Resep Banana Nugget

Sekitar 2-3 tahun silam, banana nugget pernah trend banget. Sebagai makanan kekinian pada saat itu, kayaknya di mana-mana ada yang jual. Teman-teman pernah membelinya?

resep banana nugget

Tadinya, Chi gak tertarik untuk beli apalagi bikin. Tetapi, Keke dan Nai pernah beberapa kali. Harga per 10 potongnya, kurang lebih sama kayak 1 sisir pisang kepok. Malah kayaknya bisa lebih mahal. Ya karena Chi termasuk emak yang perhitungan, lama-lama berat juga kalau beli melulu hahaha. Akhirnya mulai deh coba untuk bikin.

Kalau ngebahas nugget, biasanya lebih familiar dengan chicken nugget. Ya ini bentuknya mirip, sih. Cuma bedanya bahan utamanya pisang. Dan ini termasuk camilan.

Resep ini pernah Chi share di IG sekitar 2 tahun lalu. Meskipun sekarang udah gak terlalu ngetrend, tetapi ditulis juga deh di blog. Siapa tau ada yang pengen tau cara bikin banana nugget juga.

Bahan Banana Nugget:


  • 10 buah pisang kepok
  • 3 sdm tepung terigu
  • 4 sdm susu kental manis
  • 2 butir telur - kocok terlebih dahulu


Bahan Lapisan


  • Tepung terigu
  • 2 butir telur - dikocok
  • Tepung panko (tepung roti yang teksturnya kasar)
  • Garam


Cara Membuat:



  1. Blender semua bahan banana nugget. Sebentar saja. Jangan sampai terlalu halus, biar masih ada teksturnya.
  2. Olesi loyang dengan mentega
  3. Tuang adonan banana nugget ke dalam loyang
  4. Masukkan ke dalam kukusan yang sudah terlebih dahulu dipanaskan.
  5. Kukus selama +/- 20 menit atau hingga nugget matang
  6. Setelah matang, biarkan dingin baru dipotong-potong
  7. Taruh tepung terigu, telur, dan tepung panko dalam 3 wadah terpisah. Masing-masing diberi garam secukupnya.
  8. Masukkan banana nugget yang sudah dipotong satu per satu ke dalam tepung terigu. Tepuk-tepuk biar gak ketebelan.
  9. Kemudian celupkan ke telur. Jangan ketebelan juga.
  10. Lalu masukkan ke tepung panko. Tekan perlahan agar tepung menempel.
  11. Ulangi sekali lagi agar rasanya lebih crunchy.
  12. Goreng dalam minyak panas dan banyak hingga berwarna kecoklatan.
  13. Biarkan banana nugget yang sudah digoreng menjadi dingin, baru dikasih topping. 


membuat banana nugget
Kalau sudah diberi lapisan begini, bisa disimpan di wadah bersih dan tertutup rapat. Kemudian simpan di freezer.


Tips:



  1. Takaran tepung terigu untuk banana nugget bisa dikira-kira. Semakin matang pisangnya, adonan semakin lembek. Tepung bisa ditambahkan, tapi jangan sampai rasa tepung lebih dominan daripada pisang.
  2. Kalau gak mau kebanyakan tepung, bisa ditambah susu bubuk.
  3. Chi gak pakai susu bubuk karena sudah pakai susu kental manis. Takaran skm juga menyesuaikan rasa pisang. Karena pisang kepok yang Chi pakai masih ada rasa asam, maka dikasih skm agak banyak untuk mengimbangi.
  4. ada saat mengukus, tutupnya agak dimiringin. Supaya ada sedikit udara masuk, dan mencegah tekstur banana nugget gak berlubang-lubang.
  5. Untuk olahan pisang, Chi lebih suka pisang nangka atau tanduk. Tapi, di resep ini pakai pisang kepok karena saat itu 2 pisang favorit Chi lagi gak ada.
  6. 1 resep ini bisa jadi pisang nugget lumayan banyak. Gak harus digoreng sekaligus kalau kebanyakan. Nugget yang sudah dibalur lapisan, bisa disimpan di wadah yang bersih dan tertutup rapat. Kemudian simpan di freezer supaya awet.

cara membuat nugget pisang

Chi gak kasih resep toppingnya, ya. Karena untuk topping tuh bebas banget kok mau dikasih apa aja. Bahkan gak dikasih topping juga enak. Chi beberapa kali bikin, jarang banget pakai topping.

Meskipun rasanya enak, tetapi Chi jarang bikin banana nugget. Chi memang lebih suka masak yang praktis dan cepat. Sedangkan nugget pisang ini, suka bikin gregetan saat proses kasih bahan lapisan. Sebetulnya gak sulit sama sekali. Cuma suka kurang telaten aja hehehe.

