Encanto, Film Tentang Nilai-Nilai Keluarga yang Kerap Diabaikan

By Keke Naima - January 07, 2022

Encanto, Film Tentang Nilai-Nilai Keluarga yang Kerap Diabaikan - Udah ganti tahun aja, ya. Semoga kita masih diberi kesehatan dan kebahagian. Aamiin Allahumma aamiin.

Ngapain aja di malam tahun baru?
 
Encanto, Film Tentang Nilai-Nilai Keluarga yang Kerap Diabaikan
image: https://movies.disney.id/encanto


Seperti biasa kami selalu di rumah. Malas sama keramaian dan kemacetan di malam tahun baru. Etapi, tahun ini kayaknya lumayan sepi. Cuma sekali doang kedengeran jedar-jeder kembang api. Itupun sekitar pukul 9 malam. Abis itu suasana tenaaaang ....

Menjelang akhir tahun, Chi dan K'Aie memilih beberapa tontonan di Netflix dan Disney+. Salah satu film yang kami tonton adalah Encanto, film animasi musikal produksi Walt Disney. Kalau melihat grafisnya langsung mengingatkan Chi ke film Coco.


Sinopsis Film Encanto


Encanto menceritakan tentang kisah keluarga The Madrigals yang tinggal di daerah pedalaman pegunungan Kolombia. Mereka tinggal di rumah yang penuh dengan keajaiban. Rumah ini juga sekaligus pusat bagi komunitas yang dinamakan Encanto.

Awalnya The Madrigals hanyalah keluarga biasa. Suatu hari, desa tempat mereka tinggal diserang. sehingga seluruh warganya harus menyelamatkan diri ke pedalaman.

Warga desa terus dikejar. Pedro, suami Abuela Alma Madrigal, mengorbankan diri untuk melawan. Meninggal istri, ketiga anak yang masih bayi, dan warga desa lainnya. Seketika keajaiban pun terjadi. Lilin yang dipegang oleh Alma menjadi lilin ajaib dan melindungi semuanya. Mereka pun mulai tinggal di pedalaman tersebut dalam suasana damai.

Ketiga anak kembar Pedro dan Alma juga mendapatkan kemampuan istimewa di usia yang ke-5 tahun. Tradisi ini terus berlanjut hingga ke para cucu. Alma pun bertekad semua kemampuan istimewa yang dimiliki oleh anak dan cucunya harus dipakai untuk membantu dan melindungi komunitas. Menurutnya cara ini juga sekaligus upaya menghormati mendiang suaminya.

 

Jalan Cerita yang Sederhana dari Film Encanto

 
silsilah keluarga the madrigals
Silsilah keluarga The Madrigals. Wah, gak ada Bruno!
image: https://movies.disney.id/encanto


Ternyata tidak semua keturunan The Madrigals mendapatkan keistimewaan. Mirabel, putri bungsu dari Julieta, tidak memiliki sama sekali. Padahal ibunya diberkati kekuatan mampu menyembuhkan berbagai penyakit melalui makanan yang dibuatnya. Isabela, kakak pertamanya, mampu menumbuhkan tanaman dengan berbagai bunga yang cantik. Sedangkan Luisa, kakak kedua memiliki kekuatan super. Gunung pun mampu diangkat dan dipindahkan olehnya.

Bagaimana dengan Bruno, anak kedua Alma dan Pedro?

We don't talk about Bruno, no, no, no
We don't talk about Bruno
 
Begitulah sepenggal lirik lagu "We Don't Talk About Bruno" yang dinyanyikan oleh The Madrigals ketika Mirabel menanyakan pamannya. Hingga pertengahan cerita, Bruno adalah sosok yang misterius. Udah kayak Voldemort di film Harry Potter. Terlarang bagi siapapun untuk menyebutnya.
 
