Suami Hobi Main Game

By Keke Naima - June 08, 2024

Punya suami hobi main game itu bermasalah gak, sih?

Suami Hobi Main Game

Beberapa kali Chi lihat di berbagai medsos tentang curhatan istri yang katanya suaminya hobi ngegame. Sampai istrinya dicuekin. Bahkan ada juga beberapa yang sampai bercerai. Jadi mikir, apakah suami yang hobi main game se-red flag itu?

Menurut Chi, belum tentu bermasalah. Karena Chi juga seneng ngegame. Etapi, sebetulnya bukan hanya karena sama-sama suka ngegame alasannya hehehe.


main game sesuai usia
Atas: Nintendo Switch. Anak-anak lebih cocok sama konsol ini
Bawah: PlayStation 5


Oke, sedikit cerita dulu. Chi memang suka ngegame. Orangtua Chi gak pernah melarang anak-anaknya ngegame, malah memfasilitasi dengan membelikan berbagai konsol. Bukan berarti beli sekaligus, ya. Tapi, setiap ada konsol keluaran terbaru, terutama PlayStation, biasanya dibeliin. Setelah gede dan punya penghasilan sendiri baru pada beli sendiri hehehe.

Ketemu K'Aie yang ternyata juga suka main game. Ya udah jadinya kami sering ngegame bareng daripada jalan-jalan. Punya hobi yang sama, bukan berarti gak akan menimbulkan permasalah seperti di atas. Sekarang sampai mana sih batasannya hingga kemudian timbul masalah?


Tetapkan Aturan dan Batasan


tetapkan aturan dan batasan saat main game

Meskipun sama-sama hobi main game bukan berarti tanpa aturan dan batasan. Kalau Chi perhatiin, masalah terjadi karena kemungkinan besar tidak ada 2 hal tersebut. Misalnya istri merasa sendirian mengurus anak, sedangkan suami asyik ngegame. Begitupun ketika di kamar. Istri berharap punya waktu untuk pillow talk. Tapi, suaminya tetap aja fokus ngegame. 

"Suami kan capek kerja. Jadi, wajar sampai rumah bersantai dengan ngegame."

Iya, kerja tuh capek. Tapi, istri juga pasti capek dengan aktivitasnya. Menurut Chi, gak perlu juga membanding-bandingkan siapa yang paling capek. Malah jadinya ribut. Lebih baik berdiskusi tentang memberikan aturan dan batasan. 

game bikin candu

Bermain game juga memang bener berpotensi bikin candu. Makanya, apapun alasannya, tetap harus ada aturan dan batasan. Jangan hanya ke anak aja yang diperlakukan aturan. Justru anak akan mencontoh dari orangtua.

Kapan suami boleh main game dan berapa lama durasinya? Kapan waktu berduaan dengan istri? Setelah punya anak tentu akan ada lagi aturan-aturan tambahan. Memang sebaiknya jangan biarkan istri yang mengurus sendiri. Punya anak kan tanggungjawab berdua.

Kami yang sama-sama suka ngegame pun memberikan aturan dan batasan tersebut. Tetap pengen ada waktu berdua. Meskipun Chi ibu rumah tangga, K'Aie juga ikut bantu mengurus anak setelah pulang kerja.
 
Nah, ini juga harus jadi bahan introspeksi. Bisa jadi kita menuduh suami terlalu hobi main game. Padahal istri juga kalau lagi beraktivitas dengan hobinya suka lupa waktu. Daripada saling salah-salahan siapa yang paling kebablasan, mending saling introspeksi.


Melakukan Hobi di Waktu yang Sama


family time dengan main game


Karena kami sama-sama suka ngegame, tentu sering main bareng. Termasuk juga sama anak-anak. Jadi semacam family time yang seru. Tentu gamenya disesuaikan, ya. Kalau lagi sama anak, main game yang sesuai usia anak.

Tetapi, ada kalanya kami juga melakukan hobi masing-masing. Selain ngegame, K'Aie suka main RC car. Ketika K'Aie lagi utak-atik mainan, Chi melakukan hobi lainnya, misalnya nonton serial favorit. Seringkali Chi merasa komunikasi kami justru semakin lancar kalau sambil menikmati hobi.
 
Kalau pun gak memungkinkan dilakukan di waku yang sama, setidaknya ada saling pengertian. Kalau suami punya hobi, berarti istri juga boleh. Nah, setelah itu atur juga waktu untuk hal lainnya, termasuk juga kewajiban mengurus anak.


