2 Tahun yang Lalu..

By Keke Naima - January 22, 2013

Turut prihatin dengan musibah banjir di wilayah Jakarta dan sekitarnya.. Untuk teman-teman yang terkena musibah semoga di beri kesabaran dan rejeki untuk menggantikan kehilangan akibat banjir.. Dan semoga kita semua bisa belajar dari musibah ini *belajar introspeksi diri sendiri ah..

Jadi inget dulu waktu pertama kali tinggal di Bekasi (masih di rumah yang lama), banjir udah kayak langganan saking seringnya. Kadang gak turun hujan pun perumahan kami bisa tiba-tiba kebanjiran. Kalo kayak gitu biasanya dapet kiriman "spesial" dari Bogor katanya. Dan kalo udah banjir suka tinggi juga..
Setelah Chi kuliah kami pindah rumah. Dan alhamdulillah rumah yang kami tempati kemudian belom pernah banjir, kecuali area di sekelilingnya. Jadi tetep aja gak bisa kemana-mana kalo lagi terkepung banjir :)

2 tahun yang lalu....

Tepatnya 25 Oktober 2010.. Chi ingat tepat di tanggal itu karena hari itu adik Chi melahirkan anak ke-3nya di rumah sakit di daerah Thamrin, Jakarta Pusat.. Papah Chi sengaja cuti sehari untuk melihat cucu ke-5nya lahir.

Hari itu orang tua Chi berencana berangkat ke rumah sakit setelah makan siang, sekitar jam 1. Melihat kakek & neneknya mau pergi, Keke dan Nai kepengen ikut..

Chi udah melarang mereka untuk ikut. Rasanya males kemana-mana saat hujan lagi terus-terusan turun. Mendingan di rumah, ngamar.. Lagian kalo hujan kayak gitu kebayang macetnya Jakarta, tambah males aja. Chi pikir nanti aja lah jenguknya setelah adik Chi pulang ke rumahnya..

Tapi karena anak-anak gak bisa di bujuk juga, akhirnya Chi pun terpaksa ikut.. Dan sepanjang jalan hujan merata, macet udah ketebak dari awal.. :(

Ternyata gak cuma macet, di beberapa titik jalan kami mulai terhadang banjir yang memaksa mobil kami putar balik untuk cari jalan lain. Sampe di titik tertentu (lupa di daerah mana..), papah memutuskan untuk menerjang banjir karena di rasa belom terlalu tinggi untuk mobilnya..

Semakin ke tengah, banjir ternyata semakin tinggi. Apalagi di depan sana kata papah ada kali besar dan antara kali dengan jalan udah gak keliatan batasnya. Wah ngeri juga. Kami memutuskan putar balik lagi, sambil berharap semoga gak mogok di jalan.. Tegang euuyyy...

Karena merasa udah gak ada pilihan lagi, kami mutusin untuk pulang aja. Gak melanjutkan perjalanan. Chi sempet merasa lega banget, udah kebanyang untel-untelan di kamar :D

Tapiiiii... Ternyata macet bangeeeeettt.. Malah bisa di bilang kendaraan pada parkir kayaknya.. Karena bergeraknya cuma sedikit-sedikit banget. Lebih lambat dari siput..

Anak-anak yang tadinya ceria, mulai rewel. Becandaan, nonton kartun di mobil, dll rasanya udah gak menolong sama sekali. Bahkan mereka juga sempet ketiduran tapi begitu bangun, masih macet total dan mereka nangis lagi..

Chi sampe bingung dan sedih gimana caranya nenangin anak-anak. Ngerti banget sih apa yang mereka rasain, terutama laper. Wajar sih, harusnya mereka udah makan malam. Tapi karena macet, mau makan dimana?

Pas berangkat memang bawa makan dan minum, tapi lama-lama habis juga saking lamanya macet. Jam 7-an kami masih ada di seberang gedung DPR/MPR. Bener-bener parah banget macetnya..

Komunikasi sama K'Aie udah gak kehitung seberapa sering. Telponan, sms-an.. Untuk nanyain kabar Chi dan anak-anak sekaligus nanya posisi terakhir mobil yang masih di situ-situ aja.. K'Aie sih bilang mau kesana ngaterin makanan sama minuman. Tapi gimana caranya? Motor aja kayaknya gak bisa bergerak..