Makanya Chi sempat berpikir kalau Bruno ini memiliki karakter jahat. Kemudian berusaha menghancurkan keluarga dan Encanto. Tetapi, seluruh anggota The Madrigals bersatu di bawah pimpinan Mirabel. Akhirnya bersama-sama (tanpa kekuatan bulan hihihi) bisa mengalahkan Bruno.

Ternyata jalan ceritanya gak seperti itu ... 

Agak spoiler dikit, ya. Kalau teman-teman gak mau spoiler, sebaiknya skip aja. Tetapi kalau penasaran lanjuuuut bacanya sampai selesai hehehe ...

Film Encanto ini memiliki grafis yang indah. Penuh warna-warni dan bernuansa budaya Kolombia. Suka banget deh dengan grafisnya.

Jalan ceritanya sendiri sangat sederhana. Bahkan menurut Chi apa yang terjadi di The Madrigals bisa terjadi di keluarga manapun. Meskipun gak memiliki kekuatan magis.


Moral Story Film Encanto

 
encanto cerita tentang nilai keluarga
Image: https://movies.disney.id/encanto

 

Semua Anak Istimewa

Membeda-bedakan anak seringkali menjadi masalah klasik yang ada di banyak keluarga. Disengaja atau enggak, masih ada orangtua yang lebih membanggakan salah satu anak. Kemudian mengabaikan yang lain.

Biasanya anak yang selalu ranking 1 atau rajin juara ini-itu akan menjadi kebanggan orangtua. Bakal 'dipamerin' melulu di keluarga besar, kerabar, tetangga, dan lainnya. Sedangkan anak yang 'biasa-biasa' seperti dianggap antara ada dan tiada. Malah mendingan diam aja, deh. Daripada melakukan sesuatu yang kemudian terlihat salah, jatuhnya jadi dianggap bikin malu keluarga.

Mirabel memang tidak mendapatkan kekuatan magis. Tetapi, sikapnya yang selalu ceria dan ramah dengan semua orang menjadikannya sosok yang istimewa. Dia juga sosok yang ngemong.

Terlihat ketika Antonio, adik sepupunya terkecil, akan mendapatkan karunia di ulang tahun ke-5. Antonia begitu cemas dengan momen tersebut. Tetapi, Mirabel bisa membuatnya nyaman dan mendorong untuk menghadapi momen besar tersebut.
 
Sayangnya gak semua orang bisa menganggap Mirabel itu istimewa, kecuali orangtuanya. Tetapi, orangtuanya gak bisa berbuat banyak. Karena semua keluarga The Madrigals patuh dengan Alma.

Bruno pun sosok istimewa. Dia memiliki kekuatan spesial yang disalahartikan oleh seluruh anggota komunitas termasuk keluarga. Karena merasa dikucilkan, Bruno pun memilih bersembunyi.

Memangnya Bruno punya kekuatan magis apa? Mendingan nonton filmnya hehehe.


Semua Bisa Insecure

Selain memiliki karakter yang ceria, Mirabel juga agak clumsy seperti ayahnya. Sikapnya yang kerap ceroboh membuatnya sering ditegur oleh neneknya. Mirabel sering dilarang setiap kali dia ingin memberikan bantuan. Pokoknya dia disuruh diam aja ma neneknya.

Sikap neneknya suka membuatnya sedih. Semakin merasa insecure karena hanya dia yang gak memiliki kekuatan istimewa. Tetapi, sebetulnya gak hanya Mirabel. Kedua kakaknya pun diam-diam punya rasa insecure. Mirabel lah yang pertama kali mengetahui.

Isabel, kakak tertuanya, kerap dianggap sebagai anggota The Madrigals yang paling sempurna. Secara fisik tipikal model. Berwajah cantik dan tubuh yang langsing. Kemampuannya pun paling indah. Mampu menumbuhkan berbagai tanaman dengan bunga-bunga yang sangat cantik. Sempurna banget, deh!

