Kamis, 24 Desember 2020

Resep Japanese Curry Tacos by House Kari ala Jepang

Resep Japanese Curry Tacos by House Kari ala Jepang - "Chi, besok mamah kirimin makanan ya ke rumah."

Setiap 2 minggu atau sebulan sekali, mamah suka kirim makanan ke rumah kami. Padahal kami gak pernah meminta karena gak ingin merepotkan. Lagipula, Chi juga setiap hari memasak. Tetapi, ya begitulah mamah. Alasannya kangen masakin buat anak dan cucu. 

resep japanese taco curry house kari ala jepang
 
Begitu pun ketika kami menginap di rumah mamah. Selalu aja mamah memasak berbagai masakan untuk anak, menantu, dan cucu-cucunya. Kalau ada 1 orang aja yang belum terlihat makan, bisa dipanggilin melulu disuruh makan hehehe. Mamah kelihatan seneng banget kalau kami semua terlihat lahap.


Momderful, Wonderful Spicy Dish by House Kari ala Jepang

 
house kari ala jepang
 
Setelah menjadi ibu, Chi semakin paham dengan sikap mamah yang seperti itu. Senang banget rasanya kalau masakan yang dibuat disukai oleh semua anggota keluarga. Bahkan ketika anak-anak sudah menikah pun, mamah tetap ingin memasak untuk anak dan cucunya.

Masakan ibu memang selalu spesial. Tetapi, pernah gak punya keinginan sesekali gantian anak yang masakin buat ibu? 
 
Yakin banget deh kalau ibu akan merasa bahagia. Keke dan Nai kadang-kadang suka bikin masakan untuk orangtuanya. Chi selalu merasa terharu, lho.

Hmmm ... Kira-kira apa ya masakan spesial Hari Ibu untuk mamah? 
 
Sabtu (19/12) Chi menonton IG Live Cooking di akun IG @dapurkarialajepang. Ada Putri Habibie yang sedang memasak Taco Curry menggunakan bumbu dari House Kari ala Jepang.

Tunggu dulu .... Bisa gak ya mamah disuguhin menu kari? Mengingat waktu keluarga besar kami jalan-jalan ke Malaysia, mamah tuh menghindar banget sama makanan yang serba kari. Bahkan kalau ada resto yang tercium bau kari pun, mamah gak mau masuk.

kari jepang pedas
 
Sebelum acara memasak dimulai, ada yang Chef Chandra Yudasswara yang menjelaskan berbagai jenis kari. Ternyata, kari memang ada berbagai macamnya. Kalau kari India, baunya memang cukup tajam karena rempah-rempahnya yang banyak dan beraroma kuat. Begitu pun dengan kari Indonesia, masih cukup banyak rempahnya. 
 
Tetapi, kari Jepang lebih light dari aroma dan juga rasa. Cocok nih untuk yang tidak menyukai kari dengan aroma yang tajam banget. Untuk teman-teman uang peduli dengan halal dan haram, ini bumbu kari jepang halal. Sudah ada logo halal MUI di kemasannya.
 
Takahiro Kuramochi, President Director PT House And Vox Indonesia, mengutarakan bahwa “rasa Kari Jepang sangat enak dan disukai banyak orang, khususnya bagi orang Indonesia. Karena kami tahu bahwa Indonesia memiliki ragam menu yang variatif, kaya rempah dan gurih seperti Kari yang sangat cocok dengan lidah orang Indonesia.”

Pada acara live cooking "Momderful - Wonderful Spicy Dish" bertepatan dengan virtual launching produk terbaru House Kari ala Jepang yaitu varian spicy. Dalam rangka menyambut Hari Ibu, 22 Desember 2020, varian terbaru ini siap memanjakan lidah para penggemar rasa pedas. 
 


