Inovasi Teknologi Low Sugar Sekai Rice Cooker, Memasak Nasi Jadi Lebih Sehat

By Keke Naima - April 04, 2024

Almarhum papah mertua mengidap diabetes melitus. Penyakit ini tidak bisa disembuhkan. Tetapi bisa dikontrol sehingga penderitanya tetap bisa hidup sehat dan beraktivitas normal.

inovasi teknologi low sugar sekai rice cooker

Seperti beberapa tahun lalu, Chi hadir di salah satu acara kesehatan yang membahas tentang Diabetes Melitus. Pesertanya yang hadir beragam, tidak hanya blogger. Pada acara tersebut, Chi sempat mengobrol dengan salah seorang ibu dan bapak. Keduanya sudah lansia, tetapi masih terlihat bugar. Gak kelihatan kayak punya diabetes.

Dari hasil obrolan itu, intinya menjaga pola makan sehat adalah kunci. Wajib disiplin untuk hidup sehat. Masalahnya, nih, almarhum papah mertua sulit untuk diajak disiplin. Sampai Chi beberapa kali berpikir, rasanya jarang banget nemuin masalah susah makan ketika Keke dan Nai kecil. Tantangannya justru di mertua. Bener-bener picky eater dan kurang terkontrol konsumsi makannya. Akibatnya kadar gula darah sering gak stabil karena kurang menjalani gaya hidup sehat.

Diabetes Tipe 2 dikenal sebagai penyakit yang disebabkan oleh pola makan tidak sehat dan kelebihan berat badan. Namun ilmuwan Jerman membuktikan lewat tikus percobaan, Diabetes Tipe 2 juga bisa diwariskan secara genetis. Sumber: Kemenkes

Tidak bermaksud mengeluh. Justru kami jadikan pelajaran. Apalagi kalau membaca dari situs Kemenkes tersebut, diabetes juga bisa diwariskan secara genetis. Tentu kami harus semakin berhati-hati terhadap pola makan. Harus tetap menjaga disiplin gaya hidup sehat.


Diabetes Tidak Hanya Karena Faktor Genetik


Faktor genetik bukan hanya penyebab satu-satunya terjadinya diabetes. Gaya hidup sehari-hari bisa sangat mempengaruhi. Beberapa di antaranya adalah:


Pola Makan Buruk

Selain pola makan yang berantakan, gizinya juga gak diperhatikan. Apalagi sekarang banyak banget makanan juga minuman yang tinggu gula dan lemak.


Jarang Berolahraga dan Aktivitas Fisik Lainnya

Mager alias malas gerak kalau istilah zaman sekarang. Bisa juga karena pekerjaan yang menuntut lebih lama duduk di depan laptop. Jadi jarang bergerak apalagi berolahraga.


Tingkat Stress Tinggi

Tingkat stress juga bisa mempengaruhi kadar gula darah. Kadar stress yang meningkat juga meningkatkan gula darah.


Jarang Memeriksa Kadar Gula Darah

Terkadang merasa tubuh baik-baik aja. Padahal jarang cek kesehatan, termasuk memeriksa kadar gula darah. Kemudian, karena merasa sehat malah jadi bablas mengkonsumsi apapun. Padahal dengan rutin cek kesehatan, kita jadi bisa waspada. Semakin berhati-hati dalam memilih asupan untuk tubuh.

 

Mitos atau Fakta Pengidap Diabetes Tidak Boleh Makan Nasi?


mitos fakta nasi putuk diabetes

Banyak yang merasa, orang Indonesia belum makan kalau belum makan nasi. Tapi, bener gak ya kalau nasi putih menyebabkan diabetes? Bahkan katanya pengidap diabetes gak boleh makan nasi. Yuk cek fakta dan mitos berikut.
 
Nasi sebagai sumber karbohidrat memang memiliki dampak pada kadar gula darah seseorang, namun bukanlah penyebab langsung diabetes. Berikut ini adalah klarifikasi mengenai mitos atau fakta tentang nasi sebagai penyebab diabetes:

Mitos: Nasi menyebabkan diabetes.
Fakta: Diabetes mellitus adalah kondisi kompleks yang dipengaruhi oleh berbagai faktor termasuk pola makan, genetika, gaya hidup, dan faktor lingkungan. Mengonsumsi nasi secara berlebihan dan tanpa memperhatikan jenis karbohidrat serta porsi makanan secara umum dapat meningkatkan risiko diabetes. Namun, nasi bukanlah satu-satunya penyebab diabetes.

Mitos: Semua jenis nasi memiliki dampak yang sama terhadap risiko diabetes.
Fakta: Jenis nasi berbeda-beda dalam hal indeks glikemik (GI) dan kandungan serat. Nasi putih memiliki GI yang tinggi, yang berarti dapat meningkatkan gula darah lebih cepat daripada nasi cokelat atau nasi merah. Mengganti nasi putih dengan jenis nasi yang memiliki GI yang lebih rendah dan kandungan serat yang lebih tinggi, seperti nasi merah atau nasi cokelat, dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan mengurangi risiko diabetes.

Mitos: Semua orang yang mengonsumsi nasi secara teratur akan mengembangkan diabetes.
Fakta: Risiko mengembangkan diabetes dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti genetika, tingkat aktivitas fisik, berat badan, dan pola makan keseluruhan, bukan hanya oleh konsumsi nasi saja. Seseorang yang mengonsumsi nasi secara teratur tetapi menjaga pola makan seimbang dan gaya hidup sehat mungkin memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengembangkan diabetes.

