Tips Semangat Berolahraga dengan Taklukkan Panasmu Bersama Dettol - Kita semua tau pentingnya menjalankan pola hidup yang sehat. Salah satunya adalah dengan berolahraga. Apalagi di saat pandemi ini, semakin disadarkan bahwa sehat itu sebuah kenikmatan.

Tapi, apakah sebetulnya kita sudah menjalankan pola hidup sehat atau sekadar tau aja?

tips semangat berolahraga bersama Dettol Cool Body Wash taklukkan panasmu

Menurut https://www.womenssportsfoundation.org/, jumlah partisipasi perempuan dalam berolahraga masih di bawah rata-rata. Bahkan, banyak remaja putri yang mulai tidak tertarik berolahraga sejak usia 14 tahun.

Salah satu penyebabnya adalah remaja putri mulai memperhatikan penampilan fisik. Berkeringat dianggap membuat penampilan jadi kurang menarik. Makanya, mereka mulai enggan berpanas-panasan. Padahal berolahraga memiliki banyak manfaat. Tidak hanya membuat tubuh menjadi bugar. Olahraga juga aktivitas yang menyenangkan. Bahkan bisa berprestasi dari bidang ini.

Tema Hari Perempuan International yang jatuh pada tanggal 8 Maret 2022 bertemakan 'Break The Bias'. Sebagai Reckitt Indonesia melalui merek Dettol menunjukkan dukungannya terhadap perempuan agar lebih berani menekuni bidang yang disukai dan mengejar impian mereka dengan gerakan #TaklukkanPanasmu. 
 
Rahul Bibhuti, Marketing Director Reckitt Indonesia, menyatakan, “Reckitt Indonesia sebagai perusahaan berkomitmen untuk terus berupaya memberikan dampak positif kepada seluruh pemangku kepentingan, salah satunya dalam bentuk mendukung pemberdayaan perempuan untuk berpartisipasi aktif dalam mewujudkan impiannya serta mengoptimalkan perannya baik dalam karir, keluarga dan masyarakat.” Selain itu, Ia menambahkan “Banyak program yang telah dijalankan oleh perusahaan sebagai bentuk dukungan terhadap pemberdayaan perempuan diantaranya melalui edukasi terkait sanitasi bagi komunitas dan edukasi bagi perempuan untuk berperan aktif dalam perencanaan keluarga.”
 
Virtual Roundtable Discussion yang diselenggarakan pada hari Kamis (10/3) menghadirkan  Liliyana Natsir, atlet bulutangkis terbaik Indonesia peraih medali emas Olimpiade. Menghadirkan pula 3 remaja putri yang berprestasi di bidang olahraga bersama ibu masing-masing.

 

Memiliki Motivasi dan Peran Orang Tua Bisa Mendukung Prestasi 


dettol cool body wash

Dari cerita semua narasumber yang hadir, tekad yang kuat memang salah satu hal yang mendorong prestasi. Selain itu peran orang tua juga gak kalah penting.


Liliyana Natsir, Peraih Medali Emas Olimpiade

Liliyana Natsir atau biasa dipanggil Ci Butet, menceritakan sejak kecil sudah senang berolahraga. Awalnya dia menyukai olahraga apapun. Hingga orangtuanya kemudian mengarahkan ke Bulutangkis. Dukungan yang sangat besar membuat dirinya ingin bisa membanggakan orang tua. Ci Butet juga merasa jauh-jauh datang dari daerah (Manado), tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan ketika ada di Jakarta.
 
Sebagai cabang olahraga andalan, bulutangkis di Indonesia selalu memiliki target yang tinggi. Apalagi bila memiliki ranking tinggi di dunia. Ci Butet selalu mengambil hal positif dari target ini. Artinya dirinya harus semakin konsisten berlatih dan bekerjakeras agar bisa memenuhi harapan masyarakat Indonesia.

Chi Butet juga pernah merasakan tantangan berat ketika masih remaja. Melihat banyak teman seusianya yang bebas bermain. Sedangkan dirinya sudah harus berlatih di bulutangkis. Oleh karenanya, motivasi terhadap diri sendiri terus dilakukan. Bila bisa melewati tantangan, tidak hanya terhindar dari pengaruh buruk. Prestasi juga bisa diukir.

 

Nyimas Bunga, medali perunggu untuk cabang olahraga skateboard di Asian Games 2018

Skatedoarder perempuan di Indonesia jumlahnya masih sedikit. Ketertarikan Bunga berawal dari video para skater di seluruh dunia yang diperlihatkan ayahnya ketika dirinya berusia 8 tahun.'
 
Awalnya, ibu Bunga ragu untuk mendukung passion anaknya. Alasannya skateboard termasuk olahraga extreme. Suaminya yang berhasil meyakinkan kalau putrinya bisa mengukir prestasi. Selain itu, suaminya juga mengatakan sangat penting seorang ibu meridhai anaknya. Prestasi anak datang dari ridha seorang ibu.

Sebagai seorang remaja, Bunga juga pernah mengalami kejenuhan latihan skateboard. Biasanya kebosanan itu dialihkan ke makanan dan mendengarkan musik. Ibunya juga suka menawarkan makanan supaya mood putrinya kembali tenang. Melihat coach latihan pun bisa membuat Bunda kembali semangat berlatih. 
 
Bunga juga tidak mau menanggapi komentar miring netizen. Baginya lebih baik menjawab dengan prestasi.


Ashaqila Leciasira, Juara 1 Kejurnas Baseball U-12 2020

Ketertarikan pertama Asha di cabang olahraga baseball ketika diajak jalan-jalan ke GBK bersama keluarga. Di sana, dia melihat yang sedang latihan.
 
Orangtuanya selalu mendukung penuh untuk hal positif. Bahkan ibu Asha bilang kalau bermimpi jangan tanggung-tanggung. Mimpi yang tinggi sekalian untuk menciptakan motivasi dan membentuk mental juara. 
 
Asha cerita pernah diremehkan ketika mengikuti suatu kejuarnas. Tetapi, dengan mindset juara membuatnya tidak menjadi down. Posisinya sebagai pitcher juga mengasah dirinya untuk bisa mengendalikan emosi.

Asha mengaku jarang sekali mengalami kebosanan. Kalau pun sampai terjadi, biasanya memilih istirahat sejenak. Melihat yang lain pada latihan, bisa kembali membangkitkan semangatnya. Baginya sekolah lebih melelahkan. Makanya selalu semangat ketika waktunya latihan.


Praissey Blessed, Juara Youth Basketball Singapore

Ketertarikannya dengan olahraga basket dimulai sejak usia 8 tahun. Dia sering melihat ibunya bertanding.

Tadinya ibunya ingin mengarahkan Praisey ke olahraga bulutangkis. Alasannya olahraga ini andalan di Indonesia. Tetapi, Praissey lebih tertarik ke basket. Baginya bermain basket bisa membuat banyak dapat teman. Dia pun terpengaruh dari sodara-sodaranya yang suka dengan olahraga ini.

Praissey gak pernah merasa bosan berolahraga basket. Olahraga ini membuatnya selalu ketemu teman. Tetapi, dia mengakui pernah mengalami masa minder ketika melihat orang lain lebih jago,

Ibunya selalu memberi motivasi dan semangat. Bahkan sampai memutuskan resign selama setahun. Agar bisa memberikan latihan privat kepada putrinya supaya kembali semangat.
 
Menurut ibunya Praissey memiliki time management lebih teratur sejak menjadi atlet. Terbiasa disiplin dan tidak menyia-nyiakan waktu.


#TaklukkanPanasmu dengan Dettol Cool Body Wash


tips semangat berolahraga

Liliyana Natsir mengatakan bahwa cedera adalah hal yang biasa bagi para atlet. Menjaga kondisi tubuh tetap fit dengan cara pemanasan yang tepat, makan yang teratus, dan istirahat cukup bisa meminimalkan risiko cedera.

Banyak manfaat yang bisa dirasakan ketika rutin berolahraga. Tidak harus selalu menjadi atlet, kok. Tujuan utamanya adalah untuk kesehatan.

"Perempuan berkeringat itu keren!" ujar Ci Butet. 
 
Memang harus diubah mindsetnya. Perempuan berkeringat karena olahraga tetap menarik, malah terlihat keren. Tetapi, jangan sampai jorok. Jangan sampai memiliki bau badan yang mengganggu. Caranya dengan menjaga kebersihan badan menggunakan sabun yang tepat.

Alvin Wiradarma, Senior Brand Manager Dettol Healthy Body, menambahkan, “Selain passion dan bakat, lingkungan yang mendukung juga merupakan salah satu faktor kunci yang dapat memotivasi seseorang untuk meraih impiannya. Sebagai bagian dari masyarakat sudah sepatutnya kita memberikan dukungan kepada generasi muda dan khususnya perempuan yang memiliki passion di bidangnya masing-masing, contohnya dalam berolahraga, dengan bersama-sama membangun perspektif bahwa setiap perempuan yang berani berjuang meraih mimpinya memiliki daya tarik masing-masing sekalipun saat Ia harus berpanas-panasan dan berkeringat.”
 
manfaat dettol cool body wash



Selain menggelar gerakan #TaklukkanPanasmu, Dettol juga mempersembahkan Dettol Cool Body Wash. Inovasi produk ini dapat mendukung masyarakat Indonesia dalam menjaga kebersihan dan kesehatan kulit. 
 
Jadi, gak usah khawatir lagi berpanas-panasan dan berkeringat. Setelahnya badan dibersihkan dengan Dettol Cool Wash. sabun cair antibakteri ini dapat melindungi tubuh dari kuman penyebab bau badan dan bakteri selama 12 jam. Serta memberikan kesegaran dan sensasi dingin setelah beraktivitas di bawah terik matahari.