Hari kedua dari Jalan-Jalan Nekat Camping, setelah main flying fox K'Aie ngajak kami jalan-jalan ke Cikaramat dengan menggunakan Land Rover. Cikaramat adalah salah satu desa di Situ Gunung.


Keke dan Nai seneng banget begitu tau mau jalan-jalan pake Land Rover. Pernah beberapa kali naik mobil itu dan seru katanya..

Pertama, kendaraan kami bergerak ke arah danau, di pos 1 lalu belok ke kiri ke arah jalan kecil. Dan petualangan pun dimulai...



Jalanannya bener-bener kecil bahkan untuk menyisakan ruang buat orang jalan kaki juga gak ada. Hanya cukup untuk kendaraan kami. Sesekali kami menerobos ranting-ranting pohon dan semak-semak.. Jalanannya udah pasti jelek.. Tapi itu juga yang bikin seru.. :)
Chi melarang anak-anak untuk duduk terlalu dekat sm jendela apalagi untuk melongok. Karena ranting-ranting pohon sesekali masuk ke dalam kendaraan. Chi khawatir kalo mereka teralu dekat nanti akan menggores muka mereka..


Jalannya bener-bener sempit.. Yang di foto ini mending setidaknya sebelah kanan gak terlalu tertutup areanya..
Sementara anak-anak ngobrol, Chi terpontang-panting di belakang buat motoin mereka :p


Akhirnya ketemu juga jalan yang gak terlalu tertutup walopun tetep kecil. Berhenti sebentar buat foto-foto.

Ketemu area terbuka.. Foto-foto sebentar sambil ngilangin pegel :D Sebelum menuju jalanan yang menurun tajam


Sampe akhirnya kami ke jalan yang menurun. Curam banget turunannya..!! Chi sengaja turun untuk motoin kendaraan kami. Itu juga sambil deg2an, takut mobilnya tergelincir dan Chi gak tau harus lari kemana, kiri-kanannya tertutup mana jalannya kecil banget.. Jadi Chi moto sambil lari-lari kecil turun ke bawah, takut tergelincir juga :D

Btw, kayaknya Chi kurang jago nih ambil fotonya.. Karena aslinya jalannya itu curam, tapi di foto kayak gak terlalu curam :D


 

Fiuuuhhh ketemu lagi sama area terbuka.. Itu artinya istirahat sejenak ngilangin tegang dan foto-foto lagi :p


Ketemu sepasang suami istri yang udah sepuh sambil bawa setumpuk daun.. Seberapa jauh ya mereka jalan, karena sepanjang mata memandang kayanknya gak ada perkampungan.. Walopun di tempat kami bertemu itu ada perkebunan tomat dan cabe yang udah tertata dengan baik..

Perkebunan tomat dan cabe


Kami pun ketemu perkampungan pertama, agak terpencil sih. Kami sedikit melintas di atasnya, karena rumah-rumah di perkampungan itu kebanyakan di bawah.. Denger-denger baru sedikit yang terjamah oleh listrik.. Kebayang banget kalo malem gelapnya kayak apa, mana jauh dari mana-mana.. Tapi menakjubkan. Pengen sekali-sekali kalo ada kesempatan lagi bisa main-main ke perkampungan itu :)

Setelah beberapa lama jalan, bikin tegang tapi seru kami pun ketemu perkampungan yang udah ramai dengan jalanan yang mulus beraspal.. Ketemu jalan mulus malah bikin anak-anak bosen sampe akhirnya ketiduran.. :r Emang sih kalo jalannya mulus kurang berasa petualangannya :D


Ketemu juga jalan yang mulus
Tapi malah bikin anak-anak jadi ngantuk trus tidur.. :p


Sedikit lagi mau deket tanakita, kendaraannya mogok. Hehe.. Ya udah sementara K'Aie dan Keke benerin mobil (Keke sih nemenin aja), Chi dan Nai balik ke tenda, makan siang.. Udah lapeeerrr :p

Cape' badan terpontang-panting, sampe tanakita makanan udah tersedia dengan menu ini. Rasanya sesuatu banget.. Nyam.. nyam.. :)