Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Printer

By Keke Naima - May 16, 2022

Bila kita ingin membeli printer yang memenuhi kebutuhan bisnis unik bisa menjadi tantangan, terutama dengan banyaknya variasi produk dan solusi yang tersedia di pasar saat ini. Ada juga perawatan dan layanan purna jual yang perlu dipikirkan. Membeli printer sama seperti membeli teknologi lainnya, memerlukan berbagai pertimbangan yang cermat. Simak info di bawah ini untuk mengetahui faktor-faktor yang harus kalian pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli printer infus ataupun inkjet.

yang perlu diperhatikan saat membeli printer


1. Pertimbangan Membeli Printer Bekas


Lebih memilih membeli printer baru atau bekas? Apapun pilihannya, ada baiknya diketahui dulu plus minus dari masing-masing pilihan.

Bila memutuskan membeli mesin baru, kita tidak perlu khawatir dengan after sales service. Biasanya pun ditangani dengan cepat. Kondisi mesin yang masih baru juga bisa menjadi penghematan bagi perusahaan. Karena perbaikannay mungkin gak akan bikin sakit kepala.

Membeli printer bekas, juga bisa menghemat biaya. Karena harganya lebih murah dibandingkan membeli baru. Terkadang, dealer printer telah menggunakan printer dalam inventaris mereka yang pada dasarnya baru dan dengan cepat dikembalikan oleh pelanggan karena mereka beralih ke dealer lain, dll. Dalam hal ini, kalian bisa mendapatkan printer yang hampir baru dengan harga bekas!


2. Ukuran dan Jenis Printer


Tentukan ukuran apa yang paling banyak diminta dan ini akan menjadi titik awal yang bagus. Bisa ditanyakan ke para pelanggan, kira-kira ukuran apa yang paling diminati bila memiliki kemampuan cetak yang besar. Cek juga opsi cetak yang ada di web.

Jika kita mencetak kanvas, tentukan berapa banyak kanvas tambahan yang diperlukan. Hitung dengan cermat ketika memilih. Printer yang lebih lebar biasanya dapat menangani gulungan yang lebih panjang dan lebih berat, yang dapat menghasilkan penghematan media secara keseluruhan (dibandingkan dengan lembaran cetak atau panjang gulungan yang lebih pendek).


3. Kecepatan Cetak


Kecepatan printer saat mencetak juga termasuk aspek penting yang tidak boleh diabaikan. Apalagi jika kita perlu mencapai jumlah output tertentu setiap hari atau minggu. Ingatlah bahwa kecepatan cetak yang lebih cepat biasanya berarti memiliki resolusi gambar yang lebih rendah. Jadi cobalah untuk mencari printer yang dapat mencapai kecepatan lebih cepat sambil mempertahankan resolusi.

Dalam beberapa kasus mungkin kita akan mengorbankan kualitas demi kecepatan, atau sebaliknya. Seperti yang sudah disebutkan di atas, sebagian besar printer memiliki berbagai pengaturan untuk resolusi. Jadi ujilah beberapa metode dan lihat apa hasil terbaik dari gabungan kecepatan dan kualitas.


4. Printer Multifungsi atau Single Function


Ada banyak pilihan printer di pasaran. Memilih printer multifungsi jauh lebih baik karena dapat membantu kita menghemat uang. Fungsinya tentu saja lebih dari sekadar 1 saja yaitu fungsi cetak, salin, pindai, dan faks. Kita jadi tidak perlu membeli perangkat atau mesin yang berdiri sendiri untuk fitur-fitur yang disebutkan. Printer multifungsi ini juga cocok banget bila kita menempati area dengan ruang terbatas.

Tapi, membeli printer multifungsi juga bisa jadi bukan penghematan malah. Itu karena berbagai fitur yang ada di printer malah gak terpakai. Bukan fitur yang kita butuhkan.

Maka, jika satu-satunya tujuan membeli printer adalah untuk mencetak dokumen, maka printer infus dengan satu fungsi dirasa lebih cocok. Jenis printer ini biasanya menawarkan kemampuan pencetakan yang lebih baik, mencetak dengan kecepatan tinggi, dan memberikan hasil cetakan yang lebih jernih serta berkualitas.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^