Jangan Egois dalam Keuangan


fasilitas game konsol
Fasilitas pendukung PS5. Gak harus punya. Tapi, kalau udah suka banget ngegame, kemungkinan bakal dibeli.


Terkadang kalau udah hobi, ngeluarin uang jadi ringan banget. Jadi lebih royal. Trus, merasa gak masalah karena kebutuhan keluarga kan udah terpenuhi. Padahal belum tentu juga, lho.

Iya, kebutuhan keluarga memang terpenuhi. Tapi, istri kan juga punya hobi. Boleh lah difasilitasi juga. Chi sih terang-terangan meminta ke K'Aie. Nominalnya gak harus sama. Tapi, setidaknya kebutuhan hobi sama-sama terpenuhi. Kan, gak cuma K'Aie yang punya hobi hehehe.
 
Dan kalau bahas dari sisi keuangan, jangan pernah ngegame untuk berjudi. Sekarang marak banget tuh bungkusnya game online, padahal sebetulnya judi. Jauh-jauhin deh ya dari yang seperti itu. Meskipun alasannya sekadar coba-coba. Kalau itu gak bisa ditolerir.

Kesimpulannya, menurut Chi permasalahannya ada di ketidakseimbangan. Bayangin seharian udah sibuk dengan aktivitas masing-masing. Istri kangen sama suami. Tapi, begitu suami sampai rumah malah asik dengan gamenya. Gak sedikit pun menyisakan waktu untuk istri dan anak. Suami kalau untuk hobinya bisa jor-joran banget. Sedangkan ke istri dan anak sangat perhitungan.

Nah, yang begitu biasanya suka jadi ribut. Kalau gak segera diselesaikan, bisa beujung ke perceraian. Naudzubillah.

Chi rasa kalau ada diskusi dan kesepakatan yang baik, masalah pun bisa diminimalisir. Jangan enak hanya untuk diri sendiri. Jadi suami hobi main game tidak selalu berarti red flag.

  • Share:

You Might Also Like

41 comments

  1. Hal yang terpenting adalah komunikasi yang terbuka, jujur, dan saling menghormati antar pasangan. Dengan kesukaan dan hobi yang sama, kakak dan suami dapat menemukan keseimbangan antara hobi dan tanggung jawab dalam pernikahan.
    YAng penting saling berkomunikasi dengan baik yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! Permasalahan sering terjadi biasanya bukan karena main gamenya. Tapi, waktu bermainnya yang kebablasan. Ya intinya berlebihan aja.

      Delete
  2. Kalau sama sama suka malah udah kayak bestie ya, main game memang perlu sih, selain memang buat ngefun, tapi ya game tuh memang menyenangkan, etapi nggak sampe lupa waktu dan mandi kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kalau sampai lupa waktu dan lupa segalanya berarti udah kebablasan. Kayak gitu yang biasanya suka jadi masalah ehhehe

      Delete
  3. Wah seru banget sih kak punya hobi yang sama dengan suami ngegame bareng. Anak-anak juga suka ngegame. Daripada saling membandingkan siapa yang paling capek, mending buat aturan dan batasan ya. Kalau dipikir-pikir karena hobinya sama alih-alih berantem justru malah jadi quality time ya. Menurutku sendiri nggak masalah sih suami suka ngegame, hehe. Asal ada komunikasi aja ya.

    ReplyDelete
  4. Wah, sudah sama-sama suka game nampaknya lebih asyik ya. Kadang lupa waktu saat bermain game. Memang perlu orang lain mengingatkan dalam batasan sesuai kesepakatan.

    ReplyDelete
  5. Main Games merupakan salah satu kebutuhan pria pada umumnya untuk menghilangjkan rasa stress

    ReplyDelete
  6. Selama tidak lupa waktu dan merugikan yang lain tak mengapa la, jika setelah ngegame bawaannya jadi hepi dan tetap bisa mengambil peran dalam rumah tangga ga masalah sih menurutku, selama semua bisa dikomunikasikan dengan baik, tak mengapa la

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju kak.
      Kalau udah lupa waktu, seperti waktu solat, waktu makan, waktu tidur de el el jadinya malah membahayakan ya

      Delete
  7. Nah saya setuju nih. Kalau menurut saya lebih ke komunikasi dan saling mengerti aja. Harus ada rasa sungkan kalau kita terlalu asik main game, orang di sekitar kita gimana. Sudah ngelakuin kewajiban dan tanggung jawab kita belum, dan hal-hal mendasar lainnya. Sisanya komunikasi dan kasih pengertian dengan diskusi yang baik dan saling pengertian. Paling enak sih kalau sama-sama hobi nge-game dan jenis game yang dimainin sama. Apalagi bisa jadi lawan sparing main FIFA (misalnya). Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang sepenting itu ya komunikasi dalam keluarga. Coba bayangkan kalau komunikasinya ga lancar, yang ada bakal perang dunia ke-3 gegara suami hobi maen game

