Oleh-Oleh Haji dan Umroh yang Paling Dicari

By Keke Naima - October 02, 2022

Berkesempatan menunaikan ibadah haji atau umroh menjadi keinginan mayoritas umat muslim di seluruh dunia. Bahkan jamaah Indonesia harus menunggu hingga puluhan tahun agar bisa naik haji. Ya, setidaknya bisa Umroh dulu, deh.

Oleh-Oleh Haji dan Umroh yang Paling Dicari

Selama di tanah suci, jamaah tidak melakukan serangkaian ibadah haji. Tetapi, juga berkesempatan jalan-jalan dan mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang ke tanah air. 

 

Belanja Oleh-Oleh di Tanah Suci

 

Oleh-oleh apa saja yang paling dicari oleh jamaah usai ibadah haji atau umroh? Tempat berburu oleh-olehnya biasanya ada di 3 tempat yaitu Makkah, Madinah, atau Jedah. Chi coba bikin list berdasarkan pengalaman orangtua ketika pulang dari ibadah haji beberapa tahun lalu, ya.


Kurma

Kurma termasuk oleh-oleh yang paling favorit, nih. Jenisnya sangat beragam. Penampilan, tekstur, dan rasanya bisa berbeda. Teman-teman suka dengan kurma?

K'Aie dan anak-anak suka dengan kurma. Tapi, kalau Keke agak memilih. Hanya kurma yang jenis tertentu. Dia suka kurma yang teksturnya kering. Kalau Chi baru akhir-akhir aja suka dengan kurma. Sama dengan Keke, hanya suka dengan jenis tertentu.

Ketika di tanah suci, ada 2 jenis kurma yang dianggap paling istimewa yaitu Ajwa dan Ruthob. Kurma Ajwa disebut juga kurma Nabi. Khasiatnya sangat baik untuk kesehatan karena banyak mengandung banyak nutrisi yaitu serat, protein, kalsium, gula, magnesium, zat besi, fosfor, zinc, kalium, selenium, vitamin B1, B2, B3, dan B6.
 
"Barangsiapa mengonsumsi tujuh butir kurma ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu dia tidak akan terkena racun maupun sihir." (HR Al-Bukhari dan Muslim)
 
Kurma ruthob adalah kurma muda yang dipercaya dapat meningkatkan kesuburan bagi wanita. Baik pula untuk produk ASI

 

Air Zamzam

Air Zamzam adalah air terbaik di dunia. Tidak hanya sebagai pemuas dahaga. Air ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kita bisa puas menikmati air ini saat berada di tanah suci.

Melihat manfaatnya, banyak yang menginginkan air zamzam untuk oleh-oleh. Tetapi, tetap ikuti aturan tentang barang bawaan, ya. Tentu ada batas maksimum. 
 
Tenang aja kalau merasa bawa oleh-olehnya kurang banyak karena terkena batasan jumlah. Di Indonesia juga ada banyak toko yang menjual oleh-oleh khas Timur Tengah. Biasanya jual air zamzam juga.


Kacang Arab

Kurma, kacang arab, dan air zamzam biasanya dijadikan satu paket untuk dibagi-bagikan kepada kerabat, tetangga, dan teman-teman. Kacang arab bisa dijadikan untuk tambahan pada salad atau sup. Dicamilin juga enak karena rasanya yang renyah. Bahkan  no feeling guilty, lho. Karena kacang arab termasuk camilan yang sehat.


Coklat Arab 

Coklat Arab juga termasuk yang paling dicari. Sebetulnya ada beragam jenis coklat. Tetapi, yang paling banyak dicari adalah coklat kerikil.

Bentuknya memang seperti krikil berwarna-warni. Karena kecil-kecil, terkadang jadi sulit berhenti karena udah kayak makan kacang. Apalagi rasanya memang enak.


Abaya

Mamah beli beberapa abaya saat di tanah suci. Modelnya simple dan elegan. Kualitasnya juga bagus. Beberapa ada yang masih dipakai sampai sekarang.

Sajadah, tasbih, hingga souvenir juga jadi oleh-oleh yang dibawa sama mamah dan papah. Gak banyak yang dibawa. Sebatas maksimal batas bawaan aja. Seingat Chi beberapa oleh-oleh non-makanan dan minuman dikirim ke rumah.


