Seperti apa ya rasanya tinggal di apartemen?

Terkadang Chi suka tertarik ingin merasakannya. Apalagi melihat beberapa teman memang memilih tinggal di apartemen daripada rumah.


Tips Memilih AC yang Tepat untuk Hunian Perkotaan

Kabarnya, saat ini memang terjadi perubahan tren hunian masyarakat perkotaan. Banyak yang memilih apartemen karena sudah cukup sulit mencari rumah tinggal. Kalaupun ada, harga rumah semakin membumbung tinggi. Apalagi kalau lokasinya di tengah kota.

Padahal menginginkan tinggal di tengah kota supaya praktis bermobilitas. Lebih dekat dengan kantor dan pusat aktivitas lainnya. Apartemen pun menjadi pilihan karena banyak yang lokasinya strategis.

Bila kita tertarik mengikuti tren hunian perkotaan saat ini memang ada beberapa hal yang harus dicermati. Secara lokasi memang sudah ada solusinya. Tetapi, permasalahan berikutnya adalah tentang penataan ruangan.

Bagaimana menata ruangan di ruang terbatas? Karena banyak unit apartemen yang tidak terlalu luas. Jangan sampai hunian jadi berasa sumpek karena kebanyakan barang.


AC Daikin Multi-S Pilihan Tepat untuk Hunian Terbatas


AC Daikin Multi S Pilihan Tepat untuk Hunian Terbatas

Udara semakin berasa panas aja akhir-akhir ini. Keberadaan AC atau pendingin udara semakin dibutuhkan.

Meskipun hunian yang kita tempati terbatas luasnya, terkadang membutuhkan lebih dari 1 unit AC. Mungkin bisa 2 atau 3 unit. Masalahnya semakin banyak pendingin udara yang dimiliki, akan semakin banyak space yang dipakai untuk outdoor AC.

Padahal balkon unit apartemen berukuran biasa umumnya tidak luas bahkan agak sempit. Tadinya ingin dipakai untuk area penghijauan dengan menempatkan beberapa pot tanaman. Oengen juga dijadikan area bersantai di luar ruangan. Eh, malah penuh sama outdoor AC.

Ternyata ada solusinya, nih! Kita bisa memilih AC multi split. Berbeda dengan single split yang punya ciri satu unit indoor dan satu unit outdoor. AC multi split memiliki dua hingga tiga unit indoor yang tersambung dengan satu unit outdoor. Cocok banget kan untuk hunian dengan luas terbatas.

Bila tertarik dengan yang multi split, AC Daikin Multi-S bisa banget jadi pilihan. AC Daikin ini memang dirancang khusus untuk pasar Indonesia. Kolaborasi R&D Daikin Industries LTD Jepang dan PT Daikin Airconditioning Indonesia memastikan konsumsi daya dan pilihan pembagiannya pada unit indoor sesuai dengan kebutuhan yang dihadapi saat ini di masyarakat.

AC Daikin Multi-S memiliki 2 pilihan. Kita bisa memilih yang dua atau tiga unit. Tentu disesuaikan dengan kebutuhan dan luas unit apartemen yang dimiliki. Tapi, apapun pilihannya, outdoor ACnya tetap 1 unit. Jadinya gak makan tempat.


AC Daikin Multi-S Hemat Energi dan Tagihan Listrik, Lho


ac daikin multi s hemat tagihan listrik

Pertimbangan berikutnya adalah tentang penghematan. Kebutuhan ACnya lebih dari 1 unit. Tapi, bagaimana dengan daya listriknya? Tagihan listrik bakal melonjak, gak? Tentu hal ini juga harus diperhitungkan.

AC berteknologi inverter jelas pilihan tepat bila mempertimbangkan kehematan, Tak sekedar klaim, inovasi pada kerja kompresor, membuat AC inverter terbukti memang lebih hemat ketimbang yang standar.

Pertimbangan selanjutnya adalah memilih pendingin udara yang low watt. Daya listrik yang lebih rendah memang membuat penyejukan ruang berjalan lebih pelan. Namun, pemakaian durasi panjang memberi keuntungan biaya listrik lebih rendah.

AC Daikin Multi-S memiliki daya listrik yang hemat, Multi-S 2 Connection hanya membutuhkan daya listrik sebesar 380 watt. Sedangkan Multi-S 3 Connection daya listriknya sebesar 800 watt. Cukup dengan menekan tombol New Low Watt Mode pada remote.

Sebuah survey menyatakan 85% hunian di Indonesia memiliki daya listrik 1,300 kwh. Jadi AC Daikin Multi-S ini memang pilihan yang tepat karena masih leluasa menggunakan alat elektronik lain tanpa khawatir listrik turun. Tetap nyaman beraktivitas menggunakan peralatan elektronik lain di ruangan yang sejuk.


biaya tagihan listrik ac non inventer
Biaya tagihan listrik bila mengguna AC Non Inventer 1/2 PK x 2 unit


biaya tagihan listrik ac daikin multi s 2 connection
Biaya tagihan listrik bila menggunakan AC Multi-S 2 Connection


Membahas tentang penghematan, tentu gak lepas dari tagihan listrik, Daikin punya hitungan dari uji internal yang sebelumnya telah dilakukan.

2 tabel di atas adalah perbandingan antara rumah yang menggunakan 2 unit AC non inventer (masing-masing ½ PK) dan AC Multi-S 2 Connection. Masing-masing digunakan selama 10 jam per hari. Sedangkan barang-barang elektronik lainnya dibikin sama. Mana yang lebih hemat?

Dari kedua tabel tersebut, terlihat rumah yang menggunakan AC Multi S-2 Connection lebih murah tagihan listriknya. Ada selisih harga hamir Rp200 ribu. Lumayan banget!

Total penggunaan daya listriknya juga lebih kecil bila teman-teman menggunakan AC Multi S-2 Connection. Masih di bawah 2200 watt. Jadi, aman lah bila semua alat elektronik yang ada di tabel itu digunakan bersamaan. Gak khawatir listrik padam mendadak.

Sedangkan rumah yang menggunakan AC non inventer ½ PK sebanyak 2 unit, total daya listriknya lebih dari 2200 per watt. Paling gak harus ada 1-2 alat elektronik lain yang dimatikan kalau AC udah nyala. Karena persentase daya listrik ACnya lebih dari 50%, lho.

Ketahanan penggunaannya pun telah jadi pertimbangan saat pengembangan. Inovasi dalam wujud Super PCB membuat AC lebih awet karena tahan terhadap beban kejut dari tegangan listrik yang tak stabil. PCB Daikin Multi-S dapat menahan lonjakan hingga 440 volt. Membuat kipas, motor, kompresor dan suku cadang pendukung AC ini tak cepat rusak.Fitur Enzyme Blue bertugas menyerap dan menyingkirkan bau dari bakteri, jamur, virus, dan zat alergik. Sehingga bisa memberikan kenyamanan saat AC dinyalakan. Sejuknya hembusan udara dalam ruangan bisa dinikmati tanpa perlu khawatir karena ruangan menjadi bau.

Jadi kayaknya udah gak perlu ragu lagi deh memilih produk AC. Daikin ini recommended banget. Pastikan menghubungi dealer resmi AC Shop Daikin, jaringan toko modern, dan toko elektronik lainnya yang menawarkan garansi resmi, ya. Tujuannya supaya instalansi produknya bisa dilakukan teknisi handal secara optimal.