Re-cook Japanese Curry Tacos Putri Habibie


kari jepang halal
 
Bumbu kari saus padat (kari roux) House Kari ala Jepang bukan sesuatu yang baru untuk Chi. Sejak mengenalnya setahun lalu, sekeluarga udah langsung suka. 
 
Beberapa kali pernah memasak menggunakan bumbu instan ini di rumah. Selain suka dengan rasanya, cara memasaknya juga praktis banget. Tinggal siapin bahan-bahan sayur dan lauknya aja.

Komposisi kari roux ini memang sudah komplit rasanya. Gak perlu dikasih pengental dan bumbu perasa lagi. Tinggal dicampur ke bahan yang ditambah, tambahkan sedikit air, kemudian diaduk sebentar. Masakan pun siap dinikmati. 

Kali ini, Chi mau re-ccok Taco Curry buatan Putri Habibie. Saat ini, taco termasuk makanan yang sedang digemari. Beberapa hari lalu, Keke sampai rela antre panjang untuk beli taco di salah satu resto.

resep japanese taco curry
 
Taco bukan makanan asing di keluarga kami. Nai sering bikin kulit tortilla di rumah. Isiannya gonta-ganti, tergantung selera.

Kulit tortilla / taco yang sering Nai bikin itu jenis soft. Bukan taco shells. Anak-anak memang lebih suka soft taco daripada yang teksturnya kriuk.

bumbu instan padat saus kari
 
Pas banget nih lihat Putri Habibie membuat Taco Curry di acara IG Live Cooking @dapurkarialajepang. Semua bahan-bahannya pun ada di rumah. Gak perlu belanja lagi. Tinggal re-cook aja. Baidewei, resep dan cara membuatnya, Chi tulis persis seperti yang dibagikan oleh Putri Habibie.

Bahan-Bahan:

  • Bumbu House Kari ala Jepang Spicy
  • Air
  • Bawang Bombay, iris kotak- kotak kecil
  • 1 wortel, potong kecil-kecil 
  • 350gr daging sapi cincang
  • Soft taco / taco shell
  • Selada, iris secukupnya

Cara membuat:

  1. Tumis wortel dan bawang bombay hingga harum. 
  2. Masukkan daging hingga berwarna kecokelatan.
  3. Tuangkan air dan aduk hingga mendidih.
  4. Masukkan kari roux. Aduk hingga larut dan mengental.
  5. Sajikan dengan soft taco / taco shell dan selada.
 
Catatan: 

  1. Chi menggunakan 1kg daging sapi cincang. Jadi jumlah bahan-bahan lainnya pun menyesuaikan. Chi pakai 4 buah wortel brastagi (kalau di supermarket biasanya ditulis wortel import), 4 buah bawang bombay berukuran kecil, dan 2 blok kari roux.
  2. Jumlah kari roux bisa disesuaikan dengan selera. Buat Chi, untuk 1kg daging cincang cukup menggunakan 2 blok
  3. Jumlah air juga sesuai selera. Bila ingin lebih berkuah, maka airnya pun semakin banyak.
  4. Tidak perlu menambahkan bahan perasa lainnya seperti gula dan garam. Karena rasa rouxnya sudah komplit.
  5. Taco bisa menggunakan yang soft atau shell
  6. Kulit tortilla dipanaskan di pan tanpa minyak / margarin, hingga agak gosong kemudian balik. Diamkan sebentar, setelah itu angkat dan siap digunakan.
  7. Alternatif lain selain taco, bisa gunakan roti tawar, kulit lumpia, puff pastry, kebab, atau lainnya.
  8. Bumbu saus padat House Kari ala Jepang bentuknya seperti blok coklat. Bila masih ada sisa, masukkan kembali ke dalam kotaknya, tutup rapat, dan simpan di kulkas. Bisa juga tetap disimpan di suhu ruangan. Asalkan jauhkan dari benda lain yang aromanya tajam.
  9. Masukkan isian daging yang sudah dingin ke dalam wadah tertutup rapat. Kemudian simpan di kulkas.
  10. Bila ingin digunakan, bisa dipanaskan sebentar di microwave atau pan.
  11. Mencairkan roux kari ini harus dengan air panas. Makanya Chi lakukan berbarengan dengan proses memasak. Tidak bisa dicairkan dengan microwave. Tetapi, bila sudah jadi, boleh dihangatkan menggunakan microwave.

