Menjaga Kesehatan Mental Juga Sangat Penting di Saat Pandemi - Salah satu hal positif yang terjadi di saat pandemi adalah memberi kesadaran tentang pentingnya menjaga kesehatan. Bergaya hidup sehat yaitu rutin berolahraga, mengatur pola konsumsi, dan beristirahat yang cukup menjadi sangat penting. Supaya imun tubuh tetap terjaga. Karena kalau sudah sakit bisa jadi lebih mahal biayanya.

Menjaga Kesehatan Mental Juga Sangat Penting di Saat Pandemi
sumber foto: unsplash.com


Ternyata tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik. Banyak yang merasa stress karena pandemi menghantam berbagai sektor. Hingga sekarang pun belum kelihatan akhirnya. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental, yaitu


Berusaha Mengeksplorasi Diri


Pembatasan aktivitas terjadi di masa pandemi. Bagi banyak orang, pembatasan ini bisa menimbulkan kejenuhan bahkan stress.

Mengeksplorasi diri dengan mencoba berbagai hal baru bisa menjadi solusi, misalnya mencoba membuat masakan atau minuman yang sedang viral, bercocok tanam, dan masih banyak lagi. Fokuslah dengan kegiatan tersebut. Sehingga bisa mengalihkan pikiran dari apa yang sedang terjadi saat ini.


Mendengarkan Lagu Favorit


Mood bisa dibangun dengan cara mendengarkan lagu. Emmeline Edwards, seorang psikolog, mengatakan bahwa sistem pendengaran manusia terhubung langsung dengan sistem motorik, pusat motivasi, dan pengendalian emosi. Beberapa penelitian pun menunjukkan kalau musik dapat membantu seseorang mengurangi stres, kecemasan, dan depresi ringan. Tapi, lagunya pilih-pilih, ya. Jangan sampai malah jadi menangis karena mendengar lagu dengan tema patah hati.


Bermedsos dengan Bijak


Banyak orang menghilangkan kebosanan dengan cara bermedsos. Disaat pandemi jumlahnya bisa lebih banyak. Tetapi, syaratnya harus dilakukan dengan bijak. Karena sering juga terjadi bermedsos malah jadi bikin stress.

Masifnya pemberitaan tentang Covid-19 juga bisa menambah stress, lho. Bahkan untuk berita yang berdasarkan fakta sekalipun. Makanya ikut sesuai anjuran WHO saja. Mencari informasi tentang pandemi secukupnya.

Mendingan cari konten yang menghibur, deh. Melihat berbagai konten receh, menonton serial kesayangan melalui streaming, dll. Kalau kayak gini bisa meningkatkan mood. Bikin jadi happy terus.


Tetap Jaga Relasi dengan Keluarga dan Teman


Memang awalnya sedih karena pandemi seperti menjaga jarak dengan keluarga dan teman. Semakin jarang berkumpul. Tetapi, sebetulnya kita diuntungkan di era digital ini. Bisa tetap ngumpul, hanya saja tidak dengan tatap muka. Tetapi, melalui berbagai platform digital. Ya setidaknya ini jauh lebih baik, lah. Bisa ketemuan saat itu juga meskipun berjauhan.


Menjaga Kesehatan Finansial dengan Asuransi Rawat Jalan


Kesehatan mental bisa timbul karena aspek finansial terganggu. Banyak terjadi pemotongan gaji bahkan PHK besar-besaran akibat pandemi. Banyak pula yang usahanya gulung tinggal. Kekhawatiran akan biaya hidup membuat mental pun mulai terganggu.

Pandemi juga memberikan pelajaran berharga akan pentingnya mulai mengelola keuangan dengan baik. Diawali dengan membuat perencanaan keuangan sederhana yang bisa jadi pegangan setiap menerima gaji atau sumber income lain. Alokasikan sebagian income untuk dana darurat, asuransi, dan investasi.

Kondisi finansial yang sehat bisa membuat hidup dijalani dengan lebih nyaman meskipun kondisi sedang tidak menentu. Sehingga kondisi mental tetap terjaga kesehatannya.

Rasanya tidak ada seorang pun yang ingin sakit. Apalagi di saat pandemi ini. Tetapi, terkadang sesuatu yang tidak diharapkan itu terjadi, misalnya harus dirawat inap di saat kondisi sedang tidak menentu. Bila sudah memiliki asuransi rawat inap bisa jadi sangat membantu. Tetapi, bila belum punya, bisa mempertimbangkan hal berikut


  1. Manfaat rawat jalan seperti apa yang dibutuhkan?
  2. Apakah ingin manfaat rawat jalan langsung ke dokter spesialis atau ke dokter umum dulu kemudian berjenjang bila terjadi kondisi tertentu?

FWD Insurance, yang merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa berbasis digital terkemuka di Indonesia, menghadirkan FWD Hospital Care Protection. Produk ini memberikan cakupan perlindungan menyeluruh untuk pelayanan medis rawat inap dan rawat jalan. Serangkaian fasilitas rehabilitasi termasuk perawatan ekstra juga diberikan. Para nasabah dapat memilih beragam pilihan layanan berdasarkan wilayah geografis dan manfaat yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tingkat resiko kesehatan mereka.

Asuransi kesehatan ini juga dilengkapi dengan manfaat atas biaya rawat jalan untuk penyakit infeksi serta manfaat rehabilitasi, konsultasi ahli gizi, dan pemantauan kanker selama masa pemulihan. Manfaat tambahan lain adalah limit booster, no claim bonus dan santunan pemakaman. Untuk memberikan kemudahan bagi nasabah, produk ini juga didukung jangkauan perlindungan di seluruh dunia serta pengajuan klaim melalui aplikasi FWD MAX.

Apakah kamu termasuk yang membeli produk asuransi FWD Insurance periode kegiatan 26 Juli - 31 Desember 2021? Kira-kira siapa ya yang menjadi pemenang dari mobil Toyota Raize?

Yuk, tonton pengundian Grand Prize #ProteksiOn Lucky Draw di vidio.com pada tanggal 28 Januari 2022 pukul 15.00 WIB! Saksikan keseruan talkshow dari Dee Lestari dan Reza Chandika. Untuk info program, silakan cek di fwd.co.id/proteksion, ya.

Dengan memiliki proteksi terhadap risiko kesehatan dan finansial, rasa khawatir bisa berkurang. Kesehatan mental bisa tetap terjaga. Kita bisa lebih fokus dengan passion. Oleh karenanya itu aktifkan perlindungan sekaligus rayakan kehidupan dan menangkan hadiah untuk mendukung passion-mu!