Membuat Strategi Keuangan Baru Saat Imlek - Bagi orang Tionghoa, Imlek adalah salah satu perayaan yang paling ditunggu. Biasanya akan ada angpau merah atau kita mengenalnya sebagai angpao. Tetapi, tidak hanya itu saja. Masih ada momen kebahagiaan lain yang ada di saat tahun baru tersebut.

membuat strategi keuangan baru saat imlek

Sama seperti hari raya lainnya, merayakan Imlek bersama keluarga bisa lebih khidmat dan membahagiakan. Tetapi, tentunya tidak lepas dari biaya, kan?

Oleh karenanya, penting banget untuk mengatur pengeluaran yang dibutuhkan saat Imlek. Menghitung angpao yang akan diberikan, hingga biaya membeli pakaian baru yang akan dipakai saat Imlek. Bila akan mengundang keluarga atau kerabat, tentu harus mempertimbangkan bujet untuk makanan dan minuman.

FWD Insurance punya beberapa tips mengatur keuangan untuk merayakan Imlek. Agar kondisi dompet tetap aman. Bisa tenang merayakan momen spesial ini.


Berilah Angpao Sesuai Budget


Angpao adalah salah satu tradisi Imlek secara turun temurun. Memberikan angpao juga ada aturannya, lho. Salah satunya adalah menggunakan amplop merah karena dianggap memiliki makna bernasib baik dan dapat melindungi dari roh jahat. Mereka yang memberikan angpao adalah orang-orang yang sudah menikah.

Tidak semua orang memiliki kemampuan finansial yang sama. Apalagi bila sudah menikah tentu banyak kebutuhan lain yang harus dialokasikan selain Imlek. Bila merasa terbatas, bisa didahulukan dengan memberi angpao kepada keluarga inti yang belum menikah dulu.

Nominalnya pun sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan si pemberi. Cobalah untuk menghilangkan rasa gengsi atau malu bila jumlah pemberian lebih kecil dari yang lain. Karena tujuan memberi angpao sebetulnya untuk menunjukkan rasa kasih sayang sekaligus memberi doa.


Makan Bersama di Rumah


Kegiatan penting lainnya di saat Imlek adalah makan bersama. Kegiatan ini bisa bermakna meningkatkan rasa kekeluargaan dan kebersamaan.

Ada berbagai menu khas Imlek, misalnya mie panjang umur, ikan bandeng, yu sheng, kue keranjang, dan lain sebagainya. Rasa makanan tersebut tidak hanya enak. Tetapi, masing-masing memiliki makna.

Tentu saja akan ada bujet yang dianggarkan untuk menyajikan acara makan bersama ini. Sebaiknya dibuat perhitungannya terlebih dahulu.


Berburu Diskon Saat Imlek


Merah merupakan warna yang identic pada saat Imlek. Tidak hanya ornamen dan angpao saja yang warnanya merah. Warna pakaian pun didominasi warna ini. Karena merah dimaknai sebagai kebahagiaan.

Gak ada salahnya membeli pakaian baru yang sedang diskon bila kondisi keuangan terbatas. Karena mau diskon atau tidak, kan, yang penting makna kebahagiaannya.


Sesuaikan Gaya Hidup Kita


Banyak yang mengatakan kalau gaya hidup orang Tionghoa, tuh, kebanyakan sederhana. Dalam mengelola keuangan, masyarakat Tionghoa banyak yang pintar. Makanya, bisa banget nih prinsipnya ditiru oleh kita semua.

Bukan berarti gak boleh belanja, lho. Tetapi, buatlah berbagai pos anggaran dengan tepat agar keuangan sehat. Sehingga kita tidak hanya bisa belanja. Tetapi, pos-pos lain juga tetap terpenuhi. Salah satunya adalah memiliki asuransi.

Salah satu perusahaan asuransi jiwa berbasis digital FWD Insurance juga punya diskon yang menarik, lho. Periode 25 – 31 Januari 2022 ada diskon sebesar 30% untuk pembelian/kepesertaan premi tahun pertama yaitu produk Asuransi Bebas Handal, FWD Cancer Protection, Bebas Rencana, & Bebas Aksi (tidak termasuk Bebas Aksi Flash) dengan menggunakan kode promo di website fwd.co.id. Yuk silahkan pilih sesuai kebutuhan. Butuh asuransi kesehatan atau asuransi jiwa?

Ya pokoknya penting banget untuk membuat pengaturan keuangan sebaik mungkin. Sehingga pada momen special pun kita bisa lebih menikmatinya. Karena kondisi keuangan tetap sehat.