Rabu, 13 Juni 2012

UAS? (Gak) Deg-Degan Tuuuhhh...

Huaaaaa..... Untuk para ibu-ibu jangan buru-buru ngegetok Chi ya cuma gara-gara judul di postingan ini yang kayaknya sok bener. Hihihi... Mumpung masih musim UAS & sebentar lagi mulai terima raport kenaikan, Chi mau cerita sedikit tentang pengalaman Chi menghadapi UAS ya..

O'ya sebelumnya kita kembali ke kurang lebih 2 tahun yang lalu.. Pokoknya saat itu Keke itu masih di TK B, udah lulus sih & lagi menikmati liburan panjang sebelum menjadi anak SD.. Ceritanya waktu itu ada temen Chi yang anaknya udah SD..

Temen Chi : "Kemaren anak gue terima raport dapet ranking 2 ternyata ada ibu-ibu yang protes gak terima anak gue rankingnya lebih bagus dari anaknya dia"

Chi : "Kok bisa itu ibu protes?"
Temen Chi : "Si ibu merasa pas UAS nilai anaknya bagus semua. Sementara anak gue pas UAS kan nilai-nilainya biasa aja"
Chi : "Ooooo..."
Temen Chi : "Padahal udah di jelasin sama wali kelas kalo nilai yang tercantum di raport itu gak cuma nilai UAS. Tapi gabungan dari nilai-nilai latihan, ulagan harian, UTS sama UAS. Pas UAS nilai anak gue emang biasa aja, tapi untuk nilai-nilai ulangan harian anak gue kata gurunya bagus-bagus.. Sementara anaknya si ibu itu kebalikannya. Anaknya cuma bagus pas UAS aja.. Tapi itu ibu tetep gak mau ngerti.. Wali kelasnya anak gue sampe gak enak hati & minta maaf sama gue.. Ah gue sih nyantai aja.. Buat gue yang penting nilai-nilai raportnya, sepadan gak sama usahanya dia selama ini.. Masalah ranking sih terserah aja.."

Setelah kemudian Keke masuk SD, Chi juga semakin tau kalo nilai-nilai raport itu memang terdiri dari gabungan beberapa nilai. Jadi gak hanya nilai UAS aja (Anaknya temen Chi & Keke ini beda sekolah..)

Beruntung Keke sekolah di sekolah yang menurut cukup rapi materi-materinya.. Komunikasi materi-materinya ke orang tua cukup jelas..


Hasil-hasil latihan & ulangan harian di kumpulkan di satu map khusus


Salah satu soal ulangan harian


1 jilid kumpulan soal-soal untuk menghadapi UAS

Sebulan sekali ada yang namanya "Pekan Ulangan". Sama seperti ketika UTS & UAS, setiap pekan ulangan pun para siswa di beri jadwal ulangan beserta batasan materi-materi yang akan di uji.. Jadi memudahkan kami para orang tua untuk mengajarkan anak-anak.. Apalagi biasanya menjelang pekan ulangan suka ada latihan-latihan di sekolah yang hasilnya di kembalikan ke para siswa, jadi orang tua bisa melihat hasil latihan anaknya bagus atau enggak.. Bisa jadi ukuran untuk menghadapi pekan ulangan juga..

Sampe Keke kelas 2 ini materi-materi yang masuk pekan ulangan tiap mata pelajaran gak terlalu banyak.. Kalo dalam 1 bab mata pelajaran materinya banyak biasanya di pecah jadi beberapa kali pekan ulangan..

Biasanya pekan ulangan ada di minggu terakhir setiap bulannya.. Jadi agak memudahkan juga, selain ada jadwal yang jelas trus kalo kita mau ngajak anak jalan-jalan kan biasanya lebih mudah atur waktunya.. Akhir bulan biasanya cari kegiatan yang santai-santai karena mau masuk pekan ulangan jadi kondisi anak di jaga biar gak terlalu capek :)

Semua hasil latihan, ulangan harian, UTS & UAS selalu di berikan ke para siswa.. Biasanya hasil-hasil itu Chi kumpulkan di satu map.. Di bagi berdasarkan masing-masing pelajaran. Buat Chi hal-hal seperti ini sangat membantu banget.. Ketika Keke menghadapi UTS & UAS, Chi jarang buka buku pelajaran. Selama ini dengan membuka kumpulan hasil-hasil ulangan itu udah sangat cukup untuk Chi.. Selain itu menjelang UAS, sekolah biasanya memberi 1 jilid kumpulan soal-soal yang biasanya keluar menjelang UAS

2 minggu menjelang UTS atau UAS biasanya Chi melakukan ini :
  1. Mereview kembali seluruh hasil ulangan.. Dari semua mata pelajaran, di cari mata pelajaran mana yang sekarang ini Keke lagi lemah & mata pelajaran mana yang Keke lagi kuat..
  2. Setelah ketemu mata pelajaran yang paling lemah (membutuhkan perhatian lebih), mulai mencari dari mata pelajaran itu bagian mana yang si anak butuh perhatian.. 
  3. Mulai membuat soal-soal latihan untuk materi pelajaran yang memang lagi menuntut perhatian lebih.. Soal-soal bisa diambil dari kumpulan soal-soal ulangan dari sekolah atau di buat sendiri.. Kombinasi dari keduanya juga boleh.. Latih setiap hari & catat progressnya
Contoh untuk saat ini, Chi perhatiin akhir-akhir Keke lagi agak lemah di mata pelajaran math. Materi yang paling lemah di math adalah soal cerita & penjumlahan berganda.. Nah akhirnya untuk start awal Chi, fokus utama Chi adalah di math pembahasan tentang soal cerita & penjumlahan berganda.. Chi terus kasih dia soal-soal & cari kira-kira kenapa Keke agak lemah di bagian itu untuk kemudian didiskusiin..

