Jumat, 12 April 2013

Srikandi di Era Netizen

Srikandi

Jujur saja, saya bukan pengamat wayang. Saya tidak hapal cerita pewayangan, tapi salah satu nama wayang yang sering saya dengar adalah Srikandi.

Dari beberapa info yang saya baca, maka saya berkesimpulan kalau tokoh Srikandi digambarkan sebagai sosok perempuan yang tidak hanya cantik, keibuan, lemah-lembut, tapi juga menjadi pejuang yang tangguh. Gak heran kalau predikat Srikandi banyak disematkan untuk para perempuan yang sedang berjuang atau berprestasi di berbagai bidang, contohnya di bidang olahraga, ekonomi, penulisan, sosial, dan lain-lain.

Era Netizen

Netizen gabungan dari dua kata internet dan citizen. Mereka yang mengenal internet sudah bisa dibilang netizen. Dan semakin kesini rasanya semakin banyak masyarakat yang berubah menjadi masyarakat netizen tidak hanya citizen

Menurut saya, netizen seharusnya tidak ada bedanya dengan citizen, karena seorang netizen juga punya identitas diri. Di netizen kita juga punya 'rumah' dan identitas lain dimana orang lain bisa menghubungi atau mendatangi kita, misalnya email, Facebook, blog, Twitter, dan lain-lain. Bahkan di dunia nyata pun, sekarang masyarakat lebih suka mencantumkan identitas dunia mayanya (email, FB, Twitter, bahkan ke depannya bisa jadi alamat blog) di dalam kartu nama.

Perilaku kita pun harusnya seperti layaknya kita menjadi citizen yang baik. Rasanya sudah kurang pas lagi kalo kita berpikir 'suka-suka gue, dong! Namanya juga dunia maya.'. Kalau di dunia nyata ada pepatah 'mulutmu harimau mu', maka di dunia maya seharusnya ada juga pepatah 'jari-jarimu harimau mu'.

Sekalipun di dunia maya kita bisa bebas menggunakan akun samaran atau bahkan anonim sekalipun, tapi berperilaku yang baik tetap harus diberlakukan. Gak perlu yang kaku, tapi sewajarnya aja seperti kita berinteraksi dengan masyarakat lainnya di dunia nyata.

Coba aja apabila ada seorang netizen yang berlaku tidak pantas, apa kita masih betah deket-deket dengannya? Kalo orang seperti itu ada di friendlist FB, biasanya udah saya unfriend atau paling enggak saya hide. Begitu juga dengan blog, kalo isinya sangat tidak pantas, saya biasanya enggan berkunjung lagi ke sana walopun yang punya rumah membuka pintu rumahnya selebar-lebarnya

Srikandi Blogger 2013



Di ulang tahunnya yang pertama Kumpulan Emak Blogger (KEB) mengangkat tema, Aktualitas Perempuan di Era Digital. KEB adalah komunitas yang salah satu tujuan pendiriannya adalah menularkan semangat menulis untuk menghasilkan inspirasi dan karya melalui blog, akan memberikan apresiasi kepada para blogger Perempuan Indonesia dalam ajang pemilihan Srikandi Blogger 2013. 

Di ajang Srikandi Blogger 2013, para juri akan memilih blogger perempuan yang bisa menyampaikan dan mengaktualisasikan kegiatan atau aktivitasnya secara online maupun offline.
sumber : emak2blogger.web.id
Awalnya saya termasuk yang ragu untuk ikut pemilihan ini. Apa prestasi saya? Saya hanya seorang perempuan biasa dengan tulisan yang biasa. Di offline pun kegiatan saya didominasi dengan urusan Keke dan Nai. Terdengar biasa, ya?

Tapi saya mulai berhenti menganggap tulisan saya geje, lho. Cukup dengan mengatakan tulisan biasa. Karena walopun tulisan saya kebanyakan berisi tentang cerita sehari-hari Keke dan Nai tapi jelas :D Menurut saya sekarang, tulisan yang geje itu yang isinya cuma mengeluh, berputus asa, ngomel-ngomel, tanpa ada satupun semangat dan solusi yang dilakukan. Walopun ditulis dengan kata-kata yang indah tetep aja buat saya itu geje

Mereka yang selalu mengatakan tulisannya geje justru banyak yang inspiratif buat saya. Menggunakan kata-kata yang biasa seperti percakapan sehari-hari, tapi membaca keseharian para blogger juga bisa inspiratif. Misalnya nih, para blogger ibu (mau itu yang pekerja atau di rumah saja seperti saya) yang bercerita gimana rempongnya ngurusin anak.

