Cara Mudah Memasak Kari ala Jepang - Keke Naima

Selasa, 12 November 2019

Cara Mudah Memasak Kari ala Jepang

Kari mengingatkan Chi tentang perjalanan keluarga besar kami ke Malaysia sekitar 1 tahun yang lalu. Ternyata, agak sulit mencari makan di sana karena mamah milih-milih banget.

Untung aja kami menginap di homestay. Jadi bisa masak-masak selama di sana. Tetapi, kalau lagi di luar, agak sulit karena mamah gak suka banget dengan bau kari. Asal kecium bau kari, pasti gak mau deh makan di dekat situ.

cara mudah memasak kari ala jepang

Cara Mudah Memasak Kari ala Jepang


Hmmm ... Mamah belum pernah cobain Kari Jepang, nih. Kalau Kari ala Jepang biasanya bumbunya lebih light dan baunya juga gak menyengat.

Autumn Feast by House Kari ala Jepang


house kari ala jepang, cara memasak kari jepang

Sabtu (9/11) bertempat di Almond Zucchini Cooking Studio, Jakarta, PT. House & Vox Indonesia memperkenalkan produk Kari ala Jepang. Produk yang dikenalkan ini sebetulnya sudah ada di Indonesia sejak tahun 2016 dan merupakan saus kari padat pertama yang memiliki sertifikat halal MUI.

Sebelum acara dimulai, kami disuguhkan coffee break dan snack dari Caribou Coffee dan Anns Bakehouse & Creamery. Hmmm ... Yummm!

tips memasak kari ala jepang

Mr. Kuramochi, President Director PT. House & Vox Indonesia, mengatakan kalau orang Jepang suka makan kari. Paling gak setiap minggu ada menu kari.

Menurut Wikipedia, Kari Jepang atau Kari (カレー karē) adalah salah satu masakan populer di Jepang. Hidangan ini biasanya disajikan dalam tiga bentuk utama: nasi kari (カレーライス karē raisu), karē udon (semacam mi tebal), dan karē-pan. Nasi kari Jepang biasanya secara sederhana disebut kare (カレー karē).

Memasak Kari ala Jepang dengan Cara Mudah


Acaranya berlangsung seru. Selain pengenalan produk, ada juga beberapa games, dan doorprize. Tentunya yang paling ditunggu adalah Cooking Demo by Chef Chitra. 

Chef Chitra membuat 3 menu yaitu Vegetarian Curry Puff Pastry (Appetizer), Rice Burger with Chicken Curry Katsu (Main Course), dan Strawberry Milk Pannacota (Dessert). Semuanya menggunakan curry roux, kecuali dessert. Khusus untuk dessert menggunakan Fruche yang juga produk dari House.

cara mudah memasak kari ala jepang
Afril yang sibuk masak 😄
Foto milik PT House & Vox Indonesia

Setelah Chef Chitra selesai demo masak, kami pun diminta memasak masakan yang sama. Mudah banget membuatnya! *Rencananya Chi akan mempraktekan semua resep ini di rumah. Setelah itu, baru Chi akan bagikan resepnya di sini, ya.

House Kari ala Jepang berbentuk seperti coklat blok. Bumbu saus padat ini memang membuat siapapun bisa memasak kari dengan mudah. Bahkan bagi yang baru belajar memasak sekalipun.

House Kari ala Jepang ini termasuk bumbu instan. Tetapi, komposisinya memang sudah komplit hingga tinggal dicampurkan dengan air dan diaduk. 

Tingkat kekentalannya tergantung dari seberapa banyak air yang dituangkan. Gak perlu ditambahkan pengental seperti maizena lagi, ya.

Bumbu saus padat (kari roux) dilarutkan di dalam air dengan suhu 90° C. Terus aduk hingga mendapatkan kekentalan yang diinginkan.

Kari roux dicampurkan ke tumisan mix vegetables, diberi air sedikit, dan diaduk hingga mengental.
Sumber foto: PT. House & Vox Indonesia

Pada acara memasak lalu bumbu karinya ditambahkan ke mix vegetables yang sudah ditumis terlebih dahulu. Tetapi, bila ingin lebih praktis lagi Chi pernah goreng nugget, kemudian disiram dengan saus kari ala Jepang ini. Praktis dan enak banget!

Sebelum dicampurkan ke tumisan sayur, Chi sempat mencicipi kari roux-nya. Menurut Chi, rasanya juga udah pas. Termasuk kadar asinnya. Jadi, sebetulnya gak perlu ditambahkan bahan perasa apapun lagi juga sudah cukup. Tetapi, ini tentunya kembali ke selera, ya. Bila merasa kurang asin, bisa dikasih sedikit garam lagi.

resep kari ala jepang, cara mudah memasak kari jepang
Hasil masakan Chi dan Afril. Bisa untuk dimakan di rumah atau dijadikan bekal sekolah.

Produk House Kari ala Jepang sudah tersedia di berbagai supermarket yaitu Grand Lucky, Papaya, Kemchick. Ranch Market, dan seluruh cabang Lotte Grosir di Indonesia. Dengan berat sebesar 935gr, bisa memasak sampai 50 porsi. Silakan teman-teman berkreasi dengan bumbu saus padat ini dari appetizer hingga main course.

House Kari ala Jepang memang memungkinkan kita untuk memasak ala resto di rumah. Teman-teman bisa lihat IG @karialajepang atau @dapurkarialajepang. Pokoknya Anti Ribet-Ribet Club deh kalau pakai bumbu masak ini. 

produk house kari ala jepang

24 komentar:

  1. Wih bisa buat 50 porsi? Kayaknya enak nih dan gampil ya buat yang jarang masak kayak aku, hehe

    BalasHapus
  2. Yuhuu, walopun daku belum ada kesempatan dan rezeki buat cuss ke Jepang, tapi aku pengin bangeeett ngerasain masakan Jepang yg otentik, dah hamdalah ada produk ini yhaaa

    BalasHapus
  3. Mba Chi nama-nama supermarketnya ga ada di tempatku wkwkwk kusedih ih :p cari online kali yah kabita jadinya pengen Kari :D

    BalasHapus
  4. Jadi penasaran nih sama rasa Kari Jepang. Hmmm..sepertinya menggoda....

    BalasHapus
  5. Yuhuu...aku suka kari, nah kari ala jepang boleh juga nih dicoba....

    BalasHapus
  6. praktis yaaa. dan bahkan bisa buat isi dari pastel dan jajanan lainnya. waah bs buat isian kroket juga donk. mantap. pengen tahu rasa karinya deh

    BalasHapus
  7. Aku juga suka banget sama masakan berbau kari mbak, apalagi yang Jepang-jepang gitu berkuah kari kan seger rasanya. Jadi pengen coba Kari ala Jepang, cuss ke supermarket ah

    BalasHapus
  8. Jujur nggak pernah bikin kari Jepang mak wkwkkwkw tapi asli sukaaak dengan kari Jepang. Anak-anak saya pun suka dengan masakan Jepang ini. Baru tau ada Kari ala Jepang, bisa coba next untuk bikin kari Jepang rumahan.

    BalasHapus
  9. Aku biasanya makan masakan kari yang lokalan aja apa ya. Yang khas Jepang belum pernah nih. Tapi kalau mau masak kari ala Jepang sekarang lebih mudah ya, ada House Kari Ala Jepang. Hasil masakan Mba Myra dan Mba Afril cakep banget nih.

    BalasHapus
  10. serunya kalo bisa masak bareng begini ya mba, akutuh seneng sama event yang ada cooking demo tapi kita bisa ikutan masak gitu

    BalasHapus
  11. Keren ya jadi blogger ini, masak memasak pun diajarkan dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya hihihi

    kari roux, kayaknya bisa nih jadi bumbu andalan aku nanti. mau aku bikin mie kuah karee dengan laksa udang dan tahu!
    jangan lupa di atasnya diberi kecretan jeruk nipis dan cabe rawit utuh
    hnmmmm yummmyyyy

    BalasHapus
  12. masakan kari mengingatkanku sama film Bumi terbelah di langit amerika mbak, yg pas tetangga pasangan Acha itu ga suka sama aroma kari hee
    Kalau bikin Kari Ala Jepang ini, bisa dimakan bareng keluarga berame rame ini

    BalasHapus
  13. Senangnya kalo ada bumbu kari yang tidak menyengat, suamiku kurang suka juga. Waktu ke Malaysia dulu dia pesan makan masa nasgor melulu. Atau mi goreng, sementara aku nyoba segala macam kuliner setempat.

    Coba aku cari bumbu kari Roux ini, etapi Kemchick ini entah masih ada nggak ya di kotaku. Lama nggak belanja di sana sih

    BalasHapus
  14. Wah wah, salah satu masakan Jepang favoritku nih. Dengan bumbu ini, siapa pun bisa masak sendiri kari ala jepang dong ya. Gak perlu ke resto. Mana halal pula. Kepoin IG-nya ah. Kepengen tahu bisa dibeli di mana aja. Kali aja di Bandung juga gampang dapetinnya.

    BalasHapus
  15. Huaaa jadi mupeng, kepoin ah IG nya... Aku seneng banget sama kari

    BalasHapus
  16. Ini bikin mudah dan kita2 bisa jd koki handal ya gampang bngt ini pakai house Kari aka Jepang bisa buat bnyk porsi lg

    BalasHapus
  17. Asik banget nih, mau ah nyobain bikin di rumah tinggal beli produk House ke supermarket. Terus masak ala chef gitu ya, ah nampak ku ingin segera mencobanya.

    BalasHapus
  18. Gampang juga pakai ini. Kelihatan enak mba. Bisa digunakan untuk banyak makanan ya teermasuk dioleh bareng anak

    BalasHapus
  19. waaww kebayang serunya.. Jadi pengen cobain.. menunya kesukaan anak2u nih..

    BalasHapus
  20. Karinya agak light gitu ya Mbak. Mau ah nyobain kalau memang nggak sekental kari India.

    BalasHapus
  21. Pantes di supermarket deket rumah blm ada ternyata masih dijual di supermarket premium aja ya? Aku penasaran sama bumbu karinya kyk apa rasanya, pastinya praktis masaknya kita tinggal siapin bahan utamanya aja ya mbak :D

    BalasHapus
  22. Sebagai penggemar kari, wajib nyobain nih bumbu kari ini. Makin gampang ya utk kita menyajikan makanan berbumbu kari, ga perlu repot mengatur komposisi bumbu kari kagi :))

    BalasHapus
  23. Jadi ingat kalau baca komik Jepang pasti ada adegan mereka makan kare atau kari ya, saking populernya menu ini, sekarang ada kari instan yang rasanya original, jadi pengen coba deh..

    BalasHapus
  24. Mbak, aku suka banget makan kari Jepang. Nggak pernah berhasil bikin sendiri. Enak banget kalau bikin sendiri pakai bumbu blok ini. Sudah ada sejak 2016 dan sudah ada sertifikasi halal pula. Duh kemana saja aku selama ini hiks.

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^