Kalo gitu udah gak deg-degan lagi dong?? Ya masih lah.. Ibu-ibu kayaknya gak asik kalo gak deg-degan ketika anaknya ujian... Hahahha... Lagian kalo di sekolahnya Keke yang namanya UTS & UAS gak boleh remedial (perbaikan nilai). Jadi berapapun nilai yang di dapet, ya udah segitu aja.. Makanya disitu bagian deg-degannya karena gak ada remedial.. Beda dengan ulangan harian, selalu ada remedial kalo nilai ulangannya di bawah nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal)

Hari ini (13/7) hasil-hasil UAS Keke udah di bagiin.. Alhamdulillah hasilnya bagus-bagus semua.. Di atas 9. Termasuk math yang akhir-akhir ini agak menurun, akhirnya dia bisa dapet nilai 9 lagi (tepatnya 91)

Dan seperti yang Chi tulis di paragraf awal, kalo nilai raport kan berdasarkan gabungan berbagai macam nilai.. Jadi dengan kita tau semua hasil ulangan Keke selama ini paling gak Chi bisa sedikit menebak-nebak lah hasil raportnya nanti gimana..Jadi gak akan kaget-kaget banget kayaknya.. Semoga... :D

O'ya semua hasil ulangan Keke dari kelas 1 pun masih Chi simpen sampe sekarang.. Chi berharap semoga bisa membantu adeknya belajar dari soal-soal ulangan Keke waktu kelas 1 dulu..

Oke, untuk yang masih UAS selamat menjalankan UAS & buat yang udah terima raport selamat menikmati libur panjang.. Kalo Keke udah selesai UASnya sekarang lagi menikmati class meeting, jadi pulangnya tetep cepet.. Terima raportnya masih minggu depan ^^

post signature

30 komentar:

  1. huaa...kamu emang super mommy chiiii...telaten banget ngumpulin ulangan2nya keke...emg membantu banget itu soal2 latihannya...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngebantu banget deh.. makanya biar suka ada males2nya tp tetep sy kumpulin ^^

      Hapus
  2. Keke hebat uy, nilai UAS-ya bagus2 semua ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah mbak.. Semoga aa ujan juga bagus ya nilai2nya :)

      Hapus
  3. Makasih ya mbak sharing ilmunyaaa... Berguna banget klo Little Bee udah sekolah. Mdh2an Keke dan Nai nilainya selalu bagus-bagus yaaaa ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin.. semoga bee setelah sklh nanti nilainya bagus2 juga ya :)

      Hapus
  4. bunda telaten sekali ya mendokumentasi ulangan anak2, saluut deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. biar kalo mau ujian gak grabak-grubuk.. :D

      Hapus
  5. Selamat ya Ke, nilainya bagus semua

    BalasHapus
  6. fufufuu..sekolah sekarang...ortu harus super aktif juga ya Mbak. Dan tentunya gak boleh gaptek...salut neh buat sang Mama yg super care..

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi sklh jaman skrg, kayaknya kita gak bisa cuma diem aja.. Anak2 skrg juga kritis2..

      Hapus
  7. Keke pinter.. dan sepertinya kurikulum di sekolahnya cukup membantu juga ya... Tetap dipertahankan yaaa Ke...

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah di sklhnya keke cukup rapi & tertib kurkulumnya :)

      Hapus
  8. Ulasannya bagus mba, tp ngomongin si ibu yg protes itu, apa dulu dia gak sekolah ya? makanya protes2 nilai begitu? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihiih... kalo itu sy gak tau :D

      Hapus
  9. waah sama tuh sekolah anak2 de juga hasil pekerjaan anak setahun ditaruh binder besar gitu juga. Jadi kalo ambil raport ke sekolah, sekalian bawa pulang binder itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. di sklhnya anak2 sy juga mbak.. Dan sy simpen rapi sp sekarang buat kenang2an kalo mereka gede nanti :)

      Hapus
  10. Memang kurikulum sekolah sekarang jauh beda dengan jaman kita kecil dulu ya... ortu pun harus lebih aktif dalam memantaunya ya.. Selamat menikmati pulang cepat ya Keke... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup.. kalo gak gitu kita bakalan tambah keblinger ^^

      Hapus
  11. Nilai keke bagus, karena dibelakangnye ada orang hebat siapa lagi kalo bukan sang bunda tercinta yg bantu dengan tenaga dan doa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. *celingak-celinguk* siapa ya yg di blkg Keke? Hahahha... Thx ya Nay :)

      Hapus
  12. Heheee, jadi ortu yang anaknya udah sekolah ,banyak dedg2 annya ya bun. Nanti saya deg2 an kalau Dita mau masuk SD nih...2 tahun lagiii :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mulai di antisipasi bun.. Heheh..

      Hapus
  13. Baru UAS ya mak....kmrin anakku UN...wuihhh dag dig dug derrrr....ini masih deg2an nunggu hasilnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah semoga hasilnya memuaskan ya.. Kalo UN sih kayaknya sih sy juga bakal deg2an bgt :)

      Hapus
  14. Wawww cool... ampe direview segala nilai ujiannya mbak :D
    Dulu aku SD, ibuku mana peduli ama nilaiku hihi~

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kl skrg bisa kelimpungan saya kl gak di review gitu.. beben pelajaran anak skrg lebih berat kayaknya dr jaman kita dulu :)

      Hapus
  15. emak yang TOP ini :D
    di sekolah ku jg gitu,semua hasil ulangan mingguan dimasukkan ke map pas mau ujian diberikan ke anak2 buat belajar,sukses untuk kenai ^^

    BalasHapus
  16. mantab, Chi...

    Semoga Arfan kelak bisa seperti Kaka Keke dan Nai pintar.. ^^

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge