Selasa, 16 April 2013

Antre Doong..

Siang itu kami bertiga (Chi, Keke dan Nai) lagi ke minimarket. Lumayan rame minimarket saat itu sampe mau bayar aja harus antri lumayan panjang..

Waktu lagi antre, Chi liat ada 2 anak remaja putri (salah satunya masih pake seragam SMA) nunjukkin gelagat kalo mereka gak mau antre. Sementara semua orang antre, 2 remaja itu berdiri di luar antrean dekat kasir.

Ibu di depan Chi lagi di hitung belanjaannya, Chi liat 2 anak ini menaruh belanjaannya di meja kasir sementara mereka berdua berdiri disamping Chi

Feeling Chi, setelah ibu di depan selesai bertransaksi, 2 anak ini akan menyelak antrean. Hati pun mulai rada-rada mangkel. Berpikir kalimat apa yang pas supaya gak keliatan kesel (karena gak enak di liat sama Keke dan Nai) tapi tetep keliatan 'nonjok' buat 2 anak ini

Feeling Chi pun benar ...

"Yang ini dulu mas" kata salah seorang dari mereka..

Chi    : "Maaf ya, kayaknya saya dulu deh.. Kan saya antri di belakang ibu tadi"
Remaja SMA :"Tapi belanjaan saya cuma sedikit bu"
Chi    : "Oh gak ada alasan.. Mau belanja sedikit mau banyak tetep harus antre. Adek pake baju sekolah berarti di sekolah pernah di ajarin tentang antre kan? Kalo belom coba buka lagi buku pelajarannya"

2 anak itu pun akhirnya mengalah.. Sebetulnya Chi agak menyayangkan juga sikap pegawai minimarket yang selalu berdiri di samping si kasir. Si pegawai sempet mau melayani 2 anak remaja ini kalo aja Chi gak protes. Kalo belanja di dept. store, setau Chi customer yang tidak antre tidak akan di layani dan minta kita ngantri.

Ketika di mobil..

Bunda : "Belajar antre aja kok gak mau."
Keke   : "Emang kenapa, Bun?"
Bunda : "Mereka gak mau antre."
Keke   : "Emang antre itu harus ya.."
Bunda : "Harus dong kan itu belajar tata tertib"
Keke   : "Tapi kan tadi dia bilang kalo belanjaannya cuma sedikit.. Kok bunda gak kasih?"
Bunda : "Belanja banyak atau sedikit gak bisa di jadiin alasan Ke. Kan bukan sesuatu yang penting banget. Kalo kita kasih kesempatan ke mereka yang belanja sedikit, nanti yang belanja sedikit lainnya akan menuntut hal yang sama. Lama-lama yang di layanin yang cuma belanja sedikit. Padahal belanja banyak atau sedikit haknya itu sama. Kecuali karena alasan yang mendesak.. Sesuatu yang sangat penting yang memang harus diduluin. Misalnya karena sakit. Boleh kita duluin mereka. Tapi kalo gak ada alasan penting ya janganlah.."
Keke   : "Oh gitu ya Bun.."
Bunda : "Pokoknya anak-anak bunda jangan sampe kayak gitu. Jangan sampe karena kita gak mau antre trus kita di tegur orang. Mending kalo cuma di tegur baik-baik, kalo di labrak orang gimana?"

Hati Chi yang tadi mangkel ngeliat 2 anak remaja gak mau antri berganti jadi bersyukur. Setidaknya anak-anak Chi belajar tentang tata tertib antri secara langsung..

post signature

48 komentar:

  1. heumm,palling benci yang kayak gini..kl saya sih liatin terus....terus bilang,mbk/mas ngantri dong... ^_^


    **lempar bakiak yang beginian :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk awas salah sasaran bakiaknya :)

      Hapus
  2. Nah tuh Keke dengerin Bunda ya.. harap antri !

    tapi enggak ada antri kan Nai buat pisang goreng yang udah terhidang di meja hehehe

    BalasHapus
  3. wah mba myra aku juga paling sebel sama org yg ga mau antri, pernah pas ngantri beli tiket kereta aku negur bapak2 yg nyerobot antrianku eh malah dia jawab gini.
    " ya ampun mbaa, gitu aja kok repot sih, kan ngga gara2 saya ga ngantri mbanya mati kan?. haduh pengen nabok tuh bapak :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalo sy sih bakal jawab tuh Mbak "Repot sih enggak, cuma kasian aja ngeliat Bapak yg ternyata gak punya etika" :D

      Hapus
  4. Iya Chiiii.. aku juga sempet ngotot-ngototan gitu sama bapak-bapak yang nyelak antrean dengan alesan dia cuma beli rokok, udah gitu si kasirnya malah belain bapak itu dengan bilang, "Soalnya dia sering belanja di sini, Bu." Padahal aku juga sering, malah aku belanja bulanan di situ, dia rokok doang *mulai itung-itungan*
    Sejak itu, aku ganti mini market. Biar deh agak jauh, yang penting gk di situ.
    Kalaupun Chi ngebolehin anak-anak itu nyelak, berarti Chi berlaku gk adil sama orang-orang yang antre di belakang Chi. Udah bener kok tindakannya ;)
    Keke dan Nai insya Alloh nanti jadi anak yang tertib antre, kok ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tuh kan kasir juga nyebelin bgt ya. Setuju, Mbak. Saya juga mendingan milih pindah, deh

      Hapus
  5. aq pernah diselak antriannya..tapi gak berani negur soalnya yg ngerebut antriannya bapak2 serem beli bir kemasan gitu (sebel, kenapa di minimarket gitu jualan bir ya?huh..), takut kenapa2 pulangnya soalnya minimarketnya agak jauh dari rumah dan pas cuma berduaan sama anakku yg masih 1,5 thn..jalan kaki pula waktu itu,,haha,,parno amat ya.. tapi emang mangkelnya setengah mati itu mbak..huh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkw, apalagi ngeri juga ya, Mak :D

      Hapus
  6. Hihihihi nyebelin ya emang mbak,
    pernah aku lagi antri keluar imigrasi, ada ibu-ibu bilang ke depannya minta duluan alasannya kebelet pipis,
    padahal sebelum loket juga ada toilet :(
    Gemesssssss~

    BalasHapus
  7. Wuih benar banget tu mba, sepertinya mereka yang suka motong antrian itu ga dididik dari rumah bukan dari sekolah aja :D
    Dhe pernah juga gitu, tapi langsung Dhe tegur :D, teringat banget kata2 Dhe ntah buat dia marah atau tidak yang pasti dia cuma tersenyum sambil minggir "mas maaf ya, budayakan antri :D"

    BalasHapus
  8. Memang ngeselin, kalau yang lain khusyk antre, tapi dengan santainya ada yang nyerobot.

    Memang perlu ditergur, kalau kejadiannya seperti di atas. Biar gak tuman. ..

    BalasHapus
  9. Mbak Myr, aku sdh daftar di list GA, tapi kok namaku hilang ya..Duh, tolong liatin..;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada kok, Mbak. Udah terdaftar :)

      Hapus
  10. aku juga gak segan protes kalau ada yang tidak antri apalagi kalau giliranku yang diserobot. Lebih suka kalau kasirnya juga tahu mana yang lebih dulu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pokoknya hrs ditegur ya, Lid :)

      Hapus
  11. Waaa, mbak Myr, aku juga tukang protes kalo diselak! Untung ada anak2 ya, mbak, sekalian ajarin mereka juga pentingnya antri. Hebring, mbak Myr! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. keenakan mereka kl gak ditegur, ya

      Hapus
  12. Pelajaran memang bisa didapat darimana saja ya mbak... Buktinya, di Supermarket ataupun minimarket anak2 bisa belajar tentang pentingnya budaya antri.
    Semoga Nai dan Keke bisa antre dg tertib.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin. Semoga anaknya mbak juga selalu ikut budaya antre, ya :)

      Hapus
  13. Untung aja mbak tegas mengingatkan anak2 itu utk mau ngantre. Aku sendiri juga paling sebel kalau ada yang suka main serobot antrian kayak gitu. Harusnya juga yang gak mau ngantri gak usah dilayanin.
    *ikutan sewot*

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu dia, udah sebel mau diserobot, kasirnya juga gak nolong sama sekali

