Pasti udah pada tau kan ya kalau PPKM udah gak ada. Alhamdulillah. Tapi ..., bukan berarti berarti COVID ikut gak ada. Tetap ada hanya sudah lebih terkendali. Qadarullah, mamah, adik paling kecil dan istrinya, serta 2 keponakan baru aja sembuh dari COVID. 

masih cerita tentang keseruan pjj

Ketika masih masa PPKM berlevel-level, banyak aktivitas yang dibatasi, gak ada satu pun yang terkena kecuali adik ipar. Justru sekarang baru pada kena. Ya membuktikan COVID memang masih ada. Jadi jangan sampai abai. Kami yang selalu berusaha patuh prokes aja bisa tetap ada yang kena. 

Bersyukur semua sudah divaksin. Jadi gejalanya termasuk ringan. Katanya sih hanya berasa sangat pegal di 1-2 hari pertama. Ada batuk juga. Tetapi, setelah itu udah biasa aja. Gak ada gejala yang memberatkan. Hanya tetap harus isoman selama 10 hari.

Postingan ini kembali ingin menceritakan keseruan selama PJJ. Cerita yang receh-recehnya aja. Selama ini ditulis di FB. Sekarang dipindahin ke blog. Biar lebih awet kenangannya hehehe.


Yang Penting Udah Isi Daftar Hadir


belajar di bimbel saat pandemi

Bunda: "Eyaampuuuun, Kekeeeee! Kok udah tidur lagi. Masih jam sekolah. Banguuunn!"
Keke: "Keke udah isi daftar hadir, Bun."
Bunda: "Iya, tapi itu masih belajar. Kedengeran tuh suara guru mu."
Keke: " Tadi Keke udah WA ke bimbel. Minta ajarin materi yang sama ma hari ini di sekolah. Kata kakaknya, siap!"
Bunda: "Trus, kalau Keke tidur lagi, nanti kebablasan gimana? Pelajaran berikutnya gak ikut?"
Keke: "Udah pasang alarm, Bun."

Kemudian, dia ambil guling dan lanjut tidur lagi. Dramah pejeje, aya-aya wae!
 
-------
 
Keke lebih suka belajar di bimbel. Alasannya kakak-kakak bimbel lebih jelas kalau ngajarin. Apalagi saat pandemi memang lumayan berasa perbededaan suasana belajar. Kalau di sekolah terkesan seadanya. Beda dengan bimbel yang memang lebih profesional.

Tapi, kalau bukan lagi pandemi, gak mungkin bisa tidur saat jam pelajaran. Jadi ya anggap aja itu jadi keuntungan buat Keke hehehe.
 
[Silakan baca: SMA di Brain Academy]


Guru Gak Masuk, Saatnya Tidur


ketiduran saat pjj
 
Sekitar pukul 10.30, saya ke kamar Keke. Ternyata dia lagi tidur nyenyak sambil meluk guling.

Keke: "Keke banguuunn! Ini masih jam sekolah."
Bunda: "Udah selesai sekolahnya. Gurunya gak masuk."

Kemudian dia lanjut tidur lagi. Waktu masih sekolah, setiap kali gak ada guru, dia memilih tidur daripada ngobrol ma temen-temennya.

Di saat PJJ begini kalau gak ada guru pun kebiasaannya sama. Malah kayaknya sekarang jauh lebih nyaman. Tidur di kamar sendiri. Ada kasur yang empuk plus bantal dan guling. Cuacanya lagi mendukung pula.
 
-------------
 
Tuh kan! Dari tidur ke tidur kerjanya saat PJJ. Makanya Keke betah banget belajar dari rumah. Bisa dikatakan nyaris tanpa drama hehehe

 

Libur Nyetrika Seragam Selama PJJ


berhenti menyetrika seragam sekolah

Melihat infografis tentang tahun ajaran baru bukan berarti kembali ke sekolah

Bunda: "Oke, kalau gitu nanti aja cuci tas sekolahnya."

Beberapa jam kemudian, dapat surat edaran dari walas Keke tentang tatib pelaksanaan PAT online. Para siswa diminta pakai seragam sekolah, kemudian setor foto ke guru.

Bunda: "Yaaa ... Kenapa harus pakai seragam segala, sih!"
Nai: "Setrika kemejanya aja kali, Bun. Kan, fotonya gak harus seluruh badan."
Bunda: "Iya, tapi kan Bunda udah 3 bulanan nih gak nyetrika seragam."
Nai: "Ya udah gak usah disetrika. Nanti yang kusutnya dirapihin sama aplikasi."

Bener juga apa kata Nai, nih.

Bunda: "Ke, besok pas PAT harus pakai seragam sekolah trus difoto."
Keke: "Ya trus kenapa?"
Bunda: "Mandi lah sebelum ujian. Biar gak kucel-kucel amat pas difoto. Masa' pakai seragam sekolah, tapi kucel."
Keke: "Kucel juga ganteng kok, Bun."

Keke nih memang tingkat tinggi pedenya. Trus, Saya lupa di mana nyimpen dasi sekolah
 
---------------------
 
Sekitar 3 bulan pertama PJJ, sekolah Keke dan Nai gak mengharuskan pakai seragam. Makanya Chi sempat males juga ketika keluar edaran baru tentang seragam. Males nyetrikanya hehehe.
 
Akhirnya, ikutin saran Nai. Seragamnya gak pernah disetrika. Ups! Ketahuan banget ya malesnya. 😅
 
Setelah mulai sekolah tatap muka lagi baru nyetrika. Tapi, kali ini hanya 1 stel sehari. Karena begitu tatap muka dimulai, Keke udah kuliah. 

[Silakan baca: Masa Perkuliahan Dimulai]

Guru Mendadak Ngilang Saat Online


off camera saat belajar daring

Laptop Nai mendadak error pagi ini. Gak bisa buka Google Meet. Akhirnya dia pinjam komputer ayahnya.

Bunda: "Dek, kameranya kok gak dinyalain? Itu temen-temen pada kelihatan wajahnya."
Nai: "Ayah sama Bunda ngapain dari tadi di belakang Ima? Makanya gak Ima nyalain kameranya."

Wkwkwkw ... ya maap. *Mundur teratur*

Setengah jam kemudian ...

Bunda: "Kok, udah keluar kamar? Udah selesai belajarnya?"
Nai: "Belum. Tapi, tiba-tiba gurunya ngilang hehehe."
Bunda: "Ilang gimana?"
Nai: "Ya tau-tau gak ada aja gitu dari room pas lagi ngajar."

----------------------
 
Kejadiannya masih awal-awal pandemi gitu, deh. Ayah bundanya penasaran lihat anak-anak sekolah online. Sampai gak sadar bisa kelihatan kalau kamera dinyalain. Makanya sama Nai dimatiin kameranya hahaha! 

Namanya juga baru mulai beradaptasi dengan online. Suka ada kejadian baru dialami. Misalnya, guru yang lagi ngajar tiba-tiba ngilang dari room. Kayaknya koneksi internet lagi gak lancar atau kuota habis? Hihihi

Bunda Jangan Lewat!


dilarang masuk kamar anak saat pjj

"BUNDA JANGAN LEWAT. KAMERA LAGI ON!"

Keke langsung teriak ketika saya buka pintu kamarnya. Memang secara berkala saya suka ngecek ke kamar anak-anak ketika mereka lagi PJJ.

Agak kaget pas Keke spontan teriak. Tapi, untung dikasih tau. Soalnya sehari-sehari saya selalu pakai celana pendek dan kaos oblong. Seringnya malah celana pendek banget dan kaos tanpa lengan. Bisa rusak pencitraan kalau tau-tau saya lewat di zoom class Keke.
 
------------------------
 
Ini juga kejadiannya awal-awal pandemi. Terkadang suka gak sadar, main langsung masuk kamar anak. Untung aja belum pernah kejadian ketangkap kamera pas lagi pake baju rumah. 


Tugas Sekolah Bikin Blog


tugas sekolah membuat blog

PJJ Keke hari ini, laptop menyala karena sedang ada zoom class. Tetapi, fokus dia ke hp buat main game.

Bunda: "Ke, lagi belajar kok malah main game?"
Keke: "Bunda sini ikut dengerin. Lagi diajarin cara bikin blog. Nanti tugasnya disuruh bikin blog buat pelajaran literasi. Keke belajar sama Bunda aja, lah."

*Kemudian Keke lanjut main game lagi

---------------

Mentang-mentang bundanya blogger. Dia pengen bundanya aja yang ngajarin. Saat jam pelajaran memilih tidur eh main game


Keke dan Bunda Kayak Tom n Jerry


bonding ibu dan anak

Ayah: "Bun, berasa gak kalau beberapa hari ini suasana rumah tenang?"
Bunda: "Tenang gimana?"
Ayah: "Ya tenang. Lebih sepi gitu."
Bunda: "Iya, ya?"
Ayah: "Oooo Ayah tau! Bunda nih penyebabnya."
Bunda: "Kok, Bunda?"
Ayah: "Beberapa hari ini Bunda kelihatan lebih tenang. Kok bisa? Tumben?"
Bunda: "Tom n Jerry lagi gak ketemu."

Keke libur 10 hari. Selama libur, dia pengen menginap di rumah neneknya. Makanya suasana rumah lebih tenang. Kata suami kan saya ma Keke udah kayak Tom n Jerry. Setiap hari ada aja hebohnya.
Gak selalu berantem melulu, kok. Lagi akur juga saya kalau udah ketemu Keke seringkali berisik.

Sekarang Keke udah pulang. Ayo ramaikan rumah lagi. Besok jangan susah dibangunin buat PJJ!


Lebih Betah PJJ Daripada Belajar di Sekolah


lebih suka pjj daripada belajar di sekolah

Keke: "Bun, nanti bulan Januari males ah Keke masuk sekolah."
Bunda: "Kenapa? Karena masih pandemi?"
Keke: "Enggak. Keke males kalau nanti masuknya digilir. Kan Keke pengennya sekolah cuma buat main. Ngapain juga kalau masuknya bergilir. Belajar mah enakan di rumah."
Bunda: "Bunda juga males nanti Januari udah pada sekolah."
Keke: "Bunda alasannya apa?"
Bunda: "Mikir harus nyetrika seragam lagi, cari kaos kaki lagi, trus nanti ketambahan ada misteri masker kain yang belum ngumpul. Males, ah."

----------------

Salah satu alasan jarang terjadi drama saat pandemi, karena anak-anak lebih betah belajar di rumah. Jadi mereka terlihat nyantai aja. Ya, meskipun sesekali ada bosannya juga. Pengennya ke sekolah cuma buat main. Belajar ya tetap di rumah hehehe.
 
Akhir-akhir ini Chi lebih sering ceritain tentang Keke daripada Nai. Itu karena sama Keke memang lebih heboh. Sedangkan Nai setelah remaja malah jadi pendiam.
 
Hebohnya gak selalu berantem. Lagi akur aja berisik. Kalau kata K'Aie, Keke dan bundanya udah kayak Tom n Jerry. Pokoknya berisik deh meskipun lagi akur.
 
Cerita-cerita gini bakal jadi kenangan yang bikin senyum kalau diingat. Tapi, gak mau lah sampai mengalami pandemi lagi. Naudzubillah