Ibu yang bekerja bercerita tentang tetap mengutamakan mengurus anak-anaknya, padahal beban pekerjaan juga gak sedikit. Wuiihhh sering kali saya terkagum-kagum, lho. Hebat ibu-ibu ini!

Atau ibu-ibu rumah tangga seperti saya bercerita bagaimana kesehariannya didominasi sama urusan anak-anak, pekerjaan rumah yang gak ada jam kerjanya, tapi tetep berusaha mencari me time supaya tetep bisa fresh, gak suntuk. Seru dan inspiratif juga melihatnya. Dan yang pasti, ternyata saya gak merasa sendiri :D

Banyak manfaat juga yang saya dapatkan dari tulisan-tulisan teman-teman. Bagaimana menangani anak sakit, menangani kakak-adik yang berantem terus, memilih sekolah buat anak-anak, mengajak anak-anak bermain dengan kreatif, mengatasi anak yang ketakutan, dan lain-lain.Tuh, bukan tulisan yang geje kan? Hanya tulisan yang biasa, itu pun terlihat biasa karena gaya tulisannya. Isinya rata-rata luar biasa. Saya banyak belajar dan terhibur dari banyak teman-teman blogger. O'ya, gak cuma untuk blogger ibu-ibu yang punya anak loh. Semua blogger bisa menginspirasi saya.

Contoh nyatanya gini, deh. Kenal Bunda Lily, kan? Kalo baca blog beliau bebestsurvivor.wordpress.com, kita akan tau kalo saat ini beliau sedang berjuang melawan kanker. Coba lihat tulisan-tulisannya, bahasanya sehari-hari banget, malah kelihatan cerita karena banyak emoticon lucu. Padahal kalo kita baca tulisan-tulisan beliau, kita bisa langsung menilai kalo yang dideritanya itu bukan hal yang ringan. Berat banget, tapi selalu berhasil dijabarkan dengan gaya yang ringan oleh Bunda Lily. Terlihat sekali Bunda seperti tetap tabah dan berusaha untuk terus ceria. Ada juga sih tulisan beliau yang sepertinya sedang resah, tapi umumnya lebih banyak berisi tentang ketabahan, keceriaan, dan semangat yang tinggi.

Saya sering merasa malu, bisa ya Bunda yang dapat cobaan sedemikian berat tetap terlihat tabah, sementara saya baru dapet cobaan sedikit aja bisa mewek panjang. Inspiratif banget deh Bunda Lily ini. Saya belajar banyak terutama tentang ketabahan dan semangat dari tulisan-tulisan beliau.

Kalo gitu tulisan saya juga menginspirasi dong? Biarkan pembaca aja yang menilai.Pokoknya buat saya yang penting menulis, tanpa melanggar SARA. Etapi kalo KEB sampe memberi saya penghargaan Emak of the Month untuk bulan April 2013, berarti tulisan-tulisan saya ada sesuatu dong. *sesekali ah membanggakan diri :D

Saya pernah membaca, katanya di dalam dunia marketing, eranya sudah bergeser ke era New Wave. Dimana pasar potensial di era New Wave adalah youth, woman, dan netizen. 3 kelompok ini yang nanti akan mempengaruhi kelompok lain

Tuh, kalo woman dianggap potensial di bidang marketing *emang pada dasarnya juga perempuan itu suka belanja, ya :D, kenapa gak dimanfaatkan juga untuk bidang lain? Misalnya, mulai menyuarakan pikiran dan pendapat kita melalui tulisan. Mulailah menjadi seorang blogger!

Ke depannya saya memang berharap makin banyak perempuan yang berkata "Saya blogger dan saya berkarya!". Tidak harus membuat sebuah buku atau karya-karya komersial lainnya. Cukup dengan menceritakan ekspresi dan isi pikiran kita yang positif itu juga udah sebuah karya buat saya.

Semoga ajang Srikandi Blogger yang di adakan oleh KEB bisa menjadi langkah awal untuk mengajak perempuan-perempuan Indonesia menjadi srikandi di dunia blog. Dan apabila saya terpilih menjadi Srikandi Blogger 2013, saya juga akan terus menyuarakan yang sama. Ayo menulis, jangan dinanti-nanti!

