Selasa, 01 Desember 2020

Pengen Beli Mixer Baru? Pertimbangkan Beberapa Hal Berikut Sebelum Membeli

Pengen Beli Mixer Baru? Pertimbangkan Beberapa Hal Berikut Sebelum Membeli - Masih ingatkah di saat pandemi baru datang ke Indonesia? Trend apa yang langsung mencuat?

Yup! Bikin dalgona hahaha! Teman-teman pada ikutan gak, nih?

beberapa pertimbangan sebelum membeli mixer baru

Chi sempat ikutan bikin sekali. Itupun awalnya antara pengen dan gak. Antara malas, tapi penasaran hehehe.

Foto yang di atas adalah dalgona buatan Chi. Kelihatan sedikit ya foamnya. Gak kayak yang dibikin banyak orang.

Tetapi, bukan berarti dalgona coffee buatan Chi gagal, lho. Foamnya sedikit karena pemakaian gulanya memang dikurangi banget. Kunci memang di jumlah gula. Semakin banyak takarannya bisa semakin melimpah foamnya.

Buat Chi yang gak begitu menyukai rasa manis, memang agak ngeri ketika melihat resep Dalgona Coffee di berbagai artikel. Banyak aja gulanya! Itulah alasan Chi gak langsung ikut-ikutan trend bikin minuman yang sempat viral banget ini.
 
Sedangkan Nai yang memang suka makanan dan minuman manis, dia beberapa kali bikin Dalgona Coffee sesuai resep. Foam yang dihasilkan pun lebih banyak.

Bagaimana dengan proses mengocok atau mengaduk? Apakah mempengaruhi foam yang dihasilkan?

Sepertinya sih iya. Karena kalau baca pengalaman beberapa netizen, ada yang mengalami kegagalan. Padahal udah diaduk lama, sampai tangan pegel banget. Tetapi, gak juga ada foamnya.

Kalau Chi langsung berhasi. Tetapi, gak mengaduk dengan cara manual. Gak pengen pegel tangannya hahaha! Makanya, langsung aja pakai mixer. Biar gak pakai lama juga bikinnya.


Tips Sebelum Membeli Mixer

 
tips membeli mixer baru

Seberapa butuh punya mixer? Apakah setiap rumah tangga harus punya peralatan ini?

Sebetulnya Chi gak butuh amat sama mixer karena lebih suka memasak daripada bikin kue. Jadi, kalau sekadar buat bikin dalgona kayaknya bakal mikir banget buat punya mixer.

Tetapi, Nai kebalikan dari bundanya. Dia sangat suka baking. Berbagai peralatan membuat kue, termasuk mixer, seringkali dipakai olehnya.

Ada berbagai mixer di pasaran. Kalau memang dirasa membutuhkan peralatan baking ini, ada baiknya mempertimbangkan beberapa hal dulu. Supaya jangan sampai salah beli.


Model Mixer

Ada 2 macam mixer yaitu hand mixer dan stand mixer. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Memang lebih nyaman menggunakan stand mixer karena tangan gak harus memegang. Gak bikin tangan jadi pegal. Kita bisa mengerjakan hal lain saat alat sedang bekerja mengaduk bahan.


Kapasitas Bowl Mixer

Menggunakan stand mixer memang gak bikin pegal, tetapi dibatasi oleh kapasitas mangkoknya. Berbeda dengan hand mixer yang lebih fleksible. Bila teman-teman tetap ingin membeli stand mixer, maka pilih yang sesuai kebutuhan. Kebutuhan rumah tangga tentu berbeda dengan industri.


Pemakaian Listrik

Ini juga gak kalah penting. Jangan sampai dong setiap kali mau pakai mixer harus matiin beberapa peralatan elektronik dulu supaya gak padam listriknya. Dan jangan sampai kaget pula karena tagihan membengkak gara-gara sering pakai mixer buat baking.


Spesifikasi Lainnya

Pertimbangkan juga ada berapa pilihan kecepatan pada mixer tersebut. Jumlah jenis pengaduknya. Jangan abaikan pula kartu jaminan. Tentu gak berharap mixer yang baru dibeli akan cepat rusak. Tetapi, dengan adanya jaminan bisa menambah rasa percaya konsumen terhadap produk tersebut.


