Imperfect Parenteen, Bukan Buku Parenting

By Keke Naima - June 01, 2021

Imperfect Parenteen, Bukan Buku Parenting - Apakah teman-teman pernah merasa bersedih karena merasa tidak menjadi orang tua yang sempurna? 
 
imperfect parenteen bukan buku parenting

Pada awalnya, Chi merasa seperti itu. Di awal menjadi orang tua, puluhan bahkan ratusan kali merasa bersalah. Anak sakit langsung merasa gak becus mengurus kesehatan anak. Usai marahin anak, bapernya berkepanjangan karena feeling guilty. Khawatir anak jadi benci ibunya. Banyak lah cerita baper lainnya.

 

Di Balik Cerita tentang Buku Imperfect Parenteen

 
Beberapa bulan lalu, penerbit EA Books (bagian dari Buku Mojok Group) menghubungi Chi via email. Katanya ingin membukukan beberapa tulisan di blog ini yang tentang pengasuhan remaja.

Bagi Chi membuat buku adalah sesuatu yang sangat baru. Bahkan punya rasa yang berbeda. Dari dulu, beberapa kali pernah berusaha menulis untuk media selain blog, tetapi rasanya beda. Malah jadi banyak nge-blank. Makanya sebelum menyetujui, Chi bertanya lebih detil dulu. Khawatir nanti malah jadi mandek ngerjainnya karena merasa gak dapat 'feel-nya'.

Ternyata, Chi gak harus menulis ulang. Semua tulisan di buku ini, sudah ada di blog. Editor di EA Books yang kemudian merapikan tulisan-tulisannya. Misalnya, mengecek ada typo atau enggak. Mengganti kata 'Chi' menjadi saya. Tentu saja setelah selesai, Chi diminta mengecek draftnya terlebih dahulu untuk kemudian disetujui atau tidak.

Setelah draft naskah disepakati, menentukan judul ternyata ruwet juga. Ada beberapa usulan judul dari penerbit. Tetapi, Chi juga dipersilakan bila punya usulan lain.

Saat itu, Chi belum ada ide untuk judul. Tetapi, mengutarakan keinginan jangan sampai terkesan seperti buku teori parenting. Chi gak punya latar belakang keilmuan parenting. Semua yang ditulis di blog kemudian dituangkan ke buku memang tentang pengalaman pribadi.
 
Kemudian diusulkan judul Imperfect Parenteen. Chi langsung setuju karena sejatinya memang tidak ada satu pun orang tua yang sempurna. Tetapi, selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya.


Dari Blog ke Buku


buku parenting remaja

Kalau begitu, kenapa gak baca di blog aja?

Seperti yang sudah Chi tulis di awal, pihak EA Books yang lebih dahulu menghubungi melalui e-mail. Mas Rifai dari EA Books mengatakan sebelumnya sudah terlebih dahulu membaca postingan-postingan di blog ini, khususnya di label 'Parenteen'. Kemudian menawarkan untuk membuat buku parenting remaja.

Tentu aja Chi merasa diapreasiasi dengan penawaran ini. Tulisan-tulisan keseharian tentang Keke dan Nai dianggap menarik untuk dijadikan buku. 

Setelah berpikir untuk beberapa saat, memang rasanya tidak semua membaca blog. Dengan dijadikan buku, harapannya akan memberi manfaat lebih banyak lagi.

Selain itu, di buku Imperfect Parenteen ini hanya berisi tentang cerita pengasuhan anak remaja. Sedangkan kalau di blog kan tulisan-tulisannya sejak Keke dan Nai masih kecil. Juga ada beberapa tulisan lain. Meskipun untuk membaca cerita mereka sejak ABG bisa langsung dicari di label 'Parenteen'.
 
Chi tuh seringkali merasa buku parenting tentang pola asuh remaja masih jarang banget. Berbeda dengan buku parenting untuk bayi hingga balita yang sumbernya melimpah ruah. Berbagai tabloid, majalah, hingga situs khusus ibu dan anak pun mayoritas topiknya masih seputaran tentang masa kehamilan serta pola asuh untuk bayi hingga balita.

Padahal pola asuh ketika anak mulai puber tuh juga penting banget, lho. Chi mulai merasakan jumpalitannya menjadi orang tua justru ketika Keke dan Nai mulai ada di fase ini. Beberapa kerabat dan teman pun merasakan hal yang sama. Memiliki anak remaja tuh banyak tantangannya.


