Pengalaman Service AC di Dokter Mobil, Pasti Beres!

By Keke Naima - April 04, 2021

Pengalaman Service AC di Dokter Mobil, Pasti Beres! Kalau sedang tidak enak badan, biasanya akan konsultasi ke dokter. Etapi, sebetulnya gak hanya ketika sakit. Ke dokter juga bisa untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. 

pengalaman service ac di dokter mobil pasti beres
 
Banyak yang bilang kalau sehat itu mahal. Tetapi, sakit bisa jauh lebih mahal. Oleh karenanya rutin melakukan medical check-up memang sangat dianjurkan. Karena dapat mengetahui kondisi kesehatan terkini. Bila terdeteksi suatu penyakit, bisa segera ditangani sejak dini.

Tidak hanya tubuh yang perlu dijaga dan dipantau kesehatannya. Kendaraan juga begitu begitu. Juga harus selalu dirawat.


Mobil Jarang Dipakai Berisiko Mendapatkan Berbagai Bermasalah


 berbagai masalah bila mobil jarang dipakai
 
Sudah sekitar 2 tahunan ini kami jarang menggunakan mobil. Sudah mulai nyaman menggunakan transportasi umum. Mobil hanya dipakai untuk perjalanan tertentu. Sejak ada pandemi COVID-19, kami semakin jarang menggunakan kendaraan karena lebih banyak di rumah.
 
Tetapi, bila memiliki kendaraan, jangan sampai didiemin sekian lama di garasi, ya. Karena mobil yang jarang sekali dipakai bisa menimbulkan masalah. Kami pernah mengalaminya ketika pandemi baru beberapa bulan.

Jok mobil peninggalan almarhum papah berjamur. Gara-gara kelamaan berada di garasi. Berbulan-bulan gak pernah dikeluarin. Pintu dan jendela mobilnya juga gak pernah dibuka. Akhirnya jamur pun tumbuh karena joknya jadi lembap. Baunya juga gak enak. Butuh waktu lumayan lama supaya bau jamurnya menghilang dan jok kembali bersih.

general check up di dokter mobil
 
AC mobil juga bisa bermasalah, lho. Debu dan kuman bisa mengendap di seluruh bagian AC sehingga akan mempengaruhi kualitas udara yang keluar. Gas freon yang kelamaan mengendap juga bisa menyebabkan saluran AC menjadi keropos dan bocor.

Gak ingin mengalami kejadian yang sama, mobil yang ini rutin dipakai. Paling gak dibawa keliling komplek. Memang tujuannya bukan untuk jalan-jalan. Tetapi, menjaga kondisi mobil agar tidak mengalami masalah karena jadi sangat jarang dipakai gara-gara pandemi.


Pasti Beres Service AC di Dokter Mobil


beberapa cabang dokter mobil indonesia
 
Beberapa hari lalu, Chi dan K'Aie pergi ke Dokter Mobil untuk mengecek kondisi AC. Sebetulnya kami merasa gak ada masalah sama sekali. Tetapi, memang penting untuk melakukan pengecekan rutin. 
 
Pernah mengalami naik mobil yang ACnya kurang dingin atau malah mati. Berasa pengap banget. Keringat mengucur deras kayak di sauna. Sangat mengurangi kenyamanan berada di kendaraan apalagi di cuaca terik.

Beberapa hari sebelumnya, Chi reservasi dulu lewat WA. Nanti akan ditanya nama, hari/waktu kedatangan, jenis kendaraan, dan nomor polisinya. Gak lama kemudian, dapat konfirmasi booking.
 
 dokter mobil spesialis ac dan tune up
 
Gak pakai lama untuk service AC di Dokter Mobil. Sekitar 1 jam aja dan tanpa dibongkat. Ada 3 tahap yang dilakukan yaitu


General Check Up 

pemeriksaan kondisi mobil di dokter mobil
Catatan kesehatan mobil kami

 

Seperti halnya ke dokter, kendaraan kami pun diperiksa terlebih dahulu oleh mekanik. Setelah diperiksa dan dicatat, mekanik memberitahukan hasilnya ke K'Aie.

service ac tanpa bongkar di dokter mobil
 
Urusan mobil Chi serahin ke K'Aie deh yang memang lebih paham. Katanya, kondisi mobil dalam keadaan baik dan terawat. Belum ada yang harus di-service. Alhamdulillah.