Harga

Umumnya stand mixer harganya lebih tinggi daripada hand mixer. Nama brand dan spesifikasi lainnya juga bisa mempengaruhi. Silakan pertimbangkan dulu apakah harga yang ditawarkan sepadan atau tidak dengan kualitas produk. 
 
[Silakan baca: Nai dan Hobi Baking]


IDEALIFE - Professional Stand Mixer - Mixer Berdiri - Multi Speed (IL-221) 

 
idealife stand mixer 221

Bila teman-teman sedang mencari stand mixer baru untuk kebutuhan rumah tangga, IDEALIFE Mixer 221 bisa nih dipertimbangkan. Mixer ini terlihat kokoh dan bisa diandalkan karena gear terbuat dari besi.

Bowl mixernya dari stainless dan bisa menampung hingga 1 kg tepung. Memiliki 6 pilihan speed. Dimulai dari 4000 rpm s/d 14000 rpm.

Mixer IDEALIFE ini memiliki 3 macam pengaduk yaitu whisk, beater, and dough. Sehingga penggunaanya pun sangat beragam. Bisa untuk mengocok putih telur hingga membuat adonan roti.

Pemakaian listriknya tidak lebih dari 900 watt untuk penggunaan 1 kg tepung. Bisa dipakai selama 5-10 menit. Kemudian istirhatkan sebentar sekitar 5 menit sebelum digunakan kembali.

Harga stand mixer ini Rp2.302.000,00. Tetapi, Chi lihat di website IDEALIFE sedang turun harga menjadi Rp1.880.267,00. Ada kartu jaminannya juga, ya. Bisa lihat juga infonya di IG @idealifeonline.

Selain multifungsi, model mixernya juga kelihatan cakep. Kayaknya Nai juga bakal seneng deh punya mixer ini. Kalau dia makin senang baking kan bundanya juga yang happy, Jadi makin sering dibikinin camilan.
Keke Naima
Keke Naima

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

38 komentar:

  1. Waiya, aku juga ikut bikin dalgona lo. Gara2 penasaran sama rasanta ahahaha. Mupeng banget pingin punya stand mixer idealife. Mana itu warna favorit, hitam. Harganya lumayan juga ya kalo diskon.

    BalasHapus
  2. Cukup sekali aku bikin dalgona, abis itu lgs ga bisa tidur semalaman, lambung kumat Krn kandungan asam dari kopi dan susu wkwkwkwkwk. Tangan pun ga kebilang LG pegelnya, secara aku ngocok pake whisker :D. Dan memnag, sereeeem Ama kandungan gulanya :D.

    Mixer buatku jg ga ptg sih mba. Secara ga hobi bikin kue, ga ada oven pula :D.

    Dulu sempet punya hand mixer, tapi aku ksh orang Krn ga perlu. Skr sih punya stand mixer, tp ga dipake, itu juga Krn dikasih orang hahahahaha. Lama2 aku hibahkan juga drpd rusak ga dipake2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pun kalau Nai gak hobi baking bakalan jarang menyentuh mixer. Tetapi, karena Nai punya hobi bikin kue jadinya saya pun mulai mengenal berbagai peralatannya

      Hapus
  3. Waah lumayan tuh harga mixernya miring, kesukaan mamak2.
    Btw aku sampe saat ini ga punya mixer, gegara drama dipinjem tetangga trus rusak sama dieee, huhuu..katanya mau digantiiin tapi udah 10 tahun ga digantiin.
    Btw ngecenk ihh, biar bisa explore bikin2 kue lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eyaampuun 10 tahun! Nyicil beli mixer aja gak sela itu ya termnya. Udha kayak beli rumah hahaha

      Hapus
  4. Aku ikutan euforia bikin dalgona, tapi ternyataa... meh. segitu doang rasanya wkwkw.
    atau aku aja yg salah takaran kopi kocok dan susunya kali ya :D
    Btw, standing mixer ini pentiiingg banget buat yg hobi baking.
    mertuaku kan demen bikin pukis tuh, kayaknya beliau kudu beli standing mixer ini dah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya rasanya memang biasa aja. Malah kalau sesuai takaran, terlalu manis. Standing mixer bikin tangan gak pegel dan bisa disambi pekerjaan lain