JNE Berangkatkan Umroh Karyawan dan Pemenang Lomba Content Competition


 
M. Feriadi Soeprapto, Presiden Direktur JNE, mengatakan bahwa, “Memberangkatkan setiap individu untuk umroh merupakan momen istimewa dan apresiasi dari JNE, maka kami pun ikut merasakan kebahagiaan yang dialami Ksatria dan Srikandi JNE. Kegiatan ini kami jalankan sesuai dengan amanah Ayah kami sekaligus pendiri JNE (Alm) H. Soeprapto Soeparno yang menggagas umrah gratis bagi para karyawan JNE yang sudah mengabdi kepada perusahaan selama lebih dari 12 tahun.”
 
Ya, JNE kembali memberangkatkan para karyawan yang disebut Kstaria dan Srikandi JNE ke tanah suci. Udah masuki kloter ke-3 pada 22 - 30 September 2022. Alhamdulillah.

Ksatria dan Srikandi JNE sebanyak 35 orang dari berbagai kantor cabang JNE seperti dari Jakarta, Denpasar, Palembang, Yogyakarta, Solo, Medan, Cilegon. Selain itu ada 3 pemenang lomba JNE Content Competition, 1 orang dari West Bike Messenger, dan 1 pemenang giveaway JNEXRiaricis. Tentu aja Ria Ricis pun ikut. Rangkaian ibadah Umrah ini dipandu oleh Ustadz Aqil Muzakki.

Ada rasa syukur ketika dipilih oleh JNE untuk ikut Umroh. Agus Yunanto, Ksatria dari JNE Solo, mengatakan kalau diberangkatkan umroh adalah reward terbaik yang diberikan oleh perusahaan untuknya sebagai karyawan.

Kusnul Isti Qomah (jurnalis/wartawan) yang terpilih menjadi salah satu pemenang JNE Content Competition 2019 silam juga sangat terharu terpilih untuk Umroh. Meskipun perasaannya campur aduk karena harus meninggalkan buah hatinya yang baru berusia 1 tahun selama 8 hari. Makanya, pakaian yang dipakai oleh buah hatinya pun dibawa sebagai pelepas rindu.

JNE terus konsisten untuk berbagi kebahagiaan, ya. Sesuai dengan tagline perusahaan yaitu "Connecting Happines".

Keberangkatan ke tanah suci untuk Umrah ini pun gak hanya untuk Srikandi dan Ksatria JNE. Para pemenang JNE Content Competition juga mendapatkan hadiah istimewa ini. Seneng banget, ya.

Siapa tau berikutnya kita juga diajak Umrah sama JNE. Aamiin Allahumma aamiin. Sambil terus berikhtiar dan berdoa, bikin list oleh-oleh Haji dan Umroh juga, ya.

  • Share:

You Might Also Like

21 comments

  1. JNE berkaaahh bgt rezekinya

    Pasti bnyk yg bahagiaaaaa dgn hadiah Ini.
    Duhhh mupeengg bgt ya

    ReplyDelete
  2. Masya Allah. Selamat ya buat para Kstaria dan Srikandi JNE yang diberangkatkan ke tanah suci. Semoga mabrur ibadahnya. Semakin bertakwa. Semakin bermanfaat dan berprestasi dalam bekerja.

    Nah kalau oleh-oleh haji, aku paling seneng dibawain kurma dan air zam zam aja. Terutama kurma segar.

    ReplyDelete
  3. Aku lebih suka yg coklat kayak krikil gitu, gemes banget bentuknya. Ternyata banyak juga ya kloter 3 yg berangkat Umroh, semoga setiap tahun makin banyak yg diberangkatkan umroh.

    ReplyDelete
  4. Air Zam zam dan kacang Arab ini masih jadi primadona kalau untuk oleh-oleh, karena selalu hadir dalam box oleh-oleh atau biasanya ditanyakan.

    ReplyDelete
  5. Nah iya. Jenis oleh-oleh di atas meskipun belum pernah haji dan umroh, alhamdulillah sudah pernah icip icip oleh-olehnya. Barokallah untuk seluruh keluarga yang sudah pernah ke tanah suci. Semoga kami diberi kemampuan juga buat umroh dan mengumrohkan. Buat haji dan menghajikan.

    JNE makin keren, semoga terus bertambah sukses berkah dari umrohkan sekian banyak karyawannya.