Mendekati jam 8, tau-tau ada yang gedor-gedor jendela. Dan itu K'Aie.. Waaaa.... Seneng banget deh... Apalagi K'Aie dateng bawa beberapa botol aqua dan beberapa dus KFC. Keke dan Nai udah gak perlu di suruh lagi, langsung makan dengan sangat lahap..

Sempet ngobrol-ngobrol sebentar, yang Chi tanya motor kemana? Karena Chi liat K'Aie jalan kaki. Kata K'Aie motor di parkir di daerah Kuningan. Kalo pake motor khawatir gak bakal ketemu dan gak bisa tembus macet, karena kondisi macetnya yang kayak gitu.. Wuiiihhh lumayan jauh jalan ke mobil kami.. Duh jadi terharu sama usahanya K'Aie.

Setelah ngobrol sebentar K'Aie pamit pulang duluan.. Sedih juga sih.. Pengennya ikuuuttt. Tapi pasti gak bakal boleh sama K'Aie karena gak ada yang bawa helm plus jaket, selain K'Aie.. Alhamdulillah anak-anak udah kenyang perutnya jadi mereka gak rewel lagi..

K'Aie sampe rumah sekitar jam 9 malam sementara kami sampe rumah hampir jam 11.. Hampir 10 jam di jalan, gak sampe tujuan pula.. Walopun ada sikap K'Aie yang bikin Chi terharu tapi kapok ah kalo sampe ngalamin lagi.. :D

Kamis kemarin (17/1)...

Hujan terus turun selama beberapa hari.. Walopun jarak ke sekolah cuma sekitar 15 menit tapi kalo pagi-pagi turun hujan Chi biasanya minta anak-anak berangkat agak lebih pagi. Jaga-jaga aja takut macet..

Kamis kemarin hari kedua Chi nganterin anak-anak ke sekolah. Biasanya K'Aie, tapi K'Aie lagi ikut kursus tentang pajak yang mengharuskan jalan pagi jadi Chi deh yang nganterin anak-anak selama K'Aie ikut kursus..

Hari itu sebetulnya cuma Keke yang sekolah, dari malam Nai giliran demam jadi dia gak masuk. Baru sampe depan komplek udah kena macet. Chi pikir mungkin ada yang sedikit tersendat di tanjakan gara-gara hujan..

Tapi kok lama ya gak bergerak-gerak? Kok parah banget ya macetnya.. Hasilnya sampe hampir jam 8, kami baru setengah perjalanan. Mana hujan makin deras turunnya.. Udah kebayang, area-area yang sering banjir.

"Wah bisa kejadian gak bisa pulang nih.." Chi mulai berpikir kayak gitu. Pernah ngalamin.. Bingung cari jalan pulang karena banyak area tertutup.. Dan karena gak ada pilihan terpaksa menerjang salah satu area banjir.. Untung gak mogok.. Ngeri juga.. Mana kali di sebelahnya..

Di tambah lagi Nai lagi demam. Baru bisa tidur jam 4 subuh karena panasnya gak turun-turun. Chi khawatir kalo dia bangun trus Chi gak ada bakal nangis sementara kalo kondisi kayak gitu gak jelas jam berapa sampe rumah...

Akhirnya di putusin puter balik aja. Keke gak usah sekolah dulu.. Jalan-jalan mulai tergenang. Air dari selokan mulai tumpah ke jalan.. Sedikit lagi bakal banjir nih.. Merasa udah ambil keputusan yang tepat.. :)

Sampe rumah hampir jam 9 padahal berangkat jam 7 lewat dikit. Hampir 2 jam di jalan, yang biasanya cuma 15 menit. Jadi inget kejadian 2 tahun yang lalu, lama di jalan gak sampe tujuan juga.. Liat di tv berita tentang banjir udah merajai siaran di tv-tv..