Cuci Evaporator

cuci evaporator ac di dokter mobil
 
Selanjutnya dilakukan cuci evaporator. Sangat penting untuk menjaga komponen AC ini tetap bersih karena berfungsi untuk mengeluarkan udara dingin pada kabin mobil. Evaporator terlihat lumayan kotor. Dan dalam waktu singkat dibersihkan oleh mekanik Dokter Mobil.


Ozone Treatment

ozone treatment dokter mobil membunuh bakteri virus serangga
 
Tahap terakhir adalah melakukan ozone treatment. Mobil diterapi ozone selama sekitar 10-15 menit dalam keadaan tertutup.

Fungsinya sama seperti fogging yaitu untuk menghilangkan bau tidak sedap serta membunuh virus dan bakteri. Hanya saja bedanya kalau Ozone treatment tidak mengeluarkan asap seperti fogging. Serangga-serangga, kecoa, nyamuk juga bisa mati dengan terapi ini.

Semakin penting menjaga kesehatan di masa pandemi. Termasuk juga menjaga kebersihan mobil. Makanya kalau bisa sih terapi ozon ini serta perawatan AC lainnya dilakukan secara rutin.


Tentang Dokter Mobil

 
cara reservasi dokter mobil
 
Dokter Mobil memiliki konsep bengkel yang berfokus pada pemeliharaan yang bersifat pencegahan agar mobil tidak perlu sampai harus diperbaiki. Dokter Mobil adalah spesialis AC dan Tune Up. Saat ini, Dokter Mobil memiliki 16 cabang yang tersebar di Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Cirebon, Surabaya, dan Makassar.
 
Di saat pandemi COVID-19 ini, para mekanik tidak hanya andal. Tetapi, juga patuh dengan protokol kesehatan. Semuanya menggunakan masker. Bahkan gak hanya mekaniknya. Bagian customer service hingga office girl juga patuh prokes. Tentunya hal ini membuat Chi merasa nyaman sebagai pelanggan. 
 
Jarang banget Chi nemenin K'Aie ke bengkel. Suka gak betah sama suasana bengkel yang kotor dan gerah. Tetapi, di Dokter Mobil ini ruang tunggunya nyaman banget. Bersih dan ber-AC. Kami juga diberi minum oleh customer service.  
 
Udah pasti beres deh service AC di Dokter Mobil. Silakan teman-teman cari info lebih lanjut di akun instagram @doktermobil_indonesia (hashtag #DokterMobil #Pasti Beres) atau ke https://doktermobil.com/.

service ac di dokter mobil

  • Share:

You Might Also Like

42 comments

  1. Ternyata di Surabaya juga ada nih Mba
    Kayaknya daku mau infoin sodara2 yg punya mobil.
    asik bgt kan kalo service di Dokter Mobil

    ReplyDelete
  2. Kayak manusia ya, kalau tiap hari beraktivitas ke sana kemari, terus harus rebahan aja tiap hari, malah ngeluh badan rasanya nggak enak. Begitu juga dengan mobil ya, lama nggak di pakai malah ada masalah.

    Bagus juga konsepnya dokter mobil ini, memperlakukan kendaraan seperti manusia.

    ReplyDelete
  3. Pas banget AC mobilku ga berfungsi puanassseee poll mba dan aku juga mau ke dokter mobil nih nanti sabtu semoga kembali baik AC-nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berasa di Sauna deh kalau AC mobil lagi bermasalah hehehe

      Delete
  4. jadi pas diperiksa kondisi mobilnya ketauan ya mba apa yang mesti diperbaiki atau dirawat agar makin maksimal performanya

    ReplyDelete
  5. Hampir setahun suami WFH mobil jarang dipakai jadinya. Duh, berasa banget rusak ini itu...Pas nih dibawa ke Dokter Mobil buat cek dan diservis biar tetap terawat hingga nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya suka ada masalah kalau mobil kelamaan gak dipakai

      Delete
  6. Kalau jok berjamur itu aku malah tidak terbayang Soalnya kalau sebuah mobil lama didiamkan itu ganti bermasalah sama accunya. Coba ada dokter gopil di kota aku,, pasti seru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak enak banget deh, Mbak. Bau dan lengket joknya. Karena garasi rumah kan tertutup. Gak masuk sinar matahari. Makanya interior mobil jadi lembap dan berjamur. Aki mobil juga bisa bermasalah kalau kendaraan lama gak dipakai.

      Delete
  7. Evaporator penting banget ya mba chii. Dulu mobil nenekku nggak dingin acnya karena belum diservis. Dokter mobil ini bisa jadi pilihan tepat ya mba chiii 😍

    ReplyDelete
  8. Ngakak sama posternya. Captain Amerika membeku, hahaha

    Kalau punya kendaraan tuh emang kudu dijaga kesehatannya. Kadang tuh gemes banget karena ada yang punya mobil tapi cuma ngendon di garasi. Kan harusnya dipakai aja ya daripada nanti jamuran kaya mobil almarhum papanya Mbak Myra

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kocak ya hehehe. Risikonya gak hanya berjamur kalau mobil kelamaan diam. Ya minimal sesekali dibawa keliling lah sebentar

      Delete
  9. Iya ya mobil jarang dipakai juga jadi bermasalah, bagus nih terapi ozon biar mobil bersih dari bakteri, bau dan jamur..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! Walau pun udah jarang dibawa ke mana-mana. Tetap maunya bersih dari segala masalah kan, ya

      Delete
  10. Berarti mobil sama juga kayak motor ya mbak, kalau sering dianggurin malah rusak. Ya, minimalnya dipake sekeliling kampung kalau saya sih mbak ehehhe.

    Btw, dokter mobil sdh ada du cirebon ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semuanya kalau dianggurin juga bisa ngambek hahaha

      Delete
  11. Service mobil di sini memang rekomen banget dan aku juga pernah cobain dan pelayanannya juga ramah gitu terus kerjaannya beres dan bagus aku suka banget

    ReplyDelete
  12. Kendaraan memang jangan didiemin aja, ya. Bisa ngambek. Perawatan AC juga sangat perlu biar kita nyaman di dalam mobil. Untungnya saat ini sudah ada dokter mobil yang bisa nge-check up kesehatan mobil kita. Jadi, ketahuan apa aja yang perlu diservice nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kayak manusia. Kalau dicuekin nanti ngambek hehehe

      Delete
  13. toss dulu mbak..
    aku juga sudah pernah servis mobil di Dokter Mobil
    emang oke pelayanannya, alat alatnya canggih
    servis pasti beres anti ribet

    ReplyDelete
  14. Aku kalau urusan mobil menyerahkan semuanya ke suami tapi ini bakalan aku kasih tau ke dia sih untuk referensi nanti pas service AC.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, Mbak. Makanya itu suami saya yang ngobrol ma mekaniknya

      Delete
  15. Iya sih jagan nunggu sakit sebenernya ya ke dokte, tapi penting jug acheck up sama kaya mobil juga gitu biat tetap fit. Bener sekarang kendaraan jarang dipakai, kecuali motor sih kalau aku. Kalau mobilku gak bisa jalan kelamaan parkir 3 bulan hahaha. Terapi ozone di Dokter Mobil tanpa pelru bongkar ya asyik jadi gak lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nunggu sakit, khawatirnya biayanya jadi lebih gede. Nah jangan-jangan akinya yang bermasalah hehehe

      Delete
  16. Wah, dokter mobil ini servicenya lengkao ya mba. Jd mau jg nih ini available di daerah mana aja ya?

    ReplyDelete
  17. Wah bagus nih jd mobil gak pakai dibongkar gtu tapi dicekin sebelum kejadian parah yaaa. Emang kudu seing2 medical cek up jg ya mbak yg namanya mobil
    Bagian AC nih kdng suka kelewat emang ya dibandingkan mesin hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau punya mobil memang harus rutin perawatan

      Delete
  18. Canggih banget yaa...cek di Dokter Mobil, semua beres dengan cepat dan akurat.
    Memang kalau mobil gak ada ACnya, bener-bener gak nyaman melakukan perjalanan.

    ReplyDelete
  19. Keren sekarang ada dokter mobil segala idenya yang menciptakan brilian. Jadi memudahkan yang punya mobil ya Mba

    ReplyDelete
  20. Wah, ini bersihin Acnya tanpa dibongkar ya mak. Ini lumayan cepet ya prosesnya 1 jam. Aku dulu bersihin AC Mobil ribet banget dan lama. Dokter mobil sudah ada di Surabaya belum mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena gak bongkar ya. Jadinya bisa cepat

      Delete
  21. Dokter Mobil ini emang terbaik yah, service nya no kaleng - kaleng , dan yang paling saya sukai itu cepet, jadi ga usah nunggu lama di Bengkel.

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^