Pentingnya Melakukan Financial Check Up Sebelum Investasi

By Keke Naima - June 08, 2022

Apakah teman-teman pernah melakukan medical check up?
 
Suka deg-degan kalau mau medical check up. Khawatir hasilnya di luar dugaan. Padahal merasa selama ini sehat-sehat aja. Etapi, sebetulnya ada bagusnya juga karena jadi bisa tau kalau ada yang gak beres dalam tubuh sedini mungkin.

Pentingnya Melakukan Financial Check Up Sebelum Investasi

Melakukan medical check up memang sesuatu yang pentingTetapi, rutin check up gak hanya untuk kesehatan. Kondisi keuangan juga perlu diperiksa secara berkala supaya tau kondisinya sehat atau tidak.
 
Kita melakukan medical check up karena peduli dengan kesehatan. Jadi, kalau peduli dengan kondisi keuangan, juga sebaiknya rutin melakukan pengecekan. Karena bisa saja terjadi risiko masalah keuangan muncul secara tiba-tiba. Bila rutin dicek, setidaknya udah paham lah kondisinya. Jadi udah ada gambaran seperti bila menghadapi risiko. Bisa meminimalisir risiko dan membuat perencanaan terhadap kondisi keuangan.
 
Memiliki gaji besar gak otomatis hidup menjadi lebih nyaman. Banyak juga yang pengeluarannya jauh lebih besar daripada pemasukan. Semakin banyak pemasukan, banyak pula pengeluarannya. Itu bisa terjadi bila pengelolaan keuangan kurang diatur dengan bijak.
 
Lakukan financial check up. Lakukan semua pencatatan aktivitas keuanganmu dan juga kekayaan yang dimiliki. Catat jumlah aset yang dimiliki, utang yang perlu dilunasi, serta pergerakan arus keuangan berjalan. Kali ini, FWD Insurance akan membagikan beberapa alasan agar teman-teman perlu membuat financial check up:

 

1. Mengetahui Semua Penghasilan dan Pengeluaran

 
Sebagian dari kita merasa uang rasanya cepat banget mengalirnya. Barus juga gajian, sebagian besar udah dipakai bahkan sebelum tengah bulan. Rasanya banyak sekali pengeluaran setiap bulannya. Merasa tidak sebanding dengan penghasilan. 
 
Jika teman-teman merasa seperti itu, coba diikir lagi. Pernah gak melakukan financial check up? Karena mungkin selama ini pengeluarannya gak pernah terkontrol. Karena gak pernah mengecek kondisi keuangan. Hanya taunya selalu banyak aja jumlahmya. 
 
Pengecekan keuangan membuat teman-teman jadi mengetahui pos mana saja yang pengeluarannya terbesar. Dari sana jadi bisa diketahui apakah memang sudah tepat pengeluaran sebesar itu atau tidak. Sehingga bisa melakukan penataan dan perencanaan selanjutnya. 
 
Namanya pengeluaran tidak hanya yang pokok. Mungkin saja untuk kebutuhan pokok udha gak bisa dikurangi. Tetapi, ternyata banyak pengeluaran untuk hal konsumtif, nih. Kalau rutin vek kondisi keuangan, teman-teman jadi tau, pengeluannya banyak untuk hal konsumtif atau tidak.
 
Kalau sudah diketahui, jadi bisa dikelola lebih bijak lagi. Supaya pengeluaran bisa berkurang setiap bulannya. Atau mungkin harus mencari penghasilan yang lebih banyak lagi.

 

2. Lebih Handal Mengendalikan Keuangan

 
Bila sudah mengetahui kondisi keuangan, biasanya akan lebih memahami mana kebutuhan dan keinginan. Sehingga lebih mudah mengatur pengeluaran setiap bulannya. Tau pos mana saya yang harus dibayar setiap bulannya.
 
Memang penting untuk mengetahui mana kebutuhan dan keinginan. Apalagi bila dirasa pengeluaran terlalu besar. Sehingga teman-teman bisa menata ulang. Mungkin saja ada beberapa pos yang harus dikurangi atau dihilangkan. Agar kondisi keuangan tetap terjaga. 
 
Kondisi keuangan yang sehat tentu sangat diinginkan. Sehingga teman-teman bisa memiliki tabungan atau menambah pos-pos lain yang lebih bermanfaat. Bila kondisi keuangan sudah sehat, bisa mulai untuk memikirkan investasi. Bahkan investasi yang baik nantinya bisa membantu menambah pemasukan, lho.

 

3. Merencanakan Kehidupan di Masa Depan

 
Langkah berikutnya setelah mengetahui kondisi keuangan adlaah melakukan perencanaan. Mencoba mewujudkan satu per satu mimpi dan keinginan yang tertunda. Melakukan financial check up memang dapat membantu untuk mempersiapkan kemampuan finansial di masa depan. Termasuk juga mulai memikirkan berinvestasi.
 
Selain berinvestasi jadi mulai ada keinginan untuk mempunyai asuransi. Sebagai salah satu bentuk proteksi di masa depan. Karena dengan memiliki perlindungan dalam bentuk asuransi jiwa, teman-teman dan keluarga bisa menikmati hidup berkualitas bebas dari rasa khawatir. 
 
Nah, FWD Insurance punya produk asuransi kesehatan bernama FWD Critical First Protection. Produk ini memberikan solusi proteksi yang tidak hanya mudah dipahami dan terjangkau preminya, tetapi juga mudah diklaim serta mencakup berbagai kondisi kritis, baik yang disebabkan oleh penyakit maupun kecelakaan. Selain itu, apabila tidak pernah mengajukan klaim, kamu tidak perlu khawatir karena uang premi dapat kembali 100% diakhir masa asuransi.
 
Saat ini FWD Insurance sedang memiliki promo gajian lho, jadi jangan sampai ketinggalan! Diskon hingga 30% untuk setiap pembelian/kepesertaan premi tahun pertama produk Asuransi Bebas Handal FWD Cancer Protection, Bebas Rencana, & Bebas Aksi dengan periode hingga 31 Mei 2022. Informasi lebih lanjut, silahkan cari tahu di fwd.co.id
 
Jadi udah mulai lakukan pengecekan keuangan? Kondisinya sehat atau enggak? Segera lakukan Jika Teman-teman bisa menghubungi perencana keuangan profesional bila memang membutuhkan bantuan untuk merencanakan keuangan. Jangan tunda-tunda melakukan financial check up, ya!

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^