Kepercayaan

By Keke Naima - February 04, 2013

Semua orang pasti pengen dipercaya, tapi bagaimana kalo kita di kasih kepercayaan yang besar? Seneng atau malah deg-degan? Trus bagaimana kalo kita harus memberi kepercayaan? Ringan atau berat?


10 tahun yang lalu..

Yang pernah menikah atau yang sekarang lagi nyiapin pernikahan pasti ngerasain gimana ribet dan stressnya nyiapin sebuah resepsi pernikahan. Semua pengennya resepsi pernikahan berjalan lancar dan sukses.. Tapi untuk itu kan persiapannya gak singkat. Gak cukup 1-2 minggu tapi bisa berbulan-bulan bahkan mungkin 1 tahunan.

Konflik? Sering terjadi. Semuanya kepengen acaranya sukses tapi masalahnya punya selera yang berbeda-beda jadi suka terjadi perdebatan pendapat yang kadang jadi sengit.

Waktu itu Chi sering berbeda pendapat sama mamah. *Duh maaf ya mah :) Selain masalah berbeda selera, Chi merasa mamah tuh kayak gak percaya sama Chi. Kayaknya semuanya di recokin, semua yang Chi kerjain kayak gak ada benernya. Apalagi mamah itu kan orangnya emang gampang banget panik, jadi tiap kali Chi ada kepengen ini-itu langsung deh reaksinya panik duluan. Padahal Chi pengennya mamah kasih kepercayaan ke Chi. Semua usulan juga saran dari orang tua dan keluarga besar lainnya di pertimbangkan tapi biarin Chi dan K'Aie yang ngerjain dulu karena kalo dari awal terlalu banyak tangan yang ngerjain kayaknya bukannya tambah simpel tapi suka jadi tambah ribet.

Dan untuk kesekian kalinya Chi berselisih paham lagi sama mamah. Waktu Chi lagi ngamar karena kesel, Chi denger papah ngomong gini ke mamah, "Kasih lah anaknya kepercayaan, papah percaya mereka mampu ngerjainnya". Awalnya mamah kayak keberatan nurutin saran papah, trus papah ngomong lagi "Kalo ternyata nanti acaranya gagal ya udah setelah itu kita gak usah lagi kasih ke percayaan ke mereka"

Papah emang gak ngomong langsung ke Chi tapi Chi merasa itu seperti sebuah nasihat langsung sekaligus ultimatum. Mungkin kalo ngomong langsung kayak gini kali ya "Nih papah dan mamah kasih kamu kepercayaan, tapi bener-bener harus di pegang kepercayaan itu. Karena sekali kamu melanggar kepercayaan itu maka mamah dan papah gak akan percaya lagi sama kamu"

Perasaan Chi campur aduk dengernya. Seneng iya, tapi malah jadi takut juga. Walopun waktu itu Chi selalu merasa gak di kasih kepercayaan tapi begitu bener-bener di kasih ya takut juga. Kalo gagal gimana? Bisa-bisa orang tua gak cuma sewot tapi juga kecewa banget. Buktinya sampe bilang gak mau kasih kepercayaan lagi kalo smape gagal. Apalagi urusan persiapan pernikahan bukan perkara kecil dan main-main. Takut banget kalo sampe gagal dan bikin malu nama keluarga.

Dan sejak di kasih kepercayaan tingkat stress ternyata gak menurun :D mungkin karena ini kaitannya sama tanggung jawab ya. Tapi di sisi lain ada rasa percaya diri yang bertambah karena di beri kepercayaan. Karena Chi merasa justru HARUS berhasil.. Singkat cerita, rangkaian pernikahan kami mulai dari pengajian, siraman, akad hingga resepsi semua berjalan lancar dan sukses. Banyak yang memuji dan minim sekali kritikan. Semuanya bahagia. Alhamdulillah..

Kira-kira 3 tahun lebih setelah itu waktu adek perempuan Chi mau menikah, orang tua Chi termasuk adek Chi langsung nyerahin semua urusan ke K'Aie dan Chi karena mengingat pengalaman waktu kami mengurus pernikahan kami sendiri. Padahal waktu itu Chi lagi hamil anak kedua, tapi mereka percaya penuh kalo kami bisa. Dan kali ini gak ada drama-drama perbedaan pendapat. Relatif lebih mulus karena kepercayaan itu udah berhasil kami dapat.. Acaranya pun alhamdulillah juga lancar..


Saat ini..

