Resep Es Kopi Susu Pisang

By Keke Naima - January 27, 2024

Resep Es Kopi Susu Pisang - Coffee shop di mana-mana! Di mall hingga di pinggir jalan dengan kedai kecil pun mudah ditemukan. Harganya bervariasi dari mulai Rp10 ribu (atau mungkin ada yang lebih murah dari ini?) hingga lebih dari itu.

Resep Es Kopi Susu Pisang



Jauh sebelum trend ngopi, di rumah kami memang udah akrab dengan aroma kopi. K'Aie yang setiap hari harus minum kopi.

Buat K'Aie, ngopi gak sekadar minum. Dia jarang minum kopi sachet. Dan menyeduhnya aja ada caranya sendiri. Makanya sekian belas tahun menikah, Chi nyaris gak pernah bikinin kopi buat K'Aie. Justru dia yang sering bikinin kopi untuk istrinya hehehe. 

Meracik kopi sendiri memang lebih asik. Paling gak jadi lebih irit kalau mau ngopi. Termasuk menikmati kopi dengan citarasa kekinian.

Meskipun Chi suka ngopi, tetapi gak berani sesering K'Aie. Lambungnya suka gak kuat. Setelah minum kopi kadang-kadang berasa deg-degan dan gemetar. Iya, memang hanya kadang-kadang karena bisa disiasati dengan 3 cara ini


  1. Ngopi maksimal 1 gelas sehari
  2. Harus pakai susu, jangan black coffee
  3. Jangan ngopi kalau belum makan

Kalau tertib dengan 3 hal itu, biasanya gak ada masalah. Kalaupun lambungnya lagi sensi, mendingan berhenti ngopi dulu selama beberapa hari. Jangan maksain diri daripada nanti tepar.

Chi memang gak sesering K'Aie ngopinya. Tetapi, kalau berhenti total juga susah. Aroma dan rasa kopi terlalu menggoda hehehe. Salah satu kesukaan Chi adalah Es Kopi Susu Pisang.


Cara Membuat Es Kopi Susu Pisang


kopi susu, resep kopi kekinian, cara membuat es kopi susu pisang

Bahan-Bahan:

  • 2-3 sdt kopi bubuk
  • 1 kotak (190 ml) UHT Indomilk Banana
  • Palm sugar secukupnya.

Cara Membuat :

  1. Tuang kopi bubuk ke dalam gelas dan beri air mendidih
  2. Setelah dingin, saring kopinya kemudian tuang ke dalam cetakan es batu. Masukkan freezer dan tunggu hingga mengeras.
  3. Masukkan 5-7 balok es batu ke dalam gelas kemudian tuang 1/2 kotak susu UHT rasa pisang
  4. Taburkan palm sugar secukupnya
  5. Biarkan es mencair kemudian aduk supaya kopi, susu, dan gula menyatu.

Back to Content ↑


Tips Membuat Coffee Banana Milk


tips membuat coffee banana milk

1 kotak UHT ukuran 190 ml bisa untuk 2x ngopi. Tetapi, kopi yang sudah dibikin es batu bisa sampai 2-3x gelas kopi. Sebetulnya tergantung selera juga. Kalau suka kopi yang lebih pekat, takarannya bisa ditambahkan.

Susu UHT pisang sudah ada rasa manisnya. Tetapi, menambahkan gula palm secukupnya gak akan bikin kopi jadi kemanisan. Malah jadi makin enak. Palm sugar yang masih ada sedikit rasa pahit, bikin rasa kopi jadi semakin enak.

Rasa gula palm tentunya beda dengan gula pasir. Meskipun Chi gak kuat minum kopi hitam, tetapi juga gak suka minum kopi yang dikasih gula pasir. Atau kalau gak ada palm sugar, pilih brown sugar aja. Sama-sama gula pasir, tetapi masih lebih enak dan wangi.

Kalau baca beberapa resep coffee banana milk, banyak yang pakai buah pisang. Tetapi, Chi belum pernah cobain kalau pakai buah. Dengan susu rasa pisang aja udah enak, kok. Kapan-kapan deh Chi cobain, biar tau bedanya di mana.

