Alasan Pentingnya Generasi Milenial Memiliki Asuransi

By Keke Naima - February 22, 2022

Alasan Pentingnya Generasi Milenial Memiliki Asuransi - Masih banyak yang beranggapan memiliki asuransi sebaiknya setelah menikah atau usia lanjut. Padahal sebetulnya penting bagi generasi milenial memiliki asuransi di usia produktif. Tidah harus berkeluarga atau lanjut usia dulu.

Alasan Pentingnya Generasi Milenial Memiliki Asuransi
Sumber gambar: pexels.com


Menurut Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) pada 2019 yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik, generasi milenial mendominasi belanja online. Dengan jumlah 47 juta generasi milenial yang menggunakan internet, sekitar 17% (7,8 juta) menyukai berbelanja online.

Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan kalau kehidupan generasi milenial tidak lepas dari gaya hidup konsumtif yang didominasi oleh pembelanjaan online. Sebetulnya tidak salah berbelanja online. Tetapi, bila terlalu konsumtif, maka akan mengganggu keuangan. Beberapa aktivitas keuangan yaitu menabung, memiliki asuransi, dan berinvestasi menjadi kurang maksimal.

Kita semua tidak pernah tau apa yang akan terjadi di masa depan. Sebaiknya memiliki proteksi perlindungan jiwa dan kesehatan. FWD Insurance membagikan 4 alasan mengapa asuransi penting bagi milenial untuk disiapkan sejak dini.


Asuransi Dapat Meminimalkan Risiko

Asuransi merupakan salah satu aspek penting dalam manajemen risiko dan keuangan. Biaya pengobatan tidak selalu murah. Beberapa penyakit membutuhkan biaya yang mahal. Risiko kehilangan tulang punggung keluarga juga bisa terjadi bila generasi ini sudah berkeluarga.

Kedua risiko tadi bisa berdampak signifikan bagi keuangan keluarga, lho. Bisa menjadi sangat berat bila masih merintis keuangan Oleh karena itu, asuransi akan memberi perlindungan bila risiko tersebut terjadi. Jenis asuransi yang dipilih menentukan perlindungan apa yang akan didapat.


Premi Asuransi Bisa Lebih Terjangkau

Biaya premi yang relatif lebih murah bila memiliki asuransi sedini mungkin. Usia sekitar 20-30 tahunan biasanya masih memiliki kondisi kesehatan yang baik. Bisa jadi juga belum berkeluarga. Daripada pendapatan yang dimiliki dihabiskan untuk gaya hidup, lebih baik dialokasikan ke beberapa pos pengeluaran yang lebih penting misalnya memiliki asuransi.

Memiliki asuransi juga gak harus ribet. Apalagi Sekarang sudah era digital, bisa diproses dengan cepat. FWD Insurance menawarkan perlindungan yang bisa dibeli secara online untuk orang tersayang. Nikmati diskon Hari Kasih Sayang 25% dari periode 14 –18 Februari di berbagai produk FWD insurance seperti Asuransi Bebas Handal, FWD Cancer Protection, Bebas Rencana, & Bebas Aksi (tidak termasuk Bebas Aksi Flash) dengan menggunakan kode promo di website fwd.co.id.


Menawarkan Perlindungan Sesuai Kebutuhan

Perlindungan akan diberikan oleh asuransi bila terjadi risiko di kemudian hari. Tentu saja tergantung dari jenis asuransi yang dipilih.

Jika membutuhkan proteksi tentang kesehatan, bisa memilih asuransi kesehatan. Sedangkan untuk asuransi jiwa, risiko akan ditanggung bila nasabah meninggal dunia.

FWD Hospital Care Protection adalah produk asuransi kesehatan yang dimiliki FWD Insurance. Nasabah bisa mendapatkan perlindungan menyeluruh dari produk ini. Dimulai dari pelayanan medis, rawat inap, rawat jalan, serta serangkaian fasilitas rehabilitasi. Silakan memilih berdasarkan wilayah geografis dan manfaat yang paling diinginkan. Disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat resiko kesehatan masing-masing nasabah.

Masih ada lagi manfaat tambahan dari produk asuransi ini yaitu limit booster, no claim bonus, dan santunan pemakaman. Adanya aplikasi FWD MAX juga dapat memberikan keuntungan bagi nasabah karena mendukung terjangkaunya perlindungan di seluruh dunia serta pengajuan klaim.


Mengatur Pengelolaan Keuangan Menjadi Lebih Baik

Dengan memiliki asuransi sejak dini, maka pengeluaran biaya tidak hanya untuk gaya hidup. Pendapat yang dimiliki bisa di gunakan untuk membayar premi asuransi setiap bulannya. Dengan begitu, bisa merasakan manfaat dan mendapat perlindungan di kemudian hari.

Ya, berbagai alasan tadi menjadi alasan pentingnya memiliki asuransi bagi generasi milenial Saatnya memberi perlindungan untuk diri sendiri dan keluarga, ya!

  • Share:

You Might Also Like

48 comments

  1. Asuransi hadir sebagai proteksi. Ibaratnya siap jas hujan untuk menangkis gerimis. Aku sendiri mulai rutin pake asuransi tambahan kalau ngetrip sebab nggak tahu apa yang akan terjadi selama di perjalanan soalnya.

    ReplyDelete
  2. Benar banget kita tuh harus memiliki asuransi. Seperti FWD ini, yang bisa mengcover asuransi kesehatan nasabah, baik rawat jalan, rawat inap sampai rehabilitasi.

    ReplyDelete
  3. Menjadikan asuransi sebagai pengeluaran wajib setiap bulan penting adanya, agar kita merasakan manfaat dan mendapat perlindungan di kemudian hari dari asuransi

    ReplyDelete
  4. Aku setuju, generasi milenial memang mesti punya asuransi, asuransi kan sebuah perencanaan meminimalkan resiko yang mungkin muncul.

    ReplyDelete
  5. Semua alasannya masuk akal, Mbak Chi. Kalau milenial mampu membuatnya jadi logis maka mereka pasti pada punya asuransi.

    ReplyDelete
  6. setuju banget Mbak Mira

    minimal dengan ikut asuransi generasi milenial terbiasa menyisihkan uang untuk masa depan

    kalo udah jadi ortu dan baru membiasakan diri, bakal susah banget

    ReplyDelete
  7. Betul sekali Mbak, banyak yanv bilang mending nabung di bank tapi mereka tidak memperhitungkan kondisi lain seperti kesehatan. Tanggungan kesehatan termasuk salah satu yang penting juga dari pada sekedar keuntungan uang ya?

    ReplyDelete
  8. Bener Mbak. Justru di usia produktif lah proteksi tuh harus lebih dijalankan. Perlindungan terhadap diri sendiri yang menunjukkan sebuah kemandirian. Jadi jika terjadi apa-apa, semisal sakit berat selama bekerja, mereka sudah ada layanan proteksi yang bisa membantu. Tidak memberatkan orang lain terutama keluarga sendiri.

    ReplyDelete
  9. gak hanya generasi milenial, kita pun wajib melek asuransi yaa, Mba, karena peran asuransi ini penting banget

    ReplyDelete
  10. Memiliki asuransi memang ada baiknya dimiliki dan disiapkan sejak usia muda. Selain untuk mendapatkan proteksi, asuransi juga bisa menjadi investasi atau bahkan berjaga dari resiko finansial

    ReplyDelete
  11. Eh, beneran loh Chi alasan2 di atas, justru aku denger alias nguping ga sengaja dari anak2 muda yang lagi ngopi. AKu terkesima sama obrolan mereka karena dewasa banget sudah mulai investasi, ngomongin asuransi, waah pemikirannya dewassa pisan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus lah kalau literasi keuangan anak muda semakin membaik

      Delete
  12. Generasi millenial memang harus cerdas ya mengikuti perkembangan zaman. Jangan sampe ketinggalan informasi!

    ReplyDelete
  13. semakin cepat memiliki asuransi lebih baik ya Mbak, karena tingkat risiko yang kita punya juga masih cenderung lebih ringan, dari segi kesehatan misalnya masih sehat bugar, kecuali memang jika memiliki penyakit bawaan sih ya, tapi ini juga penting untuk diinformasikan ketika hendak membeli asuransi perlindungan diri maupun keluarga ya.

    ReplyDelete
  14. betul mbak asuransi harus dimiliki oleh generasi milenial untuk mass depannya. Kadang kita suka meremehkan asuransi apalagi kalau beranggapan asuransi ini tidak penting, lebih bagus tabungan ketimbang asuransi. Padahal manfaat asuransi lebih banyak bisa memproteksi diri dalam berbagai kebutuhan. Hidup akan lebih terjamin bila memiliki asuransi pastinya.

    ReplyDelete
  15. benar mba.. aku juga melihat asuransi banyak menawarkan manfaat ya.. tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan prioritas kita, termasuk para generasi milenial

    ReplyDelete
  16. Bener nih, biasanya usia 20an belum ada kepikiran bikin asuransi, padahal gak ada salahnya dimulai, biar jaga-jaga bila terjadi sakit atau resiko finansial lainnya

    ReplyDelete
  17. Milenial, anak muda memang kudu punya asuransi. Poin terakhir itu, mengatur keuangan lebih baik. Jadi duitnya gak buat senang-senang saja. Masa depan udah dipikirkan

    ReplyDelete
  18. Saat ini sebagian besar orang sudah banyak yang menyadari manfaat asuransi, khususnya generasi muda

    ReplyDelete
  19. Setuju banget nih, justru kepedulian terhadap resiko jangka panjang harus mulai ditanamkan sejak muda. Jadi ntar begitu sudah punya penghasilan, tau seberapa porsi yang harus dipikirkan untuk dialokasikan sebagai dana asuransi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sadar dengan literasi keuangan sejak muda, ya

      Delete
  20. Bagus sekali bila anak muda zaman sekarang sudah melek literasi.
    Terutama meluangkan penghasilannya untuk keuangan masa depan.
    Semoga setiap generasi semakin cerdas mengelola keuangan dan menjadikan generasi tangguh.

    ReplyDelete
  21. Menurutku semua orang wajib sih punya asuransi, jadi bertanggung jawab untuk diri sendiri dan juga keluarga, baik milenial maupun generasi manapun sih

    ReplyDelete
  22. Benar banget nih, sebagai generasi milenial saya juga merasakan banget pentingnya asuransi. Apalagi setelah berkeluarga karena banyak hal2 tak terduga yang terjadi dan setidaknya asuransi bisa mengcover itu

    ReplyDelete
  23. sepakat, sih. kalau udah punya asuransi sejak dini pemasukan lebih terarah. enggak hanya buat mewah2 doang ya, teh. hahahaa

    ReplyDelete
  24. Asuransi termasuk perlindungan masa depan ya mba, lega kalau punya. Punyaku sedang diurus suami allhamdulilah

    ReplyDelete
  25. Setuju nih generasi mienial harus punya asuransi sebagai proteksi ya kak, terlebih saat pandemi seperti sekarang ya

    ReplyDelete
  26. Akan sangat bagus kalau asuransi diambil sejak masih muda. generasi milenial puunya kecenderungan mudah mencari uang tapi juga mudah menghamburkannya.

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^