Buat yang belum terpilih atau belum berpartisipasi di ajang Srikandi Blogger, insya Allah masih ada tahun berikutnya. Terus berkarya, ya! Yang belum punya blog, ayo mulai bikin blog. Kalau kita bisa punya waktu untuk fesbukan atau twitteran, kenapa gak sesekali meluangkan sedikit waktu untuk menulis blog? Gak usah terlalu banyak berpikir saya gak bisa menulis bagus dan lain sebagainya yang bikin ribet. Yang penting menulis aja dulu, mulai dari hal-hal sederhana. Pelan-pelan juga akan ketahuan arah tulisan kita kemana. Jadilah Srikandi di dunia netizen mulai sekarang!

Alhamdulillah sekarang ini saya lolos di 50 besar Srikandi Blogger 2013. Lanjut ke 10 besar? Saingannya berat-berat, tapi saya berusaha optimis aja. Paling gak tetep jaga semangat dan bersaing sehat. :)

Teman-teman do'ain, dan dukung saya terus, ya!
post signature

86 komentar:

  1. Tulisannya mba myra ini top deh, jadi malu soalnya aku juga suka bilang tulisan sendiri geje. Semoga lolos ke 10 besar mba, sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin.

      terima kasih ya, Mbak. Sy dulu juga suka blg geje tapi kok lama2 ga setuju juga :D

      Hapus
  2. Waaaaaaah. . .
    Para Emak2 mulai berkompetisi nih ya. . .

    Tema yang di angkat benar2 berbobot. Acara yang diadakan KEB benar2 seruu dan pasti memberi banyak manfaat untuk para perempuan.

    Semoga menjadi winner ya, Teh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin

      Idah tahun depan harus ikutan, ya. Tulisannya kan juga bagus2 :)

      Hapus
  3. emak-emak sekarang ini tidak hanya didapur, tapi sudah netizen hehehe... ya semoga kompetisinya berhasil dan bermanfaat/bisa menginspirasi orang lain...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dong, emak2 kan juga gak mau kalah. hehe

      aamiin. terima kasih, ya :)

      Hapus
  4. Wah, udah lolos tahap berikutnya ya, Teh? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih, do'ain semoga lanjut terus ya :)

      Hapus
  5. Semoga menang mak !!!!!!!!!!! dapet tipi lagi :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin

      biar bisa buka toko tipi. hehe

      Hapus
  6. Weisss, ini mah TOP banget Mbak. Kereeen deh ulasannya, simple tapi mengena!
    Aku yakin dirimu pasti bisa masuk ke 10 besar deh. Ayo, lanjutkan. Semangat yuk!

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin. semoga kita sama bs ke 10 besar, ya. Semangaaatt :)

      Hapus
  7. Selamat ya mba buat KEB of the month dan jd kontestan Srikandi.
    kemarin saya ga jadi ngirim resume buat ikutan ini..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih

      Tahun depan harus ikutan loh, Mel. Kalo tahun tetep ikut menyukseskan, ya :)

      Hapus
  8. mantap postinganya, . bener banget mba siapa bilang yang menginspirasi itu harus dng bahasa awang2. yang sederhana malah mengena. #iketkepala, siap2 beradu dia ajang terkeren abad ini ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, bahasa sehari2 lebih mengena buat saya. Walopun tata bahasa yang bagus juga ada yg mak jleb. Kembali ke isinya juga sih

      sama2 semangat ya :)

      Hapus
  9. Huwaaa....mba Chi udah posting aja, aku masih belum tau mau nulis apaan hihihi.

    Semoga lolos ke 10 besar ya mba ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orin skrg blm tau. Tp tunggu deh, begitu publish biasanya keren. Hehe

      aamiin. Semoga Orin juga, ya :)

      Hapus
  10. Manteebbb deh Mak...semoga lolos di 10 besar yaaa....

    Aku belum bisa ikutaaannn !!! Insya Allah taun depan deh ! #eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin

      Kalo Mak Lies ikutan bs tambah berat saingannya, karena Mak Lies mulai sering juara nih :)

      Hapus
    2. halah juara opo Mak....masih jauuuhhhh !!!! :)

      Hapus
  11. karena netizen sering kali tampil beda dengan saat di posisi citizen
    berarti semakin hari bakal semakin banyak orang yang berkepribadian ganda ya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak juga sih. sy sbg netizen dan sbg citizen ya tetep aja sama gayanya. Kembali ke orgnya juga kayaknya. Gak usah jd netizen juga ada yg berkepribadian ganda.

