Tips Agar Anak Mau Makan Bekal Sekolahnya

By Keke Naima - July 10, 2022

Tips Agar Anak Mau Makan Bekal Sekolahnya - Menjalani gaya hidup sehat bagi kami sekeluarga cukup 3 tips yaitu asupan gizi yang tepat, durasi tidur yang cukup, dan konsisten berolahraga. Tapi, prakteknya gak semudah teori. Selalu ada aja tantangannya.
 
tips agar anak mau makan bekal sekolah

Udah coba masak yang menurut Chi enak dan bergizi. Eh, anak-anak belum tentu langsung suka. Misalnya, ketika memasak sayur bayam. Ternyata Keke dan Nai gak suka disayur bening. Jadi harus mengolah dengan cara lain, misalnya membuat perkedel bayam atau cheesy spinach.

Tantangan konsisten berolahraga adalah mager. Kalau bukan bundanya yang mager, ya anak-anaknya. Keke dan Nai kecil belum dikenalkan dengan gadget. Tetapi, mereka suka menonton kartun. Nah, agak-agak menantang tuh mengajak jalan-jalan sore pas jam kartun kesayangan hehehe.

Begitupun dengan pola tidur. Pengennya, sih, gak lebih dari pukul 9 malam udah pada tidur. Tetapi, tentunya gak langsung berhasil. Pernah ada masa di mana mereka baru mau tidur setelah lewat tengah malam. Ayah dan Bundanya tepar duluan. Huff!


Tips Menyiapkan Bekal Sekolah Anak

 
agar anak mau menghabiskan bekal sekolah
Ketika Keke dan Nai masih TK, setiap Jumat selalu kegiatan makan bersama. Makanannya disediakan oleh sekolah. Jadi, Chi gak bawain bekal di setiap Jumat


Alhamdulillah satu per satu masalah teratasi. Tetapi, bukan berarti tantangan berhenti. Selalu ada aja tantangan baru.

Ketika Keke dan Nai mulai sekolah, Chi mulai berpikir, "Baiknya membuat bekal sendiri, kasih uang jajan, atau langganan catering?" Setelah membuat beberapa pertimbangan, Chi memutuskan membuat bekal setiap hari. 
 
Ketika memutuskan membuat bekal sendiri belum tentu langsung berhasil juga, lho. Dari cerita Keke dan Nai, katanya teman-temannya belum tentu suka sama makanan yang dibawakan. Akhirnya memilih gak makan. Ada juga yang memilih makan terburu-buru supaya bisa lebih lama bermain. 

Meskipun jarang, Keke dan Nai juga pernah gak habis bekalnya. Suka bikin sedih juga kalau kayak gitu. Chi coba dengerin alasan mereka gak habisin bekal supaya jangan kejadian lagi.

bento untuk bekal sekolah anak
 
Berikut tips menyiapkan bekal sekolah agar anak menghabiskan bekalnya:


Sesuaikan Menu dengan Jam Sekolah Anak

Ketika Keke dan Nai masih TK, sekolahnya cuma 3 jam. Sebelum makan siang udah pulang. Jadi, biasanya Chi bawain cemilan aja. Karena mereka sudah sarapan dulu sebelum berangkan ke sekolah. Kalau dibekalin makanan berat, nanti malah gak dimakan karena perut mereka masih kenyang.


Membuat Bento

Menurut Wikipedia, Bento atau o-bentล adalah istilah bahasa Jepang untuk makanan bekal berupa nasi berikut lauk-pauk dalam kemasan praktis yang bisa dibawa-bawa dan dimakan di tempat lain. Seperti halnya nasi bungkus, bentล bisa dimakan sebagai makan siang, makan malam, atau bekal piknik.
 
Jadi, bento sendiri memang artinya bekal. Tetapi, di sini bento bisa diartikan bekal makanan yang bentuknya lucu-lucu. Ya, gak salah juga, sih. Karena di Jepang sendiri, bentonya kan suka lucu-lucu.

Chi selalu bikin bento. Keke dan Nai semakin semangat makannya. Bahkan teman-temannya juga ikutan senang sampai suka minta tukeran bekal. Makanya, terkadang kalau lagi rajin, Chi bikin double. Satunya lagi untuk teman anak-anak. Daripada bekalnya diajak tukeran melulu ma teman-temannya.