Teorinya sih seharusnya kita gak boleh melakukan hal yang sama kalo kita gak suka di perlakukan seperti itu ya.. Kayak contoh di atas kalo Chi sempet sebel sama mamah karena merasa gak di kasih kepercayaan. Tapi ternyata setelah jadi ibu, Chi pun harus akui kalo Chi kadang susah kasih kepercayaan sama anak-anak. Bukan karena sikap anak-anak tapi lebih karena Chi yang kadang suka parnoan..

Chi tuh gak bisa jauh dari anak. Pengennya anak selalu ada di depan mata Chi. Dulu kalo mereka mau main keluar Chi temenin. Setelah sekarang agak gedean mereka boleh main keluar sendiri tapi sebatas di depan pager rumah. Pokoknya yang masih sebatas pandangan mata Chi deh..

Seringkali Chi liat anak-anak dari perkampungan deket komplek dimana kami tinggal, anak-anak seumuran Keke & Nai udah main sendiri bahkan ke sekolah pun sendiri. Chi suka nanya ke K'Aie kok bisa ya? K'Aie beberapa kali nasihatin, katanya gak bagus juga kalo anak terlalu "diiket", sedikit-sedikit mereka harus belajar di lepas. Tentu aja bukan di lepas sebebas-bebasnya, tetep harus ada batasannya. Sebagai orang tua kita kita harus ngajarin ke mereka batasan mana yang boleh dan enggak, bagaimana caranya menjaga diri sendiri dan belajar mandiri sekaligus kasih kepercayaan ke mereka. Kalo terus-terusan "diiket" malah nantinya gak berkembang, kasian anaknya dan orang tua juga jadi ikutan repot.

Chi awalnya nolak. Berita penculikan, bullying, dll yang marak di media-media bikin Chi parno. Ibu-ibu juga pasti banyak yang parno kan kalo liat berita-berita di mediaaa?? *cari dukungan.. :D Kalo udah gitu biasanya K'Aie cuma bilang "Mau sampe kapan?". Maksudnya mau sampe kapan anak "diiket"?

Apa yang K'Aie bilang itu sebetulnya Chi setuju. Bahkan Chi pernah denger di salah satu radio, ada seorang psikolog perempuan yang juga bilang gitu, "terlalu membatasi malah bikin anak jadi gak berkembang". Usia mereka semakin bertambah, gak mungkin juga Chi terus-terusan "ngiket" mereka. Lama-lama mereka juga akan "berteriak". Samalah kayak waktu Chi "berteriak" karena merasa gak di percaya. Tapi ya untuk kasih kepercayaan, sementara di sisi lain ada rasa parno itu ternyata beraaaaatttt... Kalo udah gitu jadi suka inget waktu orang tua kasih Chi kepercayaan besar untuk urusan pernikahan, mungkin dalam hati mereka juga berat kali ya (terutama mamah) karena di sisi lain juga ada rasa takut gagal dan resikonya mempertaruhkan nama baik keluarga.. Kalo udah gitu Chi suka mikir orang tua Chi aja ngasih, masa' Chi enggak?

Malah kalo di pikir-pikir lagi salah satu dari mereka, yaitu Keke udah pernah "berteriak". Waktu kami jalan-jalan ke Tangkuban Perahu (ada di postingan Pendidikan Dasar Wanadri), Keke memilih jalan sendiri sambil bawa ransel yang lumayan berat untuk ukuran dia. Dan Chi mulai berteriak-teriak "Kekeeeee hati-hati nak..", "Ke kiri sedikit nak, kayaknya lebih aman", dll. Atau sesekali Chi menawarkan bantuan tapi Keke gak mau dan akhirnya malah ngomong "Bunda teriak-teriak terus, gak percaya banget sama Keke? Keke itu bisa bundaaa..." :D


Memberikan kepercayaan kepada anak
Keke di Tangkuban Perahu


Sedikit-sedikit Chi mulai kasih kepercayaan. Selain yang waktu di Tangkuban Perahu itu, contoh lainnya adalah waktu main ke tetangga sebelah rumah. Kalo biasanya anak tetangga yang suka Chi minta main ke rumah (biar Chi bisa sekalian ngawasin Keke dan Nai), kalo sekarang Chi bolehin mereka gantian main kesana. Dengan syarat harus bilang kalo mau main ke rumah temennya di sebelah, plus sekalian ngajarin etika kalo bermain di rumah orang lain.

Trus baru-baru ini Nai bisa sepeda roda 2. Keke jadi merasa punya temen main. Tadinya Chi cuma ngebolehin mereka main sepeda di depan pager rumah yang kalo dipikir-pikir ngapain juga main sepeda kalo cuma di depan rumah ya? Hehe..

