Pengen Beli Mixer Baru? Pertimbangkan Beberapa Hal Berikut Sebelum Membeli - Masih ingatkah di saat pandemi baru datang ke Indonesia? Trend apa yang langsung mencuat?

Yup! Bikin dalgona hahaha! Teman-teman pada ikutan gak, nih?

beberapa pertimbangan sebelum membeli mixer baru

Chi sempat ikutan bikin sekali. Itupun awalnya antara pengen dan gak. Antara malas, tapi penasaran hehehe.

Foto yang di atas adalah dalgona buatan Chi. Kelihatan sedikit ya foamnya. Gak kayak yang dibikin banyak orang.

Tetapi, bukan berarti dalgona coffee buatan Chi gagal, lho. Foamnya sedikit karena pemakaian gulanya memang dikurangi banget. Kunci memang di jumlah gula. Semakin banyak takarannya bisa semakin melimpah foamnya.

Buat Chi yang gak begitu menyukai rasa manis, memang agak ngeri ketika melihat resep Dalgona Coffee di berbagai artikel. Banyak aja gulanya! Itulah alasan Chi gak langsung ikut-ikutan trend bikin minuman yang sempat viral banget ini.
 
Sedangkan Nai yang memang suka makanan dan minuman manis, dia beberapa kali bikin Dalgona Coffee sesuai resep. Foam yang dihasilkan pun lebih banyak.

Bagaimana dengan proses mengocok atau mengaduk? Apakah mempengaruhi foam yang dihasilkan?

Sepertinya sih iya. Karena kalau baca pengalaman beberapa netizen, ada yang mengalami kegagalan. Padahal udah diaduk lama, sampai tangan pegel banget. Tetapi, gak juga ada foamnya.

Kalau Chi langsung berhasi. Tetapi, gak mengaduk dengan cara manual. Gak pengen pegel tangannya hahaha! Makanya, langsung aja pakai mixer. Biar gak pakai lama juga bikinnya.


Tips Sebelum Membeli Mixer

 
tips membeli mixer baru

Seberapa butuh punya mixer? Apakah setiap rumah tangga harus punya peralatan ini?

Sebetulnya Chi gak butuh amat sama mixer karena lebih suka memasak daripada bikin kue. Jadi, kalau sekadar buat bikin dalgona kayaknya bakal mikir banget buat punya mixer.

Tetapi, Nai kebalikan dari bundanya. Dia sangat suka baking. Berbagai peralatan membuat kue, termasuk mixer, seringkali dipakai olehnya.

Ada berbagai mixer di pasaran. Kalau memang dirasa membutuhkan peralatan baking ini, ada baiknya mempertimbangkan beberapa hal dulu. Supaya jangan sampai salah beli.


Model Mixer

Ada 2 macam mixer yaitu hand mixer dan stand mixer. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Memang lebih nyaman menggunakan stand mixer karena tangan gak harus memegang. Gak bikin tangan jadi pegal. Kita bisa mengerjakan hal lain saat alat sedang bekerja mengaduk bahan.


Kapasitas Bowl Mixer

Menggunakan stand mixer memang gak bikin pegal, tetapi dibatasi oleh kapasitas mangkoknya. Berbeda dengan hand mixer yang lebih fleksible. Bila teman-teman tetap ingin membeli stand mixer, maka pilih yang sesuai kebutuhan. Kebutuhan rumah tangga tentu berbeda dengan industri.


Pemakaian Listrik

Ini juga gak kalah penting. Jangan sampai dong setiap kali mau pakai mixer harus matiin beberapa peralatan elektronik dulu supaya gak padam listriknya. Dan jangan sampai kaget pula karena tagihan membengkak gara-gara sering pakai mixer buat baking.


Spesifikasi Lainnya

Pertimbangkan juga ada berapa pilihan kecepatan pada mixer tersebut. Jumlah jenis pengaduknya. Jangan abaikan pula kartu jaminan. Tentu gak berharap mixer yang baru dibeli akan cepat rusak. Tetapi, dengan adanya jaminan bisa menambah rasa percaya konsumen terhadap produk tersebut.


Harga

Umumnya stand mixer harganya lebih tinggi daripada hand mixer. Nama brand dan spesifikasi lainnya juga bisa mempengaruhi. Silakan pertimbangkan dulu apakah harga yang ditawarkan sepadan atau tidak dengan kualitas produk. 
 
[Silakan baca: Nai dan Hobi Baking]


IDEALIFE - Professional Stand Mixer - Mixer Berdiri - Multi Speed (IL-221) 

 
idealife stand mixer 221

Bila teman-teman sedang mencari stand mixer baru untuk kebutuhan rumah tangga, IDEALIFE Mixer 221 bisa nih dipertimbangkan. Mixer ini terlihat kokoh dan bisa diandalkan karena gear terbuat dari besi.

Bowl mixernya dari stainless dan bisa menampung hingga 1 kg tepung. Memiliki 6 pilihan speed. Dimulai dari 4000 rpm s/d 14000 rpm.

Mixer IDEALIFE ini memiliki 3 macam pengaduk yaitu whisk, beater, and dough. Sehingga penggunaanya pun sangat beragam. Bisa untuk mengocok putih telur hingga membuat adonan roti.

Pemakaian listriknya tidak lebih dari 900 watt untuk penggunaan 1 kg tepung. Bisa dipakai selama 5-10 menit. Kemudian istirhatkan sebentar sekitar 5 menit sebelum digunakan kembali.

Harga stand mixer ini Rp2.302.000,00. Tetapi, Chi lihat di website IDEALIFE sedang turun harga menjadi Rp1.880.267,00. Ada kartu jaminannya juga, ya. Bisa lihat juga infonya di IG @idealifeonline.

Selain multifungsi, model mixernya juga kelihatan cakep. Kayaknya Nai juga bakal seneng deh punya mixer ini. Kalau dia makin senang baking kan bundanya juga yang happy, Jadi makin sering dibikinin camilan.