Bila teman-teman baru pertama kali menggunakan bumbu saus padat House Kari ala Jepang, sebaiknya pakai sedikit dulu. Kalau kurang bisa ditambahkan lagi sampai dapat rasa kari yang diinginkan.

resep kari jepang praktis
 
Untuk resep ini, Chi memang sengaja hanya kasih 2 blok. Nanti bisa ditambah lagi, menyesuaikan selera masing-masing. Tetapi, 2 blok ini juga udah berasa bumbu kari dan pedasnya. Kuahnya juga Chi bikin sedikit banget. Karena pengen menikmati taco sambil digenggam tanpa kuahnya luber ke mana-mana.

Japanese Tacos Curry ini cocok buat dinikmati kapan pun. Kalau kami menikmatinya saat sore hari atau sarapan. Biasanya kan cari makanan lain selain nasi. Nah, tacos curry ini mengenyangkan, deh. Karinya berasa, ada rasa manis juga dari wortel dan bawang bombay, serta kesegaran daun selada yang crunchy.
 
daging cincang kari jepang
 
Sengaja bikin sampai 1kg daging sapi cincang karena stok yang di freezer memang segitu. Nanggung kalau cuma dibikin sedikit. Lagipula Chi memang suka bikin stok makanan. Nanti bisa dimodifikasi untuk berbagai makanan.

Daging cincang di freezer itu rencananya mau dibikin isian untuk martabak. Pas banget ada resep dari Putri Habibie dia IG Live cooking House Kari ala Jepang. Isiannya juga enak buat dibikin martabak.

house kari ala jepang spicy
 
Kami suka dengan bumbu House Kari ala Jepang yang original. Produk terbarunya yaitu spicy flavour pun sama enaknya. Perbedaannya ada sedikit sensasi rasa pedas. Tetapi, gak sampai bikin kepedesan banget, kok. Ini pedes tipis-tipis aja.
 
1kg saus daging cincang kari yang Chi bikin ini gak bertahan lama juga. Baru juga matang, Nai udah ambil piring kecil buat digadoin. Pagi-pagi bikin nasi goreng dengan saus daging kari. Baru deh siangan bikin Japanese Tacos Curry. Sisa stok tingga sedikit di kulkas hehehe.

Kari Jepang Pedas ini Chi rasa akan semakin disukain oleh masyarakat Indonesia. Tetapi, bila dirasa kurang pedas, teman-teman bisa tambahkan bubuk cabai atau irisan cabe segar pada tumisannya. Banyaknya sesuai selera, ya.
 
 bumbu praktis kari jepang halal
 
Alternatif lainnya Chi sajikan di mangkok untuk disajikan bersama tortilla. Seladanya Chi ganti dengan coleslaw. Salad yang juga paling sering Chi bikin dan dijadikan stok di kulkas. Boleh ditambahkan dengan mayonaise / thousand island bila suka.
 
Saus dagingnya Chi panaskan dulu di pan, tambahkan air dan roux kari. Sesekali diaduk hingga bumbu praktis kari jepang halal ini meleleh dan meletup-letup kuahnya. Tuang ke dalam mangkok. Tortilla chips yang crispy, salad dingi, dan saus kari daging jadi perpaduan yang enak banget!