      Hapus
  5. terima kasih mba buat referensinya, kebetulan saya nggak punya mixer, kmrn2 aja dpt hibah mixer lama dari mama saya, pengen punya standing mixer kayak gini biar ga capek megangin juga :)

    BalasHapus
  6. Produk punya Idealife ini rata-rata emang bikin pengen memiliki. Bagus-bagus semua sih. Bagus buat yang punya hobi baking atau usaha baking nih. Boleh kurekomendasikan ke kakak ipar nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kualitasnya bagus. Dan cocok juga buat dipamerin hihihi

      Hapus
  7. Naksir banget punya miksernya idealife mba. Apalagi aku suka bkin kreasi kue dan roti ama keluarga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuzz beli, Mbak. Nanti roti ma kuenya bagi-bagi ke saya hehehe

      Hapus
  8. klo aku sih pertimbangannya ke masalah daya listrik, maunya sih yg rendah ya..biasanya klo rendah watt nya harganya agak sedikit lebih mahal yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya listrik juga harus jadi pertimbangan. Karena pemakaian mixer kan juga suka lama

      Hapus
  9. ahaaa, Dalgona, saya juga sempat buat Mbak tapi gagal, foamnya gak jadi, huhuhuh
    dan sampai sekarang jadi malas mau buatnya lagi.
    saya sama nih Mbak dengan Nai, saya juga suka baking daripada masak sih sebenarnya, apalagi anak-anak doyannya makan kue, donat, roti jadi punya mixer itu memang membantu banget.
    duuh, jadi naksir nih dengan mixer IDEALIFE :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa tuh kira-kira faktor kegagalannya :D

      Hapus
  10. Langsung tertarik donk sama tampilan mixer Idealife ini, keren keliatan Lux gitu. Harganya juga bikin mupeng nih yang sekarang. Selisihnya mantul bener. Gaskeunlah gaskeeuuunn
    Makasih infonya mbak Chi

    BalasHapus
  11. itu si kue lucuuuu banget hehehe. Aku udah lama mau beli tapi memang belum terlalu butuuuh sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli aja, Mbak. Siapa tau bakal kepake :D

      Hapus
  12. Mixer ini penting buat bikin es krim, hehhe....
    Soalnya pernah manual bikin pake tangan, yang ada malah ambyar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup! Saya juga kalau bikin es krim pakai mixer

      Hapus
  13. Setuju banget dengan tipsmu Mba, apalagi watt ini ya kalau nggak cocok jeglak jeglek listrik di rumah hehehe. Mupeng nih ama mixer stand model itu diriku Mba. Semoga ada rejeki kebeli, punyanya mixer biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Iya semoga bia memiliki mixer cantik ini :)

      Hapus
  14. Trims artikelnya bermanfaat banget buat aku mba Keke. Tapi sekarang belum kepikiran buat beli mixer soalnya masih merantau dan belum hidup menetap. Tapi mungkin ntar pas dah nikah aku bakal hobi baking wkwkw dan perlu mixer ini.

    BalasHapus
  15. Aku ngakak pas bagian awal soal Dalgona, keingetan aku sendiri gagal bikin karena salah pilih kopi. Yang kedua, ga punya mikser juga, lengan sampai kayak atlit angkat berat, ngejendol keras gara-gara ngaduk ribuan kali. :))

    BalasHapus
  16. Aku kebetulan udah punya hand mixer dan pengen punya stand mixer idealife ini. Anakku yg wedok nih pengen punya peralatan baking

    BalasHapus
  17. Wah pas banget lagi butuh info mixer soalnya mixer lama warisan ibuku kurang bisa cepet lagi jalannya. Harganya lumiyin yaa, tapi buat investasi utk baking apalagi kalau bakingnya buat usaha, ini sangat cocok TFS infonya mbak

    BalasHapus
  18. Di rumah pakenya yang stand mixer tapi emang lagi mempertimbangkan beli baru. Soalnya yg sekarang ga bisa disambi kerjaan lain, mesti dipegangin terus 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah ada yang gak berfungsi ya, Mbak? Kalau stand mixer kan harusnya gak dipegangin terus

      Hapus
  19. Idealife ini kece banget nih buat yang hobi baking, dan di masa kaya gini bisa jadi modal buat bisnis kukis kan yaa mba, worth it lah yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup! Buat yang suka bikin kue bisa sepadan

      Hapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^