Tapi bener kata K'Aie kalo anak-anak gak di ajarin mandiri nanti kita juga yang repot. Misalnya kalo mereka mau keliling taman, Chi bakal ngos-ngosan ngikutin mereka yang asik sepedaan. :D Sekarang Chi bolehin mereka main keliling-keliling taman yang ada di depan rumah. Yang penting bilang dulu kalo mau main, trus di ajarin juga supaya jangan ngebut, harus pake helm dan gak boleh bermain di luar area yang di bolehin..


safety riding ketika bersepeda
Puas-puasin ah liat ompongnya Nai karena gigi penggantinya mulai tumbuh :)
Memberikan kepercayaan anak naik sepeda
Kadang Nai suka di boncengin sama kakaknya :)


Pernah juga sih waktu jalan-jalan pagi bertiga (K'Aie, Chi dan Nai), Ci dan K'Aie jalan kaki sementara Nai pake sepeda. Sepanjang jalan Chi sering banget teriak-teriak dan K'Aie selalu ngingetin "Tenang aja bundaaa, anaknya bisa koookk apalagi kan kita ngawasin". Hehehe.. Keberisikan juga kali ya denger Chi teriak-teriak :p

Ada rasa lega ketika Chi bisa kasih kepercayaan itu ke anak-anak, dan anak-anak bisa menjaga kepercayaan itu. Mereka juga keliatannya seneng kalo di kasih kepercayaan. Memberi kepercayaan emang efeknya bagus, selain belajar bertanggung jawab juga mampu menambah rasa percaya diri seseorang.

O'ya selain kasih kepercayaan, hal terpenting yang gak boleh kita lupakan adalah berdo'a. Karena kalo gak berdo'a kepada siapa lagi kita meminta perlindungan? :)

  • Share:

You Might Also Like

40 comments

  1. Wiiihhh.. sama banget ini, Chi. Aku juga parno banget sama Nadya, hehehe.. Tapi bener, terlalu 'diiket' juga nggak bagus.
    Nai ompongnya sama kayak Nadya, hehehe..
    Terima kasih udah ikutan GA-ku :)
    Udah aku catet ya, moga menang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. toss ada temennya sesama parno.. hehe..

      Nadya ompong juga ya? :D

      sama2 semoga kocokannya berpihak ke sy.. hehe..

      Delete
  2. Jangan terlalu diiket atuh bun, sakit, hehee...
    Nai masih ompong ya bun =D

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah mulai di lepas kok iketannya :D

      nai udah mulai ilang ompongnya :D

      Delete
  3. Sepertinya memang naluri orangtua yang tidak bisa begitu saja melepas anak-anak dengan tanggung jawab di pundak mereka. Saya sering lihat bahwa ketika anak sudah berkeluarga pun kadang orang tua masih ingin berperan dalam keluarga baru si anak. Ya tidak salah karena orangtua pd hakikatnya selalu pengen yg terbaik buat anak-anak mereka. Masalahnya, zaman berubah dan perubahan itu kadang menuntut model-model ideal yang juga tak lagi sama. Beda persepsi dan perspektif kadang memicu gesekan. Aku juga bakalan berat kasih tanggung jawab ke anak :) Musti belajar neh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sp kapanpun org tua akan selalu melindungi anak2nya ya :)

      Delete
  4. mantap banget nyiapin pernikahan sampe satu taun
    aku sebulan langsung embat, hiks...
    dan kunci rumah tangga damai yang diawali teramat singkat ya tentang kepercayaan itu
    dari persiapan yang singkat saja bisa hasilnya lumayan apalagi kalo dilatih sejak anak-anak
    pasti mantap tuh chi ma nai gedenya nanti...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl sy sih cuma 5 bulan.. tp yg 1 taun banyak :D

      kepercayaan itu sama kayak komunikasi kali ya.. harus di jaga.. :)

      Delete
    2. iya kalo perlu titipin satpam biar aman
      *sampluk panci...

      Delete
    3. wkwkw.. ncit sama ncip ajah yg di titip satpam kl bapak sm ibunya lg berduaan :D

      Delete
  5. Bener tuh Mbak, kasih kepercayaan...
    Ternyata rasanya jd orang tua gitu ya. Pantesan ibu aku juga suka teriak-teriak, trnyata beliau jg parnoan.. hehehehe
    Ngga kebayang deh nanti kalo aku punya anak, mungkin lebih parno drpd mamanya Keke dan Nai ya ... xixixixixi :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. sy suka nganggap mama sy panikan ternyata stlh sy jd org tua suka ada paniknya juga ya kl urusan sm anak.. hehe..