Buat Menu yang Disukai Anak

Bisa juga menanyakan bekal apa yang ingin dibuat. Supaya anak-anak semangat memakannya. Tetapi, Chi jarang melakukannya karena cukup yakin Keke dan Nai akan suka denga menunya.
 
Terkadang, Chi juga suka mencari inspirasi bekal anak di internet. Tentu tetap dengan pertimbangan Keke dan Nai bakalan suka dengan bekalnya. 
 
Anak-anak biasanya suka dengan menu ayam. Di internet akan banyak sekali ditemukan resepnya. Salah satunya resep ayam goreng lengkuas. Coba deh bikin. Kemungkinan bakal disuka ma anak.

Beberapa teman Keke dan Nai ada yang berlangganan catering. Nah, terkadang Chi menyamakan menu bekal dengan catering. Kan, setiap akhir bulan suka dikasih daftar menu untuk bulan berikutnya. Jadi Chi coba ikutin aja. Meskipun rasanya tentu berbeda. Tapi, sesekali anak juga senang karena menunya sama dengan teman-temannya.

 

Ajak Anak untuk Terlibat

Pagi memang sering menjadi jam tersibuk. Gak hanya menyiapkan bekal, tetapi juga harus menyiapkan seragam. Memandikan anak-anak juga ketika masih pada kecil. Untungnya ayahnya yang setiap pagi anter anak-anak. Jadi, Chi gak perlu mandi pagi hehehe.

Kalau waktunya agak luang, bisa ajak anak untuk terlibat. Misalnya minta bantuan mereka untuk menata bekalnya. Mereka akan senang dan bisa berimbas ke nafsu makan.


Bekerjasama dengan Wali Kelas

"Bunda, besok bawain sayur lagi. Supaya bisa dapat bintang lagi."
"Bunda, tadi bu guru bekal Keke kelihatan enak."

Ternyata pujian-pujian kecil dari wali kelas bisa bikin anak semangat menghabiskan bekal, lho. Chi bersyukur, guru-guru mereka ketika TK dan SD perhatian semua sampai ke bekal anak.


Resep Lumpia Goreng ala Korea

 
resep lumpia ala korea
 
Tips lain membuat bekal anak memang jangan yang sampai ribet ketika dibawa atau dimakan. Chi jarang banget bawain makanan berkuah karena bisa merepotkan, terutama saat mereka masih kecil. Kalau udah agak gedean boleh lah sesekali dibawain. Tentunya dengan tempat yang khusus supaya kuahnya gak tumpah.
 
Pasta termasuk yang sering dibawain. Karena cara bikinnya praktis dan udah pasti enak. Gak selalu spaghetti. Keke dan Nai suka berbagai pasta. Chi pernah praktekin resep aglio olio yang ternyata disukai anak-anak sampai sekarang.

Chi mau berbagi resep Lumpia ala Korea. Idenya dari Gimmari, camilan khas Korea Selatan. Tapi, kali ini bahannya menggunakan mie instan, bukan bihun.

Baidewei, pada ngebolehin anak-anak makan mie instan gak, nih?

Kalau Chi, sih boleh aja. Keke dan Nai gak diharuskan konsumsi nasi setiap hari. Terkadang, Chi ganti dengan kentang, mie, pasta, atau bihun. Kan, sama-sama karbohidrat. Mie instan pun gak masalah karena biasanya ditambahkan dengan lauk dan sayur. Ya, pokoknya diusahakan menu makanan bervariasi setiap hari.

Lumpia ala Korea ini cocok banget dijadiin bekal. Cara membuatnya mudah dan cepat. Menu ini juga bisa jadi makanan utama. Karena salah satu bahannya adalah mie.