Tetapi, Isabel terkadang lelah dengan kesempurnaan itu. Terkadang dia pengen menciptakan tanaman yang terlihat biasa, misalnya kaktus. Dia juga sebetulnya keberatan dengan jodoh yang dipilihkan oleh neneknya.
 
Isabel dijodohkan oleh seorang pria paling tampan di Encanto. Neneknya berharap kalau cucunya menikah, akan menghasilkan keturunan yang sempurna. Karena ibunya paling cantik dan ayahnya sangat tampan.

Luisa, kakak kedua Mirabel, memiliki kekuatan yang sangat super. Kekuatannya ini membuatnya seringkali diminta bantuan oleh komunitas. Diminta angkat ini, angkat itu. Pokoknya setiap hari harus kerja membantu warga yang membutuhkan.
 
Padahal, terkadang Luisa merasa lelah. Bukan lelah karena gak punya tenaga. Tetapi, pengen lah ya sesekali dia yang membutuhkan. Luisa mulai mempertanyakan dirinya sendiri.

Sayangnya baik Isabel dan Luisa gak bisa menceritakan rasa insecurenya itu. Seperti merasa tabu aja. Karena peraturan yang udah dibuat oleh neneknya. Bahwa The Madrigals harus selalu berkomitmen membantu semua warga yang membutuhkan


Komunikasi di Keluarga itu Kunci

Sesabar-sabarnya Mirabel, kemarahannya pecah juga kalau terus-menerus disalahkan. Apalagi dia dianggap sebagai pembawa pengaruh buruk di keluarga. Gara-gara kekuatan super Luisa mendadak hilang. Isabel pun memperlihatkan 'ketidaksempurnaannya' saat bersama Mirabel.

Mirabel sangat marah dan memilih kabur. Sejak itu, rumah ajaib The Madrigals pun mulai hancur. Semua keluarga mencari Mirabel.

Akhir ceritanya udah pasti happy ending. Alma menyadari kalau penyebab utama kehancuran The Madrigals adalah dirinya. Menurut Chi, sikap Alma yang terlalu protektif dan mendominasi di keluarganya memang karena trauma masa lalu.

Dia gak mau lagi terjadi tragedi seperti di masa lampau. Gak mau lagi kehilangan keluarga. Tetapi, sikapnya jadi berlebihan. Semua anak dan cucunya yang mendapat kekuatan ajaib dituntut untuk selalu melindungi dan membantu komunitas. Semua diatur oleh Alma. Sampai tidak ada satupun yang berani menyatakan pendapat.

Bagi warga Encanto, The Madrigal memang terlihat seperti keluarga sempurna. Kalau bahasa zaman now, mereka tuh keluarga yang punya privillege. Sedangkan warga lainnya hanya rakyat jelata atau remahan rengginang hihihi ...

Padahal di balik kesempurnaan itu, komunikasi antar sesama anggota keluarganya gak bagus. Semua punya insecure yang gak bisa diungkapkan. Bahkan dengan sesama anggota keluarga pun gak akur-akur amat. Cuma di depan orang aja terlihat pencitraan.

Konflik di keluarga The Madrigals termasuk yang sering terjadi dalam dunia nyata, kan? Atau jangan-jangan kita juga pernah mengalaminya?

Tentang anak merasa dibeda-bedain sayangnya di keluarga. Keke juga pernah kayak gitu, kok. Bagusnya dia dengan terang-terangan mengungkapkan keresahannya. Alhamdulillah dia mulai paham setelah dijelasin.

Terkadang, belum tentu salah orangtuanya, lho. Belum tentu juga orangtua pilih kasih ke anak. Bisa jadi permasalahannya adalah salah paham. Ya, menjalin komunikasi memang lagi-lagi berperan banget memperbaiki hubungan dengan sesama keluarga.
 
Dari beberapa artikel yang pernah Chi baca, merasa insecure sebetulnya wajar sampai tahapan tertentu, lho. Semua bisa insecure, termasuk seseorang yang terlihat terlalu sempurna.
 