Sempet beberapa kali telponan sama K'Aie yang lagi bingung lanjut perjalanan atau pulang. Dan akhirnya memutuskan untuk tetep ikutan kursus. Padahal maunya Chi sih pulang aja ya. Tapi yah udah gak kaget juga sih kalo K'Aie memilih untuk tetap ikut kursus. Feeling Chi pulangnya kemungkinan ke wanadri dulu. Dan feeling Chi ternyata bener.. :)

Foto koleksi pribadi.. Salah satu foto-fotonya K'Aie waktu pulang kantor beberapa hari lalu..


Nai juga hari itu panasnya gak turun-turun.. Sekitar 38,5 s/d 39,5 panasnya.. Terus berdo'a semoga panasnya gak semakin tinggi. Khawatir akses ke rsia Hermina susah. Deket kali, takut juga kalo sampe banjir. Apalagi hypermall Bekasi yang lumayan deket Hermina aja banjirnya parah..

Besoknya dapet berita dari sekolah kalo sekolah di liburin. Sekolahnya sih jauh dari area banjir tapi menimbang cuaca dan kondisi banjir di sekitar, sekolah memutuskan untuk libur. Alhamdulillah..

Kalo di pikir-pikir cari nafkah atau sekolah di Jakarta itu berat yaaaa.. Perjuangan banget.. Jadi warga Jakarta harus punya banyak stok sabar. Hihi.. Eh kalo kami bukan warga Jakarta ding, tapi tetep aja bisa kena imbas kalo ada kejadian di Jakarta apalagi K'Aie juga kerjanya di Jakarta jadi ngerasain deh "nikmat"nya Jakarta setiap hari :D

Semoga gak ada lagi banjir besar seperti ini ya.. Mulai cinta lingkungan dari diri sendiri :)

  • Share:

You Might Also Like

44 comments

  1. tinggal dijakarta dan sekitarnya itu penuh perjuangan ya myr jangankan hujan gak hujan aja berat :) yg naik is lari2 ngejar bis, yang bawa mobil harus sabar dari macet. makanya ipar2 aku gak mau kerja dijakarta

    ReplyDelete
  2. Abang kan Wanadri mbak, jangankan jalanan banjir, gunung tinggi pasti didaki, luat lautan pasti disebrangi buat dikau seorang hahaha

    Banjir, Hmm memang benar adanya, tapi semoga bisa jadi media tafakur kita semua jika alam sebenarnya sedang butuh kasih sayang dari kita... Salam pisgor !

    ReplyDelete
    Replies
    1. tp kan istrinya enggak, jd tetep deg2an :p

      betul sebaiknya introspeksi ya apa yg udah kita lakukan thd alam :)

      Delete
  3. Prihatin banget mbak lihat kondisi Jakarta saat ini, walaupun gak tinggal di Jakarta rasanya ikut nyesek juga, bayangin perabotan rumah terendam, bayangin ramenya barak pengungsian, bayangin keamanan rumah juga saat ditinggal ngungsi
    Semoga masalah banjir ini segera cepat teratasi ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sy juga gak bs ngebayangin gimana dg mereka yg keilangan harta benda.. sedih bgt rasanya..

      Delete
  4. Selama semakin banyak bangunan di Jakarta dan semakin banyak sampah yang di sungai-sungai, kayaknya nasib Jakarta belum bisa banyak berubah deh mbak. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga jd kesadaran kita bersama ya utk memperbaiki sambil berharap terus ada perbaikan :)

      Delete
  5. adehhh ga kebanyang ya makkkkk... mesti sabar sama macetnyaaaaaaaaa.......

    semoga cepet kelar banjirnyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa
    AMinnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn #pinjem TOA masjid

    ReplyDelete
  6. bener2 menegangkan ya, saia juga jadi ga ngantor pas banjir besar tgl 17 itu, rumah di Bekasi ya bun, daerah mana? seneng deh ketemu lagi blogger dr Bekasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. takut gak bs pulang juga ya mbak.. Sy di daerah Jatibening :)

      Delete
  7. Iya...bener2 perjuangan ya mbak, aku aja baru sebatas ngbayangin nampaknya ogah kalo tinggal di jkt mknya salut dan kagum sama temen2 yg tinggal di jkt...lah aku? macet gk seberapa di depan kantor krn proyek fyl over aja udah misuh2 :D

    Semoga banjirnya cepet surut ya dan semoga makin banyak yg sadar spy pinter2 menjaga lingkungan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sy dr lahir udah di Jkt trus skrg pindahan cuma ke Bekasi. Jd bingung juga kl harus jauh2.. Eh dpt suami tinggal di Jkt juga.. Kayaknya jd gak py alesan buat pindah :D

      Delete
  8. Kalo temen2ku malah pada heran, pas hari kamis kemarin itu, aku dan suami bisa sampai kantor tepat waktu padahal temen2 banyak yang ga nyampe kantor krn terhadang banjir.. Alhamdulillah..