    ReplyDelete
  6. Semua jenis kurma aku udah suka sekarang. Pas kecil rada malas gitu mbaa. Sekarang kan udah tau khasiatnya hihi. Amiin moga bisa umroh dan berhaji ya mba. Aku mau. Kereeen JNE, smoga makin maju dan banyak karyawan yg diberangkatkan

    ReplyDelete
  7. Bahagia dan beruntung sekali ya karyawan JNE yang diberangkatkan umroh ke tanah suci. Insya Allah mereka juga membawa kebahagiaan dengan oleh-oleh untuk sanak saudara nanti di tanah air. Dari daftar oleh-oleh di atas yang jadi favorit saya adalah kacang arab dan coklat Arab. Rasanya enak banget Mbak Myr 😁

    ReplyDelete
  8. Foto bareng jemaah umroh di depan masjid itu mengingatkan saya saat ibadah haji. Pasti bahagia banget ya yang terpilih diberangkatkan JNE ini. Nggak disangka pasti ikut lomba menjadi yang beruntung dapat hadiah dari JNE

    ReplyDelete
  9. Subhanallah, keren ya JNE bisa memberangkatkan umroh banyak orang
    Pengen juga nih diajak umroh bareng JNE

    ReplyDelete
  10. Wajib dicatat nih untuk pergi haji nanti. Tapi kalo.molly beli oleh2nya di indonesia aza. Haha.. biar gak merepotkan

    ReplyDelete
  11. Coklat kerikil, roti sevendays, ayam albaik bikinn mupenggg semuaa jadi kangenn umrohhh.

    Semoga bisa dipanggil.menjadi tamu Allah kembali.

    ReplyDelete
  12. Selain air zamzam aku paling happy kalo dapet oleh2 coklat mbak. Rasanya beda aja gtu coklat beneran lah udh gitu varian rasanta macem2

    ReplyDelete
  13. Masya Allah melihat postingan ini jadi mupeng mau umroh juga, tapi dana belum ada. Diniatkan dulu deh semoga bisa kesampaian ya ke tanah suci. Alhamdulillah hadiah terindah itu beneran memang umroh ya, nggak tergantikan sama hadiah apapun. Karena nggak semua orang bisa ke tanah suci, alhamdulillah jadi terbantu dengan JNE

    ReplyDelete
  14. Kalau aku sukanya kacang-kacangan, itu yan paling dicari dari oleh-oleh haji atau umroh. Semoga bisa langsung beli di sana saat umroh atau haji ya, selama ini cuma bisa makan dari kiriman atau beli di toko perlengkapan haji. Ini karyawan & pemenang yang berangkat umroh bersama JNE senang sekali pastinya y

    ReplyDelete
  15. Air zamzam yang sangat kami tunggu kalau ada yg kurang dari tanah suci. Kalau kurma, merasa di Indonesia juga sudah bisa jual beli. Sementara air zamzam kan di kita tidak ada sumbernya.
    Lihat apresiasi JNE terhadap mereka yang berprestasi, jadi pengen jadi Tamu Allah juga...

    ReplyDelete
  16. Komitmen JNE untuk menyenangkan karyawannya, sungguh perly diapresiasi. Apalagi komitmennya dalam hal peningkatan keagamaan. Postif sekali vibe-nya..

    ReplyDelete
  17. masya Allah ... berkah buat JNE bisa kasih hadiah umroh untuk para karyawan.
    waw yang menang lomba 2019 itu juga ada yang berangkat umroh yaa.

    ngomongin oleh-oleh umroh, paling suka itu cokelat kerikil, mbak. Jadi rebutan deh sama anak-anak. Cokelatnya enak, ga bikin serik.

    ReplyDelete
  18. Senang sekali bisa berangkat ibadah bersama JNE. Dan semoga semua amal ibdahnya diterima dan diberi keberkahan. Biasanya kalau pulang dari Arab, anak-anak dan aku suka mintain cokelat. Karena ada cokelat merk terkenal yang gak beredar di Indonesia.

    ReplyDelete
  19. sepakat mba.. biasanya memang oleh - oleh itu yang selalu ditunggu - tunggu ya. Semoga mereka yang akan segera berangkat umroh bisa dimudahkan selalu

    ReplyDelete
  20. Oleh-oleh dari Tanah Suci, syaa paling suka kacang Arab, Kismis, ama coklatnya Mba. Plus air Zam-zam jangan sampai ketinggalan.

    ReplyDelete
  21. Pokoknya kalau silaturahmi ke rumah teman atau saudara yang pulang dari umroh atau haji, yang paling ditunggu adalah camilannya ahahaha.. Sekarang ada yg jual paket oleh2 ya mak, satu set berupa oleh2, udah komplit isinya.

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^