Selain suka ngopi, kami sekeluarga juga suka susu UHT. Makanya di kulkas selalu ada susu ini dengan segala rasa. Paling gak sehari minum segelas susu setiap sarapan. Kalau teman-teman mau tau susu UHT apa aja yang saat ini jadi favorit keluarga kami, silakan cek di https://my-best.id/lists/131951
Back to Content ↑

  • Share:

You Might Also Like

38 comments

  1. Wah, boleh juga nih resepnya pake susu uht pisang. Catet ah, pingin bikin

    ReplyDelete
  2. Aku sbnrnya gak begitu suka susu, tapi kayanya boleh banget nih di coba. Thanks utk resepnya ya kak 🤗

    ReplyDelete
  3. Wah thanks kak resepnya! Sebagai org yang tidak suka kopi, tapi org yang ku sayang sangat suka kopi! Bisa nih jadi kejutan buatin kopi susu pisang

    ReplyDelete
  4. Adududu, enaaakk banget nih kayaknya
    Enak lagi kalo dibikinin ama suamik yaa :D
    Aahhh, ntar mampir indomaret buat nyari bahan2nya dah

    ReplyDelete
  5. Oh gitu ya ngakalin rasa manis yang aneh dr gula pasir.

    Pake palm sugar rupanya.

    Saya ga bisa minum kopi sekarang. Enggak terlalu suka sih, kadang aja nyobain.

    Beraninya juga kopi instan. Itupun udah deg-degan jantungnya.

    Pernah ga bisa tidur sampe jam 1 pagi gara-gara deg-degan pol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya lebih suka pakai palm sugar atau brown sugar

      Delete
  6. Peraduan yang kurang aku suka. Gak terlalu suka kopi juga susu apalagi dicampur. Kalau susu coklat masih bisa, hahaha. Mungkin kalau punya suami yang doyan ngopi, baiknya dia buat sendiri

    ReplyDelete
  7. waiya praktis nih, kok aku ga kepikiran wkwkwkw, panas-panas emang enaknya ngopi ya biar seger, apalagi unik banana milk pakenya

    ReplyDelete
  8. Selama ini paling sukanya bikin kopi sachet yang cemen-cemen aja, gak pernah kopi yang beneran banget. Malah terlalu pahit untuk aku.

    Tapi kayaknya asyik juga tuh kombinasi kopi susu pisang, kayaknya aku belum pernah nyicipin deh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya saya suka kasih susu. Kalau black coffee juga masih terlalu pahit buat saya

      Delete
  9. anak saya pasti suka nih, mau coba ah nanti pas weekend. Thanks buat resepnya mbak

    ReplyDelete
  10. Campuran yang menarik ini, kopi susu dengan aroma pisang.
    Pecinta kopi harus nyobain resepnya nih. Aku jg pengen nyontek ahh.

    ReplyDelete
  11. ku kira pisang nya dari pisang buah. ternyata pakai susu uht indomilk yang rasa pisang. boleh juga nih dicontek resepnya..

    ReplyDelete
  12. Ouw, kopinya dijadiin es ya ternyata. awal baca judul, aku bingung ... kok minumannya warna putih kekuningan macam susu pisang. Unik deh ini. Karena aku lebih suka cokelat, mungkin enak kali ya kalau kopinya aku ganti dengan cokelat.

    ReplyDelete
  13. Loh ini Indomilk rasa baru ya? Belum pernah lihat. Suami & anak2 tu suka banget Indomilk. Kalau aku ajak belanja pasti ambil & naruh sendiri di keranjang.

    ReplyDelete
  14. Es kopi susu pisang sangat cocok diminum pas cuaca lagi terik, siang hari. Enak juga menemani pas lagi nulis

    ReplyDelete
  15. Indomilk pisang ini kusukaaaaa,wah jadi pengin cobain kopi yang disajikan dalam bentuk es batu kopi, penasaran jadinya..

    ReplyDelete
  16. Aku suka nyobain beberapa kopi Indonesia. Kopi nya Indonesia memang juara. Apalagi nih kalo divariasikan sama susu Indomilk pisang

    ReplyDelete
  17. Resepnya mantap banget buat dieksekusi siang ini mbak makin seger apalagi suka pisang. Btw aku baru ngeh ada UHT Pisang ini ya mbak ntar coba aku cari di Minimarket.

    ReplyDelete
  18. Wah ini kyknya kooi dijadikan balok es batu trus dituang susu tu lagi ngehits di beberapa kafe kekinian, seru juga nih bikinnyal Eh aku baru tau ada indomilk rasa banana ini mbak :D

    ReplyDelete
  19. Baru tahu ada varian baru rasa kopi dan piang ini. Saya belum lihat di Alfa atau indomart dekat sini Mbak. Jadi penasaran pengen nyoba.

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^