      Kalo mas Rawins kepribag\diannya ganda gak? Hihihi..

      Hapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. tulisannya biasa tapi dibaca jadi luar biasa mak..
    sangat menginspirasi, disela-sela kesibuk mak mengurus anak, masih sempet nulis blog dengan bahasa sederhana tapi manfaatnya luar biasa..
    kalo saya mungkin perlu waktu berhari2 untuk nulis tulisan seperti ini dan butuh konsentrasi khusus,,hehe...

    semoga lolos 10 besar mak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah kl mb Novia berpendapat begitu *seneng deeh :)

      sy juga ada tulisan yg berhari2. Gak selalu spontan. Hehe

      aamiin. terima kasih, ya

      Hapus
  14. mbaaaaaa...
    postingannya keren abis...
    dan seperti biasa aku sukaaaa dengan post mba yang simple tapi to the point:)

    Sukses terus yaaaah...moga masuk 10 besar :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin..

      Tahun depan Erry harus ikut dan jadi juara, ya! Krn sy suka tulisannya Bibi Titi Teliti aka Erry :D

      Hapus
  15. Waw... mancaaaap! Optimis dirimu maju ke babak selanjutnya, Mak.
    Muaaaaaaah.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin. Terima kasih ya, Mak utk harapannya :)

      Hapus
  16. Keren Mba Myra postingannya. Dari awal baca postingannya Mba Myra ga pernah anggep biasa-biasa aja, apalagi geje. Tulisan di sini sarat dengan ilmu parenting yang ciamik! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih banyak ya buat dukungannya :)

      Hapus
  17. hihihi, aku termasuk yg menganggap tulisanku geje.

    Tulisannya keren Chi, sukses ya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. geje padahal sebetulnya kereeenn.. Banyak kata2 indah dari tulisannya mbak Dey :)

      aamiin terima kasih, ya :)

      Hapus
  18. wahh tulisannya keren banget mak :) pantesan jadi emak of the month :) kayaknya bulan depan masih mak myra dehhh emak of the month-nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tiap bulan gantian yg jd emak of the month. gak mungkin sy terus.

      Terima kasih buat dukungannya, ya :)

      Hapus
  19. Maaaaakk.. blogmu ini inspiratif banget lho, aku banyak belajar dari sini :)
    Kalau sistemnya nanti voting, percayalah, you got my vote :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih buat pujiannya jadi malu juga saya. Hehe.

      Terima kasih juga buat dukungannya :)

      Hapus
  20. Klo menurut ku sih, tulisannmu itu parenting mania. pernah mikir pertama dateng ke blog ini.
    kenapa ini orang ga kirim ke majalah parenting aja pasti udah banyak rupiah yang didapat. hehe

    aku dukung mak miraa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia, Mak. Masih suka 'takut' kl keluar dr zona blog :)

      Hapus
  21. paling banyak dukungannya nih :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu karena sy termasuk yg posting pertama kali, Mak :D

      Hapus
  22. selaluu suka tulisan bunda keke nai.. postingan ini simple tp mengena..tp jg sprt menyodok diriku utk lbh pede n gk geje sm tulisan sendiri..semoga lolos 10 besar ya mb *hugs muaach

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga kesodoknya gak terlalu keras ya, Mak. Sy jd gak enak nanti :D

      Hapus
  23. Feelingku Mira masuk 10 besar loh. beneran deh swear gak bohong :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin. Lidya bisa aja bikin saya malu hehe

      Hapus
  24. semoga berhasil ke sesi selanjutnya...

    BalasHapus
  25. Ikut mendukung dan mendo'akan, kak..