      Delete
  8. Duh yang marak kini ngegame untuk berjudi, bungkusnya game online, padahal sebetulnya judi, akhirnya ambyar keuangan keluarga hiks
    Setuju mesti ada diskusi dan kesepakatan sehingga bakal terhindar dari ketidakseimbangan, boleh ngegame asal tahu waktu dan ingat kewajiban lainnya.
    Kalau suami saya sih ngegame dan lengkap konsolnya pas awal nikah dulu saja. Sekarang paling main game di HP, konsol juga buat anak-anak aja itupun dah tahunan ga update, main game-nya di laptop.

    ReplyDelete
  9. Kalau main gamesnya di waktu yang bersamaan, apalagi semisal jadi tim dalam games tersebut malah jadinya asi ya kak, sekaligus menambah kerekatan dalam hubungan

    ReplyDelete
  10. nah ini nasibku sebagai satu-satunya perempuan di keluarga kecil ini yang membernya belum juga nambah plus tidak begitu suka main games, anak dan suamiku hobi main games terutama d PS, wiken pasti mereka main sampai sore sih biasanya

    ReplyDelete
  11. Sebenarnya memang unik sih hobi ngegame ini. Satu sisi kita pribadi kalau lagi pengen seru-seruan ya nge-game. Tapi ya itu asal jangan sampai melalaikan kewajiban. Setuju semuanya ada plus minus tergantung life balancenya hihi

    ReplyDelete
  12. Kalau di rumahku semua hobi game, wakakakakaa... Tapi memang untuk hobi yang satu ini sudah melalui persetujuan dan biasanya gak terlalu over juga main game atau jajan perlengkapan gamenya. Apalagi anakku laki-laki juga jadi alasannya jadi bonding bersama si kecil diwaktu libur.

    ReplyDelete
  13. Aku juga agak suka game. Buat hiburan sih. Hehe. Asalkan ngerti waktu aja, kapan kerja, kapan maen, dan kapan waktu untuk keluarga (supadilah/Padil)

    ReplyDelete
  14. Aku gak suka main game. Untungnya punya anak cowok, jadi suamiku punya tandem buat main game bareng sama anak hehe. Selama tidak sampai lupa waktu dan mengabaikan kewajiban lainnya, gpp deh sesekali main game

    ReplyDelete
  15. Dulu, sebelum punya anak, aku dan suami sering main game di handphone. Dulu mainnya candy crush aja sih. Tapi setelah punya anak, kami uninstal semua game. Jadilah hape cuma buat komunikasi dan kerja.

    ReplyDelete
  16. Suami nge-game bebasin saja kak, suamiku juga gitu. Kasihan seharian kerja buat kita kan wkwkw. Btw saya juga suka nge-game, saking sukanya sampai cidera tangan saya kelamaan nge-game wkwkwk setelah itu tobat nggak nge-game lagi

    ReplyDelete
  17. Suami juga suka game, sedangkan saya sama sekali tidak. Awal menikah masih suka nge game di komputer, terkadang di HP. Tapi seiring berjalannya waktu, beliau bisa mengatur sendiri durasi waktunya jadi saya gak harus protes-protes 😁.

    ReplyDelete
  18. Yang paling utama itu adalah komunikasi, ya, dalam keluarga. Semisal masalah per-game-an pun jika dikomunikasikan dengan kepala dingin dan pemikiran yang terbuka dari kedua belah pihak, insyaAllah akan menemukan jalan solusinya

    ReplyDelete
  19. Setuju banget nih yg penting komunikasi lancar. Selama kewajiban sudah dijalankan dengan naik dan ga ada komplain dari anak istri ya boleh2 aja. Mungkin emang me time nya beliau ya main game ya mbak

    ReplyDelete
  20. Hobi main game itu gak salah, yang salah itu kalau lupa waktu. Jadi, memang harus punya batasan kapan waktu main dan kapan selesainya, ya.