Yang dibutuhkan sebetulnya saling memahami. Mirabel tadinya gak dekat sama kedua kakaknya, terutama ma Isabel. Kakak pertamanya ini kayak yang selalu merendahkan adiknya. Setelah Mirabel berhasil mengambil hatinya, baru deh ketahuan kalau kakaknya terkadang lelah dengan segala kesempurnaan yang dimiliki.
 
Cerita Encanto memang punya moral story yang bagus. Tentang nilai-nilai keluarga yang terkadang tanpa disadari kerap diabaikan. Memperbaikin hubungan sesama anggota keluarga. Karena seperti kata Keluarga Cemara, "harta yang paling berharga adalah keluarga". *langsung nyanyi hehehe.
 
Tetapi, bila sekadar ingin menjadikan film ini sebagai hiburan semata juga gak apa-apa. Grafisnya cakep dan berwarba-warni. Apalagi kalau teman-teman juga suka cerita musikal. Kayaknya akan terhibur dengan film animasi Disney yang ini.

  • Share:

You Might Also Like

37 comments

  1. Nuansanya kaya film Coco ya.. aku suka nih nonton film Disney. Sempet liat film ini di storynya Nana Mirdad jadi pengen nonton juga hehe

    ReplyDelete
  2. Beranda facebook ku sempat bertebaran sinopsis film Encanto, saya jadi ingat dengan film Coco yang animasinya mirip. Kalau Encanto dari Kolombia, Coco dari Meksiko. Suka lihat jenis tayangan seperti ini banyak edukasinya dan cocok ditonton segala usia

    ReplyDelete
  3. Ikut memahami akan pelajaran hidup yang bisa kita ambil dari film ini. Meski belum tahu kapan bisa nontonnya, setidaknya sudah bisa menerapkan pelajaran baik dari film ini dalam sikap dan perilaku sehari-hari. Terimakasih ulasan dan review filmnya
    Selamat tahun baru untuk semuanya ya

    ReplyDelete
  4. wah masuk list nih, bisa buat nonton sama keluarga pas weekend ntar, thanks for sharing :)

    ReplyDelete
  5. Bagus dinonton bareng suami dan anak-anak yaa, Mba. Jadi penasaran sama filmnya nih, pengen nonton juga

    ReplyDelete
  6. Oh ini tohh film yang anakku suka ajak-ajak sekeluarga nonton, ternyata emang sebagus itu ya. Wah bakal langsung saya dan keluarga nonton deh akhir pekan nanti😍

    ReplyDelete
  7. asli aku kan tim yang emang nyari spoiler, jadi penasaran deh sama si Bruno yang bukan dari Mars ini sebenarnya punya kekuatan apa sampai dikucilkan hihihi, menarik buat disimak deh ini filmnya

    ReplyDelete
  8. udah penasaran sejak pertama muncul tapi belum sempat nonton, bisa nonton di Disney+ juga ya ini? Cus juga ahh mau langganan Disney+ biar bisa nonton Encanto juga bareng keluarga walau di rumah aja :)

    ReplyDelete
  9. Hikmah yang diperoleh setelah nonton film anak Encanto ini banyak yaa..
    Suka banget membacanya.

    Terutama bagian Semua Bisa Insecure. Karena seringkali kit tidak menyadari perasaan kita sendiri yang membutuhkan validasi dan sikap yang benar untuk mengatasinya.

