Waspada, Botol Minum Kotor Bisa Bikin Diare, Ini Penyebabnya

Pemenuhan cairan tubuh harus dilakukan dan diusahakan semaksimal mungkin. Sebab, bila tubuh kekurangan cairan bisa-bisa menyebabkan munculnya dehidrasi. Bila bertambah parah akan memicu terjadinya komplikasi berbagai penyakit organ penting.

penyebab botol minum kotor bisa bikin diare

Waspada, Botol Minum Kotor Bisa Bikin Diare, Ini Penyebabnya



Salah satu cara memenuhi kebutuhan cairan tubuh adalah dengan membawa minum kemanapun pergi. Meskipun demikian, minum yang dibawa sebaiknya air putih, bukan minuman dengan berbagai macam warna dan rasa.

Kebiasaan membawa minum saat berpergian tentunya baik. Tapi, sayangnya seringkali seseorang menilai bahwa botol minum yang hanya diisi dengan air putih tidak perlu dicuci karena tidak terlihat kotor. Padahal, botol yang terlihat bersih itu bisa jadi dihinggapi bakteri serta virus tidak terlihat. Salah satu virus atau bakteri yang bersarang di botol minum bisa menjadi penyebab datangnya diare.

Sebagaimana yang telah disampaikan oleh World Health Organization, diare merupakan bahwa salah satu penyakit dengan tingkat kasus kematian terbanyak, yakni sekitar 4% dari seluruh kasus kematian di dunia. Diperkirakan setiap tahunnya seseorang bisa mengalami 3 hingga 6 kali diare dan 2,2 juta orang diantaranya meninggal dunia. WebMD melaporkan jika usia balita hingga anak sekolah dasar merupakan golongan yang paling rentan terkena diare.


Apa Akibatnya Jika Botol Minum Jarang Dicuci?


Seorang ahli meneliti terkait jenis-jenis mikrobakteri yang terdapat di sebuah botol minum. Hasilnya sangat menakjubkan yaitu kurang lebih 300.000 unit bakteri berkoloni dan bersarang di botol minum. Meskipun tidak semua bakteri tersebut membahayakan tubuh, namun lebih dari 60 persennya masuk ke dalam golongan bakteri yang berbahaya. Termasuk bakteri penyebab diare, seperti E.Coli serta streptococcus.

Untuk itu, para ahli tidak menyarankan anak-anak dibekali minum dengan botol bila botolnya tidak sering dicuci. Pasalnya, anak-anak terutama di usia pelajar kerap aktif bergerak dan tentunya bisa menyentuh banyak benda yang dihinggapi kuman. Kuman-kuman itu kemudian bisa bersarang di botol minum yang ia bawa.

Selain itu, kebiasaan berbagi minum dengan teman juga menjadi faktor banyaknya kuman di botol minum seseorang. Bukan hanya bakteri dan kuman, namun juga kemungkinan penularan penyakit bisa saja terjadi.



Cara Mencuci Botol Minum


Para ahli mengatakan bahwa cara efektif untuk mencuci botol adalah dengan menggunakan sabun pencuci piring serta membilasnya dengan menggunakan air hangat.

  1. Siapkan sabun pencuci piring
  2. Tuang sabun pencuci piring di spons khusus untuk botol 
  3. Lakukan pembersihan pada botol dengan cara mengusap seluruh permukaan dalam serta bagian luar botol.
  4. Bilas berulang kali sampai tidak ada busa yang tertinggal
  5. Tiriskan dengan posisi terbalik 
  6. Hindarkan mengeringkan dengan handuk (khawatir terdapat bakteri pada handuk)
  7. Jika terburu-buru, kamu bisa mengeringkan dengan tisu
  8. Setelah kering, bilaslah dengan air hangat


Lalu, bagaimana bila diare tetap terjadi padahal sudah sering mencuci dan menjaga kebersihan botol minum?

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah tenang. Tetap jaga kebutuhan cairan tubuhmu agar tidak dehidrasi. Kita bisa mengonsumsi sup ayam, oralit, maupun air kelapa sebagai cara mengatasi diare di rumah. Namun, bila diare tidak kunjung membaik, sebaiknya minum obat diare seperti Entrostop dan segera lekas ke dokter.

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Assalamualaikum...Blogwalking silaturahmi Mbak Keke

    Wah mantab nih tips-nya. memang banyak orang meremehkan tentang kebersihan botol, apalagi banyak juga orang yang menyalahkan makanan atau minuman yang terakhird ikonsumsi sebagai penyebab diare.

    Oh ya step nomor delapan, setelah kering kenapa dibilas dengan air hangat? air hangatnya pake kuah Soto boleh gak? hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Supaya lebih yakin aja kalau semakin bersih. Tapi, setelah itu ditiriskan lagi. Soto ayam atau soto daging, nih? :)

      Hapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^