Rasanya sejak awal Januari ini, kami sekeluarga sedang diberi cobaan untuk urusan kesehatan. Berawal dari Keke di awal Januari yang terkena radang tenggorokan, lanjut ke Nai yang sempet panas juga walopun sebentar dan kemudian K'Aie juga panas badannya. Alhamdulillah, Chi gak kena. Tapi tetep aja, ngurusin yang pada sakit, terutama anak-anak bikin cape badan karena kurang banget istirahat.

Sempet pada membaik sebentar, gak lama ada yang sakit lagi. Paling gak batpil (batuk-pilek) aja sih kena. Kalo udah gitu muter-muter aja yang kena, gantian.

Baru-baru ini Nai kena gondongan, gak lama K'Aie sempet gak enak badan lagi. Sempet gak ngantor sehari. Chi yang sebelumnya gak ikutan kena, sekarang jadi kena. Batpil yang lumayan bikin susah istirahat. Eh, mulai tadi pagi, giliran Keke yang kena gondongan.

Pipinya Keke gak sebengkak Nai. Makannya juga masih bisa macem-macem, paling sesekali aja merasa sakit. Cuma, katanya gondongan kalo gondongan pada anak perempuan paling cuma bengkak pipi aja. Tapi kalo untuk anak laki-laki, gondongan bisa menyebabkan testis membengkak dan berakibat kemandulan, kalo gak cepet-cepet ditangani. Untuk infonya, cari sendiri aja ya di google, bener-bener lagi males banget nih kasih link :) Dsa juga tadi bilang kayak gitu tentang efek gondongan pada anak laki-laki. Persentasenya sendiri belom bisa diketahui pasti, tapi kemungkinan itu ada. Tentang vaksin MMR juga bisa meminimalisir, tapi sekitar 85% aja. Gak ada vaksin yang efektif mencegah sampai 100%, kata dsa nya anak-anak.

O'ya tentang tentang hidungnya Nai yang berdarah, waktu sakit, itu bukan karena gondongan. Tapi Nai memang suka gitu hidungnya. Kalo di korek-korek, suka berdarah. Yang bikin kasian keluar darahnya banyak, ngucur gitu, padahal dikoreknya kayaknya biasa aja.

Cuaca akhir-akhir ini juga 'kurang bagus', ya. Bikin badan cepet ngedrop. Tapi kayaknya gak bagus kalo 'cuma' menyalahkan cuaca. Kesannya gimana, gitu. Introspeksi diri juga, mungkin selama ini kami kurang menjaga kondisi tubuh, karena selama ini alhamdulillah termasuk yang jarang sakit (terutama K'Aie dan anak-anak) jadi akhirnya kami agak lalai.

Karena terus bergantian sakit, Chi merasa di semester genap ini anak-anak belajarnya jadi gak maksimal. Yah, namanya sakit mana bisa sih belajar. Kalopun udah sembuh, ada masa pemulihan juga yang gak bisa langsung maksimal belajarnya. Trus baru juga mulai semangat, eh udah sakit lagi.

Chi pasrah aja deh dengan hasil semester genap ini. Lagian anak-anak juga udah berusaha. Semoga setelah Keke sembuh dari gondongan, kami semua kembali fit. Aamiin. Saatnya merenung ....

Btw, sekarang mau nyicil bw, ah. Batpil bikin capek, lemes dan bawaannya suka rada mellow, jadi blog walkingnya dicicil, ya :)

Yang mau ikut berpartisipasi menulis buku tentang parenting, masih ada waktunya sampe 31 Mei. Silahkan klik "Woro-woro : Buku Kumpulan Cerita Parenting"