Resep Perkedel Bayam

Berbagi menu bayam lagi. Chi udah ceritain di postingan sebelumnya kalau Keke dan Nai memang gak suka sayur bening bayam sampai sekarang.

Pertama kali Chi mengenalkan bayam ke anak-anak memang dengan membuat sayur bening. Alasannya tentu aja karena mudah dibuat. Eh, gak taunya mereka gak suka. Berkali-kali bikin, tetap aja dilepeh. Padahal tekturnya udah disesuaikan dengan kemampuan mengunyah mereka saat itu.

resep perkedel bayam

Resep Perkedel Bayam


Awalnya Chi bingung kenapa Keke gak suka dengan sayur bening bayam. Padahal kalau dikasih makan menu lain kayaknya lahap aja. Setelah berkali-kali dicoba dan gagal terus, Chi mulai coba mengolah bayam dengan  cara lain. Kalau smapai gagal juga baru deh menyerah.

Olahan bayam pertama selain sayur bening yang coba Chi buat adalah perkedel kentang bayam. Alhamdulillah, Keke langsung suka. Gak hanya perkedel bayam aja, berbagai olahan dari sayur ini juga anak-anak suka. Berarti fix nih anak-anak hanya gak suka dibuat sayur bening. Bukan gak suka sama bayamnya.

Kejadian ini terulang lagi ketika Nai mulai MPASI. Tetapi, saat giliran Nai udah gak bingung. Chi langsung bikin aja menu lain selain sayur bening.

[Silakan baca: Easy Cheesy Spinach]

Bahan-Bahan

  • 4 buah kentang ukuran sedang
  • 1/2 ikat bayam. Cuci bersih kemudian diblender sebentar dengan sedikit air
  • 1 butir telur
  • Garam 
  • Minyak goreng


Cara Membuat:

  1. Setelah kentang dikupas kulit dan dicuci bersih, kemudian dipotong kotak-kotak besar. 1 kentang @8 potong.
  2. Panaskan minyak dan masukkan kentang yang sudah dipotong
  3. Goreng hingga kentang berkulit. Angkat
  4. Ulek halus kentang yang sudah digoreng
  5. Pindahkan kentang yang sudah diulek ke dalam wadah yang bersih
  6. Tambahkan bayam yang sudah dihaluskan
  7. Masukkan telur dan beri sedikit garam. Kemudian aduk rata
  8. Panaskan minyak. Masukkan kentang yang sudah dibulat-bulatkan
  9. Setelah warna perkedel coklat keemasan, angkat. Tiriskan
  10. Sajikan

Tips:

  1. Alternatif lain selain menggoreng kentang yang sudah dipotong bisa dikukus atau direbus. Chi sudah coba ketiganya. Tetapi, menurut kami paling lezat digoreng dulu sebentar
  2. Selain diblender, bayam bisa juga dicincang halus. 
  3. Kalau memilih diblender, cukup sebentar aja supaya tetap ada tekstur bayamnya. Airnya juga jangan kebanyakan. Nanti perkedelnya kelembekan.
  4. Ada cara lain untuk mencampurkan telur yaitu masukkan kuningnya saja. Sedangkan putihnya dipakai untuk melapisi perkedel yang sudah dibulatkan sebelum dimasukkan ke minyak panas. Chi lebih memilih mencampur semua saja biar praktis
  5. Jangan keseringan bolak-balik perkedel saat sedang digoreng. Nanti malah hancur. Tunggu sampai 1 sisi berwarna coklat keemasan, kemudian balik.

resep perkedel bayam

Resep yang Chi pakai ini cukup untuk sekali makan, ya. Makanya pakainya hanya 1/2 ikat bayam. Perkedel ini juga bisa untuk makanan utama hingga camilan. Sore-sore saat semua sedang di rumah aja di masa pandemi COVID-19 ini, menu ini bisa jadi camilan yang enak dan mengenyangkan.

[Silakan baca: Tips Memasak Hemat dan Nyaman Saat di rumah Aja]

24 comments

  1. Bayamnya dihaluskannya ini diblender atau bs dirajang halus bgt gitu Mba? Anakku suka banget bayam sih,diapain aja juga suka.Mknya pngn coba perkedel bayam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau diblender sebentar aja. Jangan sampai terlalu halus

      Hapus
  2. sama seperti buat perkedel kyak biasa ya mba, cuma ditambah bayam yang udah dicincang aja dalam campuran ny

    BalasHapus
  3. wahiyaya, bisa pake bayam, aku kemaren bikin perkedel cuma pake daun bawang, padahal kalo pake bayam bisa ekstra sayur yaa, huhu mamacih inspirasinya mba myra :)

    BalasHapus
  4. wah boleh nih di coba resepnya, tapi saya punyanya sawi aka caisim di pekarangan rumah, mungkin bisa di gunakan juga ya :)

    BalasHapus
  5. Perkedel bayam belum pernah nyobain palingan hanya kentang telur aja yang biasa aja. Kayaknya meski cobain resepnya nih mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena anak-anak saya gak suka sayur bening bayam. Jadi harus diolah dengan cara lain

      Hapus
  6. Waaah enak nih mbak...bisa dipraktekkan di rumah. Ini solusi lauk untuk anak yang gak suka sayur ya, sama seperti anakku juga. Bisa jadi lauk bisa juga jadi camilan di sore hari sambil minum teh hangat.

    BalasHapus
  7. Ijin aku praktekkan resepnya ya, mba.
    Anakku waktu kecil suka-suka aja semua sayur dan olahannya, begitu agak gede, entah ikut-ikutan siapa, malah banyak alasan kalau makan sayur. Tapi gado-gado, asinan sayur doyan. Salah satu mensiasatinya dengan cara seperti ini juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup! Memang harus pakai beberapa cara supaya anak mau makan :D

      Hapus
  8. waa asik banget nih, kapan kapan mau cobain resepnya aaah, akhir akhir ini lagi seneng masak masak buat buka puasa dan sahur hehe

    BalasHapus
  9. bisa banget buat aku cobain respenya ini, aku susaaaaaah makan sayur. Mesti diolah macam-macaammm. thx mbaa

    BalasHapus
  10. Salah satu anak saya juga kurang suka kalau bayam dibuat sayur bening. Tapi dia suka sekali perkedel. Kalau begitu, bayamnya dicampur jadi perkedel aja ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin karena anyep, ya? Makanya suka susah diajak makan sayur bening

      Hapus
  11. Aduuh aku suka banget ini sma prekedel, gak ngerti kenapa deh prekedel itu enaaaak, makasih banyak bun info inovasi prekedelnya hihi nanti coba buat ah.. kaya nya di tambah bayem jadi lebih enak

    BalasHapus
  12. Perkedel kentang memang sudah menjadi favorit anak - anak, tinggal ditambahkan sayurannya aja ya mba.. boleh juga coba dengan bayaaam

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^