jangan diikuti, ya.

77 komentar:

  1. Keinget istri saya mati-matian gak mau minum ini padahal mama mertua saya sudah berkali-kali maksa minum rumput ini. Saya dulu sampe gak enak hati Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, iya kan? Menolak melulu suka bikin gak enak hati :D

      Hapus
  2. Dulu sempet minum, beneran emang jd mules tp alhamdulillah anakku gpp

    BalasHapus
  3. Aku lg hamil, dlu pernah lihat kakak ipar yg minum..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya mbak Tetty jangan ikutan minum, ya. Kita gak pernah tau resikonya :)

      Hapus
  4. Aku ga pernah minum karena pas lahiran udah lewat waktu haji dan umroh, hehe.

    Tfs, Mak Chi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, biasanya rumput fatima didapat dari yang baru pulang haji atau umroh hihihi

      Hapus
  5. Alhamdulillah saya 2 kali persalinan enggak pernah minum rumput fatima. Dan emang gak ada yg nawarin :D

    BalasHapus
  6. Saya dulu dikasi rumput Fatima ga yah, lupa tapi mulesnya dahsyat banget, bahkan sampai sekarang masih inget heheheeh :D

    BalasHapus
  7. waktu di RS kemarin lahiran,di beberapa sudut ruang bersalin di pasang banner "Di larang membawa dan minum rumput fathima,alhamdulillah ngga pernah minum..lancar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. baguslah kalau rumah sakit sudah memasang banner larangan seperti itu, ya :)

      Hapus
  8. Qiqi, sy jg rasanya pernah bohong karena takut dimarahi dokter, kayanya waktu periksa anak deh..

    BalasHapus
  9. daku pernah overdosis rumput fatima mak chi,
    malah jd diare parah, akhirnya gk bs ngelahirin normal deh, keburu lemes pakek bgd

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah satu efek rumput fatima yang saya baru tau. Berarti memang semakin gak boleh, nih :)

      Hapus
  10. Iya dulu banyak yg nyuruh minum air rumput fatima ini tapi udah ga sreg aja gitu. Teenyata emang ga baik ya efeknya

    BalasHapus
  11. Saya setuju, Minum air rumput fatimah itu seperti menginduksi diri sendiri dan kita gak tahu dosisnya. Kalau induksinya atas perintah dokter kan ada dosisnya. Untungnya waktu itu minumnya cuma dikit ya Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup! Itu dia karena kita gak tau dosisnya. Salah-salah malah nanti membahayakan diri sendiri dan janin

      Hapus
  12. nice info, Mbak Chi. Catatan buat saya nantinya.

    BalasHapus
  13. Benr mb, di saudi justru skrg berkurang penggunaannya.
    Dosis yg tdk terukur tadi yg berbahaya

    BalasHapus
  14. waktu hamil banyak yang menyarankan, tapi karea aku bandel aku gak nurut hehehe. Ternyata waktu di rumah sakit juga di tanya minum rumput fatima gak? dan di larang

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah suamiku menolak, padahal waktu akan melahirkan Faiz, banyak yang mau ngasih. Setelah melahrikan saya baca-baca juga banyak yang tidak menyarankan, khususnya alhi kesehatan ya, suamiku ahli biologi jadi mungkin sedikit banyak dia ngerti...tapi yang hamil malah enggak ngerti.

    BalasHapus
  16. istri saya juga sama dilarang sama bidan waktu mau minum rendaman rumput patimah

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah ortu dan mertua ga pnh nyuruh minum apa2.. mudah2an aja mereka ga dpt rumput fatimah lalu di saranin ngasi ke sy.. hehehe drpd sy tolak ya chi..

    BalasHapus
  18. ngeri-ngeri sedap membacanya mbak..dan aku baru denger soal rumput Fatima ini...;))

    BalasHapus
  19. iya memang pernah denger kalo rumput fatima bisa mempercepat proses persalinan, tapi saya dulu gak pernah mencoba, kayaknya gak berani gitu karena kan memang gak ada rekomendasi dokter

    BalasHapus
  20. rumputnya kaya apa???
    blm pernah hamil dan minum itu

    BalasHapus
  21. waw ternyata berbahaya ya minum air rendaman rumputfatimah. Ibu sama bibi (tante) saya pas mau lahiran suka di kasih air itu sama nenek saya. Alhamdulillahnya gak ada masalah dan keduanya selamat..
    terima kasih sudah share.. bisa jadi bahan pembelajaran juga buat saya

    BalasHapus
  22. Info penting nih Mak, bahaya juga ya

    BalasHapus
  23. Ngeri ya, Mbak, untung gak terjadi apa-apa..
    Masalah kehamilan dan kelahiran baiknya memang dipegang medis aja.

    BalasHapus
  24. saya dulu juga gak meminum rendaman akar rumput Fatima kok mba..hehehe

    BalasHapus
  25. Iya ini rumput ngehits ya emg klo pas lg last minute jabang bayi blm lahir2, tfs ya mbak jd makin aware nantinya klo sdh hamil aamiin ya Rabb :)

    BalasHapus
  26. aku dulu pas mau melahirkan juga ada yang ngasih. Qodarullah, pas waktunya melahirkan malah lupa kalau ada rumput Fatimah...
    Btw mbak, itu buang buang air rendaman rumput Fatimahnya jangan dibilang disini dong, entar ada yang ngadu ke Mamah loh wkwkwk

    BalasHapus
  27. Pernah dengar katanya khasiat yah mba, tapi kupikir2 gak ada hubungannya gitu pembukaan dengan rumput fatimah akhirnya gak minum.. ternyata memang banyak mudharatnya yah mba,, ngeri juga klo sampai ke nyawa :((

    BalasHapus
  28. owh, gitu ya...makasi infonya. jadi hati2 nanti kalau hamil

    BalasHapus
  29. Aku dlu malah diari mbk chi setelah minum segelas air dr rumput siti fatimah. Walhasil pas waktunya lahiran, daku malah lemes nggak bertenaga gegara diare. Hiks

    BalasHapus
  30. Aku ada cerita dari seorang sahabat soal ini ni. Istrinya dikasih minum rumput fatimah sebelum melahirkan bahkan yg dari arab katanya, Ternyata dia mual parah bayinya sudah keluar tapi ternyata pinggulnya kecil jadi kayak stuck divagina, hiks sampai kesakitan karena bahu anaknya ga bisa lewat. sebaiknya sesuatu yang dilakukan itu dengan ilmu ya mba. terima aksih sharingnya. semoga banyak yang makin paham

    BalasHapus
  31. Iya sih bener. Kasuistik banget kalo rumput fathimah bisa ngelancarin

    BalasHapus
  32. Waktu anak pertama aku minum air rebusan rumput fatimah krn disuruh. Aku dah mules banget eh baru pembukaan 1...

    BalasHapus
  33. Baru tahu kalau ada yang namanya rumput fatima. Apapun yang berlebihan itu memang tidak baik. Btw, nanti aku beritahukan info ini nih buat kakak iparku yang sedang hamil.

    BalasHapus
  34. Saya baru tahu rumput fatimah ini. Informatif nih mba. Pengetahuan baru untuk saya kalau menikah nanti.

    BalasHapus
  35. Saya baru tahu itu berbahaya ya. Dulu kakak yang minum. Kalau saya 3 anak enggak minum hehe karena jauh juga dari mamah jadi gak ditawarin.

    BalasHapus
  36. sering dengar tapi Alhamdulillah belum pernah minum.
    ada siih minum air, yang udah didoain gitu, ntah sugesti atau apaaa, bisa jadi cepat emang bukaan. Tapi kata Bidan, mending yg alami aja, jadilah gak mau lagi lah minum2 air doa gitu.
    cukup Allah saja yang menolong :)

    BalasHapus
  37. Pernah dengar rumput fatimah tp gak pernah liat bentuknya kaya gimana.Intuk 5xmelahirkan tokcer, hehe...

    BalasHapus
  38. Pas waktu melahirkan, banyak menyarankan sama aku untuk mengonsumsi rumput fatimah, untungnya cari-cari info dulu, alhamdulillah nggak sampai mengonsumsi karena risikonya besar ya

    BalasHapus
  39. untungnya pas hamil anak pertama aku sudah diwanti2 sama bidan untuk gak minum rendaman rumput fatima, wanti2nya di depan mama & mertua, jadi amaan :))

    BalasHapus
  40. Ah ya, pernah dengar juga tentang ini. Semoga makin banyak yg tahu sehingga tidak membahayakan kondisi ibu & janin ya..

    BalasHapus
  41. Aku juga ngga pernah minum ini mba.. sereeem juga kalau membaca resikonya yang membahayakan ibu dan bayi

    BalasHapus
  42. Semoga para orang tua yang terlalu mengkhawatirkan anaknya yang mau melahirkan, tidak lagi mengusulkan untuk mengkonsumsi rumput fatima ya. Kadang malah jadi ndak enak hati untuk anak-anaknya, apalagi anak mantunya. Saya pernah disaranin minum air doa dari bapakku, antara iya dan enggak, soale suamiku kurang setuju, kan aku jadi bingung mau ngikut siapa..

    BalasHapus
  43. Nah nah nah, aku paling gak suka ada yang begitu itu. Suka ga enak nolaknya, kalau ada apa2 kita juga yang repot. Kalau aku waktu itu kenanya di mamerku ngasih kopi ke anakku, eh malemnya langsung pup tengah malem padahal biasanya gak pernah. Gak kuat kali ya perutnya, aku mau nolak gak enak mau iya gimanaaa gitu :D pasraaaah.

    BalasHapus
  44. bener mak Chi rumput fatimah itu malah membahayakan persalinan. Ada banyak kasus di Jogja gara2 si rumput ini.

    BalasHapus
  45. Banyak yg sharing kalo perempuan hamil tua tidak disarankan minum air rendaman rumput Fatimah, krn berbahaya. Jadi ingat waktu melahirkan ai sulung, ibu mertua ngasih tapi udah bukaan 5 sih. Alhamdulillah gak napa2. Tapi yg kedua malah gak pakai minum rendaman rumput Fatimah. Nyaris lahir begitu sampe rumkit

    BalasHapus
  46. Aku baru banget tahu rumput fatimah dari tulisan ini. Jadi pengetahuan deh kalau nanti hamil.

    BalasHapus
  47. Sammaa mba aku pernah minum cuma sedikit waktu pas anak pertama.. dan baru tahu pasti kesini2 bahwa gk baik buat kita aplg debaynya..

    BalasHapus
  48. saya selama hamil gak mengkonsumsi kecuali kurma aja mbak, suplemen pun kayak minyak ikan salmon, kuatir alergi juga. alhamdulillah meski minum sedikit gak terjadi hal dikhawatirkan ya mbak. yang berlebihan memang tidak baik

    BalasHapus
  49. Nah orang tua kita dulu suka pakai cara nenek2 kita sebelumnya kali ya, aku juga suka bingung lihat ipar2 ku kalau melahirkan masing-masing sodara mau ngasi ini dan itu kasian yang mau melahirkan justru.

    BalasHapus
  50. Ilmu banget ini mba, buat aku yang masih proses mendapatkan mmongan. Jadi bahaya ternyata ya rumput fatima. Ngeeri sendiri. Mba Keke nggak enak hati menolak. Tapi alhamdulillah semuanya baik baik debay dan momnya.

    BalasHapus
  51. Waktu maj lahiran Kezia aku disuruh minum air rebusan rumput ini sama saudara kak segelas tapi tetep aja ga lahiran , untung Kezia baik-baik aja dan akhirnya bukan lahiran norlam tapi SC.

    BalasHapus
  52. aku sempet minum juga mbak, krn dibawain temen. ALhamdulillah aman, ga berlebihan. Tapi ternyata begitu ya, noted. TFS mbak

    BalasHapus
  53. Pertanyaan ini juga pernah ditanyakan suster ke aku waktu mau melahirkan, di Hermina ya :)
    Aku memang gak pernah makan macem-macem deh takutnya ada apa-apa tapi kadang orangtua suka nyuruh biar gampang katanya ya

    BalasHapus
  54. Aku malah baru tau rumput fatimah itu dpercaya orang utk mempercepat persalinan, kukira selama ini dipakainya utk setelah lahiran biar rapet. Wkwk. Tp klo ternyata bahaya, moga makin banyak org sadar bahayanyaa

    BalasHapus
  55. Untung aku dulu gak ada yang nawarin rumput fatimah ini karena aku dulu nurut selalu dengan mertua. Dikasih apa aja, nurut. Wuih bahaya ya

    BalasHapus
  56. Aku dulu ya pernah ditawarin rumput fatimah juga pas mau melahirkan. Tapi aku nggak pakai sama skali. Lalu pernah ada teman mama bawain minyak kelapa asli katanya buat melancarkan pas lahiran. Katanya biar licin. Hahhaha

    BalasHapus
  57. Saya baru tahu soal rumput Fatimah
    Alhamdulillah meski SC saya syukuri karena sudah jalannya begitu. Daripada memaksakan kehendak normal tapi harus menanggung resiko besar

    BalasHapus
  58. Mungkin slaah satu keuntungan saya pas lahiran milih di Kkt jauh dr ortu jg terbebas dr mitos2 gtu. Jdnya cuma nurut saran dokter aja mbak. Kalau sma obat herbal, kyk rumput Fatimah, saya kurang begitu percaya krn kan gk tau keamanannya.

    BalasHapus
  59. Wah ternyata malah berbahaya ya mengkonsumsi rumput fatima. Semoga artikel ini banyak dibaca oleh para ibu hamil agar terhindar dari bahaya.

    BalasHapus
  60. Dulu pas saya bersalin, di tiap kamar pasien diberi tulisan "jangan minum air rumput Fatimah", Mbak.. Karena gimana ya, ibu-ibu jaman dulu memang sudah termakan mitos mungkin yaa.. Padahal ini cuma bikin tambah mules aja, ngga membantu memperlancar persalinan sama sekali.

    BalasHapus
  61. Cerita tentang rumput fatimah itu udah aku denger sejak bahkan sebelum aku menikah mba.

    BalasHapus
  62. Mbaaa, huhuu. Dulu ibuku hampir jadi korban rumput fatima ini pas lahiran adik bungsuku. Udahlah lahirannya di rumah, teriak-teriak kaya apaan tau. Pas itu aku sama adikku sampai trauma, denger ibuku yang kayak tersiksa banget. Jadi karena sakitnya luar biasa, pas bukaan udah lengkap tenaga ibuku udah tinggal sisa-sisa. Alhamdulillahnya akhirnya bisa selamat dua-duanya.

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^