Encanto, Film Tentang Nilai-Nilai Keluarga yang Kerap Diabaikan - Udah ganti tahun aja, ya. Semoga kita masih diberi kesehatan dan kebahagian. Aamiin Allahumma aamiin.

Ngapain aja di malam tahun baru?
 
review film encanto
image: https://movies.disney.id/encanto


Seperti biasa kami selalu di rumah. Malas sama keramaian dan kemacetan di malam tahun baru. Etapi, tahun ini kayaknya lumayan sepi. Cuma sekali doang kedengeran jedar-jeder kembang api. Itupun sekitar pukul 9 malam. Abis itu suasana tenaaaang ....

Menjelang akhir tahun, Chi dan K'Aie memilih beberapa tontonan di Netflix dan Disney+. Salah satu film yang kami tonton adalah Encanto, film animasi musikal produksi Walt Disney. Kalau melihat grafisnya langsung mengingatkan Chi ke film Coco.


Sinopsis Film Encanto


Encanto menceritakan tentang kisah keluarga The Madrigals yang tinggal di daerah pedalaman pegunungan Kolombia. Mereka tinggal di rumah yang penuh dengan keajaiban. Rumah ini juga sekaligus pusat bagi komunitas yang dinamakan Encanto.

Awalnya The Madrigals hanyalah keluarga biasa. Suatu hari, desa tempat mereka tinggal diserang. sehingga seluruh warganya harus menyelamatkan diri ke pedalaman.

Warga desa terus dikejar. Pedro, suami Abuela Alma Madrigal, mengorbankan diri untuk melawan. Meninggal istri, ketiga anak yang masih bayi, dan warga desa lainnya. Seketika keajaiban pun terjadi. Lilin yang dipegang oleh Alma menjadi lilin ajaib dan melindungi semuanya. Mereka pun mulai tinggal di pedalaman tersebut dalam suasana damai.

Ketiga anak kembar Pedro dan Alma juga mendapatkan kemampuan istimewa di usia yang ke-5 tahun. Tradisi ini terus berlanjut hingga ke para cucu. Alma pun bertekad semua kemampuan istimewa yang dimiliki oleh anak dan cucunya harus dipakai untuk membantu dan melindungi komunitas. Menurutnya cara ini juga sekaligus upaya menghormati mendiang suaminya.

 

Jalan Cerita yang Sederhana dari Film Encanto

 
silsilah keluarga the madrigals
Silsilah keluarga The Madrigals. Wah, gak ada Bruno!
image: https://movies.disney.id/encanto


Ternyata tidak semua keturunan The Madrigals mendapatkan keistimewaan. Mirabel, putri bungsu dari Julieta, tidak memiliki sama sekali. Padahal ibunya diberkati kekuatan mampu menyembuhkan berbagai penyakit melalui makanan yang dibuatnya. Isabela, kakak pertamanya, mampu menumbuhkan tanaman dengan berbagai bunga yang cantik. Sedangkan Luisa, kakak kedua memiliki kekuatan super. Gunung pun mampu diangkat dan dipindahkan olehnya.

Bagaimana dengan Bruno, anak kedua Alma dan Pedro?

We don't talk about Bruno, no, no, no
We don't talk about Bruno
 
Begitulah sepenggal lirik lagu "We Don't Talk About Bruno" yang dinyanyikan oleh The Madrigals ketika Mirabel menanyakan pamannya. Hingga pertengahan cerita, Bruno adalah sosok yang misterius. Udah kayak Voldemort di film Harry Potter. Terlarang bagi siapapun untuk menyebutnya.
 
Makanya Chi sempat berpikir kalau Bruno ini memiliki karakter jahat. Kemudian berusaha menghancurkan keluarga dan Encanto. Tetapi, seluruh anggota The Madrigals bersatu di bawah pimpinan Mirabel. Akhirnya bersama-sama (tanpa kekuatan bulan hihihi) bisa mengalahkan Bruno.

Ternyata jalan ceritanya gak seperti itu ... 

Agak spoiler dikit, ya. Kalau teman-teman gak mau spoiler, sebaiknya skip aja. Tetapi kalau penasaran lanjuuuut bacanya sampai selesai hehehe ...

Film Encanto ini memiliki grafis yang indah. Penuh warna-warni dan bernuansa budaya Kolombia. Suka banget deh dengan grafisnya.

Jalan ceritanya sendiri sangat sederhana. Bahkan menurut Chi apa yang terjadi di The Madrigals bisa terjadi di keluarga manapun. Meskipun gak memiliki kekuatan magis.


Moral Story Film Encanto

 
encanto cerita tentang nilai keluarga
Image: https://movies.disney.id/encanto

 

Semua Anak Istimewa

Membeda-bedakan anak seringkali menjadi masalah klasik yang ada di banyak keluarga. Disengaja atau enggak, masih ada orangtua yang lebih membanggakan salah satu anak. Kemudian mengabaikan yang lain.

Biasanya anak yang selalu ranking 1 atau rajin juara ini-itu akan menjadi kebanggan orangtua. Bakal 'dipamerin' melulu di keluarga besar, kerabar, tetangga, dan lainnya. Sedangkan anak yang 'biasa-biasa' seperti dianggap antara ada dan tiada. Malah mendingan diam aja, deh. Daripada melakukan sesuatu yang kemudian terlihat salah, jatuhnya jadi dianggap bikin malu keluarga.

Isabel memang tidak mendapatkan kekuatan magis. Tetapi, sikapnya yang selalu ceria dan ramah dengan semua orang menjadikannya sosok yang istimewa. Dia juga sosok yang ngemong.

Terlihat ketika Antonio, adik sepupunya terkecil, akan mendapatkan karunia di ulang tahun ke-5. Antonia begitu cemas dengan momen tersebut. Tetapi, Mirabel bisa membuatnya nyaman dan mendorong untuk menghadapi momen besar tersebut.
 
Sayangnya gak semua orang bisa menganggap Mirabel itu istimewa, kecuali orangtuanya. Tetapi, orangtuanya gak bisa berbuat banyak. Karena semua keluarga The Madrigals patuh dengan Alma.

Bruno pun sosok istimewa. Dia memiliki kekuatan istimewa yang disalahartikan oleh seluruh anggota komunitasm termasuk keluarga. Karena merasa dikucilkan, Bruno pun memilih bersembunyi.

Memangnya Bruno punya kekuatan magis apa? Mendingan nonton filmnya hehehe.


Semua Bisa Insecure

Selain memiliki karakter yang ceria, Mirabel juga agak clumsy seperti ayahnya. Sikapnya yang kerap ceroboh membuatnya sering ditegur oleh neneknya. Mirabel sering dilarang setiap kali dia ingin memberikan bantuan. Pokoknya dia disuruh diam aja ma neneknya.

Sikap neneknya suka membuatnya sedih. Semakin merasa insecure karena hanya dia yang gak memiliki kekuatan istimewa. Tetapi, sebetulnya gak hanya Mirabel. Kedua kakaknya pun diam-diam punya rasa insecure. Mirabel lah yang pertama kali mengetahui.

Isabel, kakak tertuanya, kerap dianggap sebagai anggota The Madrigals yang paling sempurna. Secara fisik tipikal model. Berwajah cantik dan tubuh yang langsing. Kemampuannya pun paling indah. Mampu menumbuhkan berbagai tanaman dengan bunga-bunga yang sangat cantik. Sempurna banget, deh!

Tetapi, Isabel terkadang lelah dengan kesempurnaan itu. Terkadang dia pengen menciptakan tanaman yang terlihat biasa, misalnya kaktus. Dia juga sebetulnya keberatan dengan jodoh yang dipilihkan oleh neneknya.
 
Isabel dijodohkan oleh seorang pria paling tampan di Encanto. Neneknya berharap kalau cucunya menikah, akan menghasilkan keturunan yang sempurna. Karena ibunya paling cantik dan ayahnya sangat tampan.

Luisa, kakak kedua Mirabel, memiliki kekuatan yang sangat super. Kekuatannya ini membuatnya seringkali diminta bantuan oleh komunitas. Diminta angkat ini, angkat itu. Pokoknya setiap hari harus kerja membantu warga yang membutuhkan.
 
Padahal, terkadang Luisa merasa lelah. Bukan lelah karena gak punya tenaga. Tetapi, pengen lah ya sesekali dia yang membutuhkan. Luisa mulai mempertanyakan dirinya sendiri.

Sayangnya baik Isabel dan Luisa gak bisa menceritakan rasa insecurenya itu. Seperti merasa tabu aja. Karena peraturan yang udah dibuat oleh neneknya. Bahwa The Madrigals harus selalu berkomitmen membantu semua warga yang membutuhkan


Komunikasi di Keluarga itu Kunci

Sesabar-sabarnya Mirabel, kemarahannya pecah juga kalau terus-menerus disalahkan. Apalagi dia dianggap sebagai pembawa pengaruh buruk di keluarga. Gara-gara kekuatan super Luisa mendadak hilang. Isabel pun memperlihatkan 'ketidaksempurnaannya' saat bersama Mirabel.

Mirabel sangat marah dan memilih kabur. Sejak itu, rumah ajaib The Madrigals pun mulai hancur. Semua keluarga mencari Mirabel.

Akhir ceritanya udah pasti happy ending. Alma menyadari kalau penyebab utama kehancuran The Madrigals adalah dirinya. Menurut Chi, sikap Alma yang terlalu protektif dan mendominasi di keluarganya memang karena trauma masa lalu.

Dia gak mau lagi terjadi tragedi seperti di masa lampau. Gak mau lagi kehilangan keluarga. Tetapi, sikapnya jadi berlebihan. Semua anak dan cucunya yang mendapat kekuatan ajaib dituntut untuk selalu melindungi dan membantu komunitas. Semua diatur oleh Alma. Sampai tidak ada satupun yang berani menyatakan pendapat.

Bagi warga Encanto, The Madrigal memang terlihat seperti keluarga sempurna. Kalau bahasa zaman now, mereka tuh keluarga yang punya privillege. Sedangkan warga lainnya hanya rakyat jelata atau remahan rengginang hihihi ...

Padahal di balik kesempurnaan itu, komunikasi antar sesama anggota keluarganya gak bagus. Semua punya insecure yang gak bisa diungkapkan. Bahkan dengan sesama anggota keluarga pun gak akur-akur amat. Cuma di depan orang aja terlihat pencitraan.

Konflik di keluarga The Madrigals termasuk yang sering terjadi dalam dunia nyata, kan? Atau jangan-jangan kita juga pernah mengalaminya?

Tentang anak merasa dibeda-bedain sayangnya di keluarga. Keke juga pernah kayak gitu, kok. Bagusnya dia dengan terang-terangan mengungkapkan keresahannya. Alhamdulillah dia mulai paham setelah dijelasin.

Terkadang, belum tentu salah orangtuanya, lho. Belum tentu juga orangtua pilih kasih ke anak. Bisa jadi permasalahannya adalah salah paham. Ya, menjalin komunikasi memang lagi-lagi berperan banget memperbaiki hubungan dengan sesama keluarga.
 
Dari beberapa artikel yang pernah Chi baca, merasa insecure sebetulnya wajar sampai tahapan tertentu, lho. Semua bisa insecure, termasuk seseorang yang terlihat terlalu sempurna.
 
Yang dibutuhkan sebetulnya saling memahami. Mirabel tadinya gak dekat sama kedua kakaknya, terutama ma Isabel. Kakak pertamanya ini kayak yang selalu merendahkan adiknya. Setelah Mirabel berhasil mengambil hatinya, baru deh ketahuan kalau kakaknya terkadang lelah dengan segala kesempurnaan yang dimiliki.
 
Cerita Encanto memang punya moral story yang bagus. Tentang nilai-nilai keluarga yang terkadang tanpa disadari kerap diabaikan. Memperbaikin hubungan sesama anggota keluarga. Karena seperti kata Keluarga Cemara, "harta yang paling berharga adalah keluarga". *langsung nyanyi hehehe.
 
Tetapi, bila sekadar ingin menjadikan film ini sebagai hiburan semata juga gak apa-apa. Grafisnya cakep dan berwarba-warni. Apalagi kalau teman-teman juga suka cerita musikal. Kayaknya akan terhibur dengan film animasi Disney yang ini.