Siap deh menyambut hari spesial sambil menikmati Curry Tacos by House Kari ala Jepang
Keke Naima
Keke Naima

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

34 komentar:

  1. kari jepang seperti itu yahh, kirain bakal banyak kuahnya gitu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan di artikel sudah ditulis kalau jumlah air tergantung selera :)

      Hapus
  2. Makasih banyak resepnya bund sangat lengkap dan detail banget

    BalasHapus
  3. Benar pakai tortila juga enak dengan menggunakan house kari ala Jepang jadi kaya cemilan buat nonton drama korea

    BalasHapus
  4. Saya suka aroma karinya kuat, masak dengan bumbu house kari ala Jepang praktis anti ribet. Cocok untuk y malas masak ribet seperti saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetapi, kari Jepang aromanya gak sekuat yang India. Ini lebih light dan sweet

      Hapus
  5. Aku penasaran ki mbak myra sama rasa kari Jepang, jadi klo rasa karinya lebih strong kari India ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kari India jauh lebih strong dari segi aroma maupun rasa

      Hapus
  6. aduh mba, mau nyoba malah ileran dulu liat foto mba yang udah jadi. sepertinya saya juga bisa buat ya

    BalasHapus
  7. Kakak look so yummy curry daging cincangnya, auto pengen recook nih apalagi bumbunya sudah halal mui lagi

    BalasHapus
  8. Wah terlihat sangat yummy.. patut dicoba untuk makanan selingan keluarga, thanks for sharing!

    BalasHapus
  9. Nyaammm, enakk banget ini Mbaa
    Nai udah pinter masak ya.
    Tinggal pakai House kari ala Jepang, siap2 habis nasi sebakul niihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Jadi dibikinin camilan melulu hihihi

      Hapus
  10. Wohooo asyik mba bisa bikin Curry Tacos by House Kari ala Jepang di rumah. Kebayang deh serunya suasanya dapur mba myra saat anak2 ikut bantu masak. Apalagi nai udah bisa bikin kulit tortiila nya ya..

    Nyam..

    Aniwei soal wortel emang ya wortel brastagi sering banget ditulis impor ya kalau di mall padahal kan harusnya wortel lokal kualitas impor..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya. Mungkin lebih menarim perhatian ya kalau dibilang impor. Padahal itu lokal punya hehehe

      Hapus
  11. Ngiler banget lihatnya mbaaak. Bumbu ala Jepang ini memang lebih simpel yaaa. Jadi pengen kepo ttg Putri Habibi, aku baru denger namanya soalnya..

    BalasHapus
  12. Wah, kalo liat dari gambar-gambar setelah proses masakan disajikan sih kelihatannya enak bgt tuh. Ternyata untuk membuatnya sangat mudah, apalagi sekarang ada house kari ala Jepang yg siap untuk diolah langsung

    BalasHapus
  13. oohh jadi ini bentuknya blok gitu ya Mbak, waahh praktis banget gitu ya buat Kari nya, gak perlu rempong lagi ulek-ulek atau siapin bumbu kari segala.
    bisa jadi banyak pula ya hasilnya, 16 porsi gitu, mantab deh.

    BalasHapus
  14. Menggoyang lidah bangetttt.. jadi pengen buat re-cook juga, tapi kudu list bahan-bahan dulu soalnya gak kayak mbak Keke, beberapa bahan aku gak ada di dapur rumah

    BalasHapus
  15. Aku belum pernah makan kari Jepang. Kira2 bedanya ama kari Indonesia apa mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kari Indonesia lebih kuat aroma dan rasa rempahnya. Meskipun gak sekuat kari India

      Hapus
  16. Jujur ya kak, aku tuh suka banget sama Japanese Curry. Sayangnya yang di rumah nggak suka. Kecuali nih kalau bentuk ramen. Jangan tanya kenapa. Akupun bingung. Hahahaha
    Aku pengen cobain deh bikin ramen atau udon pakai tacos by House ini. eh belinya dimana kak? apakah aku kelewatan info ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa beli di berbagai e-commerce. Tetapi House Kari ala Jepang gak punya official store di e-commerce

      Hapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^