32 comments

  1. Tepung panko and panir itu beda ya?
    Kao mau bikin tepungnya kuning gitu gimana sih? Pilih yang rasa keju ya?
    Aku kalo bikin nugget gitu tepungnya tawar gitu, pakai apa ya biar gak hambar rasanya?

    Iya kalo pisang mau diolah lg kudu yg agak keras sperti kepok atau uli, kalo cavendish itu kelembekan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda, Lin. Sama-sama tepung roti, tapi panko lebih kasar. Kalau hambar bisa dikasih garam sedikit.

      Tergantung mau diolahnya seperti apa. Kalau mau dibikin banana cake malah enak yang udah kematengan

      Hapus
  2. Gampang ya mba pasti anak saya suka tapi saya masih males karena mama saya suka bikin dan pernah jualan juga hihi

    BalasHapus
  3. Aku ga sabar loh kalao bikin banana nugget ini. Ampun deh, aku suka ya beli aja. Tapi emang kalau bikin sesuatu itu kalo nahan nahan ya udah berkualitas rasanya pasti enak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, makanya saya jarang bikin hehehe

      Hapus
  4. Aih gampang bikinnya neh mbak. Buat orang yang ngak bisa bikin kue atau masak yg susah2, ini sih aku keknya bisa.

    BalasHapus
  5. Menggiurkan sekali ini hehe, resep nya nanti mau aku praktekin ah bareng kk ku, terimakasih yah mba utk berbagi resepnya :)

    BalasHapus
  6. Untung gue bacanya malem ... XD

    BalasHapus
  7. HAhhaaa,emang butuh ketelatenan kalo masak. NAh kalo di rumah si kaka ga suka pisang satuan, tapi kalo diolah ga berbentuk pisang utuh baru sukaaa. Makanya paling rajin aku bikin olahan pisang ini.
    Baru seminggu yang lalu bikin banana nugget toping ciklat, keju dan oreo, hhuuu yummy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss dulu sama kakak olive. Saya juga kalau pisang dimakan begitu aja kurang suka

      Hapus
  8. Banana nugget, pas banget dihidangkan untuk cemilan ya mbak, tapi bahan baku pisangnya, kadang sulit didapatkan di pasar nih.pasti itu banana nugget langsung habis ya mbak, nyumyy gitu terlihatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di sini pisang lumayan banyak penjualnya, Mbak

      Hapus
  9. Pisang kepok oke, Teh, kalau pisang tanduk saya belum pernah, apa di Jogja ga ada ya? Apalagi pakai nangka, tentu saya suka banget. Lalu, di atasnya kasih parutan keju, hmm...

    BalasHapus
  10. kalo kau sih, yang malsa itu banyak cucian piringnya sih, karena itu kan butuh banyak perkakasbuat celupin telor, gulirkan tepung roti dll, hahaha

    BalasHapus
  11. Pas bulan puasa kemarin hampir seminggu sekali bikin banana nugget sama istri, selain makanan favorit, makanan ini bisa kuat sampe 3 hari

    BalasHapus
  12. Yampun kak ini kok menggoda banget sih Banana Nuggetnyaa :(
    Aku bisa abis 10 biji nih kalo ada di depan aku wkwk. Ternyata resep dan cara buatnya pun nggak terlalu sulit yah kak wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kalau beli harga 1o potong bisa sama dengan 1 sisir pisang hehehe

      Hapus
  13. Oke simpen dulu buat resep anak-anak pas di rumah aja hehehe

    BalasHapus
  14. Ini mah kedoyanan anak-anakku, Chi. Bumi apalagi paling suka pisang, semua pisang dia suka. Mau olahan atau langsung leb, semua dihajar haha. Kalau dimasak nugget gini enak dan praktis bisa dibuat bekal ke sekolah karena sekolahnya cuma bentar dia. Mohon maaf lahir batin ya Chi....lama tak tak bersua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mas. Dibikin ini jadi awet.

      Sama-sama ya, Mas

      Hapus
  15. Teh Chi, saya pernah beli banana nugget tapi nggak ketagihan jadi memang nggak pernah bikin hehe. Makasih ya resepnya :)

    BalasHapus
  16. Aku ada list mau bikin ga jadi2 (hahahah) bikin olahan pisang gini kadang suka bingung pisang yg bagus di gunakan dan enak
    Bener sih kalau bikin sendiri lebih hemat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung selera kalau kata saya. Dan saya sukanya pisang nangka

      Hapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^