    Tetap semangat, salam ya buat keke dan naima.. ^_^

    BalasHapus
  26. saya selalu merasa tulisan mamanya keke & Nai ini tidak biasa-biasa saja. selalu ada yg bisa diambil hikmahnya... jadi, saya turut mendoakan semoga jeng Myra berlanjut ke 10 besar dst.... Aamiin.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin terima kasih ya, Mbak :)

      Hapus
  27. waduh, Chi memuji bunda terlalu berlebihan...( bikin si bunda ini melayang2 di awan)........hehehehe.............terimakasih banyak utk apresiasinya ya Chi :)

    Bunda seperti juga sahabat2 yang lain, merasa banyak sekali tulisan2 Chi yang luar biasa, yang mampu mengajak pembacanya untuk terus membaca tulisan2 tersebut hingga akhir
    ( dan ini gak mudah lho Chi...namun Chi mampu melakukannya)

    kalau saja acara KEB ini memakai sistem voting , pasti bunda akan vote Chi berkali2 .... :)

    Selamat ya Chi sayang ,semoga sukses ..........

    salam hangat utk keluarga
    semoga selalu sehat

    salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bunda Lily memang sangat inspiratif bagi saya. Apalagi semangatnya itu loh :)

      Hapus
  28. maju terus mak....saya suka kutipan ini...Tidak harus membuat sebuah buku atau karya-karya komersial lainnya. Cukup dengan menceritakan ekspresi dan isi pikiran kita yang positif itu juga udah sebuah karya buat saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, kadang kita suka ribet duluan mikirnya kalo mau nulis, ya. Akhirnya malah gak nulis2. Jd mending skrg nulis aja dulu *pengalaman pribadi :)

      Hapus
  29. Tulisan mbak Chi memang sesuatu lho. Sering kali menampilkan solusi dalam keseharian dengan Keke dan Nai (gak nyadar ya hehehe).

    Sukses ya mbak ... moga masuk 10 besar.

    Btw, tulisan saya http://mugniarm.blogspot.com/2013/04/pantai-losari-murah-meriah-dan-seru.html

    sudah lama saya daftarkan di link pengumuman GA lhoo. Baru saya lihat ternyata ada link khusus. Hiiiiikkkkkkkkkssssssssssssssss. TOlong mbak, dimasukin sebagai peserta ya. Sudah saya daftar di link khusus itu
    *pingin nangis ini, saya bela2in lho panas2 pergi foto2 pantai Losari, jam 11 siang*
    Masih bisa gak mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untung DLnya masih jauh ya .... *ngelap air mata*
      Alhamdulillah

      Hapus
    2. seringnaya sih gitu, gak nyadar hehe

      udah terdaftar kok, Mbak :)

      Hapus
  30. Tulisan Jeng Chi diangkat dari masalah keseharian dan mengajak pembacanya berfikir alternatif kreatif, dimata saya selalu luar biasa. Lolos 50 besar pastinya bukanlah hal biasa dan selamat melaju ke jenjang berikutnya. Salam

    BalasHapus
  31. Chi tulisannya Mantabs.. Kereen..mengalir begitu saja dari hati..

    Sukses ya..
    Ayo kita bersaing secara sehaat !

    BalasHapus
  32. sip.. aku dukung mak Myra menuju 10 besar.. sukses ya Myra

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih banyak. sukses juga buat Mbak Ade :)

      Hapus
  33. ahhh selalu melow bacanyaa qiqiqi
    smangatt juga yaa makk ^^
    loph you pull

    BalasHapus
  34. aku mendukungmu mak myraaa...*kedip2 mata menilai...kyknya 10 besar sih...tsssaaah traktiran kalo beneran

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi Mak Nurul berhasil bikin saya ge-er. Thx, ya :)

      Hapus
  35. dan ini lah saingan terberat ajang SB2013

    sukses ya maaakkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl sy BBnya kayaknya yg berta, Mak :D

      sama2 sukses ya. aamiin

      Hapus
  36. Waw, salah satu kandidat Srikandi juga, nih! Tulisan seorang netizen yg keren! Moga sukses, Bun! ;-)

    BalasHapus
  37. jempol mak. terima kasih telah berbagi istilah yang mulanya aku kagak ngerti, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2, Mak. Kita sama2 berbagi ya :)

      Hapus
  38. Tetap semangat ya!


    Saya dukung masuk 10 besar yaaa... :D

    BalasHapus
  39. menurutku orang" yang suka komen pake nama annonim tuh ngga bertanggungjawab sama apa yang diucapkan mbak. makanya suka sebel kalo ada yg komen pake nama annonim

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, umumnya suka aneh2 komennya kl pk anonim

      Hapus
  40. Mak Myra emak blogger yang aktif. Tulisan-tulisanmu memang "sesuatu", Mak. Tetap semangat!

    BalasHapus
  41. Salut, Mak Myraaa :) Good luck yaa

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge