Memilih Gedung Sekolah yang Ideal

By Keke Naima - May 20, 2013

Di postingan sebelumnya, yaitu masa transisi di SD, Chi menulis tentang sekolah SD yang sebaiknya mempunyai halaman sekolah dan syukur-syukur ada area bermainnya. Kali ini Chi mau nulis tentang memilih gedung sekolah yang ideal.

Ketika memilih sekolah untuk anak, biasanya yang terpikir pertama kali adalah kurikulumnya seperti apa? Kalau Chi malah pnampilan alias bentuk fisik sekolah selalu menarik perhatian untuk pertama kali. Ada halamannya? Gedungnya seperti apa?

Gak sulit sebetulnya cari gedung sekolah yang keren, apalagi untuk yang ingin menyekolahkan anaknya di sekolah swasta.Gedung sekolah yang keren banyak pilihan, tapi masalahnya ideal, gak?

Ketika mencari sekolah buat Keke dan Nai, Chi sering kali menemukan gedung sekolah yang mirip seperti kantor. Bertingkat seperti gedung perkantoran. Bagus sih, tapi Chi dan K'Aie gak sreg. Gak ideal. Alasannya :



  1. Anak SD masih suka pecicilan. Chi agak ngeri, ya kalo mereka lari-larian pas turun naik-tangga. Pernah Chi lihat di salah satu sekolah, kelas-kelasnya dilantai 3 ke atas sementara lahan bermain di bawah. Walopun pihak sekolah menjelaskan akan mengajarkan anak-anak untuk jalan tertib, tapi kok kayaknya agak susah, ya, ngajarin anak-anak SD untuk tertib ketika turun-naik tangga.
  2. Kalau mati listrik gimana? Udah bukan rahasia umum lagi kan kalau di kita ini listrik masih masalah. Sering kali mati listrik. Sekolah-sekolah yang bertingkat seperti gedung perkantoran, kami lihat kurang sekali cahaya yang masuk. Karena umumnya tertutup rapat (lampu di mana-mana, pake AC pula). Dan antar kelas saling berhadapan, jadi ada lorong gitu. Ya, kayak perkantoran, lah (bisa ngebayangin, kan? :)) Bisa aja, sih, pake genset saat mati listrik, tapi melihat minimnya cahaya matahari yang masuk rasanya kurang sehat juga, ya?

Alhamdulillah Keke dan Nai masih termasuk ideal gedung sekolahnya (menurut kami, loh, ya :)) Gedungnya mirip kayak sekolah zaman dulu. Tetep bertingkat, tapi cuma 2 tingkat. Itu pun tidak ada lorong antar kelas. Tapi saling berjejer mengelilingi halaman bermain di tengahnya.

Untuk yang kelas di lantai atas juga saling berjejer berkeliling, dan sekitar 1 meter dari kelas dibatasi pagar pembatas. Pokoknya kayak sekolah zaman dulu. Sederhana bentuknya. Tapi menurut kami sekolah seperti ini justru sehat. Walopun tetep aja pake AC, tapi sinar matahari juga masih bebas masuk. Kalopun mati listrik, ruang kelas masih terlihat terang karena cahaya matahari. Dan gak bikin gerah juga kalau melihat bentuk ruang kelasnya. Kalo tolilet, sih, harus bersih juga, ya :)

Tentu aja kriteria memilih gedung sekolah yang ideal bagi setiap orang berbeda, ya. Kalau menurut kami seperti itu. Gak perlu yang terlihat keren atau modern banget. Terlihat sederhana, tapi bersih dan yang penting sehat buat anak-anak :)

Beidewei, saya pernah suka dengan salah satu sekolah alam. Kelasnya terbuka, berbentuk saung-saung gitu. Sayang jauh dari rumah. Dan lokasi jadi pertimbangan juga :)

  • Share:

You Might Also Like

22 comments

  1. wah,,gedung sekolahnya mirip gedung sekolah aku jaman dulu..
    Sekolah negeri juga masih seperti itu tapi sayangnya toiletnya kebanyakan tidak bersih...^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup emang kyk sklh zaman dulu. Iya sp skrg msh ada sklh yg toiletnya jorok, ya

      Delete
  2. hahaha..sekolahku bangettt mbk,ups sekolahannya ketua yayasan deh hehe.tapi alhamdulillah aman soalnyakl mati lampu dan mendadak genset kehabisan solar jendela yang lebar2 dibuka jadi terang bederang hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, untung jendelanya masih dibuka. Kadang ada juga yg dibikin mati cuma kaca doang hehe

      Delete
  3. Aku juga dulu heran pas lihat sekolah di Bekasi.. Banyakan bentukanya kayak gedung kantor, ga kayak sekolahan.

    Menurutku juga sama, sekolah itu ya halamannya luas. kelas2 mengelilingi halaman kayak sekolahanku dulu..hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. di Bekasi juga udah mulai kehabisan lahan :D

      Delete
  4. biasanya anak-anak kelas 1 dan 2 ditempatkan dibawah ya

    ReplyDelete
  5. bener tuh mbak myra, kalau yang dipilih adalah gedungnya. secara namanya anak kan yang mereka liat dulu adalah fisiknya gedung, bukan enak nggak sekolah di sana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul. Anak sy juga langsung blg gak mau kl sklhnya gedungnya bikin dia gak sreg :D

      Delete
  6. TFS ya mak..
    Gedung sekolah musti jadi pertimbangan juga, Alhamdulilah ruang kelas Samara saat ini termasuk yang nyaman, seperti saung di tengah kebun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak, dong, kayak saung2 gitu. Jd adem, ya :)

      Delete
  7. pengalaman dulu sekolah sd di sekolah bertingkat adaaaa aja kejadian kecelakaan.... bisa jadi pertimbangan ya klo pilih sekolahan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup masukkan ke daftar pertimbangan, Mbak :)

      Delete
  8. lingkungan sekolah dan rumah juga sangat mempengaruhi pola tingkah laku dan berpikir anak, dulu ortu juga selektif dalam memilih sekolah

    ReplyDelete
  9. masih banyak sekolah yang tidak punya gedung bagus :(

    ReplyDelete
  10. Setuju deh, aku juga lebih suka sekolah yang ada halamannya deh ketimbang yang keren2 kayak gedung kantor, yang harmless sih ya pengennya.
    Mudah2an nanti nemu dan jodoh dengan sekolah yang dipengenin sama bunda dan anaknya ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin. Semoga dpt sklh yang diinginkan, ya :)

      Delete
  11. Sekolah alam itu memang menarik banyak minat orang tua tapi sayangnya memang lokasinya jauh dari yg stay di Jakarta.

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^