    Bener-bener sampai kantor baru tuh sadar udah banjir dmn2 dan mikir gmn pulangnya. Alhamdulillah pulang juga ga begitu macet krn lewat jalan2 kecil *enaknya pakai motor

    Pokoknya bersyukur banget kemarin.. semoga ga kejadian lagi ya banjir seperti ini di jakarta..

    Mbak Bekasinya mana> aku jug abekasi loo... hihihi ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah beruntung bgt mbak.. iya enaknya pk motor gitu.. makanya suami sy lebih milih pk motor kl ke kantor :)

      Delete
  9. Untung Malang Bebas banjir, walaupun tiap hari pasti hujan. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah bebas banjir, udaranya masih sejuk pula ya.. :)

      Delete
  10. bener2 emang bajir besar banget ya kamis kemaren. Tapi Alhamdulillah daerah tempat tinggal ku dan juga akses menuju kantor ga kena banjir samsek..
    moga2 ga akan ada lagi banjir2 kek kemaren yaa..aku liat di pluit aja bloman surut2..:,(

    ReplyDelete
    Replies
    1. beruntung bangeeettt...

      papah sy sp hari ini blm ngantor mbak krn kantornya di pluit, masih blm surut juga

      Delete
  11. Banjir tahun ini emang parah banget ya kak.. sampai katanya istana negara aja ikut kebanjiran..
    Alhamdulillah Aisya sih tinggal di Bogor, jadi nggak banjir deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuo makanya hrs mulai sadar diri nih :)

      Bogor gak banjir tp sering juga ya kirim banjir.. hehe..

      Delete
  12. astaghfirullah,,,ngeri bangettt mbk,kayak sungai yang lebat airnya..ngeri bgt

    ReplyDelete
  13. wah.. serem ya? :O
    untung lagi di Bogor..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pindah ke bogor skrg atau kebetulan lg di bogor? :)

      Delete
  14. Berharap semoga gak ada lagi banjir besar di Jakarta...
    Mungkin kalo kantorku masih di Thamrin, aku gak masuk kerja juga soalnya di dpn kantor lama udah kaya sungai :)

    ReplyDelete
  15. Duh banjir kali ini bikin deg-degan... sampai-sampai saat tadi hujan deras saya langsung deg-degan, takut tiba2 banjir pas di tengah jalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah 2 hari ini lagi ujan lagi ya.. semoga jgn sp kejadian lg deh :)

      Delete
  16. Aku Jumat gagal berangkat ke kantor. Wahahaha. Sudah sampe Bekasi Barat, sepiiiii. Mau naek Feeder, Kemang dah kayak lautan. PUlang ajah lah. :p

    ReplyDelete
  17. Saya ingat tanggal 25 oktober itu, ada kenangan tersendiri ditanggal iru, sama kayak enak, saya juga stuck dijalan berjam2, kalau tdk salah itu hari jakarta macet total.

    ReplyDelete
  18. saya..juga terjebak banjir berjam2 di jalan...di saat mau ke tp keja....pd kamis kmrn...

    moga ga keulang lagi deh..banjirnya..tetep waspada :)

    ReplyDelete
  19. mungkin perlu diusulkan ke pemerintah
    agar jakarta dikasih label kota perjuangan
    mau lewat saja kudu berjuang mati matian...
    hehe

    ReplyDelete
  20. makanya pengen pindah ke bandung ni.. udah rudett liat jkt macet n banjirr :p

    ReplyDelete
  21. waduh... 10 jam di jalan??? gak kebayang deh..
    macet dan banjir memang persoalan yang gak ada habisnya ya.. semoga ke depan lebih baik..

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^