    ReplyDelete
  21. Diskusi dan kesepakatan soal banyak hal dalam pernikahan itu emang penting banget. Menurutku, masing-masing malah harus punya hobi. Jadi kalau si suami lagi sibuk, ya istri tetap punya kesenangan dan sebaliknya

    ReplyDelete
  22. ain game boleh asal pas waktunya sih balance dengan waktu untuk keluarga, kerja dan main game. Yang cerai itu mungkin ketagihan game judi online, udah ga ngasih waktu, ga ngasih duit kekeluarga malah nambah utang..., adasih yang gitu

    ReplyDelete
  23. Seneng deh klo pasangan bisa ngertiin hobi kita, malah bisa lebih nyaman ya komunikasi nya

    ReplyDelete
  24. Gak papa main game asal bisa bagi waktu. Tau dirilah pokoknya. Kadang ada memang yang gak tau waktu kalo dah main.

    ReplyDelete
  25. Iya, pernah denger artis yang cerai karena suami hobby main game. Suamiku gak hobby main game, hobby nonton bola, klo lagi nonton gak bisa diganggu wkwkkw. Alhamdullilah bola gada setiap hari

    ReplyDelete
  26. Suamiku juga suka banget main game, terutama PS. Untungnya, dia nggak sendiri mainny, jadi sekalian ada pengingat waktunya. Apalagi kalau mainnya sama anak2nya

    ReplyDelete
  27. Mantep banget, ka Chiee..
    Konsol gamesnya lengkap bangettt..

    Aku juga gak pernah larang suami buat ngelakuin hobinya.
    Kalau butuh dana yang besar, ya kudu nabung dan bersabar dulu.
    Soalnya suami juga kasih aku ruang dan waktu buat ngejalanin hobiku. Hihihi.. jadi kami gak saling interrupt.

    ReplyDelete
  28. Bermasalah kalau dia lupa cari nafkah
    Tidak mau bantu urus anak
    Bahkan marah kalau diminta tolong
    Itu masalah banget

    ReplyDelete
  29. Setuju nih. Yang namanya hobi tuh nggak bisa diganggu gugat. Kembali lagi ke diri kita, kalo mau hobinya dilarang-larang ya monggo ngelarang. Kuncinya di komunikasi aja sih, dan kesadaran diri masing-masing. Asal enggak merugikan. :)

    ReplyDelete
  30. Bermain game boleh saja ,asalkan semuanya dalam batas kewajaran dan masih masuk koridor sebagai kesenangan dan hobi tapi tidak mengganggu pekerjaan apalagi hidup berumah tangga hehehe. Harus bisa jadi role model buat anak juga sih ya

    ReplyDelete
  31. nah setuju kak, yg penting kesepakatan dan komunkasi kita. toh emang setip kita butuh hiburan kan, kl dengan ngegame dia jd berperan lebih baik sbg suami dan ayah kenapa tidak?

    ReplyDelete
  32. Waaah seru ya mbak kalau pasangan sefrekuensi. Bisa main game bareng. Hihihi...seru banget. Kalau pak suami kalau capek kerja sukanya nonton drama Turki. Beda-beda emang ya refreshing masing-masing orang.

    ReplyDelete
  33. Harus sama-sama mengerti kebutuhan masing-masing ya Mbak. Suami juga harus ngerti istri yang butuh ditemani cerita dan santai bersama suami setelah keduanya menjalankan hobi masing-masing ya. Salut nih bisa kompak gitu, game pun juga jadi family time malah ya karena sama-sama suka bermain game.

    ReplyDelete
  34. Tidak ada yang salah dengan bermain game, asalkan ingat dengan waktu dan tanggung jawabnya. Ya begitulah bun, kadang suami alias bapak bapak ini butuh hiburan buat lepasin stres, dan memang bapak bapak itu sisi anak anaknya lebih gede ketimbang ibu ibu ya.

    ReplyDelete
  35. Kalau bisa main game bareng asyik nih...bisa jadi sarana bonding pasangan suami istri, Selain itu kalau beli konsol jadi ga perlu sembunyi-sembunyi hihihi

    ReplyDelete
  36. Nah iya, aku setuju. Ngegame itu sama aja kaya hobi lainnya, bukan mendadak jadi red flag. Semua hobi pun ada resiko kecanduan makanya perlu self control. Suamiku juga hobi main game, dan aku gak keberatan malah bersyukur :D Jadi kalau aku lagi asik sama hobiku dia gak bengong nungguin aku selesai, hehehe.

    ReplyDelete
  37. tidak masalah sih dengan suami yang suka game, apalagi saya juga suka game meski bukan game yang sama dengan suami sehingga tidak bisa main bareng wkwkwk, akan tetapi betul harus ada batasannya, harus ingat juga kualitas kebersamaan dengan istri dan anak-anak jadi tidak menghabiskan waktu dengan game

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^