      Hapus
  14. untung keke sama naima ada disana, jadi bisa belajar langsung. mungkin dua remaja itu nggak pernah diajarin langsung sama mamanya kali yah, bisanya cuma baca doang di buku :)

    BalasHapus
  15. Sy pernah ngalami ini jg Chi, di salah satu dept. Store... Ibu2. Bulan puasa. Deket lebaran. Haduh... Sy tegur, "bu kan sy di belakang ini (yg antri)", tp ibu itu cuma ngelirik gak peduli... Bayangkan Chi.... Jengkel bgt... Padahal lg puasa.... Hihihi... Kayaknya klo lg puasa mendingan gak belanja... Hahahaha...

    Tp klo di minimarket blm pernah kejadian sih, kasirnya pasti ngeduluin yg udah antri drpd yg nyelak... So far sih gtu... Entah bsk jk dikasih penguji kesabaran kayak Chi.. Hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ternyata di dept store juga ada y yg kyk gitu. Wah apalagi bulan puasa ya. Rasanya pengen gimaanaa gitu :D

      Hapus
  16. emang paling sebel kalo diselak begitu...
    Saya termasuk orang suka negur kalo diselak, apalagi kalo antri di loket karcis KRL :)

    BalasHapus
  17. bettul nyebelin banget emang bun, seharusnya peran kasir juga harus lebih tegas, jangan layani yang nyerobot antrian.... etapi alhamdulillah ada hikmahnya buat pembelajaran keke dan Naima ya

    BalasHapus
  18. duh...masih bocah udh ga mau ngantri begitu ya mba? aku sering nemuin yg seperti itu biasanya buibu *ups* hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. tp sy gak termausk loh, Ron walopun ibu2 :D

      Hapus
  19. iihhh paling males deh gitu.

    Aku pernah tuh diselak ama ibu2.

    Males banget deh, pas aku tegur jawabnya, "saya beli satu aja kok mbak"..

    "Laa sama buuu aku jugaaa"

    Tapi yang mbetein lagi tuh ya kasirnya. kok ya melayani gitu, padahal jelas-jelas dia nyelak gitu.. *guling-guling kesel hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaa.. kl sy kayaknya udah panas tingkat tinggi *malah ngomporin :D

      Hapus
  20. Kadang kasirnya juga mau ngelayanin jadi kebiasaan juga ya mba ke merekanya.

    Kalau di sini mba, kadang kalau di depanku liat aku belanjanya dikit suka dikasih duluan maju. Tapi emang sih harus dari "kesepakatan" kedua belah pihak gitu deh. Atau kadang kalau memang buru2, aku suka nyolek yang di depan minta ijin boleh duluan ato ga. Seringnya sih dikasih.. hihihi.. Setidaknya kan udah nanya dulu yaaah.. :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo udah ada kesepakatan sih enak ya Mbak :D

      Hapus
  21. Wah, kalo saya lagi jualan memang kadang banyak yang minta dilayani duluan. Tapi yang duluan datang itu yang di layani duluan juga. Soalnya saya juga paling nggak suka yang namanya diserobot.
    Meski ujung2nya kadang yang minta dilayani duluan itu langsung pulang nggak jadi beli.. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. sedih juga ya mbak, kl kyk gitu. Tp hal2 yg gak bener gak boleh juga kita biarkan ya :)

      Hapus
  22. Yup, aku juga pernah seperti itu, bukan di tempat belanja...tapi ngantri beli makan, sama antriannya juga miring-miring getu, trus ibu tadi udah mo ngomong saja ke embak pelayan *aku cletukin saja... "Bu, saya duluan..." eh si ibu tadi memang mau mengalah tapi nadanya, enggak enak "Ya sudah situ" Lho?

    BalasHapus
  23. aku jg suka negur klo ada yg ga sopan ga mau antree gt (ga liat tua ato muda) suka gemes jg liat kasirnya yg malah mau nerima begitu aja.

    BalasHapus
  24. Kalo sama saya udah kena labrak tuh dua anak mba Myra. Njenengan sabar dan bisa teratur banget ngomognya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya dlm hati udah mendidih cuma gak enak aja ada anak2 hehe

      Hapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge