Resep Perkedel Bayam - Berbagi menu bayam lagi. Chi udah ceritain di postingan sebelumnya kalau Keke dan Nai memang gak suka sayur bening bayam sampai sekarang.

Pertama kali Chi mengenalkan bayam ke anak-anak memang dengan membuat sayur bening. Alasannya tentu aja karena mudah dibuat. Eh, gak taunya mereka gak suka. Berkali-kali bikin, tetap aja dilepeh. Padahal tekturnya udah disesuaikan dengan kemampuan mengunyah mereka saat itu.


resep perkedel bayam

Awalnya Chi bingung kenapa Keke gak suka dengan sayur bening bayam. Padahal kalau dikasih makan menu lain kayaknya lahap aja. Setelah berkali-kali dicoba dan gagal terus, Chi mulai coba mengolah bayam dengan  cara lain. Kalau smapai gagal juga baru deh menyerah.

Olahan bayam pertama selain sayur bening yang coba Chi buat adalah perkedel kentang bayam. Alhamdulillah, Keke langsung suka. Gak hanya perkedel bayam aja, berbagai olahan dari sayur ini juga anak-anak suka. Berarti fix nih anak-anak hanya gak suka dibuat sayur bening. Bukan gak suka sama bayamnya.

Kejadian ini terulang lagi ketika Nai mulai MPASI. Tetapi, saat giliran Nai udah gak bingung. Chi langsung bikin aja menu lain selain sayur bening.

[Silakan baca: Easy Cheesy Spinach]


Bahan-Bahan

  • 4 buah kentang ukuran sedang
  • 1/2 ikat bayam. Cuci bersih kemudian diblender sebentar dengan sedikit air
  • 1 butir telur
  • Garam 
  • Minyak goreng


Cara Membuat:

  1. Setelah kentang dikupas kulit dan dicuci bersih, kemudian dipotong kotak-kotak besar. 1 kentang @8 potong.
  2. Panaskan minyak dan masukkan kentang yang sudah dipotong
  3. Goreng hingga kentang berkulit. Angkat
  4. Ulek halus kentang yang sudah digoreng
  5. Pindahkan kentang yang sudah diulek ke dalam wadah yang bersih
  6. Tambahkan bayam yang sudah dihaluskan
  7. Masukkan telur dan beri sedikit garam. Kemudian aduk rata
  8. Panaskan minyak. Masukkan kentang yang sudah dibulat-bulatkan
  9. Setelah warna perkedel coklat keemasan, angkat. Tiriskan
  10. Sajikan


Tips:

  1. Alternatif lain selain menggoreng kentang yang sudah dipotong bisa dikukus atau direbus. Chi sudah coba ketiganya. Tetapi, menurut kami paling lezat digoreng dulu sebentar
  2. Selain diblender, bayam bisa juga dicincang halus. 
  3. Kalau memilih diblender, cukup sebentar aja supaya tetap ada tekstur bayamnya. Airnya juga jangan kebanyakan. Nanti perkedelnya kelembekan.
  4. Ada cara lain untuk mencampurkan telur yaitu masukkan kuningnya saja. Sedangkan putihnya dipakai untuk melapisi perkedel yang sudah dibulatkan sebelum dimasukkan ke minyak panas. Chi lebih memilih mencampur semua saja biar praktis
  5. Jangan keseringan bolak-balik perkedel saat sedang digoreng. Nanti malah hancur. Tunggu sampai 1 sisi berwarna coklat keemasan, kemudian balik.

resep perkedel bayam

Resep yang Chi pakai ini cukup untuk sekali makan, ya. Makanya pakainya hanya 1/2 ikat bayam. Perkedel ini juga bisa untuk makanan utama hingga camilan. Sore-sore saat semua sedang di rumah aja di masa pandemi COVID-19 ini, menu ini bisa jadi camilan yang enak dan mengenyangkan.

[Silakan baca: Tips Memasak Hemat dan Nyaman Saat di rumah Aja]