Hidangan Khas Lebaran yang Bikin Kangen

By Keke Naima - April 13, 2023

Idulfitri disambut dengan suka cita oleh seluruh umat Muslim. Bisa berkumpul dengan keluarga besar. Tentu saja sambil menikmati hidangan khas Lebaran.

Hidangan Khas Lebaran yang Bikin Kangen

Nah, menu khas Lebaran ini seringkali bikin kangen. Karena bisa jadi hanya ada saat Idulfitri. Hidangan apa yang paling bikin kangen teman-teman saat hari raya?


Makanan Khas Lebaran yang Wajib Ada di Keluarga KeNai


hidangan khas lebaran di indonesia

Ternyata gak hanya ketupat yang menjadi ciri makanan khas Lebaran. Chi perhatiin sayur godog, rendang, opor ayam, dan sambal ati sapi kentang ada di banyak rumah umat Muslim saat hari raya. Ketika silaturahmi ke sodara dan kerabat ya menunya kurang lebih sama. Melihat postingan di medsos pun, yang share makanan khas Lebaran juga begitu.


Sayur Godog

makanan khas lebaran yang wajib ada

Menu mungkin bisa sama di banyak rumah, tetapi tetap aja ngangenin. Chi paling kangen dengan sayur godog yang selalu ada di keluarga besar mamah.

Sayur godog di keluarga besar mamah terdiri dari kacang panjang dan ati ampela ayam. Terkadang dikasih pete. Nah, yang bikin makanan ini ngangenin karena hanya dibuat saat Lebaran. Suka penasaran kenapa dibikinnya hanya di hari raya. Tapi, lupa melulu mau nanya.

Padahal bikin sayur godog gak susah, ya. Tapi, karena hanya ada saat Lebaran, jadinya bikin kangen. Seringkali Chi hanya makan ketupat dan sayurnya aja. Gak ambil lauk lainnya. Bisa berkali-kali nambah, lho.


Black Forest Cake

Kalau di keluarga K'Aie agak beda. Selain rendang yang selalu ada, menu lainnya bebas. Meskipun Chi selalu kangen dengan sayur godog, tetapi ketika menyiapkan menu khas Lebaran untuk keluarga sendiri lebih suka ngikutin kebiasaan almarhumah mamah mertua.

Makanan hari raya yang Chi masak, selalu berbeda setiap tahunnya. Jadi, sebetulnya sama aja kayak masak harian. Bedanya khusus Lebaran dimasak sehari sebelumnya. Masa' masih nguprek di dapur juga saat hari raya? Libur dong sesekali hehehe.
 
Menu yang berbeda setiap tahunnya ini mungkin gak termasuk hidangan khas Lebaran, ya. Tapi, buat Chi yang penting sekeluarga pada suka dengan hidangannya. Berharapnya jangan sampai siang hari udah kangen bakso atau mi instan karena blenger dengan menu serba santan hehehe.

Lebaran juga biasanya indentik dengan berbagai kue kering. Tapi, alm mamah mertua malah selalu bikin black forest cake. Chi malah seneng banget karena gak begitu suka kuker. Senengnya ya kue-kue kayak black forest gitu.


Hidangan Sunda

makanan khas lebaran buatan mama

Di hari kedua Lebaran biasanya keluarga besar mamah biasanya berziarah dan silaturahmi ke rumah para sesepuh. Ada 1 keluarga yang wajib banget didatangi. Selalu jadi tradisi makan siang di sana.

Makanan khas Lebaran yang disajikan selalu sama yaitu ayam kampung goreng, ace cabe hijau, ikan asin goreng, sambal dadakan, dan kerupuk. Hidangan yang selalu ditunggu setelah sehari sebelumnya kenyang dengan menu yang serba santan.

Sayangnya udah sekian tahun, Chi gak pernah ikutan. Selalu bentrok waktunya dengan acara keluarga besar K'Aie. Ada alasan tersendiri kenapa kami selalu memilih datang ke kumpul keluarga besar K'Aie. Alhamdulillah semua pun memaklumi.

Kalau keluarga besar K'Aie selalu kumpul di salah satu resto sunda. Udah sekian tahun terakhir selalu di resto yang sama. Jadi hidangan khas lebaran yang disajikan pun sama. Tadinya pindah-pindah, tergantung siapa yang kena giliran jadi tuan rumah. 

Ada plus minusnya menyiapkan hidangan khas Lebaran yang sama maupun beda. Kalau selalu sama, seringkali kendalanya jadi pusing kalau harga serba naik menjelang hari raya. Kelapa parut aja bisa naik 50% dari harga normal. Belum bahan baku lainnya. Sedangkan kalau berbeda-beda, bisa lebih menyesuaikan bujet. Gak harus yang serba santan juga.

Tapi, kalau menunya beda-beda suka bikin mikir pengen masak apa buat Lebaran. Sampe sekarang Chi belum kepikiran, nih! Ada ide gak? 😋

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^