      Delete
  6. ketika kita membandingkan perasaan sebagai anak dan sekarang perasaan sebagai orang tua, akhirnya kita dapat mengambil hikmah kejadian dulu, untuk kepentingan kita saat ini / masa depan yah

    ReplyDelete
  7. Ya, kadang memang gak dipercaya itu sakit .. hehe
    Makanya sebaiknya kita emang harus kasih kepercayaan, terutama ke anak.. Moga" ntar Saya kalo udah punya anak entar bisa melakukannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup kasih kepercayaan itu penting tp memang gak mudah sih banyak faktor yg suka bikin jd gak mudah :D

      Delete
  8. Hahaha...sama nih, suka parno-an juga sama anak, abis banyak berita kriminal anak. Tapi, emang mesti ngasih kepercayaan sama anak ya. Bismillah, semoga anak2 selalu dalam lindungan Allah, sebaik2 penjaga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. toosss py temen parno.. hehe..

      setuju selalu berdo'a itu penting bgt :)

      Delete
  9. Pada saatnya nanti kita memang harus memberikan kepercayaan pada anak, karena dia sendiri pun di sekolah juga sudah belajar dan sering mendapat kepercayaan dari gurunya.
    Seperti Vay yang gak pengen ditemani mbaknya ke sekolah.... ah tapi maminya masih takuuuttt.... :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. jd sama2 belajar ya mbak.. anak belajar di kasih kepercayaan.. org tua belajar memberi kepercayaan

      Delete
  10. berattt. tapi memang mesti gitu sama anak. biar terbiasa amanah. sukses buat GA-nya

    ReplyDelete
  11. Aduh Mba...keren tulisannya, komplit dan karena berdasarkan pengalaman, yang seringkali dihadapi, jadi mengena banget.
    Bisa nyontek untuk bekal mendidik Hanuun dan adik-adiknya kelak:)

    Bahasa Keke waktu meyakinkan Bunda bahwa dia bisa...itu touchy banget:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah.. kita sama2 belajar ya mbak :)

      kadang sy merasa kesentil juga mbak kl mereka minta di kasih kepercayaan :D

      Delete
  12. udah semestinya sih seorang anak diberi sebuah kepercayaan, biar si anak sdikit demi sedikit belajar bagaimana caranya bertanggung jawab..yang penting pelan-pelan aja, yg lebih kecil dulu agar nggak stress anaknya....

    ReplyDelete
  13. Wahhh artikel yg inspiratif.
    Yaitu tntg pntingnya memberi kepercayaan biar anak jd PD tapi juga hrs tegas memberi kepercayaannya.
    :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah.. terima kasih ya..

      betul mbak.. kash kepercayaan tapi harus ada aturan mainnya juga :)

      Delete
  14. hemmm...komen yg persapan mnikah saja ya Mbak.

    Memamng rata2 lama ya klo nyiapan pernikahan, tapi klo gak pake resepsi kayaknya lebih simpel. Impian dan harapan saya kalau mnikah secara sederhana tapi ternyata keluarga berharap lain...hehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu dia mbal.. dan pendapat keluarga harus di pertimbangkan :D

      Delete
  15. Punya anak bikin saya sadar kenapa org tua dulu bnyk ngaturnya :D

    ReplyDelete
  16. ternyata setelah punya anak jadi bisa merasakan ya apa yg dirasakan ortu

    ReplyDelete
  17. posting dan para komentarnya bagus2 semua...hehe
    jadi binggung mau komen apa :)
    semoga menang ya mbak Buat GA nya... :)

    ReplyDelete
  18. Iya Chi,memberi kepercayaan anak pada anak itu memang nggak mudah.
    Bawaan kita selalu khawatir dia susah, padahal kalau toh menemui kesulitan, mereka juga bisa belajar mencari pemecahan.
    Hebat buat keberaniannya melepas anak-anak Chi, sedikit demi sedikit, kedewasaan mereka pasti bertambah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sbg org tua harus belajar ikhlas kayaknya ya mbak :)

      Delete
  19. wiihh...kereeen banget postingan ini..saingan makin berat inihhh...hihihii

    Anak2 sekarang emang paling suka kebebasan. Paling, kita sebage orangtua harus pinter2 kasih kepercayaan ke anak. Jangan sampe kepercayaan kita disalah gunakan ama anak2 ya Chi..
    Mudah2an aku juga bisa ngasih kepercayaan sama radit kalo nanti dia udah gede :,)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kocokan bakal berpihak kemana ya? hehe..

      semoga anak2 jgn sp menyalahgunakan kepercayaan ya.. aamiin..

      Delete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^