Jadi, meskipun Imperfect Parenteen bukanlah buku teori parenting, Chi juga berharap kalau buku ini bisa meramaikan ranah pola asuh anak remaja. Ya meski pun mungkin gak gede-gede amat kontribusinya. Etapi, boleh banget dong ya berharap buku ini menjadi best seller. Aamiin Allahumma aamiin.
 
Harapan Chi, setidaknya bisa mengajak para orang tua, terutama yang saat ini memiliki anak remaja, untuk sama-sama bergandengan tangan. Meski pun remaja kerap kali bikin pusing, tetapi tetap menyenangkan banget, kok.


Di Mana Membeli Buku Imperfect Parenteen?


harga buku imperfect parenteen
Harga buku Imperfect Parenteen Rp68.000,00


Saat ini, buku Imperfect Parenteen dijual secara online. Ada beberapa cara untuk membeli buku ini yaitu:

  1. Beli di bukumojok.com
  2. Untuk mengetahui online bookstore mana aja yang menjual bisa cek di Instagram dengan hashtag #ImperfectParenteen. Bisa juga bertanya ke akun IG @EAbooks atau @bukumojok
 
Semoga buku ini bisa menjadi berkah untuk semua, ya. Sekaligus penyemangat untuk terus menulis. Aamiin Allahumma aamiin.

  • Share:

You Might Also Like

76 comments

  1. Ikut senang. Alhamdulillah
    Selamat ya tulisannya akhinya bisa diabadikan dalam sebuah karya cetak. Semoga bermanfaat untuk lebih banyak orang

    ReplyDelete
  2. Setuju banget Chi, beberapa kali aku ditawari juga buat menulis di buku, tapi feelnya ga dapet, yang ada malahan mandeg ampe sekarang.
    Dan aku suka banget dengan cara penyampaian di buku ini, bener2 pengalaman sendiridan memang kek cerita di blog ajaa, natural, enak mudah dipahami.

    Menurutku buku ini kontribusinya GEDE banget loh, karena berdasarkan dari PENGALAMAN bukan TEORI yang kebanyakan di luar sana, paham teori tapi kurang menjalannya dalam kehidupan sehari-hari (pengalaman teman2 sekitarku).

    Tengkyuuu.. suka banget bukunya, tunggu tanggapanku soal buku ini, udah diskedul tanggal tayang di blogku yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seneng banget Teh Nchie udah baca bukunya. Terima kasih banyak ya, Teh :)

      Delete
  3. kereeen pisaaan mbaaa... dari sharing seperti ini kita jadi bisa lebig mengenal anak - anak kita dan belajar menjadi orang tua yang lebih baik

    ReplyDelete
  4. parenting tu emang ga ada abisnya ya mbak :( belajarnya seumur hidup, ga lulus2 hahaaa

    ReplyDelete
  5. Keren banget mbak, semoga sukses ya bukunya. Ini bukunya banyak membantu sekali tentu bagi orang tua yang punya remaja, karena tantangannya berbeda dengan membersamai anak yang masih kecil. Sukses selalu ya mbak

    ReplyDelete
  6. Keren Mak Chi, dari dulu Mak Chi adalah blogger panutanku, dan sekarang keren banget blognya dibukukan, pengen bacaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaahh terharuuu. Terima kasih banyak, ya ^_^

      Delete
  7. wah keren dari blog bisa jadi buku, dan ga perlu nulis lagi... mantab mbak, emang kalau nulis dari hati tuh hasilnya bisa luar biasa ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mbak. Bersyukur tulisan saya diapresiasi. Semoga bermanfaat. Aamiin

      Delete
  8. Selamat ya mbak untuk kelahiran bukunya, semoga membawa keberkahan dan bermanfaat

    ReplyDelete
  9. Aku malah seneng mbak buku mengenai pengalaman pribadi, dibacanya juga lebih ngena dan bisa buka pandangan dari sisi orang lain. Walaupun keberhasilan dan solusi orang lain belum tentu berhasil dan sesuai dengan kehidupan kita, tapi paling gak belajar dari banyak sudut pandang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Setidaknya memperkaya sudut pandang, ya

      Delete
  10. Senangnya mba Myra bisa membukukannya dengan baik mba. Selamat atas bukunya ya mba.

    Aku pun kerap rasa bersalah pas anak sakit. Takut sekali ga disayang anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jadi orang tua suka banyak cemasnya hehehe

      Delete
  11. Wah selamat ya mba atas loncing bukunya, selama saya bw di blognya mba selalu ada wawasan baru saya tentang cara menghadapi anak2 yg beranjak remaja ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Senang kalau dirasa bermanfaat :)

      Delete
  12. Wah, selamat atas terbitnya buku Imperfect Parenteen. Enak banget tuh karena semua udah ada di blog juga, bukan draft baru. Aku yakin bukui bakal bermanfaat soalnya ada juga kan yang gak baca blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah, semoga bermanfaat bagi yang membaca :)

      Delete
  13. asik banget ya ini ada harga presalenya dan lebih terjangkau harganya hihihi. bisa nih buat kado temenku yang punya anak memasuki remaja hihi

    ReplyDelete
  14. Semoga pesan pengasuhan remaja semakin banyak dibaca, khususnya yg tidak mengakses blog. Membaca cerita pengasuhan yang sudah dijalani langsung jauh lebih mengena daripada baca teori paranteng. Sukses untuk bukunya mba.

    ReplyDelete
  15. Betul sekali mbak Myra, tulisan pengsuhan remaja bisa dibilang jarang, mungkin masalahnya kompleks kali ya sehingga materinya agak rumit untuk dibahas lebih enak bahas case per case gitu seolah berbagi pengalaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau buat saya pribadi, masa remaja memang lebih kompleks

      Delete
  16. Aku butuh banget buku Imperfect Parenteen, secara anakku 2 menjelang remaja laki2 dan perempuan, huhuhuh. Thanks review-nya, Mbak Myra. Baca di kalimat pertama di atas aja aku udah ketampar, hiks. Btw, salfok sama potnya. Beli di mana, Mbak? Lucu :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak tau, Mbak. Itu pot di rumah adik saya hehehe

      Delete
  17. wah selamat ya mbak Chi, dari nulis di blog bisa menjadi buku, mantap banget ini. Justru buku dari pengalaman pribadi itu yang banyak dicari lho mbak, karena kita itu manusia yang inginnya praktis jadi lebih suka belajar dari orang sudah berpengalaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Aamiin Allahumma aamiin

      Delete
  18. Wahh selamaatt yaaa mbak sudah terbit buku bagus yang diambil daei blog. Pasti manfaat sekali karena banyak tulisan mnak myra saat meneaway anak.anak remakanya... Salam yaa buat keke naima

    ReplyDelete

  19. Kayanya banyak yang ngerasa gitu Mur kalau habis marahin anak jadi baper. Justru dari pengalaman pribadi jadi lebih real tulisan atau ceritanya nih. Sama-sama bisa belajar dari tulisannya. Selamat ya postingan blognya sekarang udah jadi buku.

    ReplyDelete
  20. Saya memang suka baca kisah mba seputar Keke dan Nai. Karena berasa belajar parenting soal anak remaja itu kayak gimana, jd ad bekal insya Allah ntuk anak saat beranjak remaja. Selamat mba atas bukunya, jd pengen pinang bukunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak. Yuk, baca buku imperfect Parenteen :)

      Delete
  21. Keren banget mbaaakk :D
    Btw iya mbak jd ortu tuh gak mudah sering jg merasa kok org lain sabar2 amatan sama anak2nya aku msh suka esmosian dll
    Ini anakku msh kecil2 blm lg tantangan sat anak2 dah dewasa, semoga saja kami semua bisa melalui journey ini dengan baik.
    Selalu berdoa jg semoga bisa jd ibu yg baik buat anak2, walau gk sempurna kek org2 huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada yang sempurna kok sebetulnya. Saya yakin itu karena sejatinya gak ada manusia yang sempurna. Terkadang kelihatan sempurna kan karena hanya lihat di medsos hehehe. Tetapi, bukan berarti lebay juga. Karena saya pikir lebih baik kaish lihat yang baik-baiknya aja. :)

      Delete
  22. wah, mba Myra udah jadi aja bukunya. keren banget deh, dari tulisan blog bisa jadi buku. Selamat ya, semoga bukunya banyak peminatnya.

    ReplyDelete
  23. Kak CHIII...
    Panutan banget. Menulis dan kini jadi buku.
    Beneran keren plus bisa menjadi panduan para orangtua untuk mendidik anak-anak remaja.
    Kak Chiiii...pengen bukunya.
    Cus yaa..aku ke IG @bukumojok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Isshh! Saya jadi terharuuu. Terima kasih banyak, ya ^_^

      Delete
  24. Senangnya dilamar sama penerbit. Semoga bukunya laris manis dan menginspirasi banyak orang, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Alhamdulillah. Aamiin Allahumma aamiin

      Delete
  25. aku lagi merasakan dua tahap nih heheh tahap anakku remaja ada dua anak dan tahap anakku masih kecil-kecil ada dua, setelah kujalani dua-duanya punya permasalahan yang luarbiasa. Saat anak-anak fisik kita capek tapi saat mereka remaja dan mandiri, psikis kita diuji karena pertumbuhan anak remaja itu tidak mudah

    ReplyDelete
  26. Keren banget, mbak. Betul banget, punya anak remaja itu juga tantangan tersendiri. Semoga bukunya menjadi jalan menuju surga ya, mbak, aamiin. Laris manis bukunya.