Mitos: Menghindari nasi sepenuhnya dapat mencegah diabetes.
Fakta: Menghindari nasi sepenuhnya mungkin tidak perlu dilakukan. Yang lebih penting adalah memperhatikan pola makan keseluruhan, termasuk asupan karbohidrat, lemak, protein, serat, dan nutrisi lainnya. Pola makan yang seimbang dan terdiri dari berbagai jenis makanan merupakan kunci untuk mencegah diabetes dan menjaga kesehatan secara umum.

Jadi, sementara konsumsi nasi dapat memengaruhi kadar gula darah dan risiko diabetes, hal ini tidak bisa disebut sebagai satu-satunya penyebab diabetes. Pola makan secara keseluruhan dan gaya hidup sehat merupakan faktor yang lebih penting dalam mencegah diabetes dan menjaga kesehatan.


Sekai Rice Cooker, Menanak Nasi Menjadi Lebih Sehat dan Hemat Biaya


Sekai Rice Cooker CMW 522 LS Serela
Sekai Rice Cooker CMW 522 LS Serela


Sebetulnya, masih ada beberapa alternatif pengganti nasi. Tapi, memang masih banyak masyarakat kita yang sulit lepas dari nasi. Sebetulnya gak apa-apa asalkan tidak dikonsumsi berlebihan.

Selain membatasi julmah konsumsi, alm papah mertua juga menyantap nasi putih dingin. Karena nasi dingin dianggap memiliki beberapa manfaat bagi pengidap diabetes. Nasi yang sudah didinginkan dianggap lebih mudah dicerna oleh tubuh. Sehingga tidak terjadi lonjakan gula darah.. Jadi, dulu nasi yang sudah matang, harus kami dinginkan dulu khusus untuk alm papah mertua.

Sekarang gak perlu lagi mendinginkan nasi kalau dimasak pakai Sekai Rice Cooker. Inovasi teknologi terbaik di kelasnya, menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia yang ingin memasak nasi menjadi lebih sehat. Ada 2 produk unggulannya yaitu Sekai Rice Cooker CMW 522 LS Serela dan Sekai Rice Cooker CMW 720 LS Serela. Kedua peroduk ini merupakan rice cooker dengan teknologi low sugar pertama di Indonesia.

“Kami dengan bangga menghadirkan inovasi terbaru penanak nasi yang dilengkapi teknologi terbaru low sugar di Indonesia. Sekai Rice Cooker CMW 522 LS Serela dan CMW 720 LS Serela merupakan jajaran produk rice cooker revolusioner kami yang tidak hanya dilengkapi berbagai keunggulan juga dapat membantu Anda dan keluarga hidup lebih sehat. Jajaran rice cooker kami juga didukung dengan garansi pemanas 5 tahun, jasa service seumur hidup dengan pusat servis yang tersebar luas di seluruh Indonesia. Jangan lupa, dapatkan produk-produk Sekai hanya di toko-toko elektronik dan Official Store Sekai di e-commerce kesayangan Anda,” ungkap Kevin Mulyawan, Direktur PT Tripacific Electrindo (SEKAI).

Sekai Rice Cooker CMW 720 LS Serela
Sekai Rice Cooker CMW 720 LS Serela


Teknologi rice cooker low sugar ini dapat mengurangi kadar gula pada nasi hingga 50% dan kalori hingga 46%, dengan cara memisahkan air tajin yang mengandung kadar gula tinggi dari nasi. Sudah mendapatkan sertifikasi KAN dan Qualis untuk teknologi Low Sugar. Sertifikasi ini menunjukan bahwa Sekai Rice Cooker telah melalui pengujian yang ketat dan memenuhi Standar mutu yang tinggi. Nasi yang dihasilkan juga terasa lebih pulen dan lebih lezat. Bakalan cocok banget untuk pengidap diabetes dan siapa pun yang ingin menjalankan pola hidup sehat.

Kedua produk rice cooker ini multifungsi. Tidak hanya untuk menanak nasi aja, lho. Ada beberapa fitur canggih, desainnya juga modern dan elegan dengan berbagai pilihan warna yang menarik.


  • Beragam Fungsi Memasak: Memasak nasi, nasi rendah gula, yoghurt, bubur, sup, kue, bubur bayi, dan menghangatkan makanan.
  • Pengukus Stainless Steel: Memasak makanan dengan cara yang lebih sehat.
  • Sekring Pengaman: Melindungi rice cooker dari kerusakan akibat korsleting.
  • Panci Nanotech Anti Lengket: Mencegah nasi menempel dan Aman Food Grade ( Bebas PFOA & PFOS )
  • Anti Basi : Tidak perlu khawatir 24 jam Nasi anti basi garansi ganti unit baru** Smart Auto Cook : Pengatur waktu saat mulai memasak, penundaan hingga 6 jam

Yang tidak kalah pentingnya adalah after sales service. Sekai memiliki lebih dari 50 cabang pusat servis di Indonesia. Jadi, kalau produknya perlu diperbaiki, gak usah bingung cari tempat servisnya. Langsung ke pusat servis yang resmi aja. Sekai Rice Cooker menawarkan garansi 5 tahun untuk elemen pemanas dan garansi service seumur hidup untuk service jasa.

Sekai Rice Cooker memiliki 2 pilihan harga. Produknya dibeli secara online maupun offline. Kedua harga tersebut adalah sebagai berikut:


  1. Family size - CMW 522 LS Serela: Kapasitas 2 liter, harga Rp550.000,00
  2. Personal size - CMW 720 LS:Serela Kapasitas 1 liter, harga Rp450.000,00

Kalau  teman-teman ingin membeli #SekaiRiceCookerLowSugar, silakan klik tautan ini https://bit.ly/43F7JsF. Sekarang gak khawatir deh kalau masak nasinya pakai Sekai Rice Cooker. Mendukung banget gaya hidup sehat. Dengan inovasi teknologi low sugar, nasi yang dimasak jadi lebih sehat dan lezat.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^