    ReplyDelete
  10. aku berencana nonton ini juga sama anak2ku mbaa.. kayaknya menarik yaa untuk ditonton barengan. semoga aja mereka juga suka, kulihat rating film ini pun bagus

    ReplyDelete
  11. Film Encanto ini menarik dan keluarannya Disney ya ternyata. Ponakan2 bakal senang nih karena rata2 di keluarga kami pecinta film2 animasi. Nanti kureferensiin deh

    ReplyDelete
  12. Begitu melihat tokohnya aku langsung teringat film kartun Moana, aku suka kartun model begini. Anakku kayaknya bakal suka banget ini

    ReplyDelete
  13. Aku lupa yrus mau nonton film ini ternyata baus ya moral story yang digambarkan di film ini. Walaupun udah baca sinopsinya lebih afdol kalau nonton lagi sendiri ya.
    Bakat tiap orang itu beda ya walaupun keturunan pynya kemampuan belum tentu juga menurun ke anaknya.
    Kalau masalah tahun baru aku dari dulu selalu di rumah jadi kadang sebelum jam 12 udah tidur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap recommended untuk ditonton. Ini film yang bagus

      Delete
  14. Sesungguhnya, ketika orangtuaku, terutama Ibu yang kerap memuji anak pertama lebih dari apapun, maka aku tersadar dengan memberikan afeksi positif kepada diri sendiri bahwa memang mas lebih pantas dibanggakan, secara tugasnya menjadi berat kalau Ibu membutuhkan apapun.
    Jadi,
    Ada baiknya Ibu memuji Mas. Bukan berarti lalu anak-anak yang lain menjadi hilang atau lepas tanggungjawab, hanya saja menjadi lebih ringan memanggulnya.

    Beban banget sering dipuji tuh..
    Hihii..

    Setelah jadi orangtua sih..aku bisa paham ini.
    Dulunya, aku sering mempertanyakan identitas diriku "Kok aku gak mirip Bapak atau Ibu? Apa bener aku anak kandung?"

    Ya Allah...
    Kekanak-kanakan sekali ya...dan ini yang disebut overthinking, bahasa anak jaman jigeum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! Seringkali orang lain melihat kayaknya enak dapat pujian. Padahal ujian juga bisa menjadi cobaan bagi yang menerimanya

      Delete
  15. Wah film ini film anak tapi nilai hikmahnya ngena banget untuk orang dewasa, terutama orang tua ya Mbak. Apalagi film keluaran Disney udah ndak diragukan lagi.

    Semoga ada kesempatan untuk nonton ini

    ReplyDelete
  16. Andai dunia nyata kyk film yg bisa dengan berani mengungkapkan keresahan hatinya ke keluarganya. Sayangnya msh banyak keluarga kolot yg anggap bersuara tu durhaka hahaha :P
    Makanya nih memang pondasi keluarga yang harus dikuatin adalah komunikasi ya mbak. Jangan sampai anak lbh percaya pd org lain ketimbang keluarga sendiri :D
    Jd pengen nonton jugaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener hehehe. Komunikasi menjadi kunci. Semoga banyak keluarga yang menyadari hal ini

      Delete
  17. Aku nonton baru permulaannya aja nih. Skip dulu karena jalan cerita udah ketebak. Tapi film ini bagus buat anak-anak & bisa menyemangati anak-anak yang minder ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, seoerti yang saya tuliskan di sini juga. Secara jalan cerita, Encanto gak menawarkan sesuatu yang wow, kok. Tetapi, menurut saya film ini gak hanya bagus untuk anak. Malah orangtua wajib nonton. Pesan parentingnya bagus

      Delete
  18. Moral story nya cakep. Ya jangankan anak ya, kita aja ga mau kok dibanding-bandingkan. Dan entah karena innerchild atau bukan meski tau teorinya tetep aja masih suka nyeplos depan anak yg lain, padahal kan sebenarnya ga boleh banget ya, huhu. Harus nonton ini sih

    ReplyDelete
  19. Eh.. Jadi inget lagi kaaaan.. Saya udah lama banget ini mau nonton ini bareng bocah. Biasa jadwal nobar keluarga. Cuma yang disetel film lain lagi.. Ah.. Nanti nonton deh. Pakai reminder.. Xixixi..

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^