    ReplyDelete
  27. Masyaallah suatu anugerah jika dihubungi penerbit untuk menerbitkan buku, ya Mbak. Benar, ketika masa remajalah masanya orang tua harus benar2 lebih aware, menjadi teman baginya agar anak bisa terbuka dg kita. Mbak, semoga bukunya laris manis ya, sukses buatmu Mbak.

    ReplyDelete
  28. Senang sekali jika ternyata banyak yang mengapresiasi tulisan kita. APalagi kalau ada pihak yang ingin membukukan. Meski teori sebenarnya sangat penting, namun belajar dari pengalaman juga nggak kalah seru. Sukses selalu, Kak.

    ReplyDelete
  29. Selamat untuk bukunya Mbak
    Tak ada pengasuhan yang sempurna, tapi jika kita bisa mengambil pelajaran dari apa yang dilakukan oleh orang lain dan menyesuaikan dengan kondisi kita Insya Allah lebih baik nantinya
    Keren dilamar penerbit seperti ini. Terus berbagi dan berkarya, sukses selalu yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Sesuai judul bukunya. Gak ada pola asuh yang sempurna hehehe

      Delete
  30. Iya mbak, punya anak remaja adalah tantangan bagi semua orang tua termasuk Saya dengan 2 jagoan Saya, semoga kita semua dapat mendampingi dan mwngarahkan anak² Kita sampai pada cita²nya

    ReplyDelete
  31. Buku ini bagus banget yaa apalagi aku sudah mulai punya anak remaja mulai agak susah masuk ke dunianyaa yang sekarang seneng mojok dikamarnya

    ReplyDelete
  32. Barakallahu Kak Myra lahiran buku terbarunya. Tambah khasanah pastinya buat yang mencari tentang pola asuh anak remaja. Semoga laris dipasaran, dan siapa tahu ada kelanjutannya alias jadi buku berseri hehe

    ReplyDelete
  33. Wah kerennnnn.....
    Selamat ya Mbak Myra, tulisan2nya emang selalu cadas
    Nggak heran dilirik penerbit EA Books
    Semoga penjualan buku Imperfect Parenteen sukses ya

    ReplyDelete
  34. Yeayy, BarokALLAH maaakk
    Alhamdulillah, bisa menginspirasi banyak ortu nih
    apalagi yg punya anak beranjak ABG/remaja, kayak dirikuuu perlu banget baca artikel penuh gizi yg ditulis oleh mak Myra

    ReplyDelete
  35. Indahnya berbagi. Dari rangkaian sharing di blog hingga menjadi sebuah buku. Tentunya ada pencapaian khusus sehingga pihak penerbit berkenan membukukan apa yang sudah Chi tulis.

    Selamat ya Chi. Semoga apa yang tertuang di dalam buku ini membawa manfaat bagi yang membaca khususnya dan bagi publik serta dunia parenting pada umumnya. Sukses selalu

    ReplyDelete
  36. Mau ah beli buku ini, bagus nih buat saya yang sedang menghadapi anak pra remaja.

    ReplyDelete
  37. Dari tulisan di blog menjadi tulisan di buku. Selamat ya mbak. Ikut senang dan bangga. Insha Allah besar manfaatnya buat pembaca. Buku yang ditulis berdasarkan pengalaman pribadi biasanya lebih mengena saat dibaca. Sukses ya Mbak Myra!

    ReplyDelete
  38. bermanfaat sekali bukunya , cocok untuk calon orang tua dan para orang tua

    ReplyDelete
  39. Wuih keren. Emang blog MakChi mah banyak banget tulisan tentang parenting, terutama pengasuhan anak remaja. Wajar bangeeet jika dibukukan. Isinya natural dan gak berlebih. Tapi pas. Aku malah yang kadang suka lebay dalam ngasuh anak-anak. Heheheh
    Belinya di Mojok, ya. Secepatnya order ah. 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga kadang-kadang ada lebaynya, kok hehehe

      Delete
  40. wah keren ini. selamat ya mbak. pengasuhan remaja itu gampang2 sulit tergantung pendekatan dari ortu apalagi setiap remaja punya karakter tersendiri

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^