Bahan-Bahan:
  • 1 bungkus mie instan. Chi pakai mi goreng Lemonilo 
  • 1 potong ayam, disuwir *opsional dan bisa diganti dengan bahan lain
  • 2 lembar nori berukuran besar. Potong-potong dengan ukuran sesuai selera, tapi jangan terlalu kecil
  • 2 sdm tepung terigu
  • 1 sdm maizena
  • Garam secukupnya
  • minyak goreng

 

Cara Membuat: 
  1. Mi instan direbus lalu ditiriskan. Kemudian dicampurkan ke bumbunya
  2. Tambahkan suwiran ayam ke mi instan. Aduk rata
  3. Ambil selembar nori yang telah dipotong. 
  4. Tatuh mie instan ke atas nori. Jangan kebanyakan, ya. Supaya mudah digulungnya.
  5. Campur tepung terigu, maizena, dan garam. Beri sedikit air, kemudian aduk hingga rata. Adonan tepung jangan terlalu encer
  6. Panaskan minyak goreng
  7. Celupkan gulungan nori ke dalam adonan. Kemudian masukkan ke penggorengan
  8. Goreng hingga berwarna coklat keemasan. Tiriskan

 

Catatan:
  1. Ukuran lembaran nori bisa dipotong sesuai selera. Terkadang gak Chi potong dulu. Tapi, langsung ditaro mie kemudian digulung seperti lontong. Bisa dimasukkan ke freezer sebentar supaya beku. Baru setelah itu dipotong-potong, dicelupkan ke adonan tepung, lalu digoreng
  2. Karena ini untuk bekal sekolah, Chi memilih memotong lembaran nori menjadi kecil. Sehingga gorengannya nanti akan lebih mudah dikonsumsi oleh anak
 
Keke dan Nai sudah terbiasa membawa bekal sejak PAUD. Kebiasaan itu terbawa sampai sekarang. Bahkan ketika udah SMA pun tetap minta dibawain bekal. 

Padahal Chi sempat berpikir anak-anak bakal malu bawa bekal kalau udah gede. Apalagi buat anak laki-laki. Tapi, alhamdulillah malah tetap pengen dibikin sama bundanya. Malah terkadang mereka udah bisa menyiapkan bekal sendiri.

Tentunya Chi seneng banget. Langkah kecil membuat bekal anak yang sudah dibiasakan sejak mereka kecil pun terbawa sampai sekarang. Chi gak ketar-ketir deh sama urusan makan kalau mereka lagi di luar rumah. Karena bekalnya dibuat sendiri. Jadi rasa dan gizinya pun sudah seperti yang diharapkan. Semoga aja kebiasaan menjaga gaya hidup sehat ini tetap berlanjut, ya.
 
Sebentar lagi tahun ajaran baru dimulai. Anak-anak mulai bersekolah lagi, setelah 2 tahun ajaran belajar di rumah karena pandemi. Udah mulai menyusun menu untuk bekal anak belum, nih?

  • Share:

You Might Also Like

66 comments

  1. Yeay ada ide bekal sekolah nih. Secara kedua anakku bawa bekal tiap hari. Jadi emaknya mesti rajin berkreasi hihi.
    Mantap nih sepertinya Lumpia ala Korea. Pas selalu ada stok mie goreng Lemonilo di rumah. Yes, besok bikin ini sajaaa

    ReplyDelete
  2. kayaknya bisa nih dipraktikan ke anakku deh, setiap dibawain bekel selalu gak pernah abis atau malah lupa buat dimakan

    ReplyDelete
  3. Hmm bisa nih saya ikuti resepnya
    Kebetulan dua anak perempuan saya suka sekali dengan mie Lemonilo
    Bakalan lahap insya Allah

    ReplyDelete
  4. Abis ini udah mau masuk sekolah, harus mikir bekal yang praktis. Jangan yang berkuah. Enak nih lumpia rumput laut, praktis dan bergizi dibawa ke sekolah.

    ReplyDelete
  5. Gemeeesss liat poto masa kecil anak2.
    Aku belum pernah ngrasain bekelin anak ke sekolah tapi kalau ke daycare dulu sering buat mereka sarapan. Gak pakai dihias sih tapi alhamdulillah lahap makan masakan emaknya.
    Wah catat dulu nih resepnya.
    Idem anak2ku juga gak mesti makan nasi karbonya, kadang mie, paling sering lemonilo juga atau pasta.

    ReplyDelete
  6. Ya ampuunn Keke dan Nai kecilnya gumuusshhh bgt ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜† time flies ya mbaaa

    Btw aku belakangan ini jg demen recook resep snack di IG.

    Ini mau coba resep mb Myra ahhh

    ReplyDelete
  7. baru tahu ada makanan lumpia isi mie. Kreatif banget Mbak Myra! Anakku suka makan nori dan nasi, udah. Bisa coba campur ke mie lemonilo.
    Mie Lemonilo lebih sehat dong.

    ReplyDelete
  8. Kalau saya dulu bekalin bekal sekolah Marwah harus sesuai dengan keinginannya , jadi dijamin habis terus bekalnya hehe.

    ReplyDelete
  9. Dari bahan dan cara membuatnya, Lumpia ala Korea ini mudah dibuat ya mbak. Bentuknya juga lucu, cocok dengan selera anak.

    Aku dulu pas anakku SD maunya kubawain bekal saja. Tapiiii di sekolah anakku itu ada catering. Bentonya lucu-lucu karena menunya memang disesuaikan dengan anak-anak. Nah, anakku ngiri liat temennya, dia mau juga. Akhirnya catering terus haha. Di SD anakku itu ada 3 pilihan catering. 2 catering menunya memang anak-anak banget. 1 lagi menunya agak-agak menu orang dewasa tapi disesuaikan dikit. Yang paling jadi pilihan ya 2 catering itu. Kalau pas SMP cateringnya udah prasmanan, ga model bento lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menarik juga ada catering yang prasmanan, Mbak. :)

      Delete
  10. Wah iya, sudah masuk tahun ajaran baru nih
    Pas banget mampir sini
    Bisa dapat rekomendasi bekal anak yg enak
    Makasih sharingnya ya mbak

    ReplyDelete
  11. Ihh sama kok mbak dengan anak-anakku, tapi alasan mereka karena males antri pesan makanan di kantin saking antrinya. Jadi sampai mereka SMA dan yang sulung dulu SMK, tetep aja minta dibawain bekal. Mie instan juga gak masalah, apalagi kalo pakai Mie Lemonilo ya yang udah terjamin kualitasnya, aman tanpa pengawet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa langsung makan kalau bawa bekal sendiri, ya

      Delete
  12. Wah aku jadi inget jaman anak-anak kecil bikin bento kaya gitu, rela masak lebih awal buat menghias ya, tapi anak-anak jadi semangat makan bekal sekolahnya.
    Keke & Nai masih kecil banget di fotonya hihihi gak berasa sekarang udah besar.

    Aku ngintip ah resep lunpia ala koreanya buat sarapan di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau anak semangat makannya, makan pun jadi semangat hehehe

      Delete
  13. Aku lho kepikiran buat nanti bikin bekal anak pas mereka sekolah. Tapi jadi PR juga ya karena kudu mau repot. Pilihan menunya kudu bervariasi biar anak gak bosan dan semangat makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang harus mau agak repot kalau nyiapin bekel anak

      Delete
  14. Toss aaah sama sama suka buatin sushi buat bekel anak sekolah.
    Libur bentar lagi usai, sekolah kembali normal emak bersiap diri pagi-pagi sudah siapin bekel cemilan dan makan siang sekalian

    ReplyDelete
  15. duh ini tipsnya membantu banget untuk para orangtua yang anaknya susah makan. hehehe. Langsung ta save nih. sekarang salah satu permasalahan orangtua adalah anaknya kurang gizi padahal dari keluarga mampu tapi anaknya picky eater

    ReplyDelete
    Replies
    1. Picky eater memang salah satu masalah makan anak yang harus dihadapi orangtua

      Delete
  16. Seneng banget dapat inspirasi menu yang berbahan dasar mie lemonilo. Combo sehat dan nikmatnya menjadi satu dalam balutan nori yang renyah.
    Anak-anak pasti suka banget.
    Nuhun, kak Chie untuk tipsnya dan inspirasi menu Lumpia ala Korea.

    ReplyDelete
  17. Anakku meski SMA juga masih bawa bekal kok Mbak. Kapan kapan aku bikin lumpia ala Korea deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, Mbak. Anak-anak saya juga masih ngebekel

      Delete
  18. Lumpia ala Korea nya boleh juga tuh mbak pengen nyoba buat, ponakan oasti suka deh dan buat bontot dibawa ke sekolah

    ReplyDelete
  19. Anakku 3 cowok sekolah juga kudu bawa bekal nih... Memang menunya kudu variatif ya biar semangat dan gak bosan. Wah makasih nih resepnya, Mbak. Boleh juga dicoba...

    ReplyDelete
  20. Terinspirasi dari Gimmari yang dibuat pake Lemonilo nih. Misal norinya diganti sayuran lain bisa juga kayaknya yaaa... ini emaknya ga doyan nori, biar bisa ikut nyicip lah nanti klo udah jadi hehehe....

    ReplyDelete
  21. Boleh juga ni resepnya. Anakku untungnya doyan sayur sih. Jadi waktu sekolah dulu bekalnya suka sayur rebus gitu aja. Tp sekarang sesekali juga suka makan mie kok. Apalagi kalau mie nya mie sehat kayak Lemonilo gitu

    ReplyDelete
  22. Tosss dulu ah. Aku juga menerapkan "sumber karbo nggak harus nasi". Aku sendiri kebetulan memang lebih suka yang selain nasi. Hehe.... Kalo Lemonilo, naaah, ini mi favorit ibuku.

    ReplyDelete
  23. Nah, setuju. Membawakan bekal yang simpel namun lezat adalah solusi anak mau menikmati bekal dari rumah. Menu dan bentuknnya pun kalau bisa kekinian biar anak nggak malu dan mau membuka bekalmya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi anak bisa semakin senang kalau bekalnya menarik, ya

      Delete
  24. Betul betul, poin kedua yang sesuaikan menu dengan jam makan anak nih penting. Biar anak juga excited waktu mau makan.
    Dan, ngga ribet buat makannya. Misal, penempatan bekal di wadah plastik bening gitu. Belum makan, udah jengkel duluan krn pakai buka simpul plastiknya

    ReplyDelete
  25. kombinasi makanan sehat plus beragam setiap hari pasti bikin anak ngga bosa. Plus disusun rapi dan cantik. Duhhh anak anak pasti suka banget sih ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau bervariasi juga bisa bikin anak senang dengan bekalnya

      Delete
  26. Aku mulaimikirin menu bekal buat sekolahnih untuk besok, mana Pascal pingin bekal 2 porsi hahaha.
    Jadi kangen bikin bento yang lucu-lucu kaya dulu ya, tapi kalau udah SMP & SMA masih mau ga ya kira-kira. Lumpia ala korea ini gampang ya bikinnya bisa juga buat ide bekal sekolah untuk porsi kedua nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak-anak saya masih mau. Tapi, saya yang udah gak pernah lagi bikin bento lucu :D

      Delete
  27. Senang, Mbak ketika anak mau dibikinin bekal sampai SMA. Anak saya mau saja. Yang sulung, saya cobain kuliah bawa bekal ternyata walau dia bawa, gak dia habisin atau malah gak dimakan ... jadi yah, sudahlah ..sepertinya malu cuma gak bilang. Soalnya saya ingat ponakan, sudah kerja masih bawa bekal bikinan ibunya hihi. Kadang dia bawa mi instan tapi bukan Mie Lemonilo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya beberapa anak memang ada yang udah malu kalau harus bawa bekal

      Delete
  28. Anakku yang sulung gampang banget makannya, apa apa mau. Sedangkan yang bungsu kebalikannya. Kayanya dibikinin cemilan lumpia ala Korea seperti ini boleh juga ya

    ReplyDelete
  29. Kalau sudah tersedia bahan-bahannya bikin makanan Korea-nya memang cukup mudah kok ya. Ga tahu sih kalau rasa, semoga gak hancur -hancuran di tangan saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau rasa memang kaitannya ma selera. Tiap orang bisa beda-beda penilaiannya

      Delete
  30. Pengen cobain resepnya ah, unik dan mudah dibuat nih kayaknya. Apalagi kalo bahannya dari lemonilo pasti percaya deh sama kualitasnya

    ReplyDelete
  31. Kok resep lumpia Korea ini bikin penasaran buat dicoba.
    Apalagi bentuknya juga unik.
    Siip-siip kayaknya ini bisa buat bekal daku juga nih hehe

    ReplyDelete
  32. Kreatif sekali Mbak, dan kelihatan enak banget ini, Ga kepikiran nambahin nori bisa beda banget hasilnya. Jadi pengen bikin.

    ReplyDelete
  33. aku selama ini buatnya nasi aja mba dibungkus nori dan digulung, jadi pingin coba juga bikin yang dari mie lemonilo karena anakku doyan banget sama nori dan setuju aku mba kalau bikin menu harian itu harus bareng sama anaknya jadi makanannya dihabiskan sama dia dan gak ada alasan malas makan krn gak sesuai harapannya

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^