Sepanjang tahun 2021, realme telah merilis realme 8 Series yaitu realme 8i, realme 8 Pro, realme 8, dan realme 8 5G yang meramaikan pasar ponsel di tanah air. Kini, realme 8i hadir untuk menjawab kebutuhan gamers yang punya budget terbatas.

real me 8i ponsel pilihan tepat untuk gamers

Hadir dengan dua pilihan warna yaitu Space Black dan Space Purple, smartphone ini dibekali dengan chipset yang mumpuni sehingga memiliki performa yang cukup tangguh. Apa saja spesifikasi serta keunggulan realme 8i lainnya dan mengapa realme 8i jadi ponsel favorit para gamers? Temukan jawabannya dalam artikel dibawah ini.

 

1. Desain Simple

realme 8i hadir sebagai HP gaming dan versi ringan dari seri realme 8. Namun dari segi corak desain, realme 8i tidak kalah menarik dari yang sebelumnya. Meski tipe ini didesain lebih sederhana, cover belakangnya cukup glossy sehingga bersifat reflektif. Teman-teman bisa terkesima ketika ponsel ini mampu memantulkan cahaya dan menampilkan ornamen garis berkilau.

Meskipun bodi realme 8i terbuat dari bahan material plastik, build quality ponsel ini cukup baik dan kokoh. Ponsel ini tidak berat dan cukup ramping dengan berat 194 gram dan ketebalan 8,5 mm.

Modul kamera dipoles dengan warna senada dengan cover belakang dan terdiri dari tiga lensa kamera dan satu lampu flash. Tombol power sekaligus pemindai untuk sidik jari ada di sisi kanan. Sementara pengatur volume dan slot 2 kartu SIM + 1 kartu microSD ada di bagian kiri.Sisi bawah ponsel terdapat mikrofon, jack audio 3,5 mm, port USB C, serta speaker.

 

2. Ultra Smooth Display

Layar realme 8i hadir dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2412 piksel) dan panel IPS LCD 6,6 inci sehingga dapat menghasilkan level saturasi yang baik. Sebagai ponsel gaming, warna dan tingkat kecerahan realme 8+ cukup baik hingga 600 nit. Biasanya, layar dengan kecerahan 500 nit sudah cukup nyaman untuk dipakai di luar ruangan. Layar HP didukung refresh rate atau laju penyegaran yang tinggi hingga 120 Hz Ultra Smooth Display.

Keunggulan ini memungkinkan teman-teman menikmati tampilan yang super smooth, mulai dari aktivitas menonton film, Youtube, main game, membuka sosial media dan saat bernavigasi. Selain tampilan layar yang sangat mulus untuk multimedia hingga bermain game, layar ponsel ini juga responsif dengan touch sampling rate 180 Hz sehingga teman-teman bisa mendapatkan kualitas HD saat streaming film di Netflix.


3. Performa Prima

Sebagai HP gaming, realme 8i menggunakan seri terbaru SoC Mediatek Helio G90. Keberadaan SoC tak hanya mampu meningkatkan performa, tapi juga membuat performa realme 8i sangat stabil meski dipakai dalam jangka waktu lama. Dijamin realme 8i tidak akan bermasalah meski teman-teman melakukan buka-tutup aplikasi. Tetap bisa memainkan game dengan sangat lancar dan temperatur ponsel juga terjaga dengan baik.

Teman-teman juga bisa maksimal memainkan game tanpa lag pada frame rate High dan setelan grafis HD dan. Performa prima yang dihasilkan ponsel ini tidak hanya datang dari SoC Helio G96 tapi juga berkat dukungan RAM LPDDR4X 4 GB/6 GB serta memori internal UFS 2.1 64 GB/128 GB. Bila memilih realme 8i varian 6/128 GB, teman-teman bisa memanfaatkan virtual RAM sampai 5 GB.


4. Kamera Dengan Resolusi Tinggi

realme 8i dipersenjatai AI Triple Camera pada kamera belakang hingga 50 MP. Sementara kamera depannya beresolusi 16 MP dan bukaan f/2.1 yang membuat kualitas tangkapan kamera depan tak perlu diragukan lagi. Hasil foto sangat jelas, meski seluruh fitur percantik gambar tidak diaktifkan. Foto bokeh kamera depan ponsel ini pun cukup bagus.


5. Baterai Tahan Lama

Setelah kualitas tampilan yang ciamik dan performa yang prima, lagi-lagi ponsel gaming ini sangat bisa diandalkan karena baterainya awet dan tahan lama. Dengan kapasitas baterai 5000 mAH, realme 8i telah memenuhi kriteria sebagai ponsel yang memiliki ketahanan baterai yang baik.

Ponsel ini mampu menyala selama sehari penuh meski hanya sekali cas. Pengisian dayanya juga cukup cepat sehingga baterai akan terisi penuh dalam waktu yang sangat singkat.


6. Sensor Lebih Lengkap

Ada banyak sensor yang tersemat di realme 8i. Mulai dari sensor akselerometer untuk deteksi orientasi ponsel, sensor magnetik untuk fungsi kompas, sensor proksimitas untuk mematikan layar pada saat ada aktifitas telepon, dan sensor cahaya untuk membuat auto brightness menjadi aktif. Selain itu ada sensor pemindai untuk sidik jari yang letaknya jadi satu dengan tombol power hingga sensor giroskop fisik yang bisa membuat gamers mengarahkan karakter game yang sedang dimainkan hanya dengan menggoyangkan ponsel.

Itulah ulasan mengapa realme 8i jadi ponsel pilihan tepat untuk para gamers. Teman-teman juga bisa memasang MicroSD di ponsel ini maksimal hingga 256 GB sehingga kapasitas penyimpanan sangat besar.

Tertarik untuk gaming dengan realme 8+? HP